REVIEW Happy Shopping Hong Kong

happy hongkong

Hong Kong yang berarti fragrant harbour atau pelabuhan jarum, terletak di pantai tenggara China. Terdiri atas Hong Kong Island, Kowloon, New Territories, dan Outlying Islands. Hong Kong Island terletak di bagian selatan Kowloon, yang dipisahkan oleh Victoria Harbour. Selain gedung-gedung perkantoran, pusat bisnis, dan shopping, Hong Kong Island dan Kowloon juga paling banyak memiliki hotel dan tempat-tempat penginapan, karena memang strategis. Area perbelanjaan utama juga ada di kedua wilayah ini, yaitu Causeway Bay, Mong Kok, dan Tsim Sha Tsui.

New Territories dan Outlying Islands yang berada di bagian utara Kowloon, menyebar dan berbatasan dengan China daratan, yang terdiri atas sekitar 240 kepulauan kecil. Wilayah ini merupakan daerah pedesaan yang masih hijau dan dipenuhi bukit-bukit.

Sedikit wisatawan yang tahu bahwa Hong Kong juga memiliki pantai-pantai indah yang terletak di bagian selatannya, seperti Repulse Bay yang merupakan salah satu daerah elite Hong Kong. Selain itu, daerah Stanley termasuk populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Menurut daerah statistik pemerintah Hong Kong pada 2012, jumlah penduduk Hong Kong sekitar  7,2 juta orang. Jika dibandingkan dengan luas wilayah, diperkirakan bahwa per kilometer persegi terdapat sekitar 6.500 orang, ini belum ditambah jumlah jutaan wisatawan yang datang berkunjung setiap tahun. Tidak heran kalau pusat kota ini penuh sesak.

Boleh dibilang Hong Kong adalah tujuan wisata dan belanja paling diminati di Asia. Setiap tahun lebih dari 40 juta pengunjung datang ke sana.

Mengapa Hong Kong? Apa pun barang yang kita cari dapat di temukan di sini, dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan di negara lain, khususnya di Asia. Mulai produk fesyen, elektronik, perhiasan, benda-benda seni, hingga mainan anak-anak, dijual tanpa pajak, kecuali produk wine dan tembakau.

Hon Kong dipenuhi berbagai mal besar, butik-butik kelas dunia, hingga street markets yang juga populer di kalangan penduduk lokal. Sementara barang favorit yang biasanya diburu wisatawan mancanegara adalah produk fesyen, kosmetik, dan elektronik.

Hong Kong termasuk salah satu dari 10 kota di dunia yang menjadi tujuan shopping favorit. Fasilitas transportasi umum sangat baik dan terjangkau, berbagai musim sale selalu digelar, dan ribuan produk terkenal mancanegara membuka gerai atau butiknya di kota ini.

Ditambah fasilitas yang diberikan oleh gerai kelas atas, seperti fasilitas personal shopping assistant, di mana mereka menyediakan asisten belanja gratis yang dapat memberi kita masuka dan fashion advise, apa yang cocok untuk kita.

Masyarakat Hong Kong boleh dibilang hobi belanja dan hangout di mal, terutama pada akhir pekan. Berikut adalah 10 mal yang bisa populer di mata warga setempat dan wisatawan:

  1. Harbour City
  2. Times Square
  3. IFC Mall
  4. Elements
  5. Peak Galleria (The Peak)
  6. Citygate Outlets Mall
  7. Langham Place
  8. Hysan Place & The Lee Gardens
  9. Pasific Place
  10. New Town Plaza

Buku ini memuat sajian lengkap nan ringkas seputaran Hong Kong, mulai dari rute, kuliner dan tempat-tempat yang pas untuk berbelanja di sana. Ukuran bukunya kecil, jadi bisa gampang di bawa kemana-mana, seperti semacam buku saku saat traveling ke Hong Kong dan tidak khawatir jika tersesat.

Keterangan Buku:

Judul                     : Happy Shopping Hong Kong

Penulis                 : Awan Yulianto

Penerbit              : PT. Elex Media Komputindo

Terbit                    : 2014

Tebal                     : 245 hlm.

ISBN                      : 978-602-02-2958-4

2 thoughts on “REVIEW Happy Shopping Hong Kong

  1. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s