REVIEW Frans dan Sang Balerina

“Seorang sahabat pasti bahagia atas keberhasilan sahabatnya; seorang sahabatnya pasti tidak ingin mencelakakan sahabatnya.” (hlm. 111)

“…Kalau udah cinta, apa pun rintangannya nggak jadi masalah buat gue selama orang yang gue cintai hidup terus di samping gue. Itu udah lebih dari cukup.” (hlm. 300)

Adalah Liana, usianya hampir delapan belas tahun. Sekarang dia duduk di kelas 12 La Grande Ballet School atau LGBS. LGBS adalah sekolah yang khusus mempersiapkan murid-muridnya untuk menjadi penari balet professional. Tapi selain balet, mereka juga mendapatkan pendidikan layaknya di sekolah umum lain, karena para murid di LGBS juga dipersiapkan untuk bisa masuk ke universitas umum.

Tidak semua lulusan LGBS ingin menjadi profesional. Orangtua mereka memasukkan mereka ke sekolah ini karena terkenal berdisiplin tinggi dan berkualitas baik. Liana sendiri belum yakin apakah setelah lulus nanti akan mencari ballet company atakah jadi mahasiswi biasa.

Erika dan Liana sudah bersahabat semenjak mereka duduk di bangku taman kanak-kanak. Liana yang tidak pernah punya pijakan tetap dalam hidupnya selalu menjadikan Erika role model-nya. Liana selalu mengikuti apa yang Erika lakukan, sampai balet pun ditekuninya karena Liana mengikutinya. Liana banyak berutang budi padanya.

Jika Liana masih bingung apakah balet akan menjadi pilihan hidupnya atau bukan, Erika sebaliknya. Dia sudah yakin akan menjadi balerina. Dia pun sudah masuk LGBS sejak kelas 7, sementara sebelum kelas 10 Liana hanya les di tempat kursus balet biasa dan belajar di sekolah umum. Pilihan Erika memang tidak salah, sebab dia ballerina yang sangat berbakat. Dia juga cantik dan berkepribadian kuat. Erika selalu tahu apa yang dia inginkan, dan selalu mendapatkannya.

Kehidupan ini memang sering dihiasi hal-hal yang ajaib. (hlm. 308)

Saya kira ini hanyalah semacam teenlit biasa, mengupas kehidupan remaja yang mencari jati diri sesungguhnya. Ternyata tidak hanya itu. Selain menjabarkan dunia balet secara lengkap, buku ini ternyata punya tema yang tidak biasa. Frans yang menjadi judul dalam novel ini menyimpan rahasia yang mengejutkan! Sialnya, karena kalau nggak tau ini bergenre misteri, saya bacanya malam-malam. Makin menambah kehororan baca buku ini. Ternyata, cover manis isi ceritanya menegangkan! Penasaran kan siapa itu Frans? Baca aja sendiri… ~~~(/´▽`)/

Aku akan terus menari, terus dan terus, sampai ajal menjemputku.. (hlm. 9)

Keterangan Buku:

Judul                : Frans dan Sang Balerina

Penulis              : Kanti W. Janis

Desain cover    : maryna_deign@yahoo.com

Ilustrasi : Kanti W. Janis

Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit               : 2011 (Cetakan Kedua)

ISBN               : 978-979-22-5967-4

 

2013 Indonesian Romance Reading Challenge

https://luckty.wordpress.com/2013/01/04/2013-indonesian-romance-reading-challenge/#comment-959

http://lustandcoffee.wordpress.com/2013-indonesian-romance-reading-challenge/

New Authors Reading Challenge 2013

http://renslittlecorner.blogspot.com/2013/01/new-authors-reading-challenge-2013.html

https://luckty.wordpress.com/2013/02/12/new-authors/

One thought on “REVIEW Frans dan Sang Balerina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s