REVIEW Anna Karenina

Cinta tak selalu membutuhkan pertanyaan mengapa

#JLEB #KemudianHening begitu membaca quote di cover dan juga book mark novel ini.

“Ya, aku akan selalu mencintaimu. Apa adanya.” (hlm. 199)

Selalu ada maaf dalam ruang bernama cinta. (hlm. 53)

Adalah Anna Arkadyevna Karenina yang memiliki kehidupan hampir sempurna; cantik, memiliki suami terpandang, Count Alexei Alexandrovich Karenin dan anak yang menggemaskan, Seryozha. Cinta terkadang mematahkan segalanya. Di sebuah pesta yang paling penting bagi seorang gadis bangsawan ketika ia mencapai usia dewasa yang ditujukan untuk keponakannya, Ekatrina Schcherbatskaya yang biasa dipanggil dengan sebutan Kitty yang kecantikannya bagai munga mawar di musim semi, hati Anna terseret pada pesona Countess Vronskaya, biasa disebut Vronsky. Padahal di pesta debutante itu, Kitty berharap besar akan dilamar oleh pangeran pujaannya, yaitu Vronsky yang justru hatinya terpanah pada kecantikan bibinya, Anna.

“Setiap gadis akan merasa bangga bila ada seseorang yang melamarnya.” (hlm.26)

Sementara itu, ada Konstantin Levin si pemuda desa yang telah lama memendam perasaan pada Kitty. Sayangnya, Kitty belum memilik iperasaan yang sama. Kitty yang terlanjur malu karena ditolak Vronsky, langsung terpuruk dan sakit-sakitan. Sementara itu, Levin masih berharap ada ruang untuknyadi hati Kitty. Levin adalah sahabat Stiva (Adik Anna) dan Kitty adalah adik dari Dolly (Istri Stiva)

Terkadang aku tidak paham kehidupan kota ini. Selalu bergerak cepat dan mempunyai banyak kebiasaan yang tidak pernah sesuai dengan seleraku. (hlm. 25)

Karena sudah dibutakan oleh cinta, Anna dan Vronsky rela mengorbankan segalanya termasuk mendapat cemooh dan gunjingan dari masyarakat. Cinta membutuhkan pengorbanan. Anna Karenina meninggalkan Rusia untuk pergi ke Italia. Di sana ia akan menghindari gunjingan para bangsawan, tatapan marah keluarganya, dan yang terpenting, dapat ditinggal dengan orang yang paling dicintainya.

“Karena terkadang kita harus memilih. Hidup tidak selalu menyedikan semuanya.” (hlm. 229)

“Aku sudah lama berhenti menganggap penting apa kata orang. Aku mencintaimu bukan karena pendapat mereka, melainkan karena kebaikan serta kasih sayang yang selalu memancar dari kedua matamu.” (hlm. 198)

Di kehidupan nyata, pasti kita akan menemukan manusia seperti Anna dan Vronsky. Terkadang, keegoisan cinta mampu meluluhlantakkan segalanya. Mencintai tanpa mengenal perasaan orang-orang disekelilingnya yang terluka. Anna yang dulu menasehati adiknya, Stiva untuk tidak berbuat selingkuh lagi, justru sekarang terlibat perselingkuhan. Suaminya, Alexei mengetahuinya tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Hatinya tersayat melihat Anna dan Vronsky selingkuh di depan kedua matanya langsung.

Beberapa kalimat favorit:

  1. Laki-laki! Hanya peduli pada kepentingannya sendiri. Seenaknya saja. (hlm. 20)
  2. “…hentikanlah semua ketakutanmu yang tak masuk akal. Percayalah, engkau akan memperoleh kebahagianmu.” (hlm. 29)
  3. Harapan adalah kekuatan yang sering kali membuat manusia mampu melakukan banyak hal, mengalahkan ketakutan sekaligus keraguan yang mungkin masih bercokol di dalam hati. (hlm. 29)
  4. Menikahlah denganku. Hatiku sudah lama tertambat, terpenjara dalam kilau kedua matamu. (hlm. 31)
  5. Seringkali orang yang merasa bersalah merasa lebih hancur daripada sebaliknya. Masih adakah cinta yang tersisa dihatimu? Pertanyaan itu hanya dapat dijawab olehmu; masih cukup besarkah cintamu kepadanya? Cukupkah cinta itu untuk memaafkannya? Kalau ya, maafkanlah dia. (hlm. 48)
  6. Bagaimanapun, dalam kehidupan selalu ada tempat untuk sebuah maaf, tak peduli seberapa besar kesalahan yang telah terjadi. (hlm. 49)
  7. “Pernikahan kita adalah sebuah ikatan suci. Yang dipersatukan oleh Tuhan, tidak dapat dipisahkan oleh manusia.” (hlm. 104)
  8. Untuk apa mempertahankan pernikahan ketika dua orang saling menyakiti satu sama lain. Untuk apa berada dalam kehidupan hampa seperti itu? (hlm. 143)

Anna Karenina awalnya dimuat secara berkala di The Russian Messenger, dari 1873. karya ini dianggap sebagai novel terbaik dan terbesaryang pernah ditulis sepanjang masa, hingga kini. Bahkan ada juga versi filmnya.

Novel ini telah diterjemahkan dan diterbitkan hampir atau bahkan lebih dari 1.000 kali dalam lebih dari 40 bahasa. Dalam bahasa Inggris saja, terjemahan yang berbeda konon sudah dicetak lebih 75 kali, sementara Jerman 67 kali, Perancis dan Italia 36 kali, Belanda 14 kali, Cina 15 kali, dan Arab 6 kali.

Panjang novel ini lebih dari 860 halaman, dan dalam bahasa Indonesia mencapai lebih dari 1.000 halaman. Saya punya buku itu, diterbitkan dalam bentuk dua seri. Dan sampai sekarang masih ditimbunan… ( ʃ⌣ƪ)

Beruntung sekali Gradien lewat Svetlana Belova mengisahkanAnna Karenina ini lebih ringkas tanpa mengubah inti cerita aslinya. Menjadi lebih tipis. Terjemahannya nyaman untuk dibaca. Karya klasik ini jadi tidak berasa berat. Mudah-mudahan Gradien menerbitkan karya klasik lainnya yaaa.. (´⌣`ʃƪ)

Keterangan Buku:

Judul                :Anna Karenina

Penulis              :Leo Tolstoy

Pengisah           :Svetlana Belova

Penyelia            :Ang Tek Khun

Penata letak      :Techno

Penerbit            :Gradien

Terbit               :2013

Tebal                :239

ISBN               :978-602-208-102-9

AnnaKarenina – Official Trailer

http://www.youtube.com/watch?v=rPGLRO3fZnQ

26 thoughts on “REVIEW Anna Karenina

  1. ohhh jadi ini versi abridged nya ya mba? Penasaran sama cerita ini, selingkuh emang gak pernah bosenin utk jadi topik cerita yaaa…penasaran juga sama filmnya.

    • iya, seperti diceritakan ulang. Tapi tanpa mengurangi isi cerita utamanya. Suka, tanpa ini mungkin aku gak mungkin selesai baca kisah Anna Karenina ini… :))

  2. Aku sampe eneg berkali2 dulu baru bisa selesai baca yg edisi KPG dua buku itu. Bukunya ampe bulukan g dibaca2. Buset dah. Habis itu lgsg memupuskan niat buat baca yg War and Peace. Nggak sanggup.

  3. mmmm.. aku belum pernah baca novelnya. tapi aku punya filmnya.
    waktu itu aku ga tertarik sama sekali, tapi ada rekomendasi dari temen pecinta film. katanya film itu mengisahkan seorang wanita bangsawan yang ketauan selingkuh sama suaminya.
    mendadak aku penasaran, kaya apa sih ya filmnya? kok kayanya sesuatu banget gitu komentar temenku.
    akhirnya aku nonton, dan ya.. aku terpesona sama keberanian Anna. Banget banget banget, terpesona banget.
    Dia berani milih gitu ya Kak, ga peduli apa kata orang, ga peduli suaminya mati-matian nahan dia buat ga pergi.
    cukut terharu aku nontonnya, menguras emosi kkkk~

  4. padahal bukunya belum perna aq sentuh lagi (ngiiiik..malu :p)
    apalagi covernya g begitu menarik yah😀
    makasih review-nya, jadi tau ceritanya. tp belum tau mau mulai baca novelnya yg di tumpukan kapan, hehehe…

  5. ternyata terjemahannya ada… saya nyari gak nemu… akhirnya baca ebook…. dan gak kelar-kelar juga……………………… *emo corner*

  6. boleh tuh anna kareninanya yg jilid I dan II. malah pengen baca yang tebel tapi ga dapet nyari buku itu kemana2😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s