REVIEW Always be in Your Heart

Pernahkah kau mengalami tiba-tiba ada yang hilang dari hidupmu? Seperti aroma-aroma yang melekat kuat dalam ingatanmu, tapi kau tak bisa menemukan di mana wujudnya? (hlm. 227)

Bagi Marsela, separuh kebahagiannya adalah ayahnya, bagaimana mungkin dia sanggup berpisah dari lelaki itu? Lelaki yang sebisanya telah menjadi dua sosok untuknya. Sebagai ayah sekaligus sebagai ibu.

Masih jelas pula dalam ingatan Marsela, bertahun-tahun yang lalu, saat dia baru saja pulang dari sekolah dasar, dia mendapati ibunya yang berhari-hari berbaring di ranjang hanya terdiam. Air mata Marsela mengalir seketika, dia tahu, ibunya telah tidur untuk selamanya.

Dan, sejak saat itu Marsela mendapati banyak hal tak lagi sama. Tak ada lagi suara dan dekapan ibu yang selalu  mengantar tidurnya. Tak ada lagi makanan di meja yang selalu siap saat perutnya terasa lapar.

Lalu, sejak saat itu juga, ayahnya mengerjakan banyak hal untuk mereka. Bangun pagi, kemudian bersibuk di dapur menyiapkan makanan sebelum berangkat ke kebun kopi. Marsela tak pernah bertanya, bila makanan yang dimasak ayahnya sangat berbeda dengan masakan ibunya.

Dia tahu, ayahnya telah berusaha memasaknya meski dalam diam, menyuguhnya ke atas meja dengan diam, dan mereka sama-sama makan dalam diam. Begitu berhari-hari. Lalu, setiap sore setelah ayahnya pulang dari kebun kopi, lelaki itu mengumpulkan pakaian kotor mereka dan mencucinya pelan-pelan, juga dalam diam.

Semua hal tentang lelaki yang dipanggil Apa itu melekat begitu erat dalam ingatan Marsela. Ayahnya tak pernah membentak apa lagi memarahinya. Tapi, ayahnya selalu berkata tegas saat mengatakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh bagi Marsela. Dan, begitu Marsela mendapati hal pertama yang menandai dia telah menjadi gadis yang sempurna, dia dibuat termenung sepertiga malam oleh pesan-pesan yang disampaikan ayahnya.

“Tuhan menitipkanmu pada Apa. Tapi, tidak setiap saat Apa bisa awasimu. Jadi, kamu ingat selalu pesan Apa. Kamu boleh berteman dengan siapa saja, tapi kamu tak boleh membiarkan seorang pun menyentuhmu. Meski itu hanya tanganmu. Tidak juga Juanito! Dirimu adalah harta untukmu, maka harus kamu jaga baik-baik harta itu.” (hlm. 26)

Begitu kuatnya rasa sayang Marsela pada ayahnya itu. Ketika ia harus kehilangan ayahnya, seperti kehilangan separuh jiwa. Ditambah lagi banyaknya rentetan masalah yang harus dihadapinya. Mengambil setting pergolakan yang dihadapi Timor Timur saat itu, menambah berat beban hidup Marsela yang masih terus berusaha mencari cinta masa kecilnya, Juanito. Akankah mereka akan bertemu kembali?!?

Banyak bertebaran kalimat favorit:

  1. Pilihlah apa yang membuatmu bahagia. (hlm. 21)
  2. Pilihlah apa yang mantap di hatimu. (hlm. 28)
  3. Tuhan telah memberikan alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kehormatan kita bukan terletak pada pekerjaan kita, melainkan ketika kita tak pernah bergantung pada manusia. (hlm. 85)
  4. Menjaga diri, bukan berarti kamu menutup diri. (hlm. 104)
  5. Ketika Tuhan mengambil yang ada pada kita maka Dia telah menyiapkan penggantinya. (hlm. 123)

Keterangan Buku:

Judul                     : Always be in Your Heart

Penulis                 : Shabrina Ws

Penyunting         : HP Melati

Proofreader       : Yunni Yuliana M.

Penerbit              : Qanita

Terbit                    : 2013

Tebal                     : 236 hlm.

ISBN                      : 978-602-9225-77-8

Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

2 thoughts on “REVIEW Always be in Your Heart

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2014 | Luckty Si Pustakawin

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s