REVIEW Si Juki Cari Kerja

 si juki

Juki datang lagi. Kalo dulu Juki dengan petualangan UN-nya, Juki kembali hadir dengan cerita yang berbeda. Lulus sekolah, Juki tidak melanjutkan ke jenjang kuliah seperti teman-temannya. Juki berpikir, apalah guna kuliah toh akhirnya nganggur juga. Juki pun mencoba berbagai pekerjaan. Dimulai dari membagikan selebara sebuah perusahaan sedot tinja sampai bekerja di tempatnya Mbah Gendeng yang fenomena dengan segala macam jampi-jampi kleniknya.

Gak hanya menyuguhkan hal-hal yang konyol, ada beberapa selipan moral yang disuguhkan lewat komik ini. Salah satunya adalah tentang sampah visual. Sampah visual adalah iklan di luar ruang yang makin lama makin tidak terkendali, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Apalagi seperti sekarang ini, menjelang pemilu ada banyak sekali pamflet dan selebaran sejenisnya yang memuat calon-calon tukang bual, tukang janji, dan tukang menghabiskan uang rakyat. Nempel pamflet aja di pohon, itu sama dengan tidak peduli dengan lingkungan. Ihh…jangan harap deh dipilih! x)

Jadi, apa saja yang harus dilakukan pemerintah agar masalah sampah visual ini bisa dikurangi?

1. Pemerintah harus lebih tegas menertibkan iklan-iklan luar ruang yang melanggar aturan.

2. Sanksi dan hukuman harus dilakukan dengan tegas dan sepadan terhadap pihak-pihak yang bertugas memasang iklan-iklan tersebut.

3. Sanksi dan hukuman juga harus dijalankan oleh pihak yang bertanggung jawab atas iklan-iklan tersebut apabila mereka terbukti melanggar aturan.

4. Pemerintah lebih giat dan aktif menginformasikan secara luas tentang hukum yang berlaku dalam perkara pemasangan iklan di luar ruang ini kepada pihak-pihak terkait.

Sindiran juga ditujukan kepada yang suka memasang jebakan MLM. MLM adalah bisnis yang memakai sistim member-get-member. Semakin banyak ngajak orang gabung dibawah kita, konon kita bakal dapet penghasilan banyak tanpa harus kerja keras. Celakanya, ada beberapa bisnis MLM yang cuma mengutamakan kuantitas member tanpa memedulikan kualitas produknya.

Cara-cara nolak ketika diprospek MLM:

1. Bilang kalo lagi sibuk, dan nggak ada waktu ngurusin bisnis ginian.

2. Udah bilang sibuk masih dipepetin? Bilang gak ada minat sama bisnis model gini.

3. Masih dipepetin juga? Bilang aja trauma sama bisnis MLM. Dulu pernah ikutan tapi nggak untung-untung.

4. Kalo masih dicekokin juga, bilang aja udah ikut program MLM lain.

5. Dan ternyata masih juga? Bilang aja udah tajir mampus dan nggak perlu ikut ginian.

6. Terakhir, kalo masih di prospekin juga… bilang aja; “Saya udah bosen jadi orang sukses, terlalu manstream.”

Dulu, jaman kuliah, ada beberapa kakak kelas yang hobi banget hidupnya memprospek orang lain. Tiap mereka datang, baru keliatan batang hidungnya aja, kita pasti udah pada ngacir, kabur sebelum di prospek produk-produk… ~~ ~ ~ ~(\ ‾o‾)/

Nah…ini dia yang paling bikin ngakak, saat Juki diajak temannya untuk menjadi penonton bayaran. Mendingan sih, daripada nganggur, lebih mending lagi dari MLM ƪ(▿‾┐) ƪ(‾▿‾)ʃ (┌‾▿)ʃ

si juki 1 si juki 2 si juki 3 si juki 4
Mau tahu Juki nyoba kerja apa lagi? Segera berburu bukunya yaaa…😉

 

Keterangan Buku:

Judul: Si Juki Cari Kerja

Komikus: Faza Meonk

Editor: Syafial Rustama

Penata Letak: Irene Yunita

Desain sampul: Faza Meonk

Penerbit: Bukune

Terbit: 2013

 

Seri Si Juki dan Petualangan Lulus UN:

https://luckty.wordpress.com/2013/05/23/review-si-juki-dan-petualangan-lulus-un/

 

3 thoughts on “REVIEW Si Juki Cari Kerja

  1. luas juga bahasannya si Juki ini ya mba. Mulai dari dianya yang nyari kerja, sampah visual, MLM, sampe nonton konser. Ngakak pas bagian cara nolak MLM no. 5 hahaha

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s