REVIEW Confessions Of An Ugly Stepsister

Kakak beradik –entah itu saudara tiri, setengah saudara, atau saudara kandung sepenuhnya—kakak beradik harus saling menolong. (hlm. 212)

Kecantikan ekstrem merupakan sebuah penderitaan… (hlm. 360)

Adalah Margarethedari keluarga ten Broek. Si ibu dan kedua putrinya. Anak yang lebih muda menuntun yang lebih tua. Mereka malu-malu sekaligus semangat. Terombang-ambing di kapal, perjalanan dari Inggris menuju Belanda. Tujuannya adalah rumah kakeknya, Pieter ten Broek. Dia berharap banyak pada kakeknya itu demi dia dan anak-anaknya.

Kau seorang ibu, kau tahu apa yang rasa sayang tuntut terhadap keluargamu. (hlm. 62)

“Kau lapar? Makanlah udara, minumlah cahaya. Makanan akan mengikuti. Angkat dagumu dan jaga harga dirimu.” (hm. 13)

Ruth. Usianya lebih tua dari Iris, kuat dan ukuran tubuhnya sudah lebih besar dari orang dewasa normal, tapi lugu. Sementara adiknya, Iris justru lebih menawan dan mandiri. Selalu berusaha menjaga Ruth dimana pun berada. Nama Ruth artinya kesedihan akibat kesalahannya sendiri. Lain halnya, Ruth yang diharapkan untuk tumbuh cantik seperti bunga.

Takdir berkata lain, ternyata kakek yang diharapkan sudah lama meninggal. Untung ada pelukis ternama yang menampung mereka. Demi urusan perut, Margarethe rela melakukan pekerjaan rumah tangga di rumah sang Master alias Schoonmaker. Syarat lainnya adalah Iris harus mau dilukis. Setiap pagi, Master menggambar Iris, lalu dia mulai melukisnya, pengamatan sekilas yang tidak perboleh dilihat oleh Iris. Sementara Ruth, setiap harinya ditugasi untuk memetik bunga dan rumput liar.

“Tuhan bekerja melalui pigmen dan pernis, sama seperti kita.” (hlm. 77)

Hingga suatu hari ada pedagang yang terpikat dengan lukisan Iris. Saking tertariknya dengan Iris, Van Den Meer ini meminta Iris untuk menjadi teman anaknya, Clara. Ibu dan kakak Iris, juga diajak tinggal bersama mereka.Dalam waktu singkat, Margarethe naik tahta. Dari cuma pembantu di rumah tersebut menjadi nyonya besar. Kehidupan Cinderella ala Gadis Abu alias Clara baru dimulai…

“Orang-orang mengagumi wajah cantikmu, tapi cepat atau lambat, mereka akan tahu kalau kau tidak pernah memegang jarum dan benang. Bahkan bunga yangcantik harus belajar bekerja, kau tahu.” (hlm. 211)

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. “…sebab orang dewasa tak bisa terlalu lama memikirkan satu hal…” (hlm. 147)
  2. “Aku tidak diminta untuk bertindak yang terbaik bagi diriku, hanya sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali.” (hlm. 155)
  3. “Persetujuan dan tidak persetujuan lebih memuaskan mereka yang mengucapkannya daripada mereka yang menerimanya. (hlm. 219)
  4. Keabadian itu masalah untung-untungan; tidak bisa dijanjikan atau diperoleh. Malah mungkin tidak bisa dikenali. (hlm. 5)

Cinderella adalah sebuah cerita yang dikenal oleh hampir semua anak-anak di seluruh dunia. Dalam versi Walt Disney, saat Pangeran mencari pemilik sepatu kaca dan si ibu tiri Cinderella berusaha sangat keras agar anak-anaknya terpilih sebagai pemilik sepatu. Tetapi ketika dicoba kaki mereka tidak pas dengan sepatunya sehingga sang utusan kerajaan terus mencari dan akhirnya menemukan Cinderella dan mereka hidup bahagia setelah itu.

Dalam versi aslinya, ibu tiri Cinderella berusaha sangat keras. Kaki putri pertama yang kebesaran dipotong jari-jarinya agar muat disepatunya, dan sang pangeran yang tidak curiga pun menikahi kakak tiri. Akan tetapi kemudian sang pangeran mengetahui kebenaran, sehingga putri pertama dikembalikan. Lalu sang pangeran pun kembali mengirim utusan untuk menyari pemilik sepatu kaca. Kali ini kaki putri kedua yang kekecilan disuruh ibunya untuk digiling dengan gerobak kuda yang berat luar biasa sehingga membengkak dan muat dengan sepatunya.

Sang Pangeran pun kemudian menikahi sang kakak tiri tersebut. Nasib sang kakak tiri ini berakhir tragis sama seperti kakaknya sebelumnya. Sang pangeran mengetahui kebohongannya dan kemudian mengembalikannya Lalu sang Pangern pun menemukan pemilik asli sepatu kaca yaitu Cinderella dan mereka merayakannya dengan pesta pernikahan yang mewah. Dua kakak tiri cindrella pun menghadirinya.

Ketika kakak tiri sang Cinderella berjalan masuk, dua ekor burung merpati mematuk masing-masing mata sang kakak, maka butalah satu mata kakak tersebut. Dalam perjalanan keluar dari pesta, sang merpati mematuk lagi satu mata kedua kakak tersebut. Sekarang butalah mereka sepanjang hidup mereka.

Ternyata kisah Cinderella yang asli sungguh menyayat hati. Beruntung Walt Disney mengubahnya menjadi sajian dengan menghilangkan kesadisan yang ada. Begitu pula dengan buku ini. Meski Iris dan Ruth bersaudara tiri dengan Clara, mereka tidak berbuat jahat terhadap Clara. Justru dengan senang hati Clara menjadi Gadis Abu.

Suka sekali dengan buku fanfic seperti ini. Apalagi ditambah selipan ilustrasi dari illustrator, Mbak Ella Elviana menambah keunyuan buku ini. Dan, wow endingnya benar-benar gak ketebak. Kaget banget waktu disebutkan siapa narator dibalik cerita ini! Pokoknya, Atria musti sering-sering nerbitin buku fanfic kayak gini ya. Bikin penasaran! (´⌣`ʃƪ)

Keterangan Buku:

Judul                      : Confessions Of An Ugly Stepsister

Penulis                   : Gregory Maguire

Penerjemah            : Khairi Rumantati

Penyunting              : Nadia Luwis

Pewajah sampul      : Ella Elviana

Pewajah isi             : Aniza Pujiati

Penerbit                  : Atria

Terbit                     : April 2013

Tebal                     : 442 hlm.

ISBN                      : 978-979-024-500-6

 

16 thoughts on “REVIEW Confessions Of An Ugly Stepsister

  1. Di tengah perdebatan perlu tidaknya cerita Cinderella boleh disampaikan pada anak karena unsur percintaannya, aku baru tahu kalau cerita ala Walt Disney sangat sadis. Ngeri juga kalau cerita aslinya disampaikan pada anak-anak. Joss gandos deh buat editor buku anak-anak. Hehehe 
    Tapi ada poin penting yang aku dapatkan setelah baca review ini mbak. Bahwa notabene ibu tiri itu tak selamanya jahaaaatttt, karena tante ku itu kan punya anak tiri, tapi sayangnya minta ampun sama itu anak tirinya. Trus, ada lagi poin pentingnya yaitu kaya mendadak itu justru akan mengakibatkan orang songong >,<, beda halnya kalau orang yang dari awal hidup sederhana kemudian menjadi kaya kemungkinan untuk jadi songong lebih minim. Jadi yuk, hidup sederhana! Yuukkk…..

    • suatu yang berproses biasanya lebih dihargai, begitu juga dengan sebuah kesuksesan, sederhana dan mensyukuri hidup justru terkadang malah bikin lebih bahagia…😉

  2. kakak beradik itu memang harus saling tolong menolong, saling menghormati,,,apalagi kita kpada semua manusia di bumi Allah,,,kita harus saling tolong menolong, saling menghargai, dan menyayangi.

  3. Keren nih pasti NOVELnya … cocok buat Dongengin anak2 kecil :)))) aak jadi kangen di dongengin cerita cinderela.. tapi kenapa cover aslinya serem banget ya kak ??? btw, Ini novelnya boleh dapet ya kak kok ada bungkus kertas cokelat gitu kak ??? :)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s