REVIEW Cinta Kamu, Aku …

Nggak ada penghapus yang bisa menghapus semua kesalahan aku ke kamu. Tapi juga nggak pernah ada penghapus yang bisa menghapus, bahwa mengurangi rasa cinta aku ke kamu. (hlm. 118)

Aan, penyiar radio yang biasa-biasa saja. Jadwal siarannya hanya seminggu sekali. hidupnya pas-pasan, bahkan untuk membayar sewa kos-kosan saja sampai menunggak dua bulan. Wajarlah jika dia mengalami yang namanya jomblo akut #PukPukAan

Hidupnya berubah drastis ketika Risha, penyanyi papa atas masuk ke dalam kehidupannya. Yup, Aan langsung mendadak kecipratan terkenal. Tapi jalan hidup tak semudah yang dibayangkan. Banyak lika-liku yang menerjang kehidupan Aan maupun Risha.Ada selipan pengetahuan seputar radio:

  1. Studio siaran adalah jantung dari kehidupan radio. (hlm. 20)
  2. Adlibs adalah iklan yang dibacakan langsung oleh penyiarnya. (hlm. 22)
  3. Vakum atau dead air adalah salah satu kondisi yang paling diharamkan dalam siaran radio. Karena tiga detik saja pendengar tidak mendengarkan suara apa-apa, besar kemungkinan mereka mengubah channel radionya.(hlm. 149)

Beberapa sindiran halus dalam novel ini:

  1. Suara suka nipu! (hlm. 19)
  2. Anak muda memang harus semangat, bangun pagi, kerja pagi, biar Indonesia makin maju. (hlm. 5)
  3. Kalau dulu, jadi satpam di radio enak, malem Minggu pasti ramai… pendengar pada dateng bawa makanan buat penyiarnya. (hlm. 17)
  4. Punya pacar ongkosnya mahal. (hlm. 29)
  5. Kalo udah jadi bintang radio, nggak lama lagi pasti akan melangkah ke TV. (hlm. 177)

Beberapa kalimat favorit:

  1. Dalam tiap hubungan pasti ada pasang-surutnya. Yang penting kalian saling percaya dan punya niatan yang sama untuk saling membahagiakan. (hlm. 106)
  2. Seorang perempuan bisa jatuh cinta kalau sudah mendapatkan bukti dari seorang laki-laki berupa perasaan aman lahir dan batin, perasaan nyaman untuk menjadi dirinya sendiri di depan si laki-laki, perasaan dihargai, perhatian yang memenuhi kebutuhannya, pengertiannya, dan lain-lain. Nyatakanlah perasaan cinta kamu. Karena yang paling penting buat seorang perempuan adalah kepastian. (hlm. 215)
  3. Perempuan selama belum kita tempel sama cincin, nganggepnye kita hanya sebagai abang. (hlm. 214)
  4. Doa tanpa usaha sama saja bohong. Allah tidak akan mengubah keadaan atau nasibnya sendiri. (hlm. 280)

Radio. Sebagai pendengar radio garis keras (sampai sekarang), saya antusias membaca buku ini. Pas buka lembaran-lembaran awal, buset, endorsment-nya banyak bingit, dan langsung curiga. Soalnya umumnya buku sebelumnya yang saya baca jika terlalu banyak endorsment-nya biasanya mengecewakan. Pas udah baca sampai selesai, ternyata suka. Paling suka ama tokoh Aki dan Ninik. Kebetulan saya tidak pernah merasakan yang namanya memiliki kakek dan nenek, jadi suka sedih kalo ada yang semena-mena ama kakek nenek. Nah, kalo Aan ini sayang banget ama Aki Ninik-nya. Begitu pula sebaliknya. Ntah kenapa, dari awal ngebayangin Risha ini kayak Raisa yang terkenal itu, hehe..

Sebelumnya, saya pernah membaca Semburat Senyum Sore-nya Vinca Callista yang juga ber-setting radio dan juga aslinya berprofesi sebagai penyiar di kota Bandung. Aura radionya sangat terasa. Begitu juga dengan buku ini. Penulisnya, Irfan Ihsan yang memang penyiar radio dan pernah berjaya pada masanya itu, berhasil mendeskripsikan kehidupan radio beserta percikan konfliknya.

Keterangan Buku:

Judul                                     : Cinta Kamu, Aku …

Penulis                                 : Irfan Ihsan

Penyunting                         : Rina Wulansari

Penyelaras aksara            : Nunung Wiyati

Penata aksara                    : MediaTypography

Desain sampul                   : Heavenly-IlusionZ-Setudio

Ilustrasi isi                           : Sweta Kartika

Penerbit                              : Noura Books

Terbit                                    : 2013

Tebal                                     : 320 hlm.

ISBN                                      : 978-602-7816-27-5

 

Lagu-lagu ini cocok didengarkan sambil membaca novel ini ♫♪

Tompi – Menghujam Jantungku

http://www.youtube.com/watch?v=1ETOeAqKhQk
Koes Plus – Why Do You Love Me

http://www.youtube.com/watch?v=0uQyr7hSzSY
Kumpul Bocah – Vina Panduwinata
http://www.youtube.com/watch?v=T58WHbjiL0Q
Tiap BAB adaa ilustrasi unyu:



Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

6 thoughts on “REVIEW Cinta Kamu, Aku …

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2014 | Luckty Si Pustakawin

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s