REVIEW Little Mice Game Over

    little mice

Om Mice, kembali membuat cerita. Kali ini edisi Little Mice. Kayaknya ini bakal ada seri selanjutnya. Soalnya ini ada tulisan volume 1, jadi bakal ada volume 2, 3, dan seterusnya.

Sebagai generasi 90-an, saya mengalami masa-masa indah menjadi anak piyik. Puas maen bentengan atau gobak sodor pas istirahat jaman SD, main kasti atau serampangan bersama para tetangga yang seumuran, dan yang paling puas adalah main sepeda. Jaman dulu kalo gak bisa naek sepeda sama dengan gak gaul. Beda dengan jaman sekarang, gak dibeliin motor gak mau sekolah ƪ(▿‾┐) ƪ(‾▿‾)ʃ (┌‾▿)ʃ

Dari beberapa permainan yang dijabarkan dalam komik ini, ada beberapa yang kurang familiar. Maklum saja, yang dijabarkan dalam Little Mice ini adalah permainan 1077-1985. Maaakkk…saya belum lahir, bahkan mungkin belum direncanakan, gyahahaha… (‘⌣’┐) (┌’⌣’)┌ (‘⌣’┐) (┌’⌣’)┌

Salah satu yang familiar adalah TEMBAK-TEMBAKAN KAYU. Material yang dibutuhkan untuk membuat tembak-tembakan kayu ini adalah kayu papan, penggaris, gergaji, penghapus, pensil, dan karet gelang. Saya inget banget, buat anak cowok, permainan ini nge-hits banget di jamannya. Dulu jaman SMP, adik yang masih SD, adek cowok, Holy liburan ke rumah bude yang kebetulan punya dua anak cowok yang seumuran dengan adek. Di sana lagi musim permainan ini, tapi agak berbahaya loh. Soalnya kalo kena lumayan sakit, bahkan sampai sekarang, tangan Holy rada bengkok gegara dulu kena biji peluru ini ( ´Д`)y━・~~

little mice 1

Dulu, makin banyak teman, tandanya makin eksis. Teman di sini adalah teman dunia nyata, dimana kebanyakan permainan jaman dulu membutuhkan banyak teman, didominasi permainan berkelompok atau tim. Beda banget ama ababil jaman sekarang, dari batita aja banyak yang udah dipegangin laptop bahkan tab.

little mice 2
Profil Bocah (era 70-80an)

little mice 3
Nah, ini permainan yang sepertinya ababil sekarang (mungkin) masih merasakannya. Gundu atau kelereng. Dalam permaian ini sangat mengandalkan keterampilan jari-jari tangan, kejelian dan akurasi yang matang. Banyak jenis-jenis permainan dalam gundu; apollo, lingkaran, segitiga, tulang ikan, pal-palan dan segitiga.

Ada beberapa istilah dalam permainan gundu:

1. Stik: gundu lawan menjadi milik kita bila berjarak sejengkal dengan kita

2. Jus: mengenai dua kelereng lawan sekaligus

3. Tipis/ Tilis: mengenai kelereng lawan tetapi hanya sedikit saja

4. Stand: menyentil dalam posisi berdiri. Kondisi ini berlaku bila letak gundu kita berada dekat atau menempel dengan dinding/tembok

5. Gacoan: gundu andalan. Selalu dipakai (untuk menyentil gundu lawan) dalam setiap permainan. Ada kepercayaan, gundu gacoan bisa mendatangkan kemenangan di setiap permainan. Gundu yang menjadi favorit untuk dijadikan gacoan biasanya yang bermotif tidak pasaran dan jarang ditemukan.

6. Cilem: tidak ikut pasang taruhan (berhutang dulu, gundu sudah habis, yang tersisa hanya gacoan saja)

7. Gape: jagoan dalam bermain gundu.

little mice 4
Makin penasaran?!? Segera berburu buku ini. dan temukan permainan-permainan tradisional yang mungkin sudah tidak ada di jaman digitalisasi seperti sekarang ini ( ʃ⌣ƪ)

Keterangan Buku:

Judul Buku: Little Mice Game Over

Cerita dan gambar: Muhammad Mice Misrad

Penerbit: Octopus’s Garden

Terbit: Desember 2013 (Cetakan Kedua)

Tebal: 112 hlm.

ISBN: 978-602-98960-7-7

10 thoughts on “REVIEW Little Mice Game Over

  1. mainan lainnya nggak disebutin?

    kalau pistol2an gitu pernah main dan bikin. ada kalanya pelurunya berupa korek api yang dibakar. bahaya juga seh kalau kena benda yang mudah terbakar, cuma seru aja kalau mainnya malam-malam.

    dulu ada juga yang di daerah saya sebutannya pletokan. dari bambu. dua bagian. pake kertas koran yang dibasahin kalau dimainin keluar bunyi. makin kencang makin bagus.

    bola gebok dulu pernah mainin juga. bolanya yang dipake bola kasti.😀

  2. Kok kayaknya kak Luckty benci banget sama anak-anak abegeh zaman sekarang ya? Atau mungkin terbawa suasana buku ini sehingga di dalam tulisan ini kesan “benci” itu timbul?😆

    Tapi bener itu, zaman sekarang (tidak semuanya) banyak anak yang tidak mau sekolah kalau tidak dibeliin motor. Padahal sekolah juga jauhnya cuman 30 langkah!

  3. Koreksi dong, aku yang masa kecilnya di tahun 90-an juga belum kenal banget teknologi kok, mainnya kayak beginian. Sueeerrrr…

    Paling geli liat ‘Profil Bocah (era 70-80an)’, true…

  4. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s