REVIEW Bekerja Sebagai Dokter

Praktik kedokteran sebenarnya sebuah kombinasi antara sains dan seni. Bukti dasar atas masalah klinis seseorang harus didasarkan pada sains. Sedangkan seni kedokteran adalah penerapan gabungan antara ilmu kedokteran, intuisi dan keputusan medis untuk menentukan diagnosis yang tepat, perencanaan perawatan bagi pasien dan perawatan pasien  sesuai dengan apa yang diperlukan si pasien tersebut.

Inti dari praktik kedokteran adalah hubungan antara pasien dan dokter yang dibangun sejak seseorang mendatangi dokter untuk mengatasi masalah kesehatan yang dideritanya. Dokter mempelajari gejala-gejala dan ukuran tertentu yang ada pada pasien. Selanjutnya, dokter memeriksa pasien, menginterpretasi  tanda-tanda klinis, dan membuat sebuah diagnosis yang kemudian digunakan untuk merencanakan perawatan atau pengobatan. Tak hanya itu, dokter juga perlu memberi penjelasan pada pasien tentang keadaan pasien, rencana perawatan, dan proses pegobatannya. Hal ini perlu dilakukan agar dokter dan pasien dapat saling mendukung dalam upaya penyembuhan. Dengan demikian, hal-hal yang mengganggu jalannya pengobatan dan perawatan tidak terjadi. Misalnya, karena ketidaktahuan akan penyakit yang dideritanya, seorang pasien hipertensi tetap mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi sehingga pengobatan terhadap penyakit hipertensinya menjadi percuma.

Nah, jika nanti menjadi dokter, kita harus memberi tahu pasien tentang kondisinya, apa saja yang perlu dilakukan dan dipantang oleh pasien dalam mendukung proses penyembuhan. Pasien pun akan merasa senang mendapatkan pelayanan kesehatan demikian. Apakah senang pergi ke dokter yang hanya diam mendengar keluhan pasien, lalu menulis resep obat tanpa bicara? Tentu tidak. Mereka yang menjadi dokter sukses dan terkenal biasanya memiliki kemampuan komunikais yang baik dengan para pasiennya.

Agar tidak frustasi karena beban belajar dan praktikum yang padat, kita harus membulatkan tekad sebelum memasuki sekolah kedoteran. Kita juga harus tahu kalau menjadi seorang dokter berarti memiliki tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan tugas. Maklum saja, pekerjaan ini nanti akan berhubungan dengan nyawa orang lain. Kalau sudah mengetahui semua itu, sekarang tinggal mempersiapkan diri dengan mendalami ilmu-ilmu dasar yang menunjang kuliah di fakultas kedoteran nanti. Ilmu-ilmu dasar yang menunjang pendidikan dokter, antara lain biologi, kimia, fisika, dan matematika. Pokoknya, harus siap baik fisik maupun mental.

Keterangan Buku:

Judul                            : Bekerja Sebagai Dokter

Penulis                          : Yuyun Wahyuni

Editor                           : Audina Furi Nirukti & Daniel P. Purba

Editor fotografi              : VeriSanovri

Desainer sampul           : Yudi Nur Riyadi

Penerbit                        : Esensi

Terbit                           : 2009

Tebal                            : 95 hlm.

ISBN                           : 978-979-015-868-9

One thought on “REVIEW Bekerja Sebagai Dokter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s