REVIEW Irreplaceable

irreplaceable

“Jangan ngaku orang hebat, sukses, kalau belum melakukan sesuatu yang berguna buat orang lain atau pun lingkungan kita.” (hlm. 177)

Amanita Virosa. Itulah nama lengkapnya. Diambil dari nama spresies jamur yang menyebabkan kematian pada manusia enam jam setelah memakannya. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui asal usul namanya itu. Padahal dia selalu bangga menggunakan nama tersebut meskipun selalu kecewa dengan orang-orang yang tidak memberikan respon ketika mendengar namanya.

Amy, panggilannya, tidak tahu mengapa tidak punya minat berteman dengan yang lain seperti kebanyakan orang. Itulah alasan mengapa dia tidak bisa disebut sebagai mahluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan. Memang terlalu berlebihan, apabila bagi Amy merasa tidak membutuhkan siapa pun di dunia yang keras ini. Amy punya keluarga. Tetapi, soal ‘teman’, baginya memiliki satu teman dekat lebih baik daripada seribu teman.

Amy menyukai hidupnya yang seperti itu. Bebas. Tidak mengenal banyak orang. Tapi jangan bayangkan dia seorang nerd yang datang ke sekolah dengan kacamata berlensa tebal dan berbingkai lebar yang merosot hingga ke batang hidung, mata menatap ke bawah tak berdaya, badan bungkuk mendekap buku-buku setebal Yellow Pages, dan berjalan secepat mungkin menjauhi kerumunan. Amy bukan anak yang seperti ini.

Amy adalah pribadi  yang melihat lurus ke depan. Dia selalu berjalan dengan kepala menatap ke depan. Dari cara berjalan dan menatap saja, orang sudah dapat menilai pribadi orang lain.

Amy mencintai keheningan. Keheningan menciptakan kedamaian yang dapat membuatnya lebih tenang berpikir. Amy cinta berpikir. Amy cinta memikirkan banyak hal, bahkan hal yang remeh-temeh sekalipun. Menurutnya, cara memanfaatkan otak yang diciptakan oleh Sang Pencipta untuk kita adalah dengan menggunakannya untuk berpikir. Bahkan, Amy memasukkan berpikir ke dalam daftar hobinya, selain belajar dan membaca.

Dari jaman sekolah sampai bekerja di sekolah, selalu menemukan orang-orang seperti Amy ini. Pintar dan memiliki segalanya tidak butuh orang lain. Ada, ada banget orang kayak gini. Padahal pintar saat masa-masa di sekolah, belum tentu di masa depan adalah yang paling sukses. Orang pintar biasanya dikalahkan orang cerdas. Seperti halnya Amy, suatu saat dia akan menemukan apa rasanya berbagi dan butuh orang lain.

Beberapa kalimat favorit:

  1. Salah satu cara untuk mencapai kesuksesa adalah disiplin, dan disiplin bukanlah hal yang ditunda-tunda, sehingga dari sekaranglah disiplin harus dimulai. (hlm. 17)
  2. Niat yang kuat, kemauan yang tingg, serta kemampuan yang mendukung adalah kunci penting kesuksesan. (hlm. 59)

Beberapa kalimat sindiran:

  1. Apa gunanya bergalau ria dengan menulis ungkapan isi hati di dunia maya? (hlm. 15)
  2. Jangan pernah berharap masalah dapat selesai dan kalian dapat move on degan lancar selancar aliran Sungai Mahakam ke Selat Makassar, apabila yang kalian lakukan hanya melihat belakang, menunduk ke bawah, kemudian setiap menit mengetikkan kalau tentang betapa galaunya hati. (hlm. 16)
  3.  Masih banyak masalah yang harus kita renungkan dan pecahkan daripada menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari, hanya untuk galau. (hlm. 16)
  4. Beauty dan behavior belum lengkap tanpa beauty. (hlm. 17)

Suka covernya yang unyu. Kisah yang ditulis memang sederhana, tapi banyak pesan moral yang dapat kita petik dari buku ini. Ditulis oleh pelajar yang masih menginjak bangku putih abu-abu yang sudah menelurkan puluhan buku. Wuih!😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : Irreplaceable

Penulis                                 : Ayunda Nida Chaira

Ilustrasi sampul                 : Margaretta Devi

Penyunting ilustrasi        : Kulniya Sally

Desain sampul & isi         : Kulniya Sally

Proofreader                       : May May Maysarah

Penerbit                              : DAR!Mizan

Terbit                                    : 2013

Tebal                                     : 180 hlm.

ISBN                                      : 978-602-242-187-0

Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

2 thoughts on “REVIEW Irreplaceable

  1. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s