REVIEW Nyanyian Patah Hati

Tuhan selalu memilihkan yang terbaik untuk kita. Ketika cintanya tak bisa kita miliki, kita harus menerimanya dengan ikhlas tanpa sesal, karena akan diganti dengan yang lebih baik dari-Nya. (hlm. 67)

Brokenheart syndrome bisa menjadi suatu gejala penyakit yang sangat menakutkan. Si penderita mencari bantuan medis ke ruang gawat darurat. Mereka memiliki EKG abnormal dan bahkan menderita breathlessness parah dan penumpukan cairan di jantung congestive paru-paru. Kateterisasi menunjukkan bahwa gejala yang dialami tersebut tidak disebabkan serangan jantung. Namun diakibatkan otot jantung mereka sudah sangat melemahkan.

Yang lebih megejutkan lagi adalah hasil penelitian di Australia yang mengatakan bahwa orang yang berkabung karena baru saja kehilangan orang yang dicintainya, diperkirakan memiliki risiko terkena serangan jantung 6 kali lipat lebih besar. Bahkan jika perasaan patah hati terlalu lama dan mendalam bisa berpotensial menyebabkan kematian. Hasil penelitian ini membuktikan betapa seriusnya perasaan sakit hati. Demikian yang disampaikan penulis studi Edward E Smith, Direktur ilmu saraf kognitif di Columbia University.

Nah, hati-hati buat yang sering mengalami patah hati. Buku ini merupakan kumpulan tulisan tentang patah hati. Di setiap kisah, kita akan menemukan makna yang tersimpan dibalik cerita.

Banyak sekali bertebaran kalimat favorit:

  1. Cinta yang kandas tak membuat terus terempas dalam derita tanpa batas, cinta yang besar akan membuatnya tegar. (hlm. 4)
  2. Ketika cinta datang tak diundang, perginya pun tak akan bisa terhalang. Cinta terkadang bukanlah jodoh kita. (hlm. 36)
  3. Cinta yang tertunda bisa diharapkan akan hadir kembali, namun saat waktu telah mengubah segalanya menjadi beda, maka cinta apa adanya yang harus diterima. (hlm. 42)
  4. Cinta adalah rasa, namun logika harus bicara ketika cinta tak lagi bisa dirasa. (hlm. 58)
  5. Semua yang membuat sakit hati pasti ada hikmahnya. Kita kuat karena masalah, badai semakin menguatkan langkah kita untuk bisa lebih hati-hati lagi ketika jatuh cinta. (hlm. 62)
  6. Mecintai dengan sederhana tanpa melihat materi maupun fisik yang akan membuahkan cinta yang kuat tanpa takut kehilangan. (hlm. 64)
  7. Patah hati lalu depresi hal yang manusiawi. Namun segeralah untuk bangkit kembali saat terpuruk karena cinta yang tak bisa dimiliki. Semua sakit pasti ada obatnya. (hlm. 73)
  8. Hidup masih jadi pilihan, jadi jangan patah hati ketika cinta tak lagi bisa berlanjut bahkan berakhir dengan yang sangat menyakitkan. (hlm. 82)
  9. Bahagialah saat bisa mengendalikan cinta pada seseorang yang tidak lagi mencintai kita. Kita adalah pemenang saat cinta yang pernah ada saat kita bisa kembali bangkit ketika cinta telah meninggalkan kita. (hlm. 84)
  10. Cinta yang kanda dan menyakitkan bukan cinta sesungguhnya adalah pelajaran penting bagi kita untuk bisa memilih mana cinta yang sesungguhnya ada untuk kita. (hlm. 94)
  11. Patah hati hanya bisa sementara saja. Semua akan indah pada saatnya ketika kita bisa dengan ikhlas menerima semuanya. (hlm. 98)
  12. Cinta yang datangnya sesaat, perginya pun akan dengan cepat tanpa permisi. (hlm. 103)
  13. Saat Tuhan tidak menjodohkan cinta kita, akan ada rencana terbaik dari-Nya. Kegagalan cinta yang pernah ada akan menjadi  semangat mendapatkan cinta yang lebih baik. (hlm. 123)
  14. Cinta yang dikhianati akan makan hati bahkan bisa membuat mati pemiliknya. Namun, hal itu akan jadi sebuah kebodohan saat kita begitu mengkultuskan cinta yang telah ada. (hlm. 127)
  15. Cinta sejati tak akan kenal rasa patah hati meski tak bisa memiliki. Namun cinta sejati selalu teruji ketahanannya tak lekang termakan waktu, hujan, panas maupun angin. (hlm. 186)
  16. Masa lalu yang menyedihkan memang tak harus diingat, dikenang kalau hal ini bisa menjadi boomerang untuk cinta di masa depan. (hlm. 196)
  17. Cinta sejati tak akan menimbulkan sakit apalagi dendam, apa pun yang terjadi semua harus bisa dijalani dengan rasa syukur, karena Tuhan akan selalu beri cinta yang terbaik bagi kita. (hlm. 204)

 

Keterangan Buku:

Judul                     : Nyanyian Patah Hati

Penulis                 : Eidelweis Almira

Cover designer : Oesmanovski

Layout                  : Mustofa

Editor                    : Agus M

Penerbit              : Zettu

Terbit                    : 2013

Tebal                     : 224 hlm.

ISBN                      : 978-602-7999-50-3

 

Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

Short Stories Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/18/short-stories-reading-challenge-2014/

One thought on “REVIEW Nyanyian Patah Hati

  1. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s