[GIVEAWAY] Cerita Rakyat dari Australia

Masih inget dua novel unyu yang pernah jadi giveway di blog ini? Yup, Takoyaki Soulmate dan Miss. Bento yang ditulis oleh Mbak Erlita Pratiwi ini kembali membagikan tiga buku karyanya. Kalo dua buku sebelumnya bertema Jepang, kali ini lebih ke cerita rakyat. Kita akan diajak menelusuri cerita Australia.

Mau dapetin novel ini, simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @TakoSoulmateJangan lupa share dengan hestek #CeritaRakyatDariAustralia dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah apa yang terlintas saat mendengar kata Australia? ;)

5. Tuliskan komentar tentang Cerita Rakyat dari Australia, di link ini https://luckty.wordpress.com/2014/03/01/review-cerita-rakyat-dari-australia/

6. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #CeritaRakyatDariAustralia yaaa

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

Giveaway #CeritaRakyatDariAustralia ini berlangsung dua minggu saja: 1 – 13 Maret 2014. Pemenang akan diumumkan tanggal 16 Maret 2014. Akan ada dua pemenang yang dipilih. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya, Erlita Pratiwi ;)

Silahkan tebar garam mantra dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

66 thoughts on “[GIVEAWAY] Cerita Rakyat dari Australia

  1. Nama : Menik D.P
    twitter : @_menikdp
    kota tinggal : semarang

    begitu mendengar kata australia, yang terngiang adalah lagunya Trio Kwek-Kwek -> “Australia negeri wool *katanya katanya* Aborigin sukunya *katanya katanya* Bumerang senjatanya *wow wow* Kanguru binatangnya”😆 *ketahuan deh jaman kecilnya kapan*

  2. koala…! binatang imut lucu yang sering dijadikan ikon Australia selain Kanguru… koala menjadi souvenir khas Australia dalam bentuk gantungan kunci atau magnet… lucu
    Sayekti Ardiyani
    @sayektiardiyani
    Magelang

  3. Nama : Erika Putri Gustiana
    Twitter : @reika_putri
    Kota : Majalengka

    Yang terbayang di otakku saat mendengar Australia sih ofcourse Sydney. Yang katanya kota terbesar se-Australia. Apalagi dengan Sydeny Opera House nya, itu loh bangunan yang bentuknya unik, yang kaya layar kapal itu, tau kan. Nah iya yang itu. Entah kenapa bangunan itu begitu melekat dengan Australia. Symbol of Australia I think.
    Dan binatangnya yang lucu, koala dan kanguru. Pernah dapet oleh-oleh dari om, gantungan berbentuk koala. So cute. :3
    Eh satu lagi deng, aku ko jadi inget Raditya Dika yah denger kata Australia. Itu looh penulis best seller Kambing Jantan. Hihi keinget dia yang pernah kuliah di Adelaide University.

  4. Aaaaa… Mbak Luckty kece nih bikin banyak giveaway >ww<

    Keempat, Adelaide dan Melbourne, dua kota yang pengen aku singgahi dulu di Australia. Aku suka Adelaide karena namanya yang unik, Raditya Dika juga bilangnya gitu😀 Dan Melbourne, it's a place when I can studying at Melbourne University. Yap yap, aku berharap banget.

    Kelima, teritorial lainnya di Aussie, kayak Perth yang dijadikan judul film 'Perth, I'm in Love'. Darwin yang banyak buayanya, maksudnya buaya beneran bukan buaya darat xP. Great Barrier Reef, cinta banget sama keindahan alamnya dan aku pengen naik kalkun *hahaha. Brisbane, Hobart, Canberra, Queensland, dan lain sebagainya.

    Keenam, Nada dan koalanya. Yap, dia pernah datang ke Australia sebagai wakil Indonesia dalam ajang di bidang lingkungan, aku lupa namanya. Iri banget liat avatar @nadazharfania yang bisa meluk koala, aku juga pengen :3 *maksudnya koalanya, bukan Nadanya😛 Koala itu binatang terimut, terlucu, dan termanis yang pernah aku lihat sebelumnya, kayak aku xP

    Semenjak mengenal KGI, aku makin jatuh cinta dengan negara tetangga kita yang satu ini. Entah kenapa, rasanya Australia sedang menungguku untuk datang kesana. Fififififi, andai suatu saat punya kesempatan, negara di luar Indonesia pertama yang bakal aku kunjungin adalah Australia. Aku mencintai negara ini setelah Indonesia -tentu saja-. Australia punya banyak keistimewaan, satu benua untuk satu negara. Nggak cukup segini untuk mendeskripsikan apa aja yang terlintas dalam pikiranku ketika mendengar 'Australia'. I love Australia, and I believe that 'Good Neighbours Make Good Friends' :))

    Nama : Asy-syifaa Halimatu Sa'diah
    Twitter : @asysyifaahs
    Kota : Adelaide, eh salah Bandung maksudnya😛

  5. Lagunya Trio Kwek-Kwek – ‘Katanya’…

    Australia negriku (katanya… katanya…)
    Aborigin sukunya (katanya… katanya…)
    Bumerang senjatanya… (waw… waw…)
    Kangguru binatangnya…

    (Baca sambil nyanyi ya…)😀

    Nama: Fenita Penot
    Twitter: @fenotta
    Kota: Baturaja, OKU

  6. Australia?
    Heemmm… kok kalau bicara tentang Australia aku langsung teringat dengan “penyadapan” dan juga Schapelle Leigh Corby.

    Nama : Reni Judhanto
    Twitter : @ReniJudhanto
    Kota : Madiun, Jawa Timur

  7. Kanguru.
    Terus katanya orang australia itu peminum susu paling banyak. Eh nggak tahu ding itu infonya valid apa kagak.
    Jawaban di atas murni spontanitas -___________-

    Wenny Widyastuti
    @widywenny
    Sleman

  8. Australia. Wuahaha. Jelas inget negeri calon suamiku *lirik Cody Simpson dalam mimpi* xD

    Seketika inget lagu My Angel karya suamiku yang bikin aku merona dan makin cinta *eaaa* :v

    Inget juga sama kangguru, kepikiran kantongnya dan mengkhayal kalo aku nyungsep ke dalem kantongnya, merasakan kehangatan Ibunda Kangguru ._.

    Koala too, hewan unyu yang pengin aku cubit kupingnya dan aku miliki dengan penuh cinta *halah* xD

    Link Comment :
    https://luckty.wordpress.com/review-cerita-rakyat-dari-australia/#comment-8189

    Link Share :
    https://mobile.twitter.com/Miss_Angora/status/439752475839852544?p=v

    Nama : Rizky Novianti
    Twitter : @Miss_Angora
    Email : radheannel@gmail.com
    Kota : Kebumen, Jawa Tengah

    #RapalMantraBuntelan
    (‘-‘ ) ( ._.) (._. ) ( ‘-‘)

  9. Aku datang untuk ikutan~ hehehehe….

    Nama: Ruru
    Twitter: y_fantazer
    Kota: Jakarta

    Yang selalu langsung terlintas kalo denger kata Australia adalah kanguru. Abisnya kebanyakan liat logo Australia diikuti gambar kanguru sih.

    Tapi akhir-akhir ini juga jadi kebayang Finding Nemo kalo inget Australia. “S-Y-D-N-E-Y. SYDNEY!!” *ala Dori*😄

  10. Saya teringat dengan sosok Rob Bredl. Dia adalah seorang bushman😛 berpetualang dengan telanjang kaki menyusuri tempat-tempat dengan binatang ekstrim di Australia dan bagaimana bertahan hidup di alam liar Australia dengan cara2 tradisional suku Aborigin.

    Sempet nyoba yang cara nangkap burung. dan totally failed😛

    Nama : Ahmad Firdaus
    Twitter : @eruvierda
    Kota : Yogyakarta

  11. Ketika mendengar nama Australia yang melintas langsung suku Aborijin yang penampilannya 11-12 ma orang Indian terus mereka bawa-bawa bumerang di padang rumput gitu. Hehehe~

    Hana Pratiwi
    Semarang
    @HanaCuncun

  12. Ini yang terlintas di benak secara spontan mendengar kata Australia:
    -gambaran Sydney
    -produk2 unggulannya berupa susu & inovasinya mengembangkan industri pertanian & organic farm
    -Inovasinya mengangkat pariwisatanya ke mata dunia, mulai dari event2 sport, beragam festival, kuliner mulai dari wisata kuliner terbuka pinggir laut, hingga kuliner resto berbintang banyak.
    Tentang inovasi2 itu pernah kubaca artikelnya, & langsung ajah ngiri, Indonesia harusnya bisa lebih kreatif, mengingat potensi alamnya yg sebenarnya jauh lebih kaya.
    -tetangga Indonesia
    -temannya Indonesia. Ini teringat cerita2 Orang2 Aussie yang ngefans banget sama Pulau Dewata, punya ketertarikan besar pada budaya & bahasa Indonesia (ampe banyak yang mempelajari, *kan aneh kalau anak muda Indonesia sendiri malah semakin banyak merusak & gak bangga sama bahasa negaranya sendiri :p). Trus inget antrian bukuku yg belum dibaca, yaitu Biografi Gusdur, penulisnya orang Australia yang lama sobatan dekat sama Gusdur & melakukan riset tentang masyarakat Islam Indonesia yg kaya warna & sejarahnya. Trus inget cerita cendekiawan Aussie yg emang tertarik mengkaji topik masyarakat Islam Indonesia dari bukunya Aki Achdiat, penulis Manifesto Khalifatullah. Terakhir, cerita terbaru yg kudengar dari seorang Summit trail runner Indonesia yg udh go international. Ketika beliau kesulitan nyari bantuan untuk berpartisipasi dlm sebuah event trail running, eh ternyata dengan ikhlasnya dibantuin sama org Aussie yg padahal baru kenal. Alasan ia mau bantu: karena Anda orang Indonesia, katanya. Dia sangat mencintai Bali.

  13. yang terlintas saat mendengar Australia adalah kota Canberra yang merupakan ibukota Australia,kangguru yang merupakan binatang berkantung jenis marsupilami,kangguru sangat kuat san cepat jadi hati-hati kalau berjumpa dengan dia bisa-bisa habis bonyok kepala hehhhee.Udah itu koalanya,binatang paling lucu dan pemalas kerjanya tidur melulu tapi makanannya keren daun eucalyptus tumbuhan berminyak yang sering buat kebakaran di Australia.Dan jangan lupa juga Sungai Darwin kalau gak sungai paling besar di Australiad dan tempat wisata paling bayak dikunjungi Turis.
    Ehh kelupaan suku aoriginnya penduduk asli Australia tapi populasinya sudah sedikit dan mereka penduduk yang terbelakang dan memiliki derajat yang lebih rendah di bidang pemerintahan parlemen.Kayaknya itu aja dehh.Pasti menang. hehhehe🙂.. Aminnnn
    Nama :Arya Sakramen Barus
    Kota: Medan,Sumatera Utara
    Twitter: @teennews14

  14. Satu kata yang terlintas dalam pikiran pertama kali ketika mendengar kata Australia adalah tokoh Tazmania Devil dalam animasi Looney Tunes. Spesies yang aku nggak ngerti apa, dan sering bertingkah konyol dengan berputar-putar seperti tornado merusak yang ada di depannya serta berceloteh blablablaah tanpa kutahu apa artinya, haha.
    Yang kusuka dari tokoh ini adalah tingkahnya yang kadang membuatku kesal juga menggemaskan. Aku ingat waktu kecil dulu sering menonton ini di salah satu stasiun TV. Sampai akhirnya aku tahu bahwa Tazmania adalah sebuah pulau di Australia. Kucari mana makhluk bernama Tazmania ternyata tidak ada, itu hanya sekedar tokoh animasi saja *duh ngekhayal bisa ketemu Tazmania Devil*😀

    Nama : Destiany Prawidyasari
    Domisili : Jember, Jawa Timur
    Twitter : @destiany_p

  15. Nama: Afifah
    Twitter: @FifNoor
    Kota: Bogor

    Inget film favorit waktu kecil. Tokoh utamanya namanya Cody. Dulu nggak tau apa judulnya. Sebetulnya baru tadi ubek-ubek nyari judulnya: The Rescuers Down Under. Dulu sampai beberapa saat lalu, masih nyebutnya film Cody.
    Film itu tentang petualangan anak kecil bernama Cody, bersama hewan-hewan. Cody biasa main di hutan. Suatu hari, Cody terjebak dalam situasi berbahaya dan ditolong tikus-tikus dan albatros, sampai mereka menyelesaikan misi. Settingnya di Australia, tepatnya di hutan (Cody tinggal di pinggir hutan), hutannya bukan hutan belantara. Ada tebing-tebing curam juga. Ada kanguru juga.
    Bagian yang paling aku inget, waktu Orville albatros harus mendapat perawatan medis. Itu sukses bikin ngilu dan bikin aku takut sama rumah sakit.
    Dulu suka banget sama film itu. Waktu itu masih era laser disc. Untuk ukuran film anak-anak, film itu cukup menegangkan, tapi sekaligus mengharukan.

  16. Nama : Diajeng Angela Jingga D
    twitter : @diajengangeel
    kota tinggal : Bandar Lampung

    Hello kak lucky ikutan yah:))
    Hmm satu hal yang terlintas di otakku waktu denger kata Australia itu…. Salamanca Place, jantung nya kota Hobart di Australia. Cerita dikit yah kak:)) jadi, dulu pernah ada temen ku yg bookholic bgt dia cerita ke aku soal Salamanca Place. Kata dia di sana itu tempatnya unik dan sejuk, unik? Setiap kota pasti punya keunikan kan? Nah di Salamanca Place ini ada yang namanya toko buku bawah tanah. OHMIGITTTT!!! Tiap bahas ini otak pengkhayal ku selalu bereaksi u/ ngebayangin bentuk, letak dan suasana toko buku itu. Ahh aku malah bercita2 kalo punya rezeki yg lebih selain pengen naik haji *amin* tempat ke2 di luar negeri yang pengen ku kunjungi yah Salamanca Place di Hobart. Pengen sangat pengeen pake bgt gak pake sambel *loh kok?.-.* #abaikan
    Oke sekian, dikit kan kak? Hehe Thanks before kak udah mau baca, ini ceritaku apa ceritamu? *bukan iklan.-.*

  17. nama: Nur Ramadhani Anwar
    akun twitter: @DhaniRamadhani
    kota tinggal: Makassar

    Yang pertama terlintas saat dengar Australia adalah sekolah dan beasiswanya, hehe. Dulu tante selalu bilang, kalau perempuan Indonesia itu bisa dinomor satukan untuk mendapatkan beasiswa kalau tembaknya ke Australia. Jadi ngiler dan selalu ingat itu. Hehe.

  18. Kiwi ! buah itu emg unik banget waktu aku liyat untuk pertama kalinya di supermarket. buah yang ternyata dari australia dan disana harganya sangat murah! (hasil baca “Kana di Negeri Kiwi-nya Rosemary Kesauly”)

    tapi selanjutnya aku inget sama yang namanya si Raditya Dika yang kayak orang gila di Adelaide dan fenomena LDR nya yang sukses banget (saking anehnya) waktu itu. hahaha… tuh kan jadi ketawa ngingetnya.

    Siti Muthma’innah | @iindetya | Malang

    link comment:
    https://luckty.wordpress.com/2014/03/01/review-cerita-rakyat-dari-australia/#comment-8221

    link share:

  19. Pingback: Pemenang Giveaway Seribu Kerinduan | Luckty Si Pustakawin

  20. Kangguru, Koala, dan Bumerang.. Kebayangnya kangguru (sambil loncat-loncat bawa anak dikantongnya) dan koala yang lagi main bumerang.. hehehe

    nama : Ayunda Slamet
    akun twitter : @ayunda_slamet
    kota tinggal : garut

  21. Pingback: Give Away Cerita Rakyat Dari Australia (DL13 Maret 2014) | My Corner (Happy Think, Happy Life)

  22. Apa yang terlintas saat mendengar kata Australia? Itu tuh, banyaknya seniman multitalenta kelas dunia yang ternyata berasal dari Aussie. Nggak nyangka!

    Siapa saja mereka? Ini dia seniman Australia itu.
    Geoffrey Rush, Russell Crowe, Nicole Kidman, Cate Blanchett, Hugh Jackman, Naomi Watts, Eric Bana, Paul Hogan, Kylie Minogue.

    Ada lagi, Olivia Newton John. Olivia ini dulunya pernah main film judulnya Grease, duet sama John Travolta. Film Grease ini pada masanya terkenal banget. Kalau aku sih, nontonnya bertahun kemudian, secara pas lagi happening, aku masih di negeri antah berantah heheheh. Grease nggak hanya melambungkan nama kedua bintang tersebut, tetapi sekaligus lagu OSTnya yang berjudul “Summer Night”. Lagunya rancak dan bikin semangat. Suka banget pokoknya!

    Satu lagi aktor Australia favoritku. Namanya Alex O’Loughlin. Kalau kamu pernah dengar serial Hawaii Five-O (repackage & tayang di TV kabel), Alex adalah pemeran Lieutenant Commander Steve McGarrett. Keren bo’ cowok satu ini. Macho abis dengan body atletis dan tatto-nya. Apalagi pas do’i lagi berperan di serial tersebut, ngejar penjahat… beuhhhh…. *speechless* :p Selain main di Hawaii Five-O, do’i pernah duet maut sama J-Lo di film The Back-up Plan. Gimana? Keren tak?

    Australia juga melahirkan penulis beken dan berprestasi lho. Makanya nggak heran kalau ada event macam UWRFnya Australia. Acaranya di Byron Bay. Oh, iya, aku pernah punya kesempatan ikut workshop bareng penulis Australia lho. Pengalaman yg luar biasa pastinya dan banyak hal aku peroleh dari workshop tersebut.

    Itulah yang menyebabkan Aussie selalu nancep di pikiranku.

    Nama: Ratri
    Twitter: @ratweezia
    Domisili: Yogyakarta

  23. Kanguru, karena hewan ini berasal dari Australia dan merupakan salah satu ikon kebanggaan negeri ini😀

    Nama: Dian Maharani
    Twitter: @realdianmrani93
    Kota: Bengkulu

  24. kalau mendengar kata Australia, saya langsung inget sama Raditya Dika. dulu Australia cuma saya kenal sebagai negara ‘di bawah’ Indonesia kalo di Atlas. tapi setelah membaca buku Kambing Jantannya Raditya Dika, aku selalu terbayang penulis itu kalo denger kata Australia. buku Raditya Dika begitu membekas dalam ingatanku. karena buku itu, aku jadi mengenal istilah blog. dan berawal dari bloglah aku menjadi suka menulis. berawal dari tulisan yang asal-asalan lalu berubah menjadi tulisan yang lebih tersusun dan bertema. dari hanya cerita sehari-hari lalu mencoba membuat cerita fiksi. dari membuat cerita yang basa-basi menjadi cerita yang penuh diksi. cerita Raitya Dika di Australia begitu membekas dan begitu menginspirasi, mengubah hidupku menjadi lebih berarti :))

    nama :Hesty Arnize
    Twitter : @siiqebo
    kota : Depok, Jawa barat

  25. Yang terlintas di benak saya ketika mendengar Australia, adalah tentang pendidikan disana. Saya sangat ingin melanjutkan study saya di Australia. Karena selain pendidikan disana telah di akui secara internasional, juga bisa ditempuh dalam waktu yang singkat, biaya hidupnya juga juga tidak terlalu tinggi di bandingkan di US atau di UK. Dan disana, bagi yang beragama muslim, jangan takut kita tidak bisa menjalankan kewajiban kita, karena disana biasanya disediakan ruang untuk sembahyang di kampus, atau disediakan makanan halal di kantin.
    Saya sangat berharap bisa melanjutkan pendidikan saya disana🙂

  26. Sydney. Ya, Sydney. Kota pelabuhan ternama di Australia dan ibu kota New South Wales. Pertama kali tau kota Sidney di Australia dari permainan zaman aku SD yang kami sebut monopoli, yang mana kami bisa membeli tanah, mendirikan rumah atau hotel di kota-kota terkenal di dunia yang kami singgahi sepanjang permainan yang ditentukan oleh dadu dan kota andalanku waktu itu adalah Sidney. Mengapa ? Karena dalam permainan, jika seorang teman berhenti di kota Sidney maka ia harus membayar sewa kepada pemilik rumah atau hotel di kota itu yang harga sewanya paling mahal dibandingkan kota-kota lain. haha

    Kesukaanku pada Sidney semakin menjadi-jadi tatkala aku menonton film Finding Nemo. Kisah mengharukan perjuangan seorang ayah dari ikan badut kecil bernama Nemo hingga ke Sidney untuk menyelamatkan putranya yang terbawa dalam jaring nelayan.

    Oh, ternyata Sidney bukan hanya sebuah kota terkenal, ya ? Ternyata juga merupakan kota pelabuhan ternama.
    Oh, ternyata sesuatu yang besar dan berbentuk aneh seperti cangkang adalah Sydney Opera House, ya ? Tempat pertunjukan kesenian.

    Dari film animasi itulah, aku jadi ingin sekali berdiri di atas jembatan Harbour Bridge yang merupakan jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia untuk menengok matahari terbit dan memandang sekitar pelabuhan yang tampak berkilauan dari atas.

    Suci Lestari
    @SuChipmunk
    Tana Paser – KALTIM

  27. Yang terlintas adalah suku aborigin, penduduk asli benua australia.

    Sesaat sebelum saya membuka postingan ini beberapa malam yang lalu, saya sedang asyik ngobrol dengan dua orang teman. Bahasan kami saat itu tentang geografi dan sosilogi dalam pikiran orang awam. Terlontarlah kata “australia” dalam topik pembicaraan tersebut dan aborigin sebagai penduduk aslinya.

    Dari ciri-ciri fisiknya, suku aborigin menyerupai dengan suku yang tinggal di papua. dan ternyata, dalam catatan sejarah, dauhulunya… pulau papua merupakan satu kesatuan dengan australia. lalu kemudian pecah dan terpisah menjadi dua pulau besar yang berbeda. para penduduk yang semula tinggal di satu pulau kemudian akhirnya terpisah. sebagian menetap di papua dan sebagian di asutralia.

    rifki
    @rifki_jampang
    Jakarta

    https://luckty.wordpress.com/2014/03/01/review-cerita-rakyat-dari-australia/#comment-8271

  28. Yang keinget waktu denger cerita Australia pastinya adalah dulu waktu masih SD aq pengen (pake’ banget!!!) bisa ke Australia. Bukan karena pengen ngeliat koala, kanguru atau walabi. Tapi karena 2 hal. Yang pertama karena pengen foto didepan Sydney Opera House, yang kedua pengen ke Walt Disney Australia. Simple banget yah alasannya😀 Namanya juga anak SD, hehehe..

    *hipnotis Luckty dan Mbak Erlita Pratiwi via telepati supaya kuis ketiga ini bisa menangin bukunya. Ikutan kuis yg kemaren2 gak pernah dapet, huhuhu…😥

    Ailina
    @ailina85
    Probolinggo

  29. Australia ?
    yang ku pikirkan adalah….. kota Sydney. iya, Sydney, inget finding nemo soalnya… haha.
    dan yg aku pikirkan ttg sidney adalah Sydney Opera House. bentuknya unik, dan yg terlintas dipikiranku, opera house ini adalah sebuah bangunan di tepi laut yg terlihat sgt indah ketika senja hari. yang kedua adalah Sydney Harbour. jembatan ini terlihat sgt kokoh dan bentuknya artistik. ya, gitu deh. ada daya tarik tersendiri.

    selain kota Sydney, yg aku pikirkan dan aku ingat adalah Perth. inget judul film ‘Love In Perth’ jalau gak salah. hehe. dari teasernya sih diperlihatkan di kota ini byk pohon apa ya namanya, ya itu deh. hehe

    ya, itu yg aq pikirkan dgn australia.

    eh, iya, satu lagi…
    inget zaman SD..
    Suku Aborigin sama Kangguru.
    hehe

    nama : Athaya Septiana
    kota : Yogyakarta
    twitter : @Nanarara8

  30. Nama : Intan Novriza Kamala Sari
    Twitter : @inokari_
    Kota tinggal : Bengkulu

    Apa yang terlintas saat mendengar kata Australia?

    Buat saya, jawabannya adalah ‘buku-buku yang mengambil setting di negeri Kangguru tersebut’. Yap, yang terlintas di kepala saya adalah seliweran runtut peristiwa yang tercantum dalam buku-buku unyu yang pernah saya baca. Buku yang menjadikan Australia sebagai tempat berpijak bagi para tokoh-tokohnya. Deskripsi dalam novel-novel tersebut tentang Australia selalu manis, unik, juga romantis. Bikin pengen terbang ke sana deh rasanya. Someday I will, yes.😀

    Buku-buku berlatar Australia yang pernah saya baca :

    1) Prisoner of Ur Heart karya – Irin Sintriana. Novel ini berlatar di Australia, tepatnya di Sydney. Di Sydney lah Elaine dan Fabian pertama kali bertemu. Awalnya cuek bebek, lalu lama kelamaan atmosfer Sydney mampu juga meluluhkan hati dan menimbulkan benih cinta di antara mereka. Tsaaaahhh ..

    2) Melbourne – Winna Efendi. Sesuai judulnya, novel ini berlatar Melbourne – salah satu Negara bagian di daratan utama Australia. Dalam novel ini, lekat erat menggambarkan sisi unik Melbourne yang kerap didatangi oleh Max dan Laura. Salah satunya, sebut saja ada Prudence Bar. Hei, tempat itu nyatakah? Jika iya, sepertinya asyik sekali menyesap secangkir kopi sambil menikmati lembaran novel kesukaan di sana :))

    3) Kambing Jantan – Raditya Dika. ‘Buku harian’ yang berisi kegiatan-kegiatan gila yang Raditya Dika lakukan sejak bocah hingga kuliah di Australia. Awalnya doi nggak nyangka akan kuliah di negera sekaligus benua tersebut, namun hasil voting keluarga malah membuka jalan baginya untuk terbang kesana. Di Australia, Raditya Dika kudu jauh-jauhan sama keluarga, sahabat, pacar, serta mulai menjalani perjalanan hidup yang kocak di Australia.

    Nah, ternyata ada satu buku lagi nih yang baru aja keluar dari oven penerbitan. Masih hot-hotnya berarti ya. Judulnya, Cerita Rakyat dari Australia, karya kak Erlita Pratiwi. Bedanya sama buku-buku yang pernah saya baca, buku ini bukanlah sebuah buku fiksi bernuansa cinta, melainkan berisi tentang beragam cerita rakyat dan legenda asli Australia. Sebut saja, ada cerita tentang Fisher’s Ghost Festival, Koala dan Suku Aborigin, Asal Mula Kanguru Berekor Besar, dan berbagai cerita menarik lainnya. Wuih, menarik nih. Bisa banget buat nambah-nambah bekal ilmu buat ntar terbang ke Australia yay :p *timpukin satu bukunya ke Intan dong, kak Luckty😀

    • *Duuh maaf belum selesai

      Dulu ngebayangin setelah lulus SMP bisa melanjutkan SMA dan kuliah di sana. Ditambah waktu ngeliat filmnya Gita Gutawa yang Love in Perth. Cita-citaku makin menggebu. Negara kecil yang menurutku punya pesona tersendiri terutama dalam hal pendidikan.

      Nama: Ade Delina Putri
      Twitter: @adedelinaputri
      Kota: Bekasi

  31. Yang terlintas pertama kali adalah lagunya Trio Kwek Kwek zaman aku masih kecil. Liriknya begini nih,

    Australia negeri wool.. katanya katanya Aborigin sukunya.. katanya katanya bumerang senjatanya.. uwaaw waauw kangguru binatangnya..

    Lagu anak zaman dulu tuh bikin pinter. Nggak kayak anak sekarang. Masih nyanyinya lagu cinta-cintaan. Miris.

    Sama itu tuh. Yang bikin heboh dunia belum lama ini. Hacker Australia meretas situs pemerintah Indonesi.Giliran dibales, katanya Indonesia dulu yang mulai. Ngajak perang nggak tuh?
    Eh? Jadi curhat pribadi deh. Maaf, suka mendadak sensitif gitu kalo ada yang ganggu Negara-ku. -_-”

    Anis Antika
    @AntikaAnis
    Surabaya

  32. mendengar kata Australia, teringat dengan Kangguru hewan asli Australia dan ingin sekali melihat pantai-pantai yang ada di sana terutama Byron Bay Beach yg bilang orang mampu mendatangkan perasaan menyenangkan dengan pantainya ( untuk refresh otak)

    ^_^

    Mahmudatul Khasanah
    @mahda_khasanah
    Tanah Grogot_Kaltim

  33. Yang terlintas saat mendengar kata Australia yaitu ;
    -Kangguru yang merupakan hewan khas Australia, oleh karenanya dapat dijiluki sebagai si negeri kangguru
    -Aborigin adalah suku asli Australia.
    Selain itu yang terlintas saat mendengar kata Australia adalah tempat-tempat spektakuler yang ada di aussie, yaitu ;
    -Sydney Opera House yang merupakan salah satu tempat wisata utama di Australia dan dianggap sebagai salah satu bangunan terindah dari abad kedua puluh. Sydney Opera House tampak seperti origami perahu layar yang besar, mengambang damai di pelabuhan.
    -Melbourne memiliki sesuatu yang Indah dan santai untuk semua orang.
    – Perth merupakan salah satu kota yang paling terisolasi di dunia, namun masih menawarkan pemandangan pantai yang indah dan sepertinya pemandangan kotanya indah apa lagi kalau malam.
    -Sydney Harbor Bridge adalah jembatan lengkung baja terbesar di dunia dan Sydney Tower Center merupakan bangunan tertinggi di belahan bumi selatan
    -Pantai Teluk Byron yang dihiasi dengan mercusuar yang tinggi dan dikelilingi oleh lumba-lumba, pari, ikan paus dan penyu.
    Hmmm jadi makin pengin bisa ke sana deh hohoho

    Dewi Sri
    @dewisrii_
    Indramayu, Jawa Barat.

  34. Begitu denger nama Australia, inget lagunya trio kwek-kwek. Video klipnya masih ada lho di Laptopku. Lirik lagunya nambah wawasan banget soal Australia dan Paman Sam.
    Seketika itu juga saya teringat sama hewan berkantongnya. Yup, bener banget. siapa lagi kalo bukan si Kangguru unyu-unyu itu, lompat sana-sini menggendong anak bayinya kemana saja. Unik dan menarik perhatian mata dunia.😀

    Saya sampai cemburuan {senang} lho sama temanku yang sukses menuntut ilmu disana, wah! lanjut s1 dan s2 tentunya. Australia memiliki program pendidikan yang sangat diminati oleh putera-puteri Ibu Pertiwi kita. duuuh, Saya lupa nama universitasnya. tapi asah dulu English-nya. okeh? hehehe.

    Ingat Australia, inget Melbourne & Sidney-nya juga lho. Apa istimewanya? Melbourne itu salah satu kota terbesar di Australia, yang juga dijuluki sebagai “Pusat Budaya Australia”. Sedangkan Sidney termasuk kota terbesar di Australia yang sangat populer dengan “The Harbour City” {Kota Dermaga}, “The City of Villages” {Kota Desa-Desa}, dan “The Emerald City” {Kota Zamrud}. Kalau ke Australia jangan lupa abadikan dirimu di kota ini, ya. *jepret-jepret maksudnya, hehe. ngapain?

    karena di sana ada Sidney Opera House, sebuah bangunan besar dan megah. Kalau bingung numpang tanya aja sama yang lalu lalang, hihihi pasti ketemu.

    So, Australia itu indaaaaah banget dengan eksotik alam pantainya yang aduhai memanjakan siapa saja yang traveling kesana. Dimana lagi kalo bukan Bonde – Bronte, masih di Sidney, Bro. Paling serunya menjemur diri, renang, bercengkrama sama keluarga, teman ataupun yang paling spesial dihatimu,ups! jangan pulang dulu sebelum berselancar di ombaknya yang menggulung 3 meteran. Adu nyali banget euuyy! *emang bisa selancaran?!

    Nah, yang tak terlupakan sebagai wong Indonesia nih, pasti paling doyan makan. Ada nggak ya makanan halal disana? Tentu saja ada. Jenis makanan di Australia termasuk jenis roti-rotian dan sayur lalapan. Kalo daging, insya Allah, sudah ada yang menanganinya secara langsung. Don’t Worry, ya!. Tapi disana tuh, orang paling gemar banget minum anggur. hemm, nggak aaah. Saya lebih suka Air Mineral, jernih, aman, menyehatkan pula.🙂

    Saya rasa banyak banget yang terlintas dibenakku ketika Australia disebut-sebut. Tapi, cukup itu saja ya, semoga bermanfaat. Dan semoga problema Indonesia – Australia segera berakhir dengan aman, nyaman, dan damai sepanjang masa. Prihatin juga dengan situasi sekarang, ada-ada saja pihak yang berusaha merusak keharmonisan dua negara ini. :))

    Nama: Aidamaruf
    Twitter: @AidhaZhuki
    Domisili: Makassar, Sulawesi Selatan
    silahkan blogwalking => http://aidamaruf.blogspot.com

  35. yang terlintas setelah dengar kata Australia ya kuliah di sana. Pengen bisa kuliah di sana.🙂
    selain itu kalau denger kata australia yang kuinget pelajaran SD di suruh ngafalin ibu kota negara-negara bagiannya, ga ngafalin tapi malah nyanyi australia negeri wool katanya-katanya, aku ingin kesana, katanya-katanya, hhhaa.

    Deena Setyowati
    @dayanasweet
    Wonogiri, Jawa Tengah

  36. Australia? pasti saya langsung inget sama beasiswa-beasiswa kuliah yang ditawarkan oleh pemerintahnya ada AUSAID, AAS, ADS, AEI. Dulu waktu masih perawan saya rajin browsing nyari-nyari kali aja ada pengumuman beasiswa di Australia. Memang ada, dan banyak! saya sempat mendaftar, hasilnya mengecewakan. belum rejekinya ke sana.. hiks..

    Sekarang saya sudah punya buntut satu, keinginan nyari beasiswa di Australia tentu saja masih ada. Kepengen rasanya nglanjutin studi kesana.. Tapi untuk merealisasikan untuk mendaftar kok rasanya berat ya. Hiks.. Tanggung jawab sebagai IRT ternyata lebih besar di sini untuk mendampingi suami dan membesarkan anak.

    Mungkin jika saya nanti tinggal sementara di Australia bisa jadi tidak melalui beasiswa yang saya terima, tapi (Bismillah) semoga bisa lewat suami yang tugas belajar disana. Saya dan anak ngikut aja kesana mendampingi dan memberinya semangat.

    Ngiler pengen ke australi!

    Armita Fibriyanti
    @armitafibri
    Bandung, Jabar

  37. Mbak Luck, giveaway terus ya,banyak kepercayaannya nih.
    Hehehe
    Oh, kalo inget australia itu, ya inget pulaunya. Yang kalau di PETA itu ada di bawah wilayah indonesia. Terus, saya juga bakal inget sama binatang asalnya, kanguru yang berkantung. Ah, di indonesia ada enggak ya kanguru? saya inget sih ada cerita anak yang ngambil tokohnya kanguru. Terus, kalo enggak salah ada suku aborijin (nulisnya bener gak yah?) dan senjatanya itu, yang kalo dilempar, bisa balik lagi…

    Australia…Australia///
    Nama : Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Tinggal: Cirebon

  38. Nggak akan ngarang-ngarang jawaban, yang terlintas waktu dengar kata Australia itu >> Teman baik Indonesia

    Hahaha, jawaban macam apa ini?
    Yah berhubung dekat secara geografis dan hubungan ekonomi-sosial-politik, jadi……

    Nama: Nana
    akun twitter: @choco_ba_nana
    Kota: Jakarta Timur

  39. Nama: Ushie
    Twitter: @ushiecewekhujan
    Kota: Surabaya

    Saat pertama kali mendengar kata Australia yang terlintas adalah Gedung opera Sydney. Katanya kalau mau masuk untuk menikmati pementasan harus berpakaian formal dan glamour, wahh kece banget kalau nonton opera dengan suasana yang serba elegant. Sebagai penikmat theater, opera dan pertunjukkan live, suatu saat pengen liburan dan menikmati salah satu pertunjukkan opera di Sydney🙂 Aamiin…

  40. ketika mendengar kata Australia, yg ada dlm pikiranku hanyalah Melbourne dan Perth. Karena apa???

    Aku pengen banget ke ‘Como House’. Rumah tuan tanah kaya raya zaman dahulu kala. Sudah pasti tempat nya yg mewah dan megah bikin aku ngiler punya rumah spt itu.

    Selain itu, aku juga ingin sekali mengunjungi kota wisata penuh pesona di Perth Australia. Mulai dr Kangguru di Caversham Wildlife Park, Perth Theatre, Swan River dan pokoknya banyak deh. Oh iya, satu lagi. Aku juga pengen bersepeda dan melihat banyaknya burung yang terbang di sepanjang Danau Monger.

    Dan hal yang tak kalah menarik, setelah membaca judul buku ‘Cerita Rakyat Australia’ yg ditulis oleh Erlita Pratiwi, aku aingin sekali mengetahui sejarah dan legenda rakyat itu pd zaman dahulu. Dan semoga buku ini menjadi inspirasi bagi yg membacanya🙂

    Tengkyu…..

    Elok Faiqotul (@_elokfa)

  41. Nama : Salma Durroh S.
    Twitter : @saduRR
    Asal : Surakarta

    SYDNEY
    Ya sydney adalah kata pertama kali terlitas di pikiranku saat mendengar kata Australia. Semua berawal dari kakak yang fanatik sekali dengan film FINDING NEMO, tak hanya filmnya tetapi hingga koleksi barang yang berhubungan dengan Nemo. Film yang menceritakan sebuah pencarian dan pengorbanan demi menemukan anak semata mayang hingga sampai ke pelabuhan sydney. Perjalanan yang begitu penuh tantangan yang sedikit menggambarkan tentang laut di Australia. Karena Nemo juga kakakku mempunyai cita-cita menjelajah Australia bukan hanya merasakan keindahan disana tetapi dia ingin melanjutkan studi di Australia, benua yang menjadi impiannya. Dari itulah aku termotivasi punya impian seperti kakak belajar di negeri orang. Beda dengan kakak, akupun memilih Eropa yang menjadi tujuanku berambisius menapak kaki di negeri penuh dengan sejarah untuk menimba ilmu lebih dalam:D

    Link Review : https://luckty.wordpress.com/2014/03/01/review-cerita-rakyat-dari-australia/#comment-8409

  42. Pingback: [GIVEAWAY] Cerita Rakyat dari Australia | saduRR's Site

  43. Yang terlintas adalah Tanah Merah di Queensland, Australia…
    sebuah nama tempat yang unik di tempat yang selalu terpikirkan untuk berbicara bahasa inggris…🙂

    Rahayu Agustina
    @hhayyu
    Bandar Lampung

  44. Tiap denger nama Australia itu yang keinget pasti ular. Loh kok bisa? Iya soalnya dulu pernah nonton acara hewan-hewan yang waktu itu lagi nayangin khusus ular, trs naratornya bilang kalau “ular terbanyak di dunia itu di Australia”. Setelah denger itu aku jadi mikir ga mau deh ke Australia. Tapi semakin ke sini, semakin tau kalau Australia itu ga sepenuhnya ular(?) kok. Ada banyak tempat-tempat indah di Aussie, salah satunya Perth, ibukota Australia bagian barat ini merupakan tempat yang pengen banget aku kunjungi kalau nanti aku bisa ke sana. Alasannya karena Perth itu hijau dan subur. Banyak peternakan sapi yang gemuk-gemuk🙂

    Kalau yang baru-baru ini sih, tiap denger Australia yah pasti tentang berita adanya konflik antara Australia dan Indonesia. Hehe…

    @windyagustin8
    Windyagustin8@gmail.com
    Lamongan

  45. Australia itu…. identik sama sebuah negara/kawasan yg msh mixed antara kawasan yg masih alami dg kota yg modern dan metropolis spt Melbourne, Sydney, Adelaide dn bahkan kota kecil Fremantle. Bnyk tokoh2 seni dunia yg lahir dari Australia juga.

    Ifa Avianty. Depok. @ifaavianty

  46. Dwi Ananta
    @dwianantasari
    Makassar

    Sejujurnya saya kurang begitu tau tentang Australia ^^
    tapi jika mendengar kata Australia, saya langsung mengingat dua hewan andemik di sana; kanguru & koala.
    Berhubung saya memang sangat suka hewan, kecuali reptil, saya pengen banget bisa melihat kanguru yang katanya hobby main tinju itu :p juga koala yang lamban yang hobby nyemil daun minyak kayu putih :p kalau saya bawain minyak kayu putih dari Indonesia dia doyan minum gak ya?!! Hihihihi :p

  47. Pingback: Pemenang Giveaway Pustakawin | Luckty Si Pustakawin

  48. Australia? langsung ingat lagu Trio Kwek-Kwek sih..
    Australia Negeri wool katanya katanya~
    Aborigin sukunya katanya katanya~
    Bumerang senjatanya wow wow~
    Kangguru binatangnya~
    Kesimpulannya : Australia? Trio kwek-kwek ; Negeri wool ; Aborigin ; Bumerang ; Kangguru

    Nama : Ardina Nur Rahma
    twitter : @d_nurr
    Kota : Jakarta

  49. Suku Aborigin, koala, kanguru, sydney, melbourne, AusAID, janoskians, sama 5SOS! Suku Aborigin dan koala, udah paten otomatis tiap denger kata Australia. Kalau kanguru karena dulu waktu SMP sering pinjam majalah Kang Guru punya teman-teman. Kan asal majalahnya Australia. Kalau Sydney dan Melbourne, sering nongol di novel-novel. AusAID, karena pas searching beasiswa, sering banget muncul itu. Kalau Janoskians, komedian favoritku asal Australia! Terakhir, 5SOS, band pembuka WWA Tour 1D, band favoritku.😀 Jadi, tiap denger Australia pasti efek visual tentang suku Aborigin, koala, kanguru, sydney, melbourne, AusAID, janoskians, 5SOS selalu muncul paling duluan😀

    Nama : Naelil
    Akun twitter : @Naelil_ID
    Asal kota : Banyuwangi

  50. Nama: Damae
    Twitter: @damae53
    Kota: Bandung

    Hal yang selalu terlintas di benak saya saat mendengar kata Australia, hanyalah mimpi. Sekira 17 tahun silam, saya belum sekolah kala itu, Saya bermimpi terbang dengan layang-layang yang sedang saya mainkan di angkasa. Speachless dan tidak bisa turun, layang-layang itu terus membawa saya ke arah selatan.

    Tentu saat itu saya tidak tahu apa maknanya. Tapi setelah saya mengenal globe di sekolah dasar, saya baru tahu bahwa selatan-nya Indonesia adalah Australia. Itulah mengapa saya bermimpi ingin bisa mencium tanah Australia, suatu hari nanti.

    Seperti apa Australia di benak saya? entahlah. Saya memilih untuk tidak mencari tahu, agar persinggahan saya disana suatu saat nanti, menjadi hal paling istimewa seperti yang saya impikan di masa kecil dulu.

  51. Yang terlintas saat mendengar kata Australia adalah:
    Aborigin,
    Uluru,
    Sydney Opera House,
    Tasmania,
    Riberry,
    Alice Springs,
    Lyrebird,
    Imigran, dan
    Anggur.

    Nama: Rikzan Ubaidillah
    Twitter: @rick_ubay
    Kota Tinggal: Jombang

  52. Nama : Noer Anggadila
    Twitter : @NoerFaradila
    Kota : Probolinggo, Jatim

    Australia, saya musti ingat tntang aksen inggrisnya yang berbeda dengan bahasa inggris yang sbenarnya, seperti today yang biasanya dibaca tudey, tapi mlah dibaca tuday. membuat geli setiap kali mengingatnya. Saya juga kagum sama tembat2 yang ada di sana, seperti Sydney, jadi keinget sama film animasi “Finding Nemo”, Australia juga mengingatkan saya pada suku aboriginnya, saya penasaran, saya pernah baca buku yang menyatakan bahwa suku aborigin sebenarnya hidupnya masih kekurangan, tadak relavan dengan kenyataan bahwa kebanyakan warga Australia sendiri yang sudah berkecukupan, dgn kota2nya yng sudah maju. Dan lagi, Australia mengingatkan saya pada keinginan saya suatu hari nanti bisa keliling dunia, salah satunya AUSTRALIA😀, amin.

  53. Ikutan yaaa🙂.

    Leila Rizki Niwanda, @LNiwanda, Jakarta

    Kata Australia itu mengingatkan sama seleksi beasiswa AAS tahun lalu sampai awal tahun ini. Proses yang melelahkan, penuh keringat dan air mata, dan berujung pada surat penolakan hahaha…. Tapi memang sebetulnya nggak berani berharap diterima, ya alhamdulillah sudah dapat banyak pengalaman berharga selama prosesnya. Mungkin suatu hari nanti, akan ada kesempatan lain untuk mengunjungi negeri kanguru ini🙂.

  54. apa yang terlintas saat mendengar kata Australia?

    Aku sih langsung inget mainan MONOPOLI itu tuh yg ada pelabuhan SIDNEY nya, kalo beli tanah yang termahal kedua setelah Afrika😀 hehehe,.. masa kecil kurang bahagia banget ya??🙂 Lalu yang terpikir selanjutnya ya si unyu-unyu kangguru, letaknya di utara indonesia *nggak tahu utaranya yang gimana (/.\)* hehe ^^V juga inget lagu trio kwek-kwek yang selalu aku puter berulang kali selama pra TK – TK – SD wkwk nggak ada bosen-bosennya! Terlintas nama Canberra Festival Floriade itu festival dimana jutaan bunga mekar di festiva musim semi. Aku pernah baca ini di suatu majalah diperpustakaan dan KEREN BANGET!! Mau banget kesana😀

    Nama : Rissya Mutya Prima
    Twitter : @RMP2982
    Kota : Bandar Lampung

    Link Comment : https://luckty.wordpress.com/2014/03/01/review-cerita-rakyat-dari-australia/#comment-8408
    Link Share : https://twitter.com/RMP2982/status/443771661892853760

  55. Nama : Esti Sulistyawan
    Twitter : @estisulistyawan
    Kota : Semarang

    Yang pertama kali terbersit kalau denger negara Australia, ya jelas Kanguru
    Australian itu identik banget dengan Kanguru, kalau liat kannguru di bonbin juga ingatan langsung mikir Australia🙂

  56. Yang terbersit saat mendengar Australia adalah Kanguru dan Koala
    Waktu liat di TV tentang salah satu restorannya yang menyajikan seafood, waktu itu ikan goreng tepung (aku lupa apa yg digoreng tepung itu) melihatnya rasanya ngileer… apalagi lapar2 gini jadi pengen banget
    Aku pengen kesana jadinya hahaha…
    Tempat kuliah dan bekerja sambilan disana rasanya menjanjikan
    Oh ya satu lagi master chef dan master chef junior Australia membuat Australia semakin menarik dengan makanan2 yang di masak oleh mereka

    Nama: Mawar HS
    Twitter: @goodenoughoks
    Kota: Surabaya

  57. Setiap kali mendengar kata Australia, seperti kebanyakan orang, saya akan teringat pada berbagai keindahan negara yang penuh keindahan itu. Opera House, Rotness Island, Kanguru, Aborigin dan banyak lagi. Namun ada satu hal lain yang selalu terlintas di benak saya saat mendengar kata tersebut. Athalya. Seorang gadis kecil berambut panjang berombak yang tinggal disana sejak lahir. Aya (begitu ia disapa) adalah kerabat saya, keluarga kami memiliki hubungan yang erat. Dan setiap kali mengamati perkembangan Aya lewat jejaring sosmed ibunya, kekaguman saya akan Australia bertambah lagi. Aya, di usianya yang masih duduk di sekolah dasar, mampu melakukan banyak hal istimewa. Walaupun peran orang tua adalah nomor satu dalam perkembangan anak, keadaan dan lingkungan sekitar pun tak dapat disepelekan. Saya selalu envy membayangkan Aya bersolah di sekolah modern berteknologi tinggi. Tak heran, di usianya yang belia, Aya mampu membuat lukisan-lukisan yang mencengangkan, membuat kepala saya tertunduk, hihi.. Bagus banget menn.. Seorang keluarganya pernah berkata, di sekolah Aya bahkan belajar lagu-lagu semisal Dynamite milik Taio Cruz. (Can you imagine this?) Oleh karena itu menurut saya Aussie adalah negara keren yang selain indah dan penuh tempat wisata juga negara yang bersungguh-sungguh dalam memperhatikan pendidikan bagi warga negaranya. Mereka berjuang sedemikian rupa pastilah demi menjaga image negaranya yang top di mata dunia. Menghasilkan warga negara yang cerdas dan mampu bersaing, dimulai dari generasi yang paling kecil. Dan sejauh ini mereka berhasil, setidaknya di mata saya🙂

    Yessica P.F.K.
    @yesinesta13
    Kota Kendari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s