REVIEW Penghuni Keempat

 penghuni keempat

“Kalau kamu sudah nemuin orang yang senasib sama kamu, kamu tetap nggak bakal bisa bahagia. Karena itu nggak akan mengubah apa-apa.” (hlm. 80)

Shiren. Kelas 2 SMP. Bersama keluarganya pindah ke rumah baru. Awalnya, bukan rumah ini yang akan mereka tinggali. Karena Shiren bersikeras tidak mau pindah di rumah pilihan papanya yang terkesan kuno dan tampak seperti tempat tinggal drakula, papa dan mama Shiren mengalah dan memilih rumah baru (lagi) untuk mereka tinggal, yaitu sebuah rumah dengan nomor empat.

Di rumah baru dan sekolah baru, tentu Shiren punya teman-teman baru. Di sekolah, dia sudah mulai akrab dengan beberapa teman sekelasnya. Rena, gadis berjilbab yang agak fobia dengan gelap. Kalau sudah mati lampu mendadak, pasti dia akan berteriak.

Kedua, namanya Indah. Gadis berjilbab yang sering dibilang nggak jelas oleh beberapa teman sekelas. Namun, dia tetap saja melakukan hal-hal gaje tanpa memedulikan anggapan orang yang mungkin mengira dia tidak waras. Namun, sungguh dia gadis yang seru dan sama sekali tidak aneh.

Kemudian ada Hanna, gadis berkacamata yang tinggi badannya terkalahkan oleh yang lain. Kalau tetawa, dialah yang tawanya paling keras dan mampu menyihir orang di dekatnya agar ikut tertawa.

Dan yang terakhir bernama Willy. Laki-laki yang suka melawak dan bertingkah lebih seperti perempuan dibandingkan seorang laki-laki. Dia suka memasang tampang bodoh kalau sedang ditanya, sepertinya agar tidak perlu capek-capek menjawab.

Awalnya, mereka bersama-sama mengerjakan tugas kelompok di rumah Shiren. Mereka melakukan shooting untuk dimasukkan ke slide power point buat tugas TIK, mau persentasi soal internet. Saat melakukan shooting tersebut di kamar Shiren, mereka menemukan penampakan!

Di dalam video itu, saat kamera sedang meng-shoot Hanna, mereka menyadari ada sepasang tangan seputih susu sedang memegangi kedua pundak Hanna. Wajah pemiliknya seakan sedang bersembunyi di balik badan Hanna. Mereka langung berteriak keras. Nyatanya, tidak ada siapa pun yang memegang pundak Hanna.

Mereka semua masih menahan napas sampai tiba-tia tangan dari pundak Hanna menghilang. Namun kemudian, sesuatu yang lebih parah terjadi. Sesuatu yang membuat mereka saling berpelukan dan berlomba-lomba menghapus video itu.

penghuni keempat 1 
Lebih baik membangun rumah di tanah baru daripada membeli rumah yang sudah jadi seperti ini karena bisa membahayakan kalau kalian ternyata penghuni keempat dari rumah tersebut. (hlm. 144)

Beberapa orang bilang bahwa angka 4 adalah angka sial. Tapi, tidak semua memercayai hal itu. Jika kita ditakdirkan untuk menjadi penghuni keempat, satu demi satu kejadian aneh yang mengusik kehidupan kita akan bermunculan di rumah itu, seperti diganggu mahluk halus, atau hal lain yang sangat menyulitkan kita untuk mendapatkan ketenangan.

Nah, apakah yang akan terjadi selanjutnya? Akankah Shiren tetap tinggal di rumah no. 4 tersebut?😉

Keterangan Buku:

Judul Buku                          : Penghuni Keempat

Penulis                                 : Kinta

Penyunting                         : Beby Haryanti Dewi

Penyelaras aksara            : Gita Lovusa, Lian Kagura

Penata aksara                    : Aniza Pujiati

Perancang sampul           : Papersand Studio

Penggambar ilutrasi isi   : Aloysius Alfa

Penerbit                              : Noura Books

Terbit                                    : Desember 2013

Tebal                                     : 184 hlm.

ISBN                                      : 978-602-1606-44-5

 

penghuni keempat 2
New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

3 thoughts on “REVIEW Penghuni Keempat

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2014 | Luckty Si Pustakawin

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s