REVIEW Love Puzzle

love puzzle

Kenangan, kadang terasa lebih nyata dari kenyataan. Seberapa pun besarnya perjuangan membuat kenangan itu jadi nyata, kenangan hanya hidup dalam kenangan. (hlm. 68)

Bagi Rasi, Raja seperti puzzle dengan potongan-potongan yang tercecer. Setiap kali mereka bertemu, potongan itu akan bertambah. Alih-alih membentuk gambar utuh, potongan itu malah membuat gambar abstrak. Pertanyaan tentangnya terus berputar, tidak terjawab.

Raja Alexander Agusta dan Raja Iskandar Agusta. Terlahir dari rahim yang sama dalam waktu bersamaan. Ya, mereka kembar. Mereka masuk ke SMA yang berbeda. Tidak banyak yang tahu kalau mereka terlahir kembar, hanya teman SMP yang satu sekolah saja. Keduanya tidak masuk ke dalam organisasi sekolah. Segala keterampilan sudah dibekali orangtuanya sejak kecil, mulai dari les musik, basket hingga bela diri. Jadwal mereka sudah dipenuhi pelajaran tambahan dari guru privat agar masuk ke universitas kedokteran seperti keinginan orangtua mereka.

Alexander tahu, kalau ada waktu luang di sela kegiatan belajarnya, Iskandar lebih suka melatih trik-trik sulap baru. Sulap baru bagi Iskandar adalah bentuk kebebasan. Satu-satunya bentuk pemberontakan atas segala keinginan orangtua mereka yang selalu diturutinya.

Sedang Alexander memilih masuk geng motor, mengikuti balapan liar hampir setiap malam. Dia menikmati kerasnya kehidupan jalanan. Di sana Alexander bebas menentukan segalanya sendiri. Ada dunia yang hanya dimilikinya sendiri. Kepuasan itu lebih berharga dari sekadar memicu adrenalin dalam kecepatan. Di sana, Alexander tidak akan merasa sakit hati karena melihat Iskandar begitu disayang orangtua mereka.

Sekali lagi Alexander pulang pagi, Iskandar akan menutupi semuanya dari orangtua mereka. Iskandar hanya menasehati adiknya itu untuk selalu menjaga diri.

“Kalian selalu membandingkan kami, membuat seolah-olah siapa yang lebih menurut lebih kalian sayangi. Perbandingan itu membuat hidup kami seperti kompetisi. Semuanya membuat seolah Alex adalah sainganku. Kalau kalian tidak bisa menyayangi kami dengan adil, aku mau kalian lebih menyayangiku. Aku tidak ingin kalah. Perasaan ini sungguh menyiksa.” (hlm. 185)

Setiap manusia tidak ada yang sama, meski kembar sekalipun. Dan semua orang tidak ada yang ingin dibanding-bandingkan, sekalipun kembar. Setiap manusia punya ciri khas masing-masing. Setiap manusia punya daya tarik tersendiri. Setiap manusia memiliki bakat yang berbeda.

Dari dulu saya takjub banget ama anak kembar. Malah pengen punya anak kembar #eaaa #JodohAjaBelumNemu #MalahNgebetPunyaAnakKembar ~~~(/´▽`)/

Di sekolah ada tiga pasang; dua kembar cewek dan sepasang kembar cewek-cowok. Kembar cewek-cowok namanya Virginia Putri kelas IPA, sedangkan adiknya Virjinio Putra kelas IPS. Sifat mereka amat jauh berbeda. Sayang saya gak nemu foto mereka bareng. Ini penampakan mereka masing-masing. Mirip gak?!?😀

love puzzle 1 love puzzle 2

 Nah, kalo ini Nabilla & Nabilia ama Dinda & Shinta, kalo kembar kayak gini susah bedainnya….😀

love puzzle 3

Jaman kuliah juga punya teman kembar; Rohman & Rohim. Mirip banget. Bisa bedain kalo pas Rohman lagi jalan ama Intan, teman sesama jurusan. Ini foto mereka sekarang bersama istri masing-masing😉

love puzzle 4 love puzzle 5

Nah, kalo ini ponakan; Hasan & Husein. Mirip banget, kalo yang ditanya pasti menjawab, itu Hasan. Husein lebih pendiam. Dulu kemana-mana selalu bareng, gak bisa dipisahkan. Pas masuk TK, yang satu sakit, yang satu pasti nggak mau sekolah juga. Masuk masa SD, mereka sengaja dibedakan kelasnya. Kasihan gurunya gak bisa membedakan mereka yang dua-duanya unyu ini… :))

love puzzle 6

 Ada lagi, sepupu saudara kembar. Mereka tinggal di Jakarta. Namanya Mbak Mur ama Mbak Iin. Terakhir ketemu mereka setahun yang lalu. Sampe sekarang gak bisa bedain :3

love puzzle 7

“Kamu kebanyakan baca buku fiksi sampai khayalannya tingkat tinggi begitu.” (hlm. 48)

Waktu tahu novel ini tentang anak kembar, langsung antusias banget. Dari halaman pertama udah memikat! Openingnya bikin bulu kuduk berdiri, dan sudah menduga-duga kalo ini novel ada aura-aura supranaturalnya. Tapi tenang, ini bukan buku horor macam nenek gayung apalagi suster ngesot. Ini supranaturalnya lebih berkelas #ApaCoba x)

Kisah Rasi ini mengingatkan saya akan sepupu, Mbak Heni namanya. Rasi dan Mbak Heni memiliki kesamaan; dianugerahi indera keenam. Mbak Heni jaman sekolah, hobi banget main jelangkung di sekolah ama teman-temannya. Hingga suatu hari, si jelangkung yang katanya perempuan itu nggak mau pulang. Dia ikut Mbak Heni di manapun, gak cuma di sekolah, tapi juga kadang ‘nampak’ di rumah. Mahluk ini sebenarnya nggak ganggu, cuma ingin berteman. Konon dia mati karena dijadikan tumbal pesugihan orangtuanya ( ʃ⌣ƪ)

Jadi waktu baca kasus Raja yang suka ‘menampakkan’ dirinya ke Rasi yang tidak mengenalnya ini masuk akal. Di dunia ini ada hal-hal yang tidak bisa kita pahami. Kita memiliki keterbatasan dalam memahami yang diluar kemampuan manusia pada umumnya. Halah, malah ruwet kalimatnya… ( ʃ⌣ƪ)

“Mungkin karena kamu orangnya aneh. Kadang ceria, jail, baik, pendiam, kadang serius dan kelihatan sedih. Kamu itu kayak punya seribu kepribadian.” (hlm. 91)

Kita akan dibuat penasaran dengan puzzle-puzle kehidupan Raja. Rasanya sayang kalo nggak membaca habis dalam sekali duduk. Nggak cuma saya yang kepincut ama buku ini, si Kiki pun juga ikutan baca meski si penakut ini awalnya ragu mau baca gegara openingnya yang bikin dag-dig-dug!! ( ʃ⌣ƪ)

love puzzle 8love puzzle 9

Paling suka ama tokoh Rasi. Berteman tanpa pilih-pilih, termasuk dengan mahluk dari alam lain. Tapi, sifat Rasi yang agak berani saat dia menegaskan Ibu Raja untuk berubah sepertinya terkesan menggurui, apalagi sebelumnya mereka tidak saling kenal.

Yang agak membingungkan adalah tokoh Ayara. Setiap detik yang dilaluinya penuh dengan kerinduan, luka, dan harapan kosong. Ayara ini kan berteman akrab dengan Raja yang sudah hampir lulus kuliah. Yang bikin bingung, kenapa empat tahun berlalu dia masih di bangku sekolah juga?!?

Oya, dideskripsikan bahwa Rasi kemana-mana menenteng kamera SLR, kenapa covernya kamera polaroid? Jadi tampak kurang representatif.  Padahal covernya udah kece badai, semacam dua sisi. Dibalik cover luar, ada cover dalam.

Beberapa kalimat favorit:

  1. “Cewek tuh emang cerewet, selalu pengin tahu urusan orang.” (hlm. 54)
  2. “Apa yang terlihat bisa menipu, tapi hati selalu tahu kebenarannya. Selalu dengarkan kata hatimu.” (hlm. 96)
  3. Perpisahan dan kehilangan merupakan keniscayaan. Satu hal yang pasti bisa memisahkan, kematian! (hlm. 126)
  4. “Berhenti hidup dalam kebohongan. Jangan terus hidup di masa lalu. (hlm. 223)
  5. Cinta dilahirkan, bukan diciptakan. Cinta bukan ‘tidak harus memiliki’, tetapi memang ‘tidak semua cinta bisa dimiliki.” (hlm. 234)
  6. Bukankah cinta seharusnya menuntun pada kejujuran? (hlm. 223)
  7. “Kalau mau move on kan enggak boleh tanggung-tanggung, ya?” (hlm. 263)

Kesekian kalinya jatuh cinta dengan buku-buku Noura Books – teen@noura. Meski bergenre teenlit, ada banyak pesan yang bisa kita ambil dari buku ini. Persahabatan, kenangan, kejujuran, masa lalu, ikatan keluarga; semuanya bercampur menjadi satu.

Penulisnya, Mbak Eva memang kembar. Jadi bisa mendalami bagaimana perasaan Raja. Oya, selain kembar-kembar yang sudah disebutkan di atas, pas baca buku ini juga keinget salah satu dorama yang lumayang nge-hits saat kuliah; MARS yang dibintangi oleh Vic Zhou. Tenang, ceritanya beda jauh kok.

love puzzle 10

Keterangan Buku:

Judul                                     : Love Puzzle

Penulis                                 : Eva Sri Rahayu

Penyunting                         : Ifnur Hikmah

Penyelaras aksara            : Novia Fajriani, Lian Kagura

Penata aksara                    : Nurul & Anisa

Perancang sampul           : Fahmi Ilmansyah

Penerbit                              : teen@noura – Noura Books

Terbit                                    : November 2013

Tebal                                     : 286 hlm.

ISBN                                      : 978-602-1606-04-9

Ini juga iseng googling anak-anak selebriti yang kembar. Ternyata banyak juga yaa….😀

No

Nama Orang Tua

Nama Anak Kembar

Kembar

1

Adrienne Barbeau

Walker Steven dan William Dalton

Laki-Laki

2

Al Pacino

Anton dan Olivia

Laki / Wanita

3

Alan Bates (actor)

Martin dan Laura

Laki / Wanita

4

Allen Bates (actor)

Benedick dan Tristan

Laki-Laki

5

danrew Cuomo

Cara Ethel dan Mariah Matilda

Perempuan

6

Audrey Ldaners

Daniel dan Adam

Laki-Laki

7

Beverly Cleary (author)

Malcolm James dan Marianne Elisabeth

Laki / Wanita

8

Billy Wilder

Vincent dan Victoria

Laki / Wanita

9

Bing Crosby

Phillip dan Dennis

Laki-Laki

10

Brendan Shanahan (Hockey Player)

Jack dan Maggie

Laki / Wanita

11

Bruce Hornsby

Russell Ives dan Keith Rdanell

Laki-Laki

12

Cathy Moriarity

Joseph John dan Catherine Patricia

Laki / Wanita

13

Cheryl Tiegs

Theo dan Jordan

Laki / Wanita

14

Christine Lahti

Joe dan Emma

Laki / Wanita

15

Chuck Norris

Dakota dan Danilee

Laki / Wanita

16

Cleopatra

Alexdaner Helios dan Cleopatra Selene

Laki / Wanita

17

Corbin Bernsen

Henry dan Angus

Laki-Laki

18

Cybil Shepherd

Cyrus Zachariah dan Molly Ariel

Laki / Wanita

19

Dan Blocker (actor)

Debra dan Danna

Perempuan

20

Dave Matthews

Stella Busian dan Grace Anne

Perempuan

21

Debby Boone

Dustin dan Gabrielle

Perempuan

22

Denzel Washington

Malcolm dan Olivia

Laki / Wanita

23

Donald Sutherldan

Kiefer William Frederick Dempsey George Rufus dan Rachel

Laki / Wanita

24

Earl Spencer (Charles Spencer)

Lady Eliza dan Lady Katya

Perempuan

25

Ed Asner

Mathew dan Liza

Laki / Wanita

26

Evan Bayh (US Senator)

Nick dan Beau

Laki-Laki

27

George W. Bush

Jenna dan Barbara

Perempuan

28

Harriet Beecher Stowe

Eliza dan Harriet

Perempuan

29

Henry Mancini

Monica dan Felice

Perempuan

30

Holly Robinson Peete

Rodney Jackson dan Ryan Elizabeth

Laki / Wanita

31

Ingrid Bergman

Isabella dan Isotta

Perempuan

32

Isaac & Rebekah

Jacob dan Esau

Laki-Laki

33

James Taylor

Henry David dan Rufus Logan (Kim Smedvig)

Laki-Laki

34

Jane Pauley

Ross dan Rachel

Laki / Wanita

35

Jane Seymour

Kristopher Steven dan John Stacy

Laki-Laki

36

Jane Swift

Lauren Alma dan Sarah Jane

Perempuan

37

Jason Hervey

Sam dan Shaina

Laki / Wanita

38

Jim Bunning

1. Jim dan Joan 2. David dan Amy

Laki / Wanita

39

Jimmy Stewart

Judy dan Kelly

Perempuan

40

Joan Crawford

Catherine dan Cynthia

Perempuan

41

Joe Sakic (hockey player)

Chase dan Kamryn

Laki / Wanita

42

Johan Sebastian Bach

Johann dan Maria

Laki / Wanita

43

Joseph Kennedy

Joe dan Matt

Laki-Laki

44

Julia Roberts

Phinnaeus Walter Moder dan Hazel Patricia Moder

Laki / Wanita

45

Katy Manning

Jonathan dan Georgina

Laki / Wanita

46

King Hussein (mantan Raja Jordan)

Zein dan Aisha

Perempuan

47

Lance Armstrong

Grace dan Isabella

Perempuan

48

Lee Majors

Dane Luke dan Trey Kulley

Laki-Laki

49

Loretta Lynn

Patsy dan Peggy

Perempuan

50

Lorne Green

Charles dan Melinda Susan

Laki / Wanita

51

Lou Diamond Phillips

Isabella Patricia dan Grace Moorea

Perempuan

52

Madeline Albright

Anne dan Alice

Perempuan

53

Malcolm X

Malaak dan Malikah

Perempuan

54

Marcia Gay Harden / aktris

Hudson dan Julitta

Laki / Wanita

55

Margaret Thatcher

Mark dan Carol

Laki / Wanita

56

Mark Fiennes

Joseph dan Jacob

Laki-Laki

57

Mark Pinter

Dylan dan Hannah

Laki / Wanita

58

Martie McGuire

Kathleen Emilie dan Eva Ruth

Perempuan

59

Mary Alice Williams

Sara Mary dan Laura Abigail

Perempuan

60

Mel Gibson

Christian dan Edward

Laki-Laki

61

Meredith Baxter

Peter David Edwin dan Mollie Elizabeth

Laki / Wanita

62

Mia Farrow

Matthew Phineas dan Sascha Villiers

Laki / Wanita

63

Michael Biehn

Devon dan Taylor

Laki-Laki

64

Michael J. Fox

Aquinnah dan Schuyler

Perempuan

65

Milow Forman

Matej dan Petr

Laki-Laki

66

Muhammad Ali

Rasheeda dan Jamillah

Perempuan

67

Nat King Cole

Timolin dan Casey

Perempuan

68

Nelson Rockefeller

Mary dan Michael

Laki / Wanita

69

Niki Taylor

Hunter dan Jake

Laki-Laki

70

Pat Cash

Jett dan Shannon

Laki-Laki

71

Patricia Richardson

Roxanne dan Joseph

Laki / Wanita

72

Peri Gilpin / aktris

Stella dan Ava

Perempuan

73

Ray Romano

Matthew dan Gregory

Laki-Laki

74

Reg Green

Martin dan Laura

Laki / Wanita

75

Ricky Nelson

Gunnar Eric dan Matthew Gray

Laki-Laki

76

Robert Burns

Robert dan Jean

Laki / Wanita

77

Robert De Niro

Julian dan Aaron

Laki-Laki

78

Ron Howard

Paige dan Jocelyn

Perempuan

79

Stanley Tucci

Nicolo dan Isabel

Laki / Wanita

80

Steve Forbes

Roberta dan Sabina

Perempuan

81

Susan Hayward / aktris

Timothy dan Gregory

Laki-Laki

82

Tamar Genesis )

Perez dan Zerah

Laki-Laki

83

William Shakespeare

Hamnet dan Judith

Laki / Wanit

Tanda tangan langsung dari penulisnya

love puzzle 11love puzzle 11

Yuk, intip trailernya:

Jangan lupa ikutan lomba resensi buku ini😉

http://www.noura.mizan.com/

http://www.smartfren.com/ina/home/

Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

2014 TBBR Pile – A Reading Challenge

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/2014-tbbr-pile-a-reading-challenge/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

37 thoughts on “REVIEW Love Puzzle

  1. soal anak-anak, ada sebuah kalimat yang masih saya ingat sampai sekarang…. “anak-anak kita tidak sedang dalam sebuah perlombaan” kira-kira begitu, mungkin nggak sama persis.

    setiap anak memang terlahir dalam kondisi berbeda, termasuk anak kembar sekalipun. masing-masing punya keunikan, lengkap dengan segala sifat, bakat, dan sebagainya…. karenanya tak layak membandingkan antar anak sendiri apalagi antara anak sendiri denga anak orang lain…. lah bapak ibunya aja beda😀

  2. saya punya kakak kembar, mbak. rohman dan rohim. tapi kembar campuran alias gak mirip sekali. kembar kan biasanya susah dibedain, nah mereka malah susah disamain. pembeda paling utama: yang satu kulit gelap, yang satunya lagi kulit terang :3
    yang satunya anak IPA, yang satunya anak IPS. yang satunya suka keluar malem, yang satunya suka keluar siang (kalo malem tidur). yang bikin mereka kembar ya cuma nama aja xD

  3. hehhe, mengenai anak kembar. Kadang meski kembar namun tak selalu identik sama loh *contohnya saudara saya*. Buku ini feelnya dapat ya mengenai persahabatan, cinta dll. Suka sama kalimat ini > Kalau mau move on kan enggak boleh tanggung-tanggung, ya?” (hlm. 263) . Ya, move on harus sepenuhnya :))

  4. Suka sama review-nya. soalnya ada fotonya segala, ahahaha… Yg bikin kaget, ada daftar selebritis yg punya anak kembar juga, astagaaaa😀
    Semoga Luckty segera ketemu soulmatenya, trus segera nikah dan punya anak kembar #eh😀

  5. Wah, ada supranaturalnya ya. Sepertinya ini buku yg menarik. Saya suka baca teenlit juga jika itu ada “isi”nya. Dan cerita tentang teman2 & saudara kembar ternyata banyak juga yaa… Dulu saya punya adik kelas sekamar asrama yg kembar juga. Untungnya bisa dibedain dari tahi lalat. Kalau gak ada tuh tahi lalat di muka, pastilah bingung yg mana Dina mana Dini😀.

    Niat banget Mbak, googling anak artis/seleb kembar juga… hehe…

  6. Aaaaah! Aku jadi pengin baca! Aku juga tertarik banget banget sama anak kembar! Sama kayak Kak Luckty, kepikiran pengin punya anak kembar. Hahaha… Tapi nanti repot ngurusinnya XDD

    Ada supranaturalnya juga? Kayaknya menarik banget deh!

    Oke. Mari kita masukkan buku ini ke dalam wishlist. Hehehe…..

  7. Pingback: New Authors Reading Challenge Progress (Jan-Feb) | Luckty Si Pustakawin

  8. Pingback: REVIEW Twiries | Luckty Si Pustakawin

  9. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s