REVIEW London, OMG!

Tapi, bagaimana dengan teman-temanku? Bagaimana kalau di sana aku tidak dapat bergaul dan sendirian terus? (hlm. 7)

 Khaila Nur Rofi’ah biasa dipanggil Ai, bersama keluarganya pindah ke luar negeri. Ayahnya mendapatkan beasiswa untuk meneruskan kuliah di Inggris, sekitar tiga tahun. Karena tingal lama, ayahnya bermaksud mengajak semua anggota keluarga untuk ikut dengannya; ibu, kakaknya yang bernama Afgan dan adiknya yang bernama Arya.

Pindah berarti Ai akan berpisah dengan semuanya, terutama teman-temannya. Sesungguhnya hal terberat dari seorang anak yang orangtuanya berpindah-pindah adalah butuh penyesuaian di tempat yang baru. Dan itu tidak mudah.

“Khaila, di sana pasti kamu akan mendapat teman lagi. Meskipun butuh waktu, tapi pasti akan punya teman lagi. Di sana kamu juga akan punya kegiatan baru. Kita juga enggak selamanya tinggal di Inggris, hanya tiga tahun, kok. Jadi, nanti kalau kembali ke Indonesia, pasti bisa bertemu teman-temanmu lagi.” (hlm. 5)

“Sayang, bunda paham. Tapi, kalau Ai mau usaha, pasti akan mendapat teman baru. Lagipula selama di Inggris, Ai kan, bisa kirim email, sms, video call sama teman-teman di sini.” (hlm. 6)

Sekitar dua bulan setelah Ai dan keluarganya tinggal di London, Ai sudah bisa menyesuaikan diri dan sudah mempunyai teman. Ai senang sekali bisa meneruskan sekolah setara SD di London seperti yang dia harapkan. Meskipun Ai seorang murid baru, tetapi dia mendapatkan perhatian yang sama dengan murid lainnya dari guru-guru di sekolah. Guru di sekolahnya mau membantu Ai mengejar ketinggalan pelajaran agar bisa menyesuaikan dengan murid lainnya. Untungnya, Ai sewaktu di Indonesia, Ai dan kakaknya, Afgan sudah pernah ikut les Bahasa Inggris sehingga sekarang tidak terlalu kesulitan.

Ternyata di mana saja bisa mendapatkan teman yang baik, asal kita mau berusaha. (hlm. 134)

Ayahnya memang belum sempat mengajak Ai dan seluruh keluarga berjalan-jalan ke semua lokasi wisata di London. Suatu hari, Ai bercita-cita ingin ke Big Ben. Menara ini dibangun sebagai bagian dari rencana pembangunan istana baru oleh Charles Barry, setelah Istana Westminster yang lama telah hancur akibat suatu kebakaran. 61 meter di bawah jam terbuat dari bata yang dilapisi oleh batu, sedangkan puncak menara ditopang dengan rangka besi yang dibuat dari besi leleh.

Tidak hanya mengalami hal-hal yang menyenangkan, Ai akan mengalami hal yang tak terduga dan cukup menegangkan. Apakah itu? Pesan moralnya adalah berhati-hati jika di tempat yang baru. Jika kita salah bergaul, kita justru akan terserempet masalah.

Covernya unyu, sangat Inggris banget karena ada gambar Big Ben. Ada beberapa hal yang agak menggangu. Pertama, kurang konsistennya nama panggil Khaila; kadang Khaila, kadang juga Ai. Kedua, di halaman 47 disebutkan jika ayah memberi Ai uang sekitar satu juta. Untuk ukuran anak kelas V SD, apa gak kebanyakan tuh megang uang segitu? Uang sejuta itu separonya gaji eyke ciinn.. (‘⌣’┐) (┌’⌣’)┌ (‘⌣’┐) (┌’⌣’)┌

Terlepas dari itu, menyukai buku unyu ini yang merupakan bagian dari serial Penulis Cilik Punya Karya. Yup, penulisnya masih unyu banget. Kelahiran tahun 2001. Sebelum buku London, OMG! ini, penulisnya sudah menelurkan beberapa buku; Hadiah dari Papa, Care Freeday, Are You Ok, The Little Queens, Semua Sayang Daisy, dan Sahabat dari Timur.

Keterangan Buku:

Judul                                     : London, OMG!

Penulis                                 : Anugrah Rawiyah Salma

Penyunting                         : Gita Lovusa

Penyelaras aksara            : Fakhri Fauzi, Lian Kagura

Penata aksara                    : Nurhasanah Ridwan

Perancang sampul           : LazyMonkey Studio

Penggambar ilustrasi isi : JJ Wind

Penerbit                              : Noura Books

Terbit                                    : Februari 2014-03-29

Tebal                                     : 144 hlm.

ISBN                                      : 978-602-1606-77-3

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

4 thoughts on “REVIEW London, OMG!

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2014 | Luckty Si Pustakawin

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s