REVIEW Bekerja Sebagai Public Relations

Public Relations, nama ilmunya. Public Relations Officer, nama pekerjaannya. Namun di Indonesia, kita sering kali menyebut pekerjaannya dengan ‘PR’ saja, tanpa embel-embel officer atau manager.

Menurut Frank Jefkins dalam buku Public Relations: ‘PR’ adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik ke dalam maupun ke luar organisasi, dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

Yang dimaksud komunikasi terencana adalah komunikasi menggunakan berbagai cara, baik lisan alias tatap muka maupun melalui medialain, seperti tulisan, gambar, video ataupun website. Komunikasi adalah inti dari PR. Seorang PR harus tahu cara menyampaikan sesuatu sesuai dengan situasi maupun kondisi.

Seorang PR tidak bisa asal berbicara. Pernyataan-pernyataanyang dikeluarkannya baik dalam bentuk lisan, tulisan, ataupun multimedia, harus direncanakan terlebih dahulu supaya efektif dan tidak menimbulkan salah paham.

Dengan penemuan internet, profesi dan dunia PR pun menjadi jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya. Bayangkan, dalam sekejap sebuah informasi bisa dikirimkan ke penerimanya yang berada beribu-ribu kilometer dari kita. Penyampaian informasiitu juga memakan biaya yang murah sekali. Dengan sekali klik, kita bisa mendapatkan informasi apa saja melalui dunia maya.

Apa ini berarti peran PR sudah tidak diperlukan lagi? Justru sebaliknya. Menurut David Philips, Internet menawarkan kesempatan besar bagi PR untuk mempraktikkan kemampuan kreatif mereka. Zaman (internet) ini merupakan zaman yang amat mendebarkan, dan yang paling terpengaruh olehnya adalah para PR.

Bisnis PR di Indonesia dirintis oleh seorang perempuan cantik berkarir cemerlang bernama Inke Maris. Inke Maris dikenal sebagai figur yang kerap mewawancarai tokoh-tokoh dunia dilaya kaca. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ia juga pendiri perusahaan bernamaIM&A alias Inke Maris and Associates pada tahun 1987. IM&A adalah perusahaan besar pertama yang bergerak di bidang jasa Public Relations. Pada waktu itu, profesi PR di Indonesia masih belum terlalu dikenal, bahkan cenderung diremehkan. Namun, Inke melihat bahwa Indonesia akan dibanjiri bisnis-bisnis internasional yang pasti akan membutuhkan jasa di bidang komunikasi.

Berkat usaha Inke, derajat Public Relations terangkat. Seriing berjalannya waktu, akhirnya PR justru menjadi salah satu pekerjaan paling bergengsi dan banyak diminati. Saat ini, banyak universitas yang menawarkan jurusan-jurusan serta mata kuliah tertentu yang mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi PR, seperti jurusan komunikasi massa atau kehumasan.

Setelah mengetahui definisi PR serta sejarah profesi tersebut, cara menjalankan profesi itu sendiri kembali kepada pribadi masing-masing dan perusahaan. Yang jelas, PR semakin dibutuhkan di mana-mana.

Keterangan Buku:

Judul                            : Bekerja Sebagai Public Relations

Penulis                          : Dina Indrasafitri

Editor                           : Daniel P. Purba dkk.

Model                          : Kirana, Tasya, Ferdy

Desainer sampul           : Farid F. Noor

Penerbit                        : Esensi

Terbit                           : 2008

Tebal                            : 101 hlm.

ISBN                           : 978-979-015-872-6

One thought on “REVIEW Bekerja Sebagai Public Relations

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s