REVIEW Tentang Sahabat

Hal paling sulit bersahabat dengan diri sendiri, menyaring gangguan buruk dari luar, menyadari pribadi yang baik dan bisa bermanfaat bagi sesama. (hlm. 52)

Buku ini merupakan kumpulan tulisan tentang persahabatan dari segala sisi. Ada persahabatan sesama manusia, ada juga persahabatan manusia dengan hewan.

Cerita favorit pertama; Guru, Sahabat Pertama. Sahabat adalah malaikat yang mengangkat kita ke atas kaki kita, saat sayap kita bermasalah untuk mengingat bagaiamana caranya terbang. Namanya Ny. Thompson yang merupakan guru di sekolah dasar yang kelak mengubah salah satu muridnya, yaitu Teddy.

“Siapapun kita, akan bisa merubah seseorang, begitu pula sebaliknya. Ambillah kesempatan untuk berubah atau mengubah jika itu memang demi kebaikan.” (hlm. 14)

Sahabat Pelangi merupakan cerita favorit kedua. Pada suatu hari, warna-warni di dunia mulai bertengkar. Mereka semua mengklaim kalau mereka adalah yang terbaik. Paling penting. Paling berguna. Paling favorit.

“Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Pepatah kuno yang tepat bagi kita untuk bisa membangun masa depan dengan keahlian masing-masing, dan saling mendukung satu sama lain.” (hlm. 38)

Sedangkan favorit ketiga, pilihan jatuh pada cerita Cawan & Kopi. Kehidupan adalah kopi. Jabatan, uang, dan kedudukan di dalam masyarakat adalah wadah tersebut. Wadah itu hanyalah alat untuk menampung, dimana suatu yang akan ditampungnya adalah kehidupan itu sendiri. Kehidupan tidak berubah hanya karena alat tampungnya yang berubah. Kadangkala kita terlalu fokus pada wadah yang kita pegang, hingga kita gagal untuk menikmati kopinya. Dan yang lebih meyedihkan, kita semua sibuk memperhatikan dan beriri hati atas wadah yang dipegang orang lain. Sungguh filosofi yang sederhana tapi menarik.

Banyak sekali bertebaran kalimat favorit tentang sahabat;

  1. Sahabat di dunia maya menjadi nyata hadir di hati. Bisa menimpa siapa saja, karena sahabat adalah harta yang terjaga dengan rasa saat kita menemukannya tiba-tiba. (hlm. 20)
  2. Sahabat bisa datangnya tiba-tiba dan dari mana saja. Mereka memberi tanpa pamrih dengan cara sederhana namun bermakna istimewa. (hlm. 30)
  3. Sahabat tidak akan mau mendengar bahkan mengumbar aib sahabatnya jika itu tidak berguna, buruk dan tidak benar baginya dan lingkungannya. (hlm. 32)
  4. Bersahabat, menyatu, mengetahui diri sendiri kadang sulit, namun itulah sejatinya yang bisa membantu diri kita dan sesama. Mencintai memberi dengan sahaja apa yang ada dalam diri tanpa lelah. (hlm. 34)
  5. Meski baru dalam hitungan menit jika kecocokan jiwa telah ada, sahabat sejati tak akan pernah tidak kembali. (hlm. 44)
  6. Memaafkan dan melupakan kesalahan sahabat, kunci langgengnya sebuah persahabatan. Memahat kebaikan cukup di dalam hati tanpa takut terhapus nanti. (hlm. 46)
  7. Kesetiaan adalah kehormatan besar seorang sahabat saling mengasihi dengan hati. (hlm. 58)
  8. Persahabatan adalah bisa saling mengerti, memahami, dan mengisi tanpa pamrih dan akan selalu merasa senasib seperjuangan dalam suka duka. (hlm. 61)
  9. Kesetiaan dan kehormatan bagi persahabatan sejati memerlukan pengorbanan besar untuk sebuah amanah yang tak boleh diingkari. (hlm. 74)
  10. Sahabat akan selalu menjaga amanah dan siap saling memaafkan atas kesalahan masa lalu. Lebih baik jujur dengan semua keburukan daripada nampak baik dengan sekian kebohongan. (hlm. 150)
  11. Sahabat adalah belahan jiwa. Pengorbanan seseorang sahabat tak akan ternilai harganya untuk belahan jiwa yang selama ini telah menjadi bagian dari tubuh dalam hidupnya. (hlm. 168)
  12. Kesamaan nasib membuat sebuah persahabatan terjalin manis meski sering bermuara tragis dan tangis. Namun kekuatan semangat dan doa sahabat akan menyembuhkan segala luka. (hlm. 171)
  13. Naluri yang bicara ketika persahabatan terjalin dengan baik. Tidak memandang siapa dengan siapa. Sentuhan rasa yang bicara. (hlm. 182)

Keterangan Buku:
Judul                     : Tentang Sahabat
Penulis                 : Eidelweis Almira
Cover designer : Oesmanovski
Layout                  : Mustofa
Editor                    : A. Latief
Penerbit              : Zettu
Terbit                    : 2013
Tebal                     : 220 hlm.
ISBN                      :978-602-7735-30-9

Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

Short Stories Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/18/short-stories-reading-challenge-2014/

3 thoughts on “REVIEW Tentang Sahabat

  1. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s