REVIEW Cinta Emang Bego

cinta emang bego

Hak asasi. Selagi janur kuning belum numbuh di depan rumah, kesempatan masih terbuka lebar. Yang bener, selagi bendera kuning belum berkibar. (hlm. 11)

Lintang lagi jatuh cinta. Jatuh sejatuh-jatuhnya. Kalau digambarkan jadi tokoh kartun, barangkali Lintang sudah nyungsep dengan mata lope-lope plus iler sebesar pulau Kalimantan. Demi gebetannya, Lintang akan mengorbankan segalanya, bahkan uang 50 ribu miliknya yang terakhir. Kecuali nyawa pastinya, Lintang masih muda, belum nikah pula.

Dia bukan kapten tim basket sekolahnya, karena Tito si kapten tim basket itu bulu ketiaknya sumpah lebat gila, udah melampaui hutan belantara. Bukan juga Damar si Ketua OSIS yang tajir itu, tapi kepalanya botak, mengingatkan Lintang pada pak kepala sekolah yang killer. Bukan juga ketua kelasnya, Arjuna yang nggak ada ganteng-gantengnya.

Yang mencuri hantinya adalah cowok bernama Febri. Hanya dia yang selalu membuatnya berbunga tiap mengintip ke ruang kerjanya yang berupa pos berukuran 4×4 m itu. Yup, Febri adalah satpam baru di sekolahnya! :p

Menyukai Febri mungkin jadi satu masalah besar bagi Lintang. Bagaimana gilanya Lintang setiap kali berpapasan dengan cowok pasti wajahnya berubah mewujud Febri. Di sana Febri, di sini Febri, di mana-mana Febri.

Memendam rasa ini memang nyaris membuat Lintang gila. Lintang rela melakukan apa saja. Tidak lagi memikirkan untung rugi. Apalagi resikonya. Seperti judul novel ini; cinta emang bikin bego #eaaa😀

Ada beberapa sindiran halus dalam novel ini:

  1. Semua cowok itu suka cewek beneran. Bukan jadi-jadian. (hlm. 17)
  2. Cowok normal emang suka cewek sejati. Cuma cowok gay yang suka sesama cowok. (hlm. 17)
  3. Cewek gampang banget ditebak. (hlm. 21)
  4. Kenapa kamu sukanya sama satpam? Kenapa bukan polisi atau tentara gitu, yang lebih bergengsi. (hlm. 37)
  5. Ternyata benar kata Mario Teguh, ABG mencari pria tampan, dan wanita dewasa lebih milih pria mapan. (hlm. 37)
  6. Kenapa jadi kamuyang PDKT ke cowok sih? Mana harga dirimu? (hlm. 59)
  7. Dasar anak SD zaman sekarang, isi kepalanya hanya cinta. (hlm. 153)

Jalan ceritanya sungguh ababil banget. Karena Lintang memang masih berseragam putih abu-abu. Kebayang kan betapa hebohnya dan gilanya Lintang dalam memperjuangkan cintanya demi mendapatkan Febri yang konon ganteng mirip perpaduan antara Kyuhyun dan Lee Min Ho ini. Lintang ini merupakan representasi ababil masa kini. Langsung kepincut kalo liat cowok cakep, apalagi tipikal muka-muka member boyband Korea, langsung deh ileran! X)

Novel kocak dengan bahasa yang mengalir. Meski ada beberapa pengulangan kata yang cukup menggangu seperti saat mendeskripsikan Faundra yang sukanya cewek model Jessica SNSD di halaman 130, 140 dan ada juga di halaman lain sebelumnya (lupa dicatat)

Paling suka tokoh Adin, adiknya. Meski terkesan sok tahu, sok dewasa dan sok pintar tapi justru menggemaskan. Kata-kata ajaib yang tak terduga sering keluar dari mulut lugunya. Tokoh Adin ini mengingatkan akan tokoh Galih, adiknya Saka dalam novel Dia yang ditulis oleh Nonier. Setipe, sama-sama pengen cubit pipinya gegara kelakuannya😀

Maaakkk.. typo-nya banyak, ampe gak tega mau nulisnya satu per satu. PR banget nih buat penerbitnya, selama baca buku terbitan Moka Media belum pernah ada yang lolos dari typo😀

Suka banget ama covernya. Warna biru, warna favorit. Covernya sederhana tapi sangat mempersentasikan isi bukunya; ada Febri si satpam ganteng dan Lintang dengan mata yang lope-lope alias kepicut dengan pesona satpam sekolahnya itu ƪ(♥▿♥)ʃƪ(♥▿♥)ʃƪ(♥▿♥)ʃ

Lewat buku ini kita dapat mengambil hikmah bahwa jangan begitu tergoda dengan orang yang baru kita kenal. Seperti pepatah lama bilang; don’t judge a book by its cover.

Keterangan Buku:

Penulis                                 : Nikma TS

Penyunting                         : Dyah Utami

Pendesain sampul           : Fahmi Fauzi

Penyelaras akhir               : J. Fisca

Penata letak                       : Tri Indah Marty

Ilustrator                             : @medzkreatif

Penerbit                              : Moka Media

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 176 hlm.

ISBN                                      : 979-795-826-4

Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

6 thoughts on “REVIEW Cinta Emang Bego

  1. Ahk! Ntah kenapa review-an kakak itu ajaib bgt. Gaya mereview-nya asik kocak gmna gitu *ajarii kak;3
    Kereenn :)) jadi pengen deh sama bukunyaa, *aduh suka galau kalo bc reviewan kak luckty rasanya pgn ngeborong semua bukunya😀 #plak

    • hehehe..sebenarnya reviewnya hanya mengikuti isi bukunya, berhubung buku ini kocak ya reviewnya juga sealur😀

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

  3. Pingback: [BOOK KALEIDOSCOPE 2014] Top Five Best Book Covers | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s