REVIEW Cerita Rakyat Dari Australia

cerita rakyat dari australia

“Kalian tidak bisa menyenangkan semua orang.” (hlm. 61)

Australia, yang bernama resmi Persemakmuran Australia, adalah sebuah negara di belahan bumi selatan. Wilayah ini terdiri dari daratan utama Benua Australia, Pulau Tasmania, dan beberapa pulau kecil di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Negara-negara yang bertetanga dengan Australia adalah Indonesia, Timor Leste dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur laut; serta Selandia Baru di tenggara.

Australia berasal dari kata australis yang dalam bahasa Latin berarti selatan. Dalam ragam percakapan, Australia sering disebut sebagai Oz. Nama Australia dipopulerkan oleh penjelajah Matthew Flinders saat ia menyiapkan manuskrip dan diagram untuk ‘A Voyage to Terra Australis’ pada tahun 1814. Pada tahun 1842, Angkatan Laut Inggris setuju bahwa benua selatan itu secara resmi disebut Australia.

Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin. Negara ini mulai ramai didatangi para imigran pada akhir abad ke-18 dengan ditemukannya tambang emas. Sejak itu, Australia berjuang agar lepas dari kontrol Inggris. Kini, Australia tergabung dalam persemakmuran Inggris.

Lima kelompok imigran terbesar yang ada di Australia adalah mereka yang berasal dari Britania Raya, Selandia Baru, Italia, Vietnam dan Cina. Kedatangan para imigran telah mempengaruhi ragam cerita rakyat dan legenda yang ada di Australia.

Sama seperti Indonesia, Australia memiliki banyak cerita rakyat dan legenda. Kadang-kadang tokoh-tokoh dalam cerita itu berwujud binatang dan dewa seperti dalam mitologi bangsa Romawi. Melalui tokoh-tokoh imajinatif itu disampaikan pesan-pesan kearifan dan kebaikan asli masyarakat Australia. Nilai-nilai ini sesungguhnya berlaku secara universal. Betapa pun sederhananya sebuah cerita rakyat, selalu ada pelajaran yang bisa diambil di dalamnya.

cerita rakyat dari australia 1

Nah, dalam buku ada dua belas cerita rakyat dari Australia. Fisher’s Ghost Festival menjadi cerita pembuka.  Legenda hantu Fisher adalah sebuah cerita rakyat Australia sejak awal abad ke-19. Cerita ini muncul dari serangkaian peristiwa bersejarah yang terjadi di Campbelltown, sekarang sebuah pusat penduduk kota besar di pinggiran baratdaya Sydney, tapi pada waktu itu sebuah pos pedesaan terpencil. Festival ini biasanya diadakan pada awal hingga pertengahan bulan November. Sedangkan sungai di samping tempat penemuan mayat Fisher kemudian dikenal sebagai Fisher’s Ghost Creek. Tempat itu sekarang menjadi tempat penampungan air hujan, yang digunakan sebagai sumber air di musim panas.

cerita rakyat dari australia 2

Cerita kedua  berjudul Koala dan Suku Aborigin. Sejak kedua orangtuanya meninggal, Koobor tinggal bersama keluarga Paman Manny. Setiap pagi, Koobor dan saudara-saudaranya bergiiran minum. Koobor selalu mendapat giliran terakhir. Jatah air minumnya sedikit. Suatu hari saat keluarga pamannya pergi, Koobor mencuri persediaan air minum yang tersedia. Terlalu banyak air yang masuk ke perutnya, Koobor menjadi kembung. Karena takut bakal dimarahi, Koobor bersembunyi dan menaiki sebuah pohon. Berbagai cara dia lakukan agar selamat dari amukan keluarga pamannya, Koobor justru terjatuh dari pohon dan meyentuh tanah, tubuh Koobor yang sudah babak belur menjelma menjadi seekor hewan berbulu. Tangan dan kakinya mempunyai cakar yang tajam. Matanya bulat hitam. Hidungnya pipih. Hewan itu dikenal dengan nama koala.

Hingga kini, koala suka sekali mengunyah-ngunyah daun Eucalyptus. Mereka tidak memerlukan air untuk bertahan hidup. Saudara-saudara Koobor kemudian dikenal sebagai suku Aborigin, penduduk asli benua Australia. Setiap kali menangkap koala untuk dijadikan santapan, mereka selalu memasaknya lengkap dengan kulit dan dalam keadaan utuh. Setelah matang, barulah koala dikuliti dan dipotong-potong. Mereka khawatir koala itu akan kembali hidup dan menghabiskan persediaan air mereka jika mereka melanggar aturan yang ditetapkan Koobor.

cerita rakyat dari australia 3

Asal Mula Kanguru Berekor Besar menjadi cerita ketiga yang disuguhkan dalam buku ini. Di cerita keempat pun masih membahas kanguru, dengan judul Asal Mula Kanguru Berkantung. Alkisah kanguru bernama Aru yang sedang mengajak anaknya, Joey bermain di sebuah sungai dangkal. Mereka bertemu seekor wombat yang buta. Karena kebaikan Aru yang telah menolong wombat tersebut, Byamee, dewa bangsa Aborigin memberi hadiah untuknya sebuah kantong di pinggangnya.

“Gunakanlah untuk membawa anakmu. Kini kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kehilangan Joey. Joey bahkan bisa tidur nyenyak di dalam kantong sementara kamu mengerjakan pekerjaan sehari-hari.” (hlm. 33)

Sejak itulah semua kanguru, wallaby, dan kanguru rat memiliki kantong di bagian depan tubuh mereka. Kantong mereka berguna sebagai tempat menyimpan anak-anak mereka sampai mereka cukup besar dan siap untuk hidup di luar kantong.

Dan masih ada beberapa lagi cerita rakyat dari Australia yang dikupas dalam buku ini. Cocok dibacakan pada anak-anak saat menjelang tidur. Sayangnya, halaman-halaman di dalam buku ini tidak berwarna dan ilustrasinya kurang banyak. Padahal ini bisa menjadi daya tarik dalam buku ini. Meski begitu, suka dengan buku ini. Banyak pengetahuan baru yang didapat. Penasaran ama Seri Cerita Rakyat Dunia yang lainnya😉

Keterangan Buku:

Judul                     : Seri Cerita Rakyat Dunia: Cerita Rakyat dari Australia

Penulis                 : Erlita Pratiwi

Editor                    : Martha Nina Kenyar

Setting                  : Dyah Puspita Dewi

Desain cover      : dan_dut

Korektor              : Risa

Penerbit              : Nyo-nya (ANDI)

Terbit                    : 2013

Tebal                     : 106 hlm.

ISBN                      : 978-979-29-3890-6

52 thoughts on “REVIEW Cerita Rakyat Dari Australia

  1. Pingback: [GIVEAWAY] Cerita Rakyat dari Australia | Luckty Si Pustakawin

  2. jadi tahu… manggut2 baca review ini,yang sedikit ini saja sudah memberikan pengetahuan… legenda tentang binatang2 Australia…pasti banyak pengetahuan di buku ini. anak2 pasti suka. ngarep buku ini, ehehe, buat dibacain di depan kelas🙂

  3. Aku belum terlalu banyak tau tentang cerita rakyat dari Australia. Poor Syifa!! Berarti harus lebih mengenal Aussie sejauh mungkin ya biar bisa diterima disana. Hahaha… Eh, btw, aku juga pernah denger tuh Festival of Fisher’s Ghost, katanya sih seru. Hmm… tapi aku nggak yakin kalau festivalnya memang benar-benar seru sebelum aku datang langsung ke acaranya. Hahah…

    Bukunya pasti keren, nggak mau tau harus wajib dapat buku ini. Masak iya mau ke Aussie nggak tau folktale nya sih u,u #bukankodetapimaksa

    @asysyifaahs

  4. Cerita ‘Koala dan Suku Aborigin’ dan ‘Asal Mula Kanguru Berekor Besar’, suka keduanya…

    Wah, sama seperti di Indonesia ya…

    Cerita rakyatnya lebih ke dongeng atau fabel.🙂

    Kalo 3 cerita sudah di sampein sedikit sama Lucty, berarti masih penasaran sama 9 cerita lainnya…

    Tapi cover-nya simpel ya? Simpel banget…

  5. Review ini bikin pikiranku melayang jauh ke Australia tempoe doeloe *eaaa* Ternyata gak cuma Indonesia yang punya cerita rakyat, Aussie juga punya. Jadi penasaran pengin baca :3 Nice ripiu, Mbak. Empat jempol deh *angkat kaki* Paket komplit banget ripiunya, pake acar (?) Keep Calm and Love Review *halah* xD

  6. Hahaha… kirain cuma di Indonesia saja yang punya cerita2 rakyat tentang “asal usul” sesuatu.
    Ternyata Australia juga punya ya? Lucu juga baca asal usul kantong kanguru.
    Jadi penasaran pengen tahu cerita rakyat lainnya di Australia.

    Sayang sekali ya kenapa buku itu dalamnya tidak berwarna dan ilustrasinya tidak banyak… padahal kan itu buku untuk anak2.

  7. Wah, belom pernah denger sama sekali nih cerita rakyat Australia. Kayaknya menarik😀

    Kayaknya asyik juga buat dibacain dan dikasih ke sepupu cilik yang masih 5 tahun.

    Tapi ilustrasinya kurang banyak? Sayang ya… Bocah-bocah paling suka liatin gambar sih.

  8. Pengen baca kisah Koobor yang berubah menjadi Koala. I love legend and myth. Mungkin jika lebih banyak menangkap kisah2 rakyat dari suku asli selain kisah populer would be better.

  9. Waduh… Baru denger aq kisah asal mula Koala. Saudara-saudaranya kejam.
    Btw, seri cerita rakyat dunia begini aq suka baca-baca juga. Kadang bisa jadi bahan ngajar di rumah singgah.😀 #curcol

  10. Menarik, Mbak. Aku belum pernah mendengar atau membaca cerita rakyat Australia sebelumnya. Buku ini memperkaya khazanah cerita rakyat dunia. Jadi penasaran ingin baca…

  11. cerita koalanya sadis banget. >.<
    anyway. penulisnya hebat bisa tau cerita rakyat australia padahal jarang ada yang muncul dan kepikiran untuk berbagi pengetahuan lewat buku ini.🙂

  12. yang fisher itu sering ditayangin jadi cerita di film2 deh kayaknya. tapi dulu. btw, koala tuh emg gitu ya dongengnya? serem amat. koala tuh emg nggemesin ampun, tapi nyebelinnya juga minta ampun. suku aborigin masih kayak begitu tuh klo ketemu sama koala?
    oia, gara2 kanguru sekarang di kesehatan juga ada terobosan kantong kanguru loh buat orang2 yang punya bayi super premature. hasilnya? oke banget! emang top dah si kanguru ini. agt menginspirasi!

  13. Reviewnya bikin penasaran >.< Tapi, kok semuanya kayak cerita hantu. Apalagi yang Koobor sama Fisher’s Ghost Festival .___. Jadi pengen baca walaupun takut-takut berani hihihihi
    Nice review mbak😀

  14. Pingback: Give Away Cerita Rakyat Dari Australia (DL13 Maret 2014) | My Corner (Happy Think, Happy Life)

  15. Meskipun kita, bangsa Indonesia memiliki berjuta cerita rakyat, legenda, mitos, dan sederet kearifan lokal lainnya, bolehlah kita menengok khazanah budaya negeri tetangga. Sebab, banyak hal positif yang bisa dipetik dari pembelajaran ini. Dan seperti halnya belajar sejarah, di mana mau tak mau kita harus menengok masa silam, yang kata orang itu disingkiri, ketika kita ingin menata masa depan yang lebih baik, tak ada salahnya kita membuka lembar demi lembar buku ini untuk mendulang ilmu demi masa depan yang gemilang.🙂

    Recomended buat dibaca pokoknya *acung dua jempol*

  16. Ternyata di Australia juga banyak hal-hal menarik. Dibuku ini juga banyak cerita-cerita yang pastinya sangat menarik. Setelah membaca reviewnya, jadi semakin penasaran.
    Semoga saya beruntung. Aaminn🙂

  17. Wahh. Ternyata di balik keidahan australia juga menyimpan cerita-cerita unik, baca reviewnya apalagi tentang asal mula kanguru berkantong jadi ketawa sendiri😄, jadi kebayang sama gendongan bayi adikku dulu yang desainnya kaya kantong kanguru -___- .

  18. ternyata cerita-ceritanya mirip dengan cerita di sini. semisal pelaku yang mendapatkan kutukan karena melakukan kesalahan atau pelaku yang mendapatkan hadiah yang tak biasa karena melakukan kebaikan.

    *****

    “Kalian tidak bisa menyenangkan semua orang.” (hlm. 61)

    jangankan seorang manusia biasa, seorang Nabi pun yang dengan kemuliaannya dan segala kebaikan yang dilakukannya tidak bisa menyenangkan semua orang di sekelilingnya dan orang-orang yang hidup setelahnya, sebagian bahkan teramat sangan membencinya.,

  19. Wah, nggak ngangka kalau ternyata di negara lain juga ada cerita rakyat yang dibukukan. Apalagi bentuknya berupa fabel gitu. Covernya sepertinya juga lucu. Sayangnya ilustrasinya kurang yah? padahal kalau fabel akan lebih menarik kalau ada ilustrasinya yah ^_^
    btw, 9 cerita yang lainnya mana review-nya Luckty?😉

  20. Wuih, menarik kak. Selama ini Intan ngebaca Australia dalam versi dijadikan setting tempat dalam novel-novel. Nah, baru nemu nih, ada buku yang langsung mengulas beragam legenda asli Australia, ada sisipin nilai moral dan pesan baiknya pula. Cocok buat dibaca semua genre dan usia berarti kan ya :))

    Penasaran banget buat baca semua lembaran bukunya. Bisa banget buat nambah bekal ilmu pengetahuan kalo someday dikasih kesempatan buat bener-bener nginjakin kaki ke negeri Kangguru ini. Review kak Luckty paling bisa deh narik pembaca buat ngelirik buku yang direview. Good job lah *lemparin satu bukunya kesini ya kak :p

  21. tiap negara memang punya cerita rakyat.. penasaran sama austalia , amanat yg ingin disampaikan. Karna biasanya cerita rakyat indonesia, jarang ada yg mengangkat luar negeri

  22. Meskipun dari covernya sepertinya tidak mencerminkan Australia banget tapi mebaca review-nya menarik ingin tau lebih dalam tentang isi bukunya.terutama yang bagian judul “Asal Mula Kanguru Berkantung” penasaran pengin tau gimana ceritanya hehee.

  23. cerita rakyat nya 11 12 yah sama Indonesia, kalo ngelakuin kejahatan dikutuk gitu *merinding*
    ceritanya lucu,cocok bgt untuk ngedongengin sodara2 yg msh kecil kecil, apalagi mereka suka sama cerita yg berbau mistis wlaupun takut tp mereka tetep penasaran.-. kira2 hantu di Australia ada yg sejenis genduruwo pocong atau tuyul gk ya?._. hehe

  24. Berarti ceritanya menunjukkan sejarahnya ya… Wah jadi penasaran sehebat apa legenda-legenda di Australia. Tapi saya yakin di Indonesia legendanya masih super kok, dan beragam lagi.. Hehehe (cinta cerita rakyat indonesia, maksudnya).

  25. Huwaaaa >..< *polos* *sekarang sih?? Masih kok!* hehe ^^v saking percaya nya selalu menasihati teman-teman tentang yang nggak boleh dilanggar atau kalo sekarang sih namanya takhayul *berasa ibu ustadzah :D* #plakk
    Merasa terajak dengan review mbak luckty ini dan makin penasaran sama bukunya. Walaupun halamannya tidak terlalu tebal, tapi bisa jadi refrensi bacaan saat jenuh dengan novel romnce picisan😀 adek aku yang masih kelas 5 SD juga jadi bisa bacanya :))

    Selalu suka sama review-reviewnya mbak luckty :))

  26. Huwaaaa >..< *polos* *sekarang sih?? Masih kok!* hehe ^^v saking percaya nya selalu menasihati teman-teman tentang yang nggak boleh dilanggar atau kalo sekarang sih namanya takhayul *berasa ibu ustadzah :D* #plakk
    Merasa terajak dengan review mbak luckty ini dan makin penasaran sama bukunya. Walaupun halamannya tidak terlalu tebal, tapi bisa jadi refrensi bacaan saat jenuh dengan novel romnce picisan😀 adek aku yang masih kelas 5 SD juga jadi bisa bacanya :))

    selalu suka dengan review mbak luckty :))

  27. jadi penasaran mbak____ kayak gimana ceritanya karena
    belum pernah baca buku cerita rakyat yang dari Australia. Hmmm beda atau sama kalo dibandingin cerita rakyat di Indonesia

  28. Sayangnya si Koobor alias si Koala jumlahnya sdh dianggap terlalu bnyk y di Australia? Jd malah kesannya dmn2 ada koala :)… cb kl koala bs hidup d Indonesia…pasti bnyk yg mau pelihara🙂 …a very nice review and very nice book🙂

  29. Wah, seru nih, Kak. Sambil menyelam minum air. Namanya cerita, pasti InsyaAllah menghibur😀 Plus, ada ilmu sejarahnya pula. Kece! Apalagi dari Australia yang notabenenya tetangga kita. Kalau belum dikasih kesempatan kesana, baca buku itu pasti bakal berasa di Australia. *sotoy😀 Kan atmosfer baca itu mempengaruhi ehehe

  30. Wow, aku jadi penasaran ingin tahu lebih banyak tentang Cerita Rakyat Australia setelah baca review di atas. Buat nambah wawasan dan memperoleh pelajaran berharga dari setiap kisahnya.

  31. Penasaran… kalau negeri kita dikenal punya segudang cerita rakyat dengan muatan budaya dan tradisi yang kental, seperti apa kira-kira penyajian cerita rakyat dari negeri seberang yang sebetulnya tidak seberapa jauh? Pengin baca deh cerita seutuhnya🙂.

  32. Mupeng sama buku ini, jadi ingat masa kecil T_T sekarang cerita rakyat seperti ini susah banget ditemuin. Semoga menang deh jadi bisa baca bareng adik dan disimpan buat calon anak2 nanti, ihihihihihi…

  33. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s