#KlubBukuSmanda #CeritaHati

CERITA HATI

Dari 24 Klub Buku yang terpilih, hanya #KlubBukuSmanda satu-satunya klub buku sekolah. Awalnya saya sempat pesimis gegara MATI LISTRIK dan tengah malam baru nyala. Dengan posisi ngantuk, buat postingan tentang Klub Buku Smanda dan alhamdulillah terpilih.

Ini ulasannya:

https://luckty.wordpress.com/2013/08/20/klub-buku-smanda/?relatedposts_exclude=3618

Untuk memilih murid-murid yang masuk Klub Buku Smanda lumayan susah. Banyak bener yang mau ikut. Jadi, biar adil diadakan voting via facebook dan terpilihlah tujuh murid unyu. Masing-masing beda kelas. Itu pun ada yang nggak terpilih pake acara ngambek ke saya, hehehe… Maklum cuma dibatasi delapan orang saja.

Ini dia yang terpilih:

1. Risky Putri Aninda –> XII IPA 3

2. Juwita –> XII IPS 3

3. Ayu Pebriana –> XI IPA 1

4. Rainy Puji Hapsari –> XI IPA 2

5. Oshi Febyana Aviza –> XII IPS 1

6. Safitri Ariyanti –> XII IPA 2

7. Eva Marcella Raja Gukguk –> XII IPA 1

 #CeritaHati #ArisanBuku dari @Bukune buat Klub Buku @SMAN2Metro telah mendarat! ;) Cc: @omemdisini @mas_aih

Ternyata klub ini giliran dapet kloter terakhir; DESEMBER. Pas mereka UAS. Trus, pada sibuk remedi. Susah banget ngumpulinnya. Yang satu bisa, yang satu lagi remedi matematika, satunya remedi akuntansi. Saya pun juga belepotan macam tukang sate karena banyak bener murid yang remedi di perpus. Alhasil perpus udah kayak kapal pecah.

Akhirnya, kalo ada waktu senggang uber mereka satu per satu. Masing-masing dapet buku #CeritaHati dan akhirnya terkumpul juga gerombolan unyu ini😀

Kumcer Cerita Hati ini sebenarnya udah saya baca bahkan sudah diposting reviewnya, kebetulan di perpus sekolah sudah punya ini, hehehe…😀

 Dan ini aku si pustakawan di #ArisanBuku #KlubBukuSmanda #CeritaHati @Bukune @SMAN2Metro :D

Ada tujuh belas penulis yang menuliskan pengalaman tentang cinta pertamanya. Tujuh penulis yang sudah memiliki nama, ditambah sepuluh pemenang sayembara ‘Ini Cinta Pertama’ yang diselenggarakan oleh Bukune. Cinta pertama hanya datang satu kali. Ketika kita tak bisa menangkapnya, kita akan kehilangan. Tapi kita akan selalu tahu ia akan selalu ada di hati. Selamanya.

Tulisan paling favorit adalah Tulang Rusuk Susu yang ditulis oleh Indra Wijaya. Cinta pertamanya disandang saat berstatus babege (balita baru gede). Dia menjabarkan cinta pertama diibaratkan sebagai sesosok ‘tulang rusuk susu’. Memang melekat erat tapi hanya sementara. Tulang rusuk susu itu melepaskan diri dan sudah terpasang di tempat yang benar baginya. Tentu saja ketika tulang rusuk susu terlepas, rasanya ngilu, pahit, dan sakit. Namun, semua itu adalah bagian dari proses. Pada akhirnya, kita semua pasti akan menemukan yang asli suatu saat nanti.

Selain itu, cerita favorit berikutnya adalah Delapan Belas yang ditulis oleh Dian Purnama. Penulisnya menguraikan kisahnya betapa selama delapan belas tahun memendam rasa pada seseorang yang sama. Dan baru delapan belas tahun kemudianlah dia mampu mengutarakannya. Bayangkan, delapan belas tahun! Bukan waktu yang singkat, bukan? (⌣̩_⌣̩)\(‘́⌣’̀ )

Untuk review CERITA HATI, lengkap di link ini:

https://luckty.wordpress.com/2013/03/13/review-cerita-hati/

Nah, ini murid-murid unyu memilih tulisan favorit di #CeritaHati versi mereka plus pengalaman cinta pertama #eaaa😀

 Ini @la_cella di #ArisanBuku #KlubBukuSmanda #CeritaHati @Bukune @SMAN2Metro

Eva Marcella RajaGukguk ini menempati kelas 12 IPA 1 yang merupakan kelas unggulan. Eva yang juga sering dipanggil ‘Behel’ oleh teman-temannya ini menulis cinta pertamanya cukup lengkap.

Ini dia kisahnya, disimak yaaa…😉

Natal

Keluarga

Hadiah

???

Apabila seseorang bertanya “Natal semakin dekat. Hadiah apa yang kamu inginkan tahun ini ?“. atau “Kamu dapat berapa banyak hadiah?” atau “Hadiah seperti  apa yang menjadi spesial di Natal mu ?”.

Jawaban seperti apakah yang ingin kau ucapkan ??

Seperti itulah pertanyaan teman ku selama ini. Jujur, sesungguhnya aku tidak tahu bahkan tidah pernah mendapatkan hadiah ketika hari Natal tiba. Bukannya tidak dapat, tapi akunya memang tidak menginginkan hadiah apapun.

Tapi berbeda di tahun itu. Dimana ketika Natal tiba, aku menginginkan sesuatu. Bukan barang yang indah, melainkan seseorang yang begitu indah. Harus kah kuberi tahu namanya ? Sepertinya tidak ada perintah untuk menyebutkannya disini J. Oke akan kuberi tahu sedikit. Inisial namanya adalah “Jo”. Mengapa aku menginginkannya ? Entah lah, aku pun tidak yakin 100%.

Desember tiba, seperti biasa ujian akhir sekolah pun tiba. Tapi, bukan itu yang aku tunggu. Desember tahun ini, entahlah, memasuki bulannya saja diriku merasa akan ada suatu hal yang berbeda dari biasanya, dan tidak seperti biasanya, aku pun mulai mengucapkan permintaanku, permohonan yang entah dari mana datangnya itu.

Tiba-tiba handphoneku berbunyi, menandakan adanya pesan masuk. “Nomor baru”, pikirku. Ketika kujawab “siapa”, dia membalas “cella ?” . Jawaban yang tidak kuinginkan. Setelah itu sama sekali tak kubalas pesan darinya. Hari demi hari, aku selalu mendapatkan sms dari dirinya. Dengan kesal kutanya apa maunya kepadaku, dan kamu tau dia hanya menjawab “mengenalmu lebih dekat, boleh ?”. Konyol, jawaban yang tak kuduga.

Penasaran ? Tentu ! Kucari tahu semua tentang dia. Cukup lama, sampai aku tahu dia sebenarnya.

Dan sekarang bukan penasaran lagi yang kurasa, melainkan rasa kaget yang amat besar. Kamu tahu, dia adalah teman semasa kecilku. Mengapa aku kaget ? Yah, kami sudah lama tidak berhubungan semenjak lulus dari Sekolah Dasar. Bahkan kupikir mungkin dia tidak mengenal diriku lagi. Namun, itu di luar dugaan dia masih mengingatku.  Aku suka memanggilnya dengan sebutan “Jo”. “Jo”, anak kecil, pendek, dan suka nangis, itulah dirinya. Kusuka dirinya yang begitu, ahh juga senyumannya aku selalu menyukai senyuman nya itu dulu sampai sekarang tersimpan baik dibenakku, namun apakah sekarang masih sama ? Apakah sekarang aku masih menyukainya ? Entahlah.

Ah ya, setelah mengetahui dia yang sebenarnya, aku mulai selalu membalas sms yang dia kirimkan. Semakin lama kami semakin dekat seperti dulu. Aku pun sering bertemu dirinya sekarang. Awalnya, aku bertemu dia di gereja untuk pertama kali setelah sekian lama, dan setelah itu kami pun sering bertemu. Tidak banyak yang kami lakukan apabila bertemu, namun setiap bersamanya aku selalu merasa ingin bercerita, apa saja, tentang ku, dirinya, bahkan tentang masa kecil kita. Untungnya, dia tidak pernah merasa bosan untuk mendengarkan ceritaku yang terkadang tidak menarik baginya.

Dan, hari itu tiba. Tepat pada malam natal. Seperti biasa aku pergi berdoa ke gereja. Disana aku pun bertemu dengan Jo. Kami tidak dalam satu bangku. Mengapa ? Yah, aku merasa risih duduk didekatnya, sehingga memintanya untuk duduk bersama saudara laki-laki ku. Dia pun mengiyakannya dengan senyuman itu. Senyuman yang selalu kusukai. Kebaktian gereja pun dimulai, kami pun dalam posisi diam, menandakan saat teduh. Tidak ada dari kami yang bicara ketika bel telah dibunyikan, semua mengikuti kebaktian hingga selesai.

Saat itu tiba, pada saat kebaktian selesai, dia membisikiku, memintanya untuk keluar pertama dan menemuinya di luar. Kuturuti permintaannya. Pada saat di luar, aku melihat dirinya telah menungguku dengan latar belakang pohon cemara yang berhias aksesoris natal yang cantik. Aneh, tapi entah mengapa dia terlihat menawan berdiri seperti itu. Dia tersenyum kepadaku, dan kuhampiri dirinya dengan cepat. Oke, sekarang perasaanku mulai tidak enak. Entahlah, tapi aku gugup untuk melihatnya sekarang. Baru kusadari di tempat ini hanya aku berdua bersamanya. Karena orang yang lainnya masih di dalam gereja. Kami duduk membelakangi pohon cemara itu. Tidak seperti biasanya, malam ini tidak ada sesuatu yang ingin kuceritakan padanya. Mungkin dia mengetahui kegugupanku saat itu, sehingga iya memulai perbincangan yang menurutku tidak menarik sama sekali. Oke! Cukup basa-basi nya. Kutanya mengapa iya memanggilku keluar dengan cepat dan menunggu jawabannya keluar. Dia diam, agak lama. Ragu, bimbang, dan itu membuatku semakin penasaran.

“Heloo, Jo ada apa ? Cepetan, aku uda mulai kedinginan disini”, tanyaku dan seketika itu juga kulihat jam tangan yang menunjukkan hari akan berganti 5 menit lagi. 1,2,3, aku tidak tahan dan memutuskan beranjak dari tempat itu. Tiba-tiba, dia mengatakannya tepat ketika hari mulai berganti. Kata-kata seperti pada pesan yang kutanyakan maunya ketika pertama kali. Kutatap dirinya, dan hanya senyum itu lagi yang ada. Entahlah apa yang terjadi selanjutnya, tapi saat itu kedua tanganku terasa hangat, yah sarung tangan lucu itu sudah membungkus tanganku. Dia membawanya dan memakaikannya kurasa. Aku bingung, kualihkan tatapanku darinya dan melihat pohon cemara itu kelap kelip dengan indahnya. Entahlah apa yang kupikirkan saat itu, tapi yang jelas aku menganggukkan kepala sekali. Lagi-lagi dia tersenyum. Senyum yang dari dulu kusukai. Perasaan senang, itulah yang kurasakan malam itu. Bersamanya, dan mendapatkan hadiah natal untuk pertama kalinya. Dia , “Jo”.

Kalau boleh jujur, aku menyukainya. Selalu. Bagaimana dengan mencintainya? Entahlah, yang jelas aku selalu menantikan hari bersama nya. Selalu, dan mungkin sekarang pun begitu.

Tapi, kamu harus tahu satu hal yang membahagiakan, sekarang aku tidak akan pernah bingung lagi ketika temanku memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar hadiah natal karena walaupun tidak banyak hadiah yang kudapatkan selama ini, tapi tetap “Jo” lah yang menjadi hadiah spesial dalam Natalku.

 Ini @ayupebriana1 di #ArisanBuku #KlubBukuSmanda #CeritaHati @Bukune @SMAN2Metro

Ayu Pebriana, sekarang duduk kelas 11 IPA 1. Seperti namanya, Ayu memiliki paras ayu, makanya banyak kakak kelas yang mendekatinya. Bahkan ada beberapa yang sempat jadian, terakhir pake ada acara berantem gitu ama kakak kelas (eyaampyun, saya tahu banget ya pergosipan murid-murid unyu ini :p)

Cerita yang paling disuka adalah “Cinta Pertama Kelima”. Alasannya adalah karena dibandingkan yang lain, kata-katanya paling mudah dipahami, alur ceritanya sedikit banyak mirip dengan kisahnya #eaaa😀

Ini cinta pertama pengalaman Ayu:

“Menurut pendapatku cinta pertama bukanlah pacar pertama. Tetapi cinta pertama ialah orang yang mampu mengajarkan kita arti cinta sesungguhnya. Menurutku cinta tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan apabila rasa cinta itu muncul tulus dari hati . Cinta pertama akan selalu dikenang karena di situlah pertama kalinya sebagai manusia merasakan apa yang sering dikatakan orang bahwa cinta itu indah, cinta itu suci, cinta penuh pengorbanan, dan beberapa pelengkap istilah lainnya. Ketika merasakan perasaan cinta, dunia ini terasa indah, perilaku kadang aneh-aneh, senyum sendiri, pekerjaan berat terasa ringan demi menyenangkan seorang yang dicintai itu. Maklum saja pada saat itu logika perasaan lebih berperan daripada logika akal. Cinta pertamaku itu datang ketika aku duduk dibangku SMA. Awal pertemuanku berawal di Masjid Al-firdaus SMA N 2 METRO. Dulu ia masih menjabat sebagai Ketua Rohis an-nahl . Ia mampu membuatku kagum dengan sikapnya, sifatnya yang baik, sopan, murah senyum, pintar, serta sholeh Sifat baiknya yang mampu membuatku tergila-gila pada sosoknya, ia duduk dibangku kelas 12 IPA, sedangkan pada saat itu aku baru duduk di kelas 10. Perasaan itu mulai tumbuh ketika aku dan teman-temanku ketika mengikuti salah satu ekskul disekolah kami yaitu rohis. Awalnya ia membaca kitab suci al-quran di salah satu acara yang diselenggarakan oleh rohis An-nahl, yaitu acara rujak party. Mulai dari situlah aku dekat dengan dia, aku berpura-pura bertanya tentang kegiatan rohis padahal itu semua hanya akal-akalanku saja agar bisa lebih dekat dengan dia, dan mempermudahkanku sms dia duluan. Kisah itu berjalan mulus dan ahirnya ia mengungkapkan perasaannya kepadaku, pada saat itu perasaanku senang sekali, semua itu seperti mimpi indah 8 bulan berlalu hubungan itu pun kandas dikarnakan ada pihak ke-3 diantara kami. Sekarang dia sudah lulus, dan melanjutkan pendidikan di salah satu sekolah tinggi di Jakarta. Dia memang cinta pertamaku tetapi bukan cinta sejatiku.”

 Ini @rzkptrand di #ArisanBuku #KlubBukuSmanda #CeritaHati @Bukune @SMAN2Metro

Rizky Putri Aninda memiliki panggilan kiki ini, baru saja jadian dengan ketua kelasnya; Fakhrurozi yang sama-sama duduk di bangku kelas 12 IPA 3. Semester lalu dia juara kelas. Bertubuh unyu dan suara unyu, masih pantes kalo disebut kelas 10 x)

Menurut kiki, cerita favoritnya adalah “Kau yang Datang Bersama Hujan” kalau ditanya alasannya kenapa, mungkin karena dia suka sekali dengan hujan. Kemudian Kiki suka ketika pemeran utama sangat menikmati hujan juga menunggu hujan reda tiba-tiba pangerannya datang, ternyata “Grimis membawaku padamu hujan membuatku makin cinta padamu..”

Firts love?? Ini cerita Kiki…😉

Cinta pertama, rasa pertama yang pernah dirasa yang disebut cinta, sebelumnya enggak tau kalau itu cinta.. karena belum pernah merasakan sebelumnya. sayang sudah dipisahkan darinya hehe. katanya sih kalau cinta pertama sulit dilupakan tapi aku selalu berharap dapat melupakanya.. untuk cintaku selanjutnya untuk selamanya.”

 Ini @Rnyhr di #ArisanBuku #KlubBukuSmanda #CeritaHati @Bukune @SMAN2Metro

Rainy Puji Hapsari, sekarang duduk di bangku 11 IPA 2 yang belum lama berhijab ini memilih tulisan ‘Kau Yang Datang Bersama Hujan’ dan ‘Dear My First Love’.

Berikut pengalaman cinta pertamanya:

“Cinta pertama.. Suka sama kakak kelas 3, hehe… Tiap moving class dulu waktu di SMP 89 jakarta pasti nyariin ruang kakak itu di mana, nanti jam sekian di mana, abis istirahat di mana, hehe sampe jam istirahat aja masih nyariin, yang paling sering itu kalo dia udah di lapangan main futsal, haduuuuhhhh pasti berdiri terus di balkon lantai 2 apa gak lantai 3 , ngeliatin aja betah banget. Udah lulus aja, masih keingetan gak bisa lupa, move on, berpaling, atau apalah gitu hahaha sampe-sampe pas ujian nyelinap2-nyelinap masuk ke sekolah buat ngeliat ruang kelas ujiannya di mana+ tau nama, pas diliat ternyata ada foto-fotonya nya eh ketemu foto kakak itu, namanya Bima kelas 94 aduuuuhhhh seneng banget pulang pulang langsung nyari di facebook, eh ketemu langsung add aja. Pas udah lulus, mau minta nmor kakak itu aja tuh mati-matian loh, nyampe di cari-cari sama kakak kelas tapi karena nggak nyerah, jadi bisa dapet nomornya sekarang kakak itu udah lulus SMA , sampe sekarang aja bener-bener masih keinget sama kakak itu, malah sering ketawa-ketawa sendiri kalo liat foto nya di FB eh pas SMANDA CUP ini,ada yang mirip tauuu… dari SMANSA nomor punggung 13! Aaahhhhh jadi keinget sama kakak itu…😦 :D”

 Ini @safitriariyanti di #ArisanBuku #KlubBukuSmanda #CeritaHati @Bukune @SMAN2Metro

Safitri Ariyanti ini sekarang kelas 12 IPA 2, susah move on dari mantan pacarnya saat kelas 11 yang dulunya sekelas. Mantannya itu pindah sekolah #eaaa😀

Kalimat yang disuka Safitri dalam buku ini:

Cinta pertama itu adalah file yang paling besar ukuran bytes-nya dalam memori hidupmu. Sulit dilupakan. Alasannya: Karena aku merasakan hal yang sama. Sampai sekarang aku masih mengingat cinta pertamaku.

Kisah cinta pertamanya:

“Cinta pertamaku itu begini kira kira. Pernah memahami rasanya kesetrum? Pernah? Ya. Bagiku seperti itulah cinta pertama. Saat aku mengingat salah seorang itu, aku merasa ada sebuah getaran hebat menjalari sekujur tubuhku, terutama hati. Saat aku merasakan jantungku berdetak hebat ketika aku berhadapan dengannya. Saat aku diam-diam mengamatinya tanpa ia ketahui. Saat hati ini merasa tertarik olehnya seakan aku adalah logam yang berada dalam medan magnet. Segala sesuatu tentangnya dan yang ada pada dirinya terlihat menarik dimataku. Cinta pertama membuat hatiku seperti ice cream yang terkena angin, meleleh kemudian mencair. Cinta pertama memiliki ruang tersendiri di relung hati. Cinta pertama tak bisa dilupakan. Saat aku mengingatnya, aku merasa kembali pada masa itu. Masa dimana aku merasakan cinta pertamaku. Sampai kapanpun kau tetap cinta pertamaku. Takkan pernah terlupakan walau termakan waktu.”

 Ini @oshi_fbyn di #ArisanBuku #KlubBukuSmanda #CeritaHati @Bukune @SMAN2Metro

Oshi Febyana Aviza, pindah ke Smanda saat kelas 11. Sekarang kelas 12 IPS 1. Memilih indekos di depan sekolah, jadi kalo berangkat sekolah tinggal nyebrang aja udah nyampe. Keterlaluan deh kalo telat x)

Cerita yang disuka karyanya Indra Widjaya yang Tulang Rusuk Susu.

“Di bagian ilustrasi kenalan langsung sama Toya yang di lapangan sama kantin, itu sumpah ngakak banget. terus namanya unik-unik gimana gitu–> Toya. Kayak nama jajan sama alat beladiri, aku paling suka sama bagian endingnya. Om indra bilang ‘tulang rusuk permanenku mana ya?’. Nemuin pasangan yang pas itu gak segampang cari pena di warung. Susah ternyata, yang kurang ini lah itu lah *gak sinkron -_-

Berikut kisah cinta pertamanya:

Nih cerita ‘ehem’ cintaku kelas 1 SMP, aku punya 3 temen deket. 1 cewek yang sebangku sama aku, yang 2 cowok duduk di belakang kami. Kita ngerjain PR bareng, main bareng, segala bareng pas di sekolah. Kebetulan temenku yang namanya Yogi duduk di belakangku. Sumpah jahill banget, kursi di jumpalitin, toel-toel, kaki ngotorin baju belakang. Tapi kalo kata orang bilang “chemistry” itu belom ada sama sekali. Tapi lama-lama aku malah jadi suka, dan dia tau itu. Kita sih diem-dieman, gak saling ngungkapin. Suasana tambah canggung pas ayahnya meninggal, makin renggang aja hubungan kita, dia yang keadaannya shock atas kejadian itu dia jaga jarak dulu sama kami. Ngerasa gak enak, akhirnya aku yang mulai duluan yang mengakrabin dia, untung suasana langsung kayak dulu lagi..dan baru aku tau, dia udah punya pacar, hmm speechless, mau nangis sama marah tapi buat apa. Akhirnya sisi positif yang aku ambil, aku seneng bisa bikin dia kayak dulu lagi.. aku seneng udah pernah kenal dia, bisa jadi bagian dia walau cuma temen.”

kune8

Juwita, duduk di bangku kelas 12 IPS 3, kelas unggulan. Termasuk pendiam, bukan berarti tidak punya pengalaman cinta pertama loh #eaaa😀

Kata-kata favorit dalam buku Cerita Hati: “Sepintar apa pun orang, cinta terkadang bisa bikin kita terlihat bodoh” hal.116 . Alasannya karena kata-katanya sesuai banget sama semua orang yang pernah ngerasain cinta.

Berikut pengalaman kisah cinta pertamanya:

“Cinta pertamaku seperti pembagian daging qurban di kota-kota besar, untuk mendapatknnya membutuhkn perjuangan dan cinta pertamaku seperti perlombaan tarik tambang yang harus memilih antara melepaskan cinta pertama, melihat sahabat bahagia dan persahabatan berjalan ATAU memperjuangkn cinta, dan berseteru dengan sahabat.”

ceritahatiGegara pasang status #ArisanBuku ini malah dibully teman-teman. Ampun deh…😀 Iya, saya musti  juga ikutan cerita tentang cinta pertama. Jujur, dialami pas jaman SMP ama temen sendiri, sekelas terus selama tiga tahun. Anehnya, pas SMA kita masih satu sekolah tapi rasa suka itu memudar dengan sendirinya. Sekarang sih dia udah nikah…😀 #eaaa #JLEBB

‘Cinta pertama’ dan ‘orang pertama’ memiliki bobot makna yang berbeda pada kata ‘pertama’. Cinta pertama tak harus terjadi pada orang pertama meski kadang hal itu juga terjadi pada beberapa orang (yang beruntung). (hlm. 211) #CeritaHati

Saya rasa itu lebih tepatnya cinta monyet. Kalo dari quote di atas, cinta pertama saya sesungguhnya adalah cinta lokasi (macam artis yang syuting banyak episode aja :p). Iya, ketemunya cuma beberapa hari tapi rasanya dia adalah orang yang selama ini dicari. Sayangnya sampai saat ini belum dikasih kesempatan ketemu lagi. Mungkin memang belum berjodoh😀

Ada lagi (hadewh, Luckty banyak amat?!? :p), Kakak Tingkat tapi beda jurusan. Kami ketemunya juga kalo pas acara UKM, minimal seminggu sekali. Dia kadep. Sampai sekarang sih juga udah nggak ketemu lagi, lha wong kerjaannya sekarang di kementerian negara, jalan-jalan ke luar negeri mulu x)

Nah, bagaimana dengan kamu? Bagaimana rasa cinta pertamanya? Manis, asam, gurih, atau kecut?!?😉

Terimakasih Bukune atas #ArisanBuku-nya yang mengingatkan akan memori cinta pertama lewat buku #CeritaHati. Semoga #ArisanBukuKedua, Klub Buku Smanda bakal terpilih kembali… #TebarGaramKeberuntungan😀

10 thoughts on “#KlubBukuSmanda #CeritaHati

  1. Pingback: #KlubBukuSmanda #ArisanBuku #2 | Luckty Si Pustakawin

  2. Pingback: Label Pustakawan 2013 (Part 2) | Luckty Si Pustakawin

  3. Pingback: #KlubBukuSmanda #TulangRusukSusu | Luckty Si Pustakawin

  4. Pingback: 11 Buku GagasMedia yang Wajib Dibaca versi @lucktygs | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

