REVIEW Kolase Cinta

 

 

Datangnya cinta tak pernah bisa ditebak. Berlalunya cinta tak pernah ada yang meminta. Semua yang terjadi karena cinta tidak pernah terkira-kira. Seperti itulah cinta, bisa bahagia, bisa pula mengundang derita. Siapa pun mahluk di bumi ini tentu pernah merasakan cinta dalam hidupnya. Begitu berani mengenal cinta, maka bersiaplah menghadapi realita. Getar-getirnya yang terkadang membuat patah hati harus diterima bilamana terjadi. (hlm. 42)

Buku ini merupakan kumpulan cerpen yang memuat 23 cerita dengan beragam tema dan memiliki benang merah yang sama; cinta. Cinta kepada kekasih. Cinta kepada anak. cinta kepada orangtua. Bahkan cinta sejenis.

Adegan paling favorit:

Pertemuanku dengannya berawal ketika aku mengunjungi sebuah perpustakaan besar di kotaku, Pekanbaru. Di saat tengah mencari-cari buku untuk keperluan tugas, di saat itu pula sebuah cinta telah mengintai-intai mangsanya. Dan ternyata, akulah yang terperangkap dalam bilik hati seorang lelaki. Romi yang sebelumnya tidak kukenal, tanpa sengaja beradu pandang denganku di koridor perpustakaan. Sebuah kisah romantis yang klasik, tapi sungguh begitu indah.(hlm. 42)

Banyak sekali kalimat favorit dalam buku ini. Di setiap cerita, selalu ada quote yang berhubungan dengan isi cerita:

  1. Terkadang kita meninggalkan seseorang bukan kita membencinya, melainkan karena kita ingin ia jauh merasa nyaman dan aman berada di tempat yang jauh dari sisi kita tanpa mengurangi sedikit pun rasa cinta kepadanya. (hlm. 10)
  2. Cinta yang tulus jauh lebih berharga daripada tumpukan harta. Maka bersyukurlah, bila kamu pernah mendapatkannya. (hlm. 22)
  3. Pertemuan dengan belahan hati bisa terjadi dengan cara yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Bahkan bisa dari sesuatu yang tak indah. (hlm. 32)
  4. Seburuk-buruknya rupa, ia masih pantas untuk dicintai. Tapi seburuk-buruknya perangai, ia menjadi pantas dibenci. (hlm. 40)
  5. Patah hati sesungguhnya adalah cara Tuhan menyelamatkanmu dari cinta palsu pasanganmu. Serta gerbang pembuka untukmu menemukan cita-cita lain yang lebih tulus dan bermakna. (hlm. 54)
  6. Tidak ada cinta yang lebih berkualitas selain cinta yang merelakan apa yang dicintainya berada dalam kondisi yang lebih baik. (hlm. 61)
  7. Seorang pecinta sejati siap dengan segala pengorbanan demi cintanya. Bahkan menghadapi kemungkinan terburuk bila tak lagi berada di sisi pasangannya. (hlm. 62)
  8. Cinta sejati tak akan pernah mati. Sekali pun raga tak bernyawa tapi cinta tetap bersemayam pada hati yang telah dipilihnya. (hlm. 70)
  9. Cinta yang berkualitas adalah cinta yang melewati banyak ujian di dalamnya. Sesulit apa pun ujiannya, cinta yang berkualitas tak akan pernah mengenal kata surut. (hlm. 76)
  10. Terkadang cinta harus memilih, cinta mana yang harus diproitaskan dan cinta mana yang dikesampingkan terlebih dahulu. (hlm. 82)
  11. Cinta bukan sebuah rencana. Tetapi ia hadir saat mata dan hati berkolaborasi secara tidak terduga-duga. (hlm. 94)
  12. Kekuatan takdir tidak pernah bisa terelakkan meski keteguhan hati dan kekuatan cinta mengusahakan segala sesuatu yang dianggap baik. (hlm. 100)
  13. Sebuah pengorbanan atas nama cinta tidak selalu berakhir indah dan sempurna. Hanya perpaduan akal dan iman yang akan menuntunmu untuk bertindak sewajarnya demi cinta. (hlm. 108)
  14. Perbedaan bukan alasan untuk meniadakan cinta. Masa lalu pun bukan penghambat jalannya masa depan. Ketulusan hati dan kerelaan memaafkan membantu cinta bersemi dengan semestinya. (hlm. 120)
  15. Terkadang mau tidak mau kita harus berseberangan dengan orang yang memiliki pandangan buruk tentang keberadaan cinta. (hlm. 128)
  16. Saat seseorang terpuruk karena ulahnya sendiri, saat itulah ia baru menyadari betapa beruntungnya ia pernah dicintai. (hlm. 138)
  17. Pukulan yang paling menyakitkan bagi musuh bukanlah pukulan dari cambuk api atau mata pedang yang tajam. Melainkan kemurahan hati dan kesediaan untuk memaafkan dari lawannya. (hlm. 152)
  18. Bila hatimu kaya kasih sayang dan cinta, maka lapangkan hatimu untuk memaafkan dan memaklumi suatu keadaan saat kamu menjadi yang merugi di dalamnya. (hlm. 162)
  19. Kebahagiaan dan keberuntungan terbesar adalah saat kita tahu bahwa kita dicintai dan dimaafkan berkali-kali. (hlm. 174)
  20. Masa lalu berperan serta membentuk pandangan seseorang tentang cinta yang datang padanya. Salah atau benar sosok yang dicintainya, yang ia tahu itulah cinta. (hlm. 202)
  21. Garis jodoh sudah ditentukan oleh Tuhan Sang Pemilik Takdir. Saat jodoh itu hadir, tidak butuh waktu yang lama untuk meyakinkan diri bahwa itulah cinta. (hlm. 220)

Awalnya saya tidak memiliki ekspetasi apa-apa melihat buku ini. Tertarik karena covernya yang unyu, dan ternyata isinya pun ciamik. Suka dari segi cerita, apalagi di akhir cerita selalu ada hikmah yang bisa kita ambil di setiap cerita.

Ullan Pralihanta. Menulis adalah kegemarannya yang ia lakoni sejak pertama kali ia mengenal huruf alphabet. Seiring perjalanan waktu, tangannya semakin mahir merangkai kata demi kata menjadi sebuah kalimat utuh dan bermakna. Hingga pada akhirnya ia bisa menghasilkan beberapa buah judul buku. Setelah saya puas membaca buku ini, jadi penasaran dengan tulisannya yang lain😉

Keterangan Buku:

Judul                : Kolase Cinta

Penulis              : Ullan Pralihanta

Editor               : Nilla Endah

Desain sampul  : AgsaGradisa

Layout isi          : agsagradisa@gmail.com

Penerbit            : Caesar Media Pustaka

Terbit               : Januari 2013

Tebal                : 221 hlm.

ISBN               : 978-602-18760-2-2

 

2013 Indonesian Romance Reading Challenge

https://luckty.wordpress.com/2013/01/04/2013-indonesian-romance-reading-challenge/#comment-959

http://lustandcoffee.wordpress.com/2013-indonesian-romance-reading-challenge/

New Authors Reading Challenge 2013

http://renslittlecorner.blogspot.com/2013/01/new-authors-reading-challenge-2013.html

https://luckty.wordpress.com/2013/02/12/new-authors/

15 thoughts on “REVIEW Kolase Cinta

  1. “Ia hadir saat mata dan hati berkolaborasi secara tidak terduga-duga”

    Bagaimana mereka yang tidak mampu untuk melihat,
    Bagaimana cara cinta mereka hadir ???

  2. ihh, mau comment error nih u,,u covernyaaa unyuuu :3 quotesnyaa ajib🙂 wajib punyaaa !!!

    Terus mereview dengan baik untuk mbak luckty (^^)9 semangat ’45 hehe ikutan #GiveawayPustakawin Hope me luck🙂 ini review ke => *19

  3. Ah, Mbak Luckty ini subyektif banget nih. Lagi-lagi adegan favoritnya waktu mereka ke perpustakaan hahaha. Suka suka suka dengan antologi bertemakan cinta. Hmm.. kapan ya ada yang mau membelikan buku ini (kalau masih ada).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s