REVIEW Dil3ma

Mungkin itu hanya kebahagiaan semu. Kebahagiaan yang nggak cuma menyakiti orang lain, tapi sebetulnya menyakiti diri sendiri… (hlm. 107)

Broken Ladies itu nama chatting room tempat Nania, Lura, dan Mala saling kenal, ketemu akhirnya bersahabat. Dari namanya bisa ditebak, bahwa Broken Ladies adalah grup chatting buat perempuan-perempuan yang merasa disakiti, dikhianati,dirugikan, dan sederet ‘di’ negatif lainnya oleh laki-laki, tapi tetap nggak bisa lepas dari mahluk laki-laki.

Lura, cewek Indo, 27 tahun, cantik gila. Begitu tenang dan anggunnya Lura, mana ada yang nyangka dia hasil hubungan luar nikah ibunya dan bule Amerika. Siapa sangka si bule kabur begitu tahu ibu Lura hamil? Lalu seumur hidup Lura nggak berhenti mendengar cerita ibunya tentang kebrengsekan laki-laki. Bikin dia memutuskan untuk membalaskan dendam ibunya terhadap laki-laki player di dunia ini. Sama sekali tak terbesit di benak laki-laki korban Lura bahwa perempuan cantik ini punya dendam terhadap laki-laki, terutama yang ganteng dan kaya. Karena menurut cerita ibunya, seperti itulah ayahnya. Ganteng dan kaya. Semua cewek pasti suka. Termasuk ibunya. Begitulah cara Lura memilih korban.

MO alias modus operandinya: Lura ‘menabrak’ cowok-cowok itu, tapi selalu cowok-cowok itu yang bakal minta maaf, lalu menawarkan bonus permintaan maaf dengan tawaran ngopi. Tentu aja Lura mau. Dengan gaya elegan dan sangat tidak murahan, Lura mau ditraktir ngopi. Menebar pesona sampe akhirnya cowok itu bertekuk lutut dan menyatakan cinta dengan jujur.

Dengan JUJUR? Maksudnya, cowok-cowok itu ‘jujur’ bilang mereka udah punya pacar bahkan tunangan, tapi nggak bisa mungkir mereka jatuh cinta setengah mati sama Lura, dan pengin Lura jadi pacar mereka. Ditambah janji mereka bakal mutusin pasangannya. Which is Lura tahu nggak mungkin. Dan memang laki-laki kayak gitu target ‘aksi’ Lura untuk membalaskan dendam ibunya.

Lura udah punya radar khusus untuk mengenali tipe laki-laki yang harus dihancurkan. Dia nggak mungkin salah menilai.

Nina, bertemu dengan Reva di klub rally mobil yang sudah bikin dia jatuh cinta. Dia pengin banget bisa jadi pe-rally professional, punya banyak sponsor, dan selalu naik podium juara. Baginya, menggeluti hobi yang masih masuk kategori mahal di Indonesia ini bukan masalah. Dia terlahir di keluarga yang secara materi berlebihan. Orangtuanya memutuskan ‘mewariskan’ perusahaan. Jadi, dia memiliki satu EO, satu majalah, dan satu butik di kawasan elite.

Kata orang, nggak ada yang lebih menyenangkan selain punya pasangan yang sehobi. Cowok-cowok lain rada males ngertiin hobinya yang rada aneh buat cewek, dan jelas menyita waktu dan ongkos ini. Tapi Reva bisa mengerti dia. Karena itu hobinya juga. Reva bukan pe-rally kelas atas, bisa dibilang dia masih selevel dengan Nina.

Masalahnya, semua orang bilang Reva matre itu, playboy, cemburuan, dan posesif, nggak benar-benar cinta sama Nina, dan lain-lain. Sialnya, Reva sering membuktikan semua omongan itu betul. Dan, masalah yang lebih besar lagi, Nina terlalu cinta sama Reva.

Jadilah Nina menutup kuping. Sugesti. Semua Nina anggap sugesti karena omongan orang. Kesimpulan itu sukses bikin Nina bertahan dan nggak mau putus dari Reva. Reva juga sukses men-sugesti Nina. Bikin Nina berpikiran nggak bakal ada cowok lain yang mau sama dia selain Reva.

Mala, gadis Jawa tulen. Berwarna Indonesia asli dengan kulit hitam manis, berbodi sintal yang bikin om-om pada melirik. Umurnya 24 tahun. Sekretaris Direktur perusahaan ekspor-impor swasta yang terkenal. Masalahnya? Mala terlibat affair sama Pak Siswoyo. Bosnya. Sang direktur. Mas Sis melempar senjata standar andalan: “Sedang bermasalah dengan istri dan bakal cerai.”

Masalahnya, Mala betulan jatuh cinta sama bosnya yang meski ganteng tetap saja om-om! Mala juga punya pengalaman traumatis. Dia beberapa kali kecewa berat dan patah hati sama pacar, pacar lamanya yang rata-rata seumuran. Katanya mereka semua manja, egois, kasar, dan emosinya terlalu meledak-ledak. Begitu ketemu Mas Sis, rasa-rasanya ketemu pangeran impian. Laki-laki dewasa yang ganteng, lemah lembut, sopan, kaya raya, melindungi dan sebagainya.

Dikehidupan nyata, kita bisa menemukan perempuan-perempuan seperti Lura, Nina, bahkan Mala. Termasuk yang manakah kamu? Saya sih bukan golongan ketiganya… ƪ(˘⌣˘)┐ƪ(˘⌣˘)ʃ┌(˘⌣˘)ʃ

Keterangan Buku:

Judul                                        : Dil3ma

Penulis                                      : Mia Arsjad

Desain & ilustrasi cover            : maryna_design@yahoo.com

Penerbit                                    : Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                       : Oktober 2010

Tebal                                        : 978-979-22-5017-6

 

2013 Indonesian Romance Reading Challenge

https://luckty.wordpress.com/2013/01/04/2013-indonesian-romance-reading-challenge/#comment-959

http://lustandcoffee.wordpress.com/2013-indonesian-romance-reading-challenge/

New Authors Reading Challenge 2013

http://renslittlecorner.blogspot.com/2013/01/new-authors-reading-challenge-2013.html

https://luckty.wordpress.com/2013/02/12/new-authors/

One thought on “REVIEW Dil3ma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s