REVIEW Sell Your Soul

sell your soul

Kepedihan ini bagai laut menggelora diterpa badai, melontarlkanku dari satu dunia ke dunia lain, membenamkan ke dasarnya yang dingin dan gelap, tanpa belas kasihan, tidak memberiku udara untuk bernapas. Rasa sakit ini serupa sayatan belati, merobek dadaku dan menumpahkan darah merah, kental, amis. Mengalir deras, terus, dan terus, sehingga kematian adalah anugerah tak terkira. (hlm. 76)

Cerpen pembuka adalah SETERU yang ditulis oleh Bintang Berkisah. Tentang hubungan anak dengan ibu tirinya. Memang tidak mudah untuk menerima orang baru di kehidupan kita. Sangat berbeda seorang yang akan kita panggil ibu hanya karena status perkawinan dengan ayah kita dengan ibu yang melahirkan kita. Beda jauh. Tapi itu mungkin tidak bisa dibandingkan. Manusia kembar saja beda, apalagi orang yang benar-benar berbeda.

“Siapa yang peduli jika aku terisak lantaran mengingat ibuku? Aku merindukan kehangatan, pelukan, senyuman, dan kesabarannya, yang tertatah sempurna di jiwaku. Bahkan ketika sakit teramat parah, ia memilih menahannya demi mencipta senyum untukku. Ah, ibu takkan pernah tergantikan oleh siapa pun, apalagi perempuan itu.” (hlm. 2)

Di dunia ini siapa yang tidak pernah mengalami kegagalan? Keputusaasaan? Perasaan hancur, letih, kecewa? Hampir tidak ada. Karena itu buku antologi ini menyoroti perilaku manusia saat mengalami perasaan seperti itu. Ada orang-orang yang bisa berdiri kembali karena punya keteguhan hati, ada orang yang akhirnya menjadi pecundang, tidak pernah bisa menghadapi itu, bahkan menjual jiwa pada kekuatan lain

Cerpen-cerpen dalam buku antologi ini memiliki benang merah sosok Athena yang datang karena panggilan mereka lewat magic words. Athena akan memberikan sesuatu sebagai alat di pemanggil mewujudkan keinginan mereka. Adapun dibawa kemana baik-buruknya diserahkan pada masing-masing pemanggil.

Selain ada Athena yang muncul di setiap cerita, kita juga akan menemukan sebuah kalimat yang juga akan ditemui dalam setiap cerita; Aku tidak mau merasakan sakit seperti ini lagi. Aku akan melakukan apa saja. Apa saja! (semacam kalimat rapalan)

Buku antologi ini terdiri dari 15 cerita dengan gaya penulisan yang berbeda dan khas setiap penulis. Semua cerpen cenderung absurd, saya suka banget cerpen absurd-absurd seperti ini.

KEMATIAN BIDADARI MATA BIRU

Dengan langkah hati-hati, aku dekati Krisna yang terlihat terlelap dengan posisi duduk bersandar. Tanpa perasaan ngeri dan ragu, aku pun menggunting dua kali leher Krisna. Kepala Krisna pun putus… jatuh menggelinding di lantai. (hlm. 24)

KEEP SILENT!

Lalu terlihat ujung gergaji mesin menembus kotak kayu, semakin masuk dan hampir menyentuh kulitku. Insting mempertahankan diri membuatku refleks menendang tutup kotak kayu, Rey mati dengan gergaji mesin menembus jantungnya. (hlm. 33)

SIAPA PUN, TOLONG HENTIKAN AKU!

Lamat-lamat Deri bangun dari tidur berjalan sempoyongan menghampiri Pak Dimas, tangannya menggenggam cutter, perlahan memotong bagian lehernya. Darah berceceran, Deri terus memotong lehernya sendiri. Mulut Deri bergerak-gerak mengeluarkan suara memilukan. (hlm. 35)

Ceritanya semua menegangkan. Baca ini pas ngawas ujian TO. Karena pas baca ini gak nyadar megangin perut karena mules baca cerita-cerita yang bikin ngilu, malah dikira murid-murid unyu kalo saya lapar x)

Beberapa kalimat favorit:

  1. Cinta hanya perlu dimengerti oleh hati masing-masing. (hlm. 4)
  2. Hidup yang begitu singkat sangat sayang kamu gunakan untuk balas dendam. Hidup dalam dendam lebih mengerikan dari kematian. (hlm. 32)
  3. Niat baik akan membuahkan akibat yang baik pula. Karena, niat adalah gerbang batin menuju ke berbagai tempat yang bertebaran di kepalamu. (hlm. 21)
  4. Jangan takut miskin sebab kehidupan itu tidak pernah berhenti meskipun raga dan jiwa kamu terpisah. (hlm. 19)

Ini kali pertama baca buku terbitan Chibi Publisher, dan langsung suka. Sepertinya genre yang diambil anti manstream ya buku-bukunya, jadi penasaran juga pengen baca Marshmallow-nya Evi Sri Rezeki nih!😉

Keterangan Buku:

Judul                     : Sell Your Soul

Penulis                 : Poppy D. Chusfani, Evi Sri Rezeki, Eva Sri Rahayu, dll.

Desain cover      : Evi Sri Rezeki

Layout isi             : Sandy Muliatama

Editor                    : Eva Sri Rahayu

Penerbit              : Chibi Publisher

Terbit                    : 2012

Tebal                     : 128 hlm.

ISBN                      : 978-979-25-4859-4

Indonesian Romance Reading Challenge 2014 https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

Short Stories Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/18/short-stories-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

2014 TBBR Pile – A Reading Challenge

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/2014-tbbr-pile-a-reading-challenge/

2 thoughts on “REVIEW Sell Your Soul

  1. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s