REVIEW Puzzle Mimpi

Mimpi itu penting!

Mimpi menjaga semangat untuk terus tumbuh.

Mimpi mengejar langkah semakin terarah mengejar masa depan.

Mimpi menghadirkan keyakinan.

Mimpi menemani diri menerpa hambatan.

Mimpi, yang bukan sekedar mimpi tapi sebuah harapan untuk sebuah kehidupan yang lebih berkesan. (hlm. 35)

SINOPSIS

Sedari kecil, Indari cenderung hidupnya teratur dan kebiasaannya itu terbawa hingga kini. Tanpa dia sadari, jadwal dan aneka motivasi yang dipajangnya itu membentuk dirinya menjadi pribadi yang kuat menjaga komitmen dan konsisten ketika melakukan sesuatu. Sejak kecil dia sudah terbiasa mengikuti jadwal yang sangat teratur. Tak ada yang menyuruhnya, tak ada yang memberinya sanksi ketika dia tidak mematuhinya. Hingga kemudian dia tumbuh jadi remaja dan perempuan dewasa, kebiasaan itusudah mendarah daging. Baginya, hidup yang terencana dan mematuhi apa yang sudah dia rencanakan adalah bekal utama untuk sukses.

Sejak kecil, Indari hidup dalam ketidakyakinan. Ayahnya kurang beruntung dalam memimpin keluarganya. Ibunya terus menyuarakan protes tanpa ujung. Anak-anak mereka yang masih belia tahu sepenuhnya, keluarga ini tak akan pernah terbangun dengan senyuman. Dua orangtua yang sama-sama memendam dan memelihara masalah itu tak punya cukup waktu untuk anak-anak mereka. Beruntung Indari masih bisa belajar disiplin dari ayahnya melalui cara yang tak semua dipahaminya. Dengan kemauan kuat dia menata hidupnya sendiri.

 

Segala luka tidak akan membuatmu bernanah.

Segala penghinaan tidak akan membuatmu menyerah.

Segala fitnah tidak akan membuatku marah.

Masa depan ada di tanganku sendiri, bukan mereka yang membuatku terluka, pun yang menghina.

Semakin banyak rintangan, semakin cemerlang masa depan. (hlm. 27)

 

Membaca ini meletupkan semangat berlipat-lipat. Perjuangan sosok Indari sejak kecil hingga merintis Indsricpt Creative patut diacungkan jempol. Semuanya tidak berjalan mulus, banyak jalan berliku yang musti ditempuh. Setelah membaca buku ini kita dapat memetik hikmah bahwa segala mimpi dan apa yang kita inginkan suatu hari dapat kita wujudkan. Meski bukan sekarang, bisa jadi nanti di saat yang tepat.

Ada banyak kalimat favorit bertebaran dalambuku ini:

  1. Ada sekelumit persoalan, tetapi ada sebareg solusi yang jauh lebih penting untuk dijalankan. Hidup jangan dihabiskan untuk bergelut dengan masalah. Lebih baik kita manfaatkan kesempatan di depan mata untuk menggapai hidup lebih baik. (hlm. 39)
  2. Perjalanan tidak selalu mulus, tidak juga selalu sukses sesuai harapan. Hal ini bukan berarti kita berhenti melangkah, tetapi mencari solusi yang terbaik. Terus lakukan inovasi dengan kretif adalah pilihan terbaik dalam keadaan gagal pun tidak terhenti ketika sukses. (hlm. 87)
  3. Sakit fisik kerapkali diawali dari sakitnya hati dan jiwa. Kekuatan hati dan jiwa dalam menjalankan kehidupan bukan hanya membuat fisik sehat, tetapi seluruh kehidupan menjadi nikmat. (hlm. 3)
  4. Jika saat ini tidak memiliki hidup yang sesuai keinginan, mulailah menata pikiran. Nikmati hidup, dengan apapun yang dimiliki. Di saat yang sama, teruslah bermimpi tentang masa depan yang cemerlang. Niscaya, kenyataan yang selanjutnya pasti akan luar biasa! (hlm. 9)
  5. Kita tidak bisa memilih dilahirkan di keluarga mana dan sesempurna apa saat dilahirkan. Namun, kita bisa memilih akan menjadi apa pada masa depan, membuat cinta sedalam apa di hati kita, dan tentu saja bersyukur pada masa lalu ketika Allah membuat garis start hidup kita. (hlm. 24)

Indari Mastuti, merupakan Founder Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis, Perempuan Inspiratif Nova  2010, Juara II Wirausaha Muda Mandiri 2011, Perempuan Indonesia Terinspirasi Majalah Kartini 2012. Kini, mimpinya untukmenjadi penulis telah melampaui tangannya sendiri. Mimpi itu bahkan terpancar kepada empat ribu lima ratus perempuan yang tergabung dalam komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis yang diasuhnya. Dengan berbagai program edukasi dan kerja sama, ibu-ibu yang kebanyakan pendatang baru dalam dunia kepenulisan ini mulai menghasilkan banyak buku.

Melalui agensi naskah IndsricptCreative yang dipimpinnya, Indari mewujudkan mimpi ribuan perempuan untuk menuangkan ekspresi, membukukannya, dan menebarkannya kepada sesama. Jatuh bangun perusahaan ini dalam menjalin kerja sama dengan berbagai penerbit adalah pembelajaran besar yang selalu dimaknai Indari sebagai pintu menuju sukses yang sejati.

Anna Farida. Penulis buku ini mengawali karir kepenulisannya dengan menjadi penerjemah sejak tahun 1996. Buku-buku dan jurnal karya terjemahannya diterbitkan oleh sejumlah penerbit. Perkenalannya dengan Indari Mastuti membuatnya ingin lebih banyak belajar. Dia juga yakin bahwa perjalanan hidup Indari layak dibagikan kepada pembaca, agar banyak perempuan tahu bahwa sukses bisa bermula dari kepingan sekecil apappun. Karena itulah buku ini ada.

Keterangan Buku:

Judul                : Puzzle Mimpi

Penulis              : Anna Farida

Desain sampul  : AgusSudiyanto

Tata letak         : Mudah W.

Penerbit            : Caesar Books Publisher

Tebal                : 178 hlm.

ISBN               : 602-8150-33-9

25 thoughts on “REVIEW Puzzle Mimpi

  1. Keren Reviewnya. Tentang mimpi

    Perjalanan tidak selalu mulus, tidak juga selalu sukses sesuai harapan. Hal ini bukan berarti kita berhenti melangkah, tetapi mencari solusi yang terbaik. Terus lakukan inovasi dengan kretif adalah pilihan terbaik dalam keadaan gagal pun tidak terhenti ketika sukses.

    suka suka suka🙂🙂🙂

  2. Wah, aku suka!! mimpi penting untuk bermimpi karea aku punya banyak mimpi. intinya kalo punya mimpi kejar jangan dengar hinaan tentang mimpimu dari orang lain yang dibutuhkan adalah kamu dapat membuktikan bahwa kamu bisa dan mimpimu itu layak untuk jadi yang terbaik🙂

    Terus mereview dengan baik untuk mbak luckty (^^)9 semangat ’45 hehe ikutan #GiveawayPustakawin Hope me luck🙂 ini review ke => *11

  3. Anak-anak dari keluarga yang kurang harmonis biasanya memang memiliki suatu power yang tersembunyi, yang mana kadang itu bisa jadi positif dan negatif bagi dia, terkantung pada keputusan dan keberanian untuk lebih berani dan beda…

  4. Lho apa ini cerita nyata dari mbak Indri sendiri ya? Wah sepertinya sedang ngetrend buku-buku seperti ini ya. Mengupas perjalanan orang-orang yang sukses dengan usaha dari nol. Huft kapan ya ada yang membuatkan buku ini untuk saya hahaha

  5. Suka suka suka sama kalimat-kalimat favorit Luckty disini. Favoritku juga. Tapi aq belum baca bukunya (malu :p) Covernya nggak terlalu menarik sih ya menurutku, hohoho…
    Masih berada dalam timbunan (malu lagi deh :p)

  6. Saya jadi teringat kutipan di salah satu novel yang pernah saya baca. “Tragedi terbesar dalam hidup manusia adalah berhenti bercita-cita.” tampaknya novel ini dapat membangkitkan semangat orang-orang yang ingin meraih mimpi walau dalam kendala. Hmm patut jadi daftar salah satu buku yang harus dibeli nih!😀

  7. Suka,,,
    Saya suka buku yang berhubungan dengan mimpi, karena saya juga seorang pemimpi…
    Pengin baca,, supaya lebih semangat mengejar mimpi…😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s