REVIEW Bekerja Sebagai Perawat

Kegiatan merawat sudah ada sejak manusia pertama diciptakan di muka bumi. Merawat adalah pekerjaan yang sesuai dengan naluri setiap manusia. Misalnya saja, binatang kesayangan tergores kakinya dan mengeluarkan darah. Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Betul, merawatnya. Untuk binatang saja hati tergerak untuk merawatnya. Apalagi kepada manusia yang membutuhkan perawatan. Misalnya, pekerjaan merawat orang yang sakit. Lalu, apakah pekerjaan merawat hanya ditujukan bagi orang yang sakit? Tidak, pekerjaan merawat juga ditujukan bagi bayi. Kenapa bayi butuh perawatan? Karena bayi belum bisa merawat dirinya sendiri.

Begitulah, perilaku merawat muncul dari naluri manusia itu sendiri. Sementara itu, cara-cara merawat terus mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan kebudayaan dan peradaban manusia di dunia.

Menurut International Council of Nursing, perawat adalah seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan keperawatan, memiliki wewenang untuk memberikan pelayanan dan peningkatan kesehatan, serta pencegahan penyakit di negara yang bersangkutan. Sedangkan dalam Undang-undang RI tentang Kesehatan, perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimilikinya, yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan.

Keperawatan itu sendiri adalah proses pelayanan professional yang meruapakan bagian integral dari pelayanan kesehatan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio-spiritual yang menyeluruh yang ditujukan kepada individu, kelompok, masyarakat, baik sehat maupun sakit yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia. (Lokakarya Keperawatan, 1983)

Dari arti perawat dan keperawatan di atas, kita tentu lebih mengerti sekarang bahwa tidak setiap orang yang merawat bisa disebut perawat. Jadi, yang bisa disebut perawat adalah orang yang telah lulus pendidikan keperawatan. Selain itu, tugas merawat itu tidak hanya terbatas pada orang yang sakit saja, tapi juga mereka yang fisiknya sehat. Hal ini disebabkan ruang lingkup pekerjaan perawat itu luas sekali dan menyeluruh; tak hanya merawat kesehatan fisik pasien saja, tapi juga psikologisnya, hubungan sosialnya, bahkan spiritualnya.

Keterangan Buku:

Judul                            : Bekerja Sebagai Perawat

Penulis                          : Erma Yulihastin

Editor                           : Debora Suryani dkk.

Fotografi                      : Adityo B. Hardoyo

Lokasi                          : RSUD Cibinong

Desainer sampul           : Yudi Nur Riyadi

Penerbit                        : Esensi

Terbit                           : 2009

Tebal                            : 79 hlm.

ISBN                           : 978-979-015-878-8

2 thoughts on “REVIEW Bekerja Sebagai Perawat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s