REVIEW Siwon Six

Nama dan wajah adalah identitas yang hanya bisa ditentukan oleh nasib. Dua hal pertama yang didapatkan seorang manusia yang lahir di dunia, dua hal pertama yang tidak bisa dipilih sesuka hati, dan dua hal pertama yang akan melekat selamanya. (hlm. 46)

Di dunia ini tidak ada yang instan, semua hal pasti melalui proses yang panjang dan kadang melelahkan. (hlm. 45)

Kadang memang manusia hanya ingin mendengar dan menerima apa yang mereka percaya. (hlm. 49)

Namanya Siwon. Jika menyimak musik Korea, tentu kenal Super Junior. Tentu kenal Siwon. Di dunia ini, setiap orang memiliki kembaran berjumlah enam. Dengan kata lain, selalu ada tujuh orang yang sama di dunia ini.

Sebenarnya, setiap bintang punya bayangan. Mengantispasi jadwal yang luar biasa padat akibat meledaknya industri K-Pop, secara diam-diam banyak agensi hiburan dan manajer yang mengontrak doppelganger dari agen-agen independent seperti Jeong Hyun. Para doppelganger, yang lazim juga disebut sebagai bayangan, harus berperawakan dan berwajah sangat mirip dengan bintang yang asli. Mereka harus menyamarkan identitas diri mereka sendiri dan hidup dalam persembunyian. Mereka juga dituntut untuk melakukan semua yang dilakukan oleh para bintang harus focus menyiapkan konser, padahal setelah itu ada audisi peran yang sangat berpengaruh bagi karir mereka. Belum lagi iklan dan photoshoot, atau shooting. Mungkin saja mereka juga sedang sakit. Semua ini tak akan jadi masalah kalau mereka punya seorang lagi diri mereka, seorang bayangan. Beban mereka bisa dibagi dua.

Para bayangan ini dibayar sangat mahal, dan biasanya mereka menyimpan bayaran mereka untuk modal memulai hidup baru di negara lain setelah masa kejayaan bintang mereka berakhir, atau saat jasa mereka tidak diperlukan lagi. dan bayaran mahal itu memang setimpal, karena para doppelganger menukar tahunan hidup mereka, mengorbankan seluruh keberadaan mereka, demi menjalani sebagian hidup orang lain.

Sebenarnya, setiap bintang punya bayangan. Mereka butuh bayangan itu, karena tanpanya mereka takkan bisa sempurna. Tetapi, akan jadi apakah bayangan dari sesuatu yang selalu bersinar terang? Doppelganger. Bayangan, pasangan yang keberadaannya tak terlihat seperti hantu, layaknya kegelapan yang dipasangkan dengan sinar –sirna. Ada tak terlihat, tiada pun tak terlihat.

“Tapi sebenarnya, dipuja bagaikan benda keramat di atas altar itu sangatlah sepi.” (hlm. 14)

Begitulah sedikit gambaran tentang salah salah satu kembaran Siwon. Cerpen The Doppelganger yang ditulis oleh Gina Gabrielle yang menjadi opening dalam omnibook ini, menjadi cerita favorit diantara kembaran Siwon yang lain.

Yup, ada enam Siwon yang ditulis dengan latar belakang, setting dan karakter yang beragam. Mulai dari seorang doopelganger, hingga penjahat kelas teri. Setiap cerita punya sensasi yang berbeda. Dari yang bikin ngakak sampai yang mengenaskan. Komplit.

“Dan lo seneng punya pacar yang digemari banyak orang, sampai-sampai ada cewek yang kirim surat ke gue minta gue putus dari lo. Gue aja baca surat itu kaget! Kapan emangnya kita mulai pacaran? Kapan lo nembak gue? Gue nembak lo, sih, sering, tapi nggak pernah lojawab iya, kan? Maksudnya apa sih ini?” (hlm. 39)

 

“Kamu belum mencapai posisi seperti saya kok sudah bertanya mengenai capek? Kalau sudah di posisi seperti saya tidak akan ada kata capek, kamu akan merasa harus memiliki sesuatu yang lebih, kamu tidak akan pernah ingin berhenti, tidak untuk sedetik pun, kamu ketagihan hidup itu sendiri.” (hlm. 77)

Ah, sayangnya dibandingkan cover buku-buku terbitan PlotPoint yang saya baca sebelumnya; Blue Romance, Pintu Harmonika, dll yang covernya kece, Siwon Six covernya kurang nendang. Pink, kesannya terlalu unyu buat representasi kisah cowok. Apalagi itu kenapa cowok di cover malah kumisan kayak om-om, mana Siwon-nya coba? :3

Terlepas dari itu, suka ama pemilihan ide ceritanya yang gak biasa dan rata-rata memiliki ending yang tak terduga. Padahal awal beli buku ini awalnya hanya karena ‘label Siwon’, pas milih buku ini karena pasti murid-muridunyu bakal demen buku ini. Ternyata hasilnya lebih di luar ekspetasi. Pokoknya sejauh ini, meski penulis yang diorbitkan PlotPoint umumnya penulis-penulis baru, dari segi cerita selalu suka, seperti halnya buku ini. Jadi gak sabar baca omnibook lainnya versi PlotPoint nih! (´⌣`ʃƪ)

Keterangan Buku:

Judul                            : Siwon Six

Penulis                          : Annis DR,Cholida Rizkina, Gina Gabrielle,Kanya Stira Sjahrir, Riesty Aqmarina, Vira Cla

Penyunting                    : Eka Kurniawan

Perancang sampul         : Fahmi Ilmansyah

Pemeriksa aksara         : Teguh Pandirian, Theresa Greacella, Ulfah Yuniasi

Desain                          : Teguh Pandirian

Ilustrasi                        : Giri Lantria

Penerbit                        : PlotPoint Publishing

Terbit                           : Maret 2013

Tebal                            : 119 hlm.

ISBN                           : 978-602-9481-30-3

 

2013 Indonesian Romance Reading Challenge

https://luckty.wordpress.com/2013/01/04/2013-indonesian-romance-reading-challenge/#comment-959

http://lustandcoffee.wordpress.com/2013-indonesian-romance-reading-challenge/

New Authors Reading Challenge 2013

http://renslittlecorner.blogspot.com/2013/01/new-authors-reading-challenge-2013.html

https://luckty.wordpress.com/2013/02/12/new-authors/

19 thoughts on “REVIEW Siwon Six

  1. Doppelganger. Hmmm… Aku juga punya, benar-benar punya malah, sebenarnya dia nggak nyata, hanya bayangan yang sering aku dan keluarga aku lihat. Misalnya aja nih, ketika aku lagi di luar rumah, Mamah ngira aku lagi tiduran di kamar, padahal nggak. Bisa dikatakan juga ini rada ‘mistis’, cuma aku sih yakin kalau dia gak bakal ganggu aku.

    Waktu itu juga aku pernah ngobrol sama dia. Mmm…katakanlah, aku itu ghost-buster kayak Risa Saraswati, lebih tepatnya memang iya sih. Kemampuan yang jarang banget orang lain punya😀 Ngobrolnya pun gak sembarangan, ada waktu-waktu tertentu agar ‘kita’ benar-benar nyaman bisa ngobrol, berdua.

    Aku sih meyakini kalau aku punya 4 kembaran di dunia ini. Setau aku sih gitu, ya mungkin ‘dia’ salah satunya. Aku gak pernah nanya apakah dia masih benar-benar hidup atau hanya sesosok bayangan yang impossible. Nggak terlalu dipermasalahkan sih, tapi aku ngerasa sejiwa banget sama dia, berasa ngobrol dengan diri sendiri gitu😀

    Eh, udah ah cerita ‘dia’ nya, lagi dapat aura kalau dia lagi duduk di dekat aku. Hihi… Intinya, ini beneran lho Mbak, gak ada rekayasa sama sekali😀

    • OMG, aku aja ampe sekarang belum berani baca DANUR ama MADDAH-nya Risa, eh malah Syifa ternyata juga punya… gak semua bisa dikasih kesempatan punya ‘sesuatu’ itu yaa…🙂

      • Danur sama Maddah itu gak seseram yang dibayangkan kok Mbak, ya itu sih menurut aku, kayak membaca tentang cerita sendiri malah *ngaku-ngaku jadi Teh Risa*

        Ya kecuali kalau dibacanya itu sendirian, tengah malam, terus malam jumat, kliwon lagi. Hahahaha :))

  2. wah, sepertinya musti coba baca yee. tapi, emang covernya kurang nendang. where is my Siwon? *ditendang Kyuhyun* anyway, danbo unyu-nya woaaaaaa *masih pengin danbo lagi setelah dapet kiriman danbo*

    • Iya, ceritanya bagsu-bagus… cuma sayang di cover aja siy… :3
      Tiap ada yang nyebut Kyuhyun, jadi keinget ama murid kalo minjem buku ditanya namanya siapa, pasti dia nyebut namanya Kyuhyun, dasar bocaaahhh…😀

      • kayaknya yg bkin cover agak gak terima nih muka siwon dipajang. kkk. hahaha. temen juga ada yang suka ngaku ngaku jadi kyuhyun. ada ada aja. cowok lagi ==”

  3. Filosofi yang masih saya inget sampai sekarang, yakni manusia di dunia itu punya 6 kembaran

    dan alhamdulillah, saya sudah pernah melihat 2 dari kembaran saya mbak, kebetulan ketemu di tempat yang berbeda, saya di jombang, kembaran yg pertama ketemu ketika kuliah di jember, dan yang ketiga ketika naik kereta di jogja

  4. waah..
    Jadi tertarik beli + baca buku siwon six setelah baca reviewnya😀
    jadi penasaran, ada saatnya kita bakal dipertemukan sama 6 kembaran kita gak ya?
    Pasti awkward banget deh kalo emang ketemu langsung :3
    Liat wujud diri sendiri dengan karakter yang berbeda..

    Tapi sejauh ini aku baru dikasih tau ada 1 orang yang mirip banget sama aku, temennya temen. tapi belum pernah ketemu sih ya😀

    • Wah, jadi banyak yang tertarik ngomongin kembaran kita yaaa… aku juga jadi ikut penasaran nih, padahal sebelumnya gak pernah kepikiran…😀

  5. Mbak Luckty, terima kasih dan sukaa dengan review buku Siwon ini jadi ingin beli bukunya, penasaran.com! hehehehe…Dan jadi ada ide untuk meluncurkan sebuah novel ^^ Saya sendiri pernah mendengar sebuah filosofi kalau di dunia ini, manusia memiliki tujuh kembaran. Saya sendiri alhamdulillah sudah menemukan lima kembaran saya. Cerita enggak ya? ^^ Yang pasti ketiga dari kelimanya saya belum pernah bertemu muka. Lucunya teman-teman saya lah yang memberikan informasi bahwa ada yang mirip saya di banyak tempat…hahaha….jadi semakin penasaran! Akhirnya saya pernah menyelidiki siapa-siapa yang mirip saya. Ada satu yang ternyata benar mirip, dari aktifitas, kegemaran, type pasangan, sampai dengan tanggal lahir. Its amazing! Subhanallah…

Leave a Reply

