Book Hangover?!?

 Akhirnya punya serial Inkworld: Inkheart, Inkspell, Inkdeath! ✪‿✪ Cc: @gramedia @BBI_2011 @KlubBuku

Pernah gak sih mengalami book hangover?!? Menurut urbandictionary.com, book hangover adalah keadaan di mana kita sudah menyelesaikan satu buku dan kembali ke dunia nyata, namun dunia nyata terasa nggak lengkap karena kita masih hidup di dalam dunia yang ada di buku tersebut.

Nah, jaman sekolah ngerasain banget book hangover pas baca Harry Potter. Seperti ababil pada umumnya, ampe beli segala macam pernak-perniknya, bahkan ampe buat kliping khusus Harry Potter!! x)

Masa itu lewat ketika kuliah, mulai demam film Harry Potter. Hampir semua orang tahu Harry Potter. Jadi males, merasa basi karena semua orang bahkan yang nggak baca bukunya pun (sok tahu) tentang Harry Potter. Tapi saya akui, sampai sekarang buku-buku Harry Potter adalah salah satu buku bantal yang bisa khatam dalam sekali baca. Gimana gak book hangover coba?!? x)

Nah, baru-baru ini (berhasil) menamatkan serial Inkworld: Inkheart, Inkspell, Inkdeath secara berurutan. Book hangover banget?!? Gimana nggak? Dunia Inkworld ciptaan Cornelia Funke ini dipenuhi dengan aroma buku-buku. Dimana-mana ada buku. Bahkan banyak sekali quotes bertebaran yang berhubungan dengan buku. Pokoknya cinta banget ama buku.

Saking book hangovernya gegara serial Inkworld ini, saya nggak baca buku lain selama seminggu. Istilah ababil jaman sekarang, book hangover ini seperti susah move on buat baca buku yang lain.

Apakah pernah merasakannya? Buku apa yang bikin book hangover?!? x)

Ini tips yang diambil dari id.she.yahoo.com/lima-cara-mengatasi-book-hangover-120906675.html:

Mengatasi book hangover ini dan bisa move on ke buku lain:

1. Membaca buku lain dari penulis yang sama
Kalau kita menemukan sebuah buku yang membuat kita nggak bisa memandang buku lain dengan cara yang sama, si penulisnya pasti bagus banget, ya kan? Jadi kenapa nggak coba membaca bukunya yang lain? Walaupun memang sih, ini nggak akan bisa diterapkan kalau kita sudah membaca semua buku yang diterbitkan oleh si penulis.

2. Mencari rebound atau memulai yang baru
Yah, seperti ketika kita mengakhiri suatu hubungan, kadang memang butuh orang baru sebagai rebound. Habis baca buku pun begitu. Coba cek, mungkin ada buku lain yang bisa kita baca dan siapa tahu kita menyukainya. Karena setiap buku berhak untuk mendapatkan kesempatan (untuk dibaca).

3. Cari buku berdasarkan review online
Kita bisa menemukan genre atau buku yang sejenis berdasarkan review buku yang bisa dengan mudah ditemukan di internet. Banyak review yang menyertakan rekomendasi buku lain yang sejenis dengan yang sedang di-review. Misalnya, yang suka The Hunger Games-nya Suzanne Collins kemungkinan akan menyukai Divergent-nya Veronica Roth. Atau penggemar Tom Clancy mungkin akan menyukai karya Robert Ludlum.

4. Baca ulang buku tersebut
Mungkin nggak akan efektif mengatasi book hangover, tapi bisa membuat kita hapal semua isinya dan bosan kemudian beralih mencari buku lain. Patut dicoba, lah.

5. Menunggu
Bagaimana kalau sudah melakukan semua hal di atas tapi tetap aja nggak ada yang bisa mengalihkan kita dari perasaan hangover tersebut? Jawabannya hanya satu: menunggu. Sama seperti menunggu the one atau menunggu prince charming. Pasti suatu saat dia akan datang. Buku bagus dengan karakter yang lovable, bikin jatuh cinta, plot yang menarik, dan dunia imajinasi yang mengisap lebih dalam akan datang lagi. Iya sih, mereka itu jarang—tapi saya percaya mereka ada.

Bagaimana dengan kamu?!? 😀

Advertisements

12 thoughts on “Book Hangover?!?

    • Aku juga hanya buku tertentu kok. Biasanya buku-buku bergenre fantasi, kayak serial Inkworld ini. Dunia yang lain ama yang kita huni :p

  1. Inkworld pun sudah difilmkan (seri 1: inkheart) dan banyak orang mulai sok tahu. Filmnya gatot, ide ceritanya bagus sayang eksekusinya ga maximal.
    Inkheart yg menarik malah Quote tiap awal bab. Bikin nostalgia.

  2. Mbak Luckty, aku baru tahu kalau itu istilahnya book hangover. selama ini, aku sering merasa seperti itu soalnya. setelah baca satu buku, suka masih terus memikirkan bagaimana kisah hidup si tokoh selanjutnya. makasih banyak atas sharing tentang book hangover nya ya mbak 😀

    • Gak tiap hari detik baca juga sih, ini november malah gak baca apa-apa gegara book hangover di oktober baca serial Inkworld x)

      kalo mau gabung ama Blog Buku, yuk follow @BBI_2011 😉

  3. Akuuuuuuu ngalamin jugaaa bu -___-, Kalo abis bca buku fantasi pasti gitu. aku book hangover sm serial inkworld lagian buuu. Terutama yg inkdeath -__-.

  4. Pingback: Serba-serbi Reading Slump | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s