REVIEW Rasa Cinta

“Kita saling cinta, tapi terkadang itu saja tidak cukup. Ada hal-hal yang tidak bisa menerima cinta kita, ada yang dia akan melemparimu atau bahkan menusukmu jika melihat aku menggenggam tanganmu.” (hlm. 249)

Kudapan ringan penggugah selera; seperti senyuman kekasih di pagi hari, sebenih cinta yang kemudian berbunga, atau cerita kecut tentang rindu yang lama beku.

Begitulah kira-kira menu yang disajikan Rasa Cinta ini. Cinta sepasang muda mudi. Cinta sesama jenis. Cinta beda agama. Dan macam-macam cinta lainnya. Dari sekian banyak cerita yang disuguhkan, saya menyukai tulisan Ariev Rahman dalam Ada Jumpa dalam Sepotong Bika Ambon. Menceritakan kisah cinta seorang anak terhadap ayahnya.. (⌣̩_⌣̩)\(‘́⌣’̀ )

Ariev Rahman, Roy Saputra, Dwika Putra, Anita Prabowo, Wandy Ghani, Dewi Subrata, Lolita Lavietha. Ketujuh #SelebTwit yang tidak ala kadarnya menulis. Meskipun saya tidak memfollow mereka, tulisan mereka tidak diragukan lagi. Twit-twit ciamik mereka sebagai buktinya. Bukan sekedar cinta, tapi ada racikan makanan di setiap cerita. Ada Jaja Lak-lak, makanan khas Bali. Loenpia, asli semarang.

Pada gigitan pertama, renyahnya kulit lumpia berbaur dengan manisnya rebung dan gurihnya ayam. Di gigitan kedua, nikmatnya ebi dan telur berpadu dengan asamnya acar serta segarnya daun bawang. (hlm. 5)

Aku melirik ke arah sepiring Jaja Lak-lak yang tersaji manis di depanku. Aku ambil satu potong dan menggigitnya tanpa dilumuri saus gula merah, cara kesukaanku ketika memakan kue ini. Wangi pandan yang sudah tidak asing lagi langsung memuaskan indra penciumanku… (hlm. 18)

Roti bakar cokelat keju. Menu favorit gue di tempat ini. Bukan menu lain gak enak, tapi memang cuma ini yang gue suka. Manis, asin, sedikit rasa hangus, renyah, lengkap deh pokoknya. (hlm. 48)

Ketika gue menarik gigitan, selai srikaya langsung membuncah keluar dari bagian tengah kaya toast. Hampir saja menetes dan jatuh, sebelum gue sigap dan menjilat lagi. (hlm. 70)

Filosofi cinta melalui makanan:

  1. Tahu ini makanan unik. Di luarnya keras, tapi dalemnya bisa halus. Mungkin bisa diartikan kalo sesuatu yang diartikan keras atau sulit, bisa jadi menyimpan sesuatu yang lembut dan halus di balik kulitnya. (hlm. 42)
  2. Hidup ini kadang kayak semur jengkol. Kita harus mengambil resiko berupa bau atau tatapan jijik orang-orang disekitar, demi bisa memakan jengkol yang ternyata rasanya nikmat tersebut. (hlm. 113)
  3. Mungkin kisah cintaku seperti semangkok mi tarik. Kami memang berbeda, tetapi ketika kami sudah berpacaran, kami sudah menjadi satu., seperti adonan mi tarik. Tarikan-tarikan itu adalah ujian yang disebabkan oleh jarak. Dan aku, adalah si tangan penggenggam raket, yang menarik terlalu kuat. (hlm. 125)
  4. Sama seperti kolak bikinan ibu dan keberadaan Mbak Sumi; bahwa sebaiknya kita nggak pernah menilai apapun dari luarnya saja. Kolak pisnag yang terlihat jelek, ternyata bisa sangat manis rasanya. Juga Mbak Sumi yang terlihat rajin dan baik, ternyata adalah seorang garong professional. (hlm. 233)

Beberapa kalimat favorit:

  1. “Kalau kakak yakin bahwa dia akan menjadi yang terbaik untuk kakak, perjuangkan, Kak. Pasti ada jalannya!” (hlm. 18)
  2. “Kalau kamu yakin bahwa kamu akan bahagia dengannya, kejar dia. Jangan pernah lepaskan!” (hlm. 21)
  3. “Jika orang bilang cinta adalah menjadi bodoh bersama, apakah ini aku yang terlalu mencintaimu dan selalu menerimamu atau kamu yang terlalu membodohiku, kemudian kamu datang dan pergi sesukamu?” (hlm. 103

Ada kesalahan kecil dalam tulisan Mengulang Salah. Tokoh utama yang biasanya menyebut ibunya dengan kata sapaan ‘Bu’ kenapa mendadak berubah menjadi ‘Ma’ di kalimat:

“Maksudnya gimana, Ma?” (hlm. 231)

Awww…ada adegan di PERPUSTAKAAN:

Setelah setahun lebih, baru kali ini aku mendengar nama itu lagi. Gandhi, pacar Ella yang berdasarkan ceritanya, dialah penyebab Ella menangis di samping perpustakaan itu. (hlm. 81)

Rasa Cinta ini ibarat camilan; ringan, padat dan jelas. Dengan cita rasa yang bermacam-macam di setiap cerita. Cocok dibaca saat galau..  ˇ)-c 

Manusia diciptakan berbeda

Enam miliar penduduk dunia, tidak satu pun memiliki kesamaan yang hakiki

Setiap orang berbeda dari level yang paling luar hingga yang paling fundamental

Perbedaan diciptakan oleh Dia yang Mahakuasa, dengan tujuan agar kita saling melengkapi, bukan justru saling menjauhi

Perbedaan diturunkan di bumi, dengan tujuan kita saling menertawakan perbedaan, dan membaur dalam kebersamaan, bukan dijadikan alasan untuk saling merendahkan. (hlm. 57)

 

Untuk Masa Lalu

Kita bertemu di sudut jendela. Mengisi sepi dengan sunyi yang ramai. Kami tidak untuk dimiliki, begitu pun halnya aku. Berjalanlah seperti udara, berkilaulah laksana cahaya. Teruslah berbagi kebaikan, sebanyak mimpi yang kita punya selama ini. Semoga bahagia selalu bersamamu. Dalam ruang yang kunamakan kenangan, kau akan selalu hidup tak bertuan. (hlm. 248)

Keterangan Buku:

Judul                            : Rasa Cinta

Penulis                          : Ariev Rahman, Roy Saputra, Dwika Putra, Anita Prabowo, Wandy Ghani, Dewi Subrata, Lolita Lavietha

Editor                           : Syafial Rustama

Proofreader                  : Widyawati Oktavia

Penata letak                  : Gita Mariana

Desain sampul              : Gita Mariana

Penerbit                        : Bukune

Terbit                           : 2012

Tebal                            : 272 hlm.

ISBN                           : 602-220-069-5

 

2013 Indonesian Romance Reading Challenge

https://luckty.wordpress.com/2013/01/04/2013-indonesian-romance-reading-challenge/#comment-959

http://lustandcoffee.wordpress.com/2013-indonesian-romance-reading-challenge/

 

New Authors Reading Challenge 2013

http://renslittlecorner.blogspot.com/2013/01/new-authors-reading-challenge-2013.html

https://luckty.wordpress.com/2013/02/12/new-authors/

13 thoughts on “REVIEW Rasa Cinta

  1. Wow!! ini blog artis ya?? numpang eksis ah. haha . bukunya terlalu mainstream. maaf saya fanatik Dee dan Tere Liye. salam kenal😀

  2. kesimpulannya, Cinta itu universal. dan bahagianya, tergantung setiap orang bagaimana menikmati cinta itu… begitukah?? :p

  3. Pingback: GIVEAWAY #bukukevin | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s