GIVEAWAY Kedai 1002 Mimpi

Alhamdulillah, selama tahun 2014 sudah memposting 123 review. Itu artinya sudah melewati separuh daftar bacaan yang akan dibaca selama 2014, yaitu 200😀

Nah, setelah buat giveaway dalam rangka postingan ke seribu di blog ini, saya kembali membuat giveaway yang berhubungan dengan nomer cantik, yaitu postingan review ke 123 di 2014 yang jatuh pada buku Kedai 1002 Mimpi-nya Valiant Budi a.k.a @vabyo.

Buku ini benar-benar kece. Buku pertamanya sangat fenomenal. Pasti mau donk ama buku ini, Saya akan memberikannya untuk satu pemenang😉

MAUUU?!?! 😀

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @vabyoJangan lupa share dengan hestek #Kedai1002Mimpi dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

5. Tuliskan komentar tentang REVIEW Kedai 1002 Mimpi, di link ini

https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/

6. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #Kedai1002Mimpi yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

GA #Kedai1002Mimpi ini berlangsung enam hari saja: 28 Juni – 3 Juli 2014. Pemenang akan diumumkan tanggal 4 Juli 2014.

 

65 thoughts on “GIVEAWAY Kedai 1002 Mimpi

  1. ya dinikmati aja kalo udah terdampar dan gk bisa pulang ya Udah sekalian aja netap disitu😀 atau kalo enggak nyoba buka usaha siapa tahu jd pengusaha kaya raya kemudian bisa beli Helikopter atau jet pribadi gitu kan jd bisa pulang😀 * Ngayalnya tinggi banget* ^_^

    nama : Arum Okta sukarta
    twitter : @Okta_s3233pm
    kota tinggal : Mojokerto

  2. HI luckty ikutan lagi ya… kalau aku terdampar sebagai TKI, aku datang ke KBRI ujuk2 silaturrahim sambil nyari peluang buat bertahan hidup… paling enak sih jadi guru privat aja, ngajarin anak sekolah/mahaswa unyu yang mau belajar bahasa indonesia, biasanya lumayan kan dapet duitnya. Selain itu, nti aku bonusin mereka bahasa minang dan resep bikin rendang, sekalian promosikan budaya sendiri.
    @chi_yennesy

  3. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Kota: Cirebon

    Dengan alasan apa pun kalau kita terdampar di negeri orang dan nggak bisa pulang, hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan pihak KBRI. Saya yakin setiap negera yang melegalkan TKI pasti ada kantor KBRI-nya. Dan minta bantuan agar bisa kembali pulang. KBRI biasanya welcome kok sama orang dari negerinya sendiri.

    Lalu skenario buruk kalau kita tidak tahu KBRI ada dimana dan nggak ada kenalan sama sekali, yang harus dipikirkan adalah persoalan perut. Kita mencari pekerjaan yang sekiranya langsung mendapatkan uang, contohnya dengan membantu diproyek bangunan, menjadi seniman jalanan (kalau punya bakat seni dan siap nggak malu), atau memungut sampah kertas dan plastik yang kemudian dijual. Lebih gampang lagi kalau kita menuju tempat ibadah, entah itu mesjid atau gereja. Mereka yang mengenal Tuhan dan kemanusiawian, akan membantu sekedar makanan.

    Selamanya kita tidak mungkin menggantungkan nasib perut pada bantuan orang asing. Yang harus dipikirkan selanjutnya adalah pekerjaan tetap. Ingat, kendala bahasa harus dipikirkan juga. Kalau pakai isyarat mumpuni untuk berkomunikasi, itu hanya sementara. Mau tidak mau kita harus memahami bahasa dan budaya di lingkungan asing kita. Usahakan untuk mendapatkan pekerjaan meski jadi tukang cuci piring.

    Berkenalanlah dengan warga asing agar bisa sewaktu-waktu membantu kita jika sudah kepepet.

    Sambil bekerja, segera cari informasi termudah untuk kembali pulang. Kumpulkan uang dari hasil bekerja untuk membeli tiket pulang. Dan semoga kita segera menginjak tanah air. Hehe (hasil mengkhayal murni)

    Semoga beruntung. Dan ternyata target kita sama ya Mbak. membaca 200 buku di tahun 2014. hehehe

  4. Aku bakalan menikmati keterdamparan itu sambil mencari solusi agar bisa keluar dan kembali ke Indonesia. Kalo mantinya aku kerja ditempatkan ditempat yang tidak seharusnya atau tidak seperti yang dijanjikan, itu konsekuensinya jika menjadi TKI dan harus diterima. dan aku bakalan mengumpulkan TKI lain dari Indonesia yang satu tempat kerjaan buat kerjasama untuk bisa mengadu ke KBRI atas ketidakadilan yang diterima. Jika alat komunikasi semua dibatasi, aku akan menyusun strategi bagaimanapun caranya agar memberitahukan KBRI/sanak saudara untuk menolong.
    Jika menjadi TKI sesuai harapan dan bekerja sesuai yang dijanjikan, aku bakalan bekerja keras mengumpulkan modal untuk usaha kembali. kan nanti kalo usaha udah terkenal, kapan saja bisa pulang hehee. usaha yang aku lakukan bisa join dengan majikan biar jadi sukses.

    Nama: Nur Alfatiningsih
    ID twitter: @nuralfafa
    Kota

  5. Nama : Arfina Tiara Dewi
    Twitter : @ipinkaramel
    Kota : Serang

    Misal aku terdampar di negeri orang apa lagi aku jadi TKI, kalau negaranya macam Korea atau Jepang sih, mau jalan-jalan dulu, jalan kaki. Terus kalo emang udah betah di sana, aku mau nyamar jadi siapa gitu, terus kerja di mni market atau swalayan macam itu.

    Walaupun kayanya resikonya besar, kalau sudah bosan aku ke KBRI, melas-melas di sana dan minta pulang. Intinya, nikmati itu dan anggap aja petualangan🙂

    Cieee yang difolllow @vabyo hihihih

  6. Aku bakalan menikmati keterdamparan itu sambil mencari solusi agar bisa keluar dan kembali ke Indonesia. Kalo mantinya aku kerja ditempatkan ditempat yang tidak seharusnya atau tidak seperti yang dijanjikan, itu konsekuensinya jika menjadi TKI dan harus diterima. dan aku bakalan mengumpulkan TKI lain dari Indonesia yang satu tempat kerjaan buat kerjasama untuk bisa mengadu ke KBRI atas ketidakadilan yang diterima. Jika alat komunikasi semua dibatasi, aku akan menyusun strategi bagaimanapun caranya agar memberitahukan KBRI/sanak saudara untuk menolong.
    Jika menjadi TKI sesuai harapan dan bekerja sesuai yang dijanjikan, aku bakalan bekerja keras mengumpulkan modal untuk usaha kembali. kan nanti kalo usaha udah terkenal, kapan saja bisa pulang hehee. usaha yang aku lakukan bisa join dengan majikan biar jadi sukses.
    Banyak hal yang harus diperhatikan, yaitu bahasa dan budaya. maka dari itu mempelajarinya itu penting agar bisa hidup nyaman. komunikasi itu perlu. Jika dalam kondisi tereksploitasi, komunikasi kecil dengan seseorang harus dilakukan ya siapa tau bisa membantu kita untuk mengadukan ke KBRI atau pemerintah setempat. jika dalam kondisi tidak tereksploitasi, hal pengaduan dapat dilakukan dengan mudah. walaupun tiap negara menjunjung tinggi HAM, faktanya masih banyak yang melakukan perbudakan yang mengekspoiltasi tenaga dan HAM.
    Hanya berbicara dan mengeluarkan pendapat seperti ini memang mudah jika tidak pernah merasakan langsung.

    Nama: Nur Alfatiningsih
    ID twitter: @nuralfafa
    Kota: Jakarta Barat

  7. jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    hmm.
    aku bakal bikin usaha disana, awalnya sih emang harus nabung dulu dari gaji2 yang didapet. terus setelah modal kekumpul , bikin usaha rumah makan deh. rumah makan indonesia disana😀

    oh ya, selama disana , aku juga bakal usaha buat ngehubungin keluarga di tempat asal biar mereka gak panik atau punya pikiran buruk..

    nah, habis sukses punya usaha sendiri, uang hasil usaha bisa buat beli tiket buat pulang deh. hihi. selain bisa pulang, bisa bawa rejeki buat orang rumah juga😄

    @dwioranye

  8. Nama: Erinintyani Shabrina
    Twitter: @NintyaSR
    Kota: Tangerang Selatan

    Kalau aku TKI terus tetiba terdampar di negara org dan gak bisa pulang?
    Mungkin aku agak non mainstream ya. Aku akan ke KBRI, tapi untuk lapor bahwa aku gak bisa pulang. Jadi bukan 100% mengharap pertolongan mereka karena kalau lihat dinamika negara sekarang ini TKI itu belum jadi prioritas utama jd minta tlg negara sendiri belum tentu jg hasilnya sesuai dgn yg kita harapkan. Ditambah nasionalisme kita gk setinggi langit org barat. Jadi gmn pun aku pasti akan berjuang sendiri.
    Abis lapor, aku akan berbaur dgn org asing. Open minded. Kenalan dgn budaya yg sebelumnya asing. Kalau udh bicara terdampar kita hanya bergantung pd nasib dan keberuntungan, mana sempet mikirin kosakata tabu? Coba keluar dr zona nyaman selama ini krn aku percaya se gak aman apa pun suatu tempat pasti ada malaikat di dalamnya.
    Kalau udh bisa bergabung dgn komunitas lokal tentu kesempatan akan lbh longgar utk mendapat pekerjaan krn kepercayaan org lokal kpd stranger mahal sekali harganya. Dgn dukungan org lokal dan keteguhan kita mau kerja apa aja aku akan kumpulkan uang dr sini utk mencari jalan pulang.
    Uang pulang ini akan aku sharing dgn cara gk biasa cntohnya hitch hiking. Numpang mobil sesama org asing di tengah kota. Kalau keberuntungan berpihak sm aku yakin aku pasti bisa pulang ke tanah air🙂

  9. Nama: Erinintyani Shabrina
    Twitter: @NintyaSR
    Kota: Tangerang Selatan

    kalau aku jadi TKI terus tetiba terdampar di negara asing dan gk bisa pulang pastinya aku akan ke KBRI utk melaporkan statusku. hanya untuk melapor, tidak 100% mengharapkan bantuan penuh karena kalau melihat dinamika negara sekarang ini TKI itu hanya sebatas menyandang predikat ‘pahlawan devisa’ tetapi belum menjadi prioritas utama. jadi aku akan berjuang sendiri asal pelaporan identitas udh dilakukan supaya gk dapat masalah tambahan di kemudian hari.

    setelah melapor aku akan berkenalan dengan org lokal. berbaur dgn komunitas lokal. buka pikiran dan keluar dari zona nyaman. iyalah kalau udh namanya terdampar mana kepikiran tabu sih? local is the best teachers. aku selalu berkeyakinan separah apapun suatu negara menyandang gelar ‘negara yang gak aman’ tetapi pasti ada malaikat didalamnya yang siap mengulurkan tangan untuk membantu. kesempatan akan mudah longgar untuk mencari pekerjaan kalau aku sudah mendapat kepercayaan dr masyarakat lokal untuk berbaur dgn mereka. dari sini aku akan mengumpulkan pundi uang perlahan untuk mencari jalan pulang.

    aku juga akan memanfaatkan hitch hiking, menumpang sesama orang asing di tengah kota karena kalau keberuntungan berpihak sama aku pasti aku bisa pulang ke tanah air🙂

  10. kalau saya terdampar disuatu negara yang pertama kali yang saya lakukan adalah berdoa.Dengan berdoa hati saya akan tenang dan lega karena segalah masalah dan kuatir saya serahkan kepada Tuhan sehingga Tuhan campur tangan dalam masalah saya.
    Kedua,saya akan memeriksa kantong saya,apakah saya memiliki sisa uang untuk sekedar menginap ataupun mengontrak rumah kecil untuk beristrarahat.Jika uang saya miliki tidak cukup,saya akan mencoba untuk menumpang di rumah penduduk.
    Ketiga.Jika saya sudah mendapat tempat tinggal saya akan mencoba untuk mencari pekerjaan.Pekerjaan apapun akan saya kerjaan agar kebutuhan saya selama di negeri orang dapat tercukupi
    Keempat,saya akan menabung uang hasil kerja saya sehingga saya dapat pulang kembali kekampung ataupun uang yang saya tabung dapat mengantar saya ke KBRI ataupun KJRI di negara tersebut karena kan ke KJRI atau ke KBRI kan perlu ongkos.
    Kelima.mungkin saya akan mencoba meminta tolong atau menanyakan kepada penduduk setempat agar mengantar saya ke KBRI atau KJRI karena mungkin aja penduduk setempat itu baik.
    Keenam,Saya akan mendatangi KBRI atau KJRI setemapat agar membantu saya kembali ke kampung halaman saya

    Dengan cara diatas mungkin saya dapat kembali ke jampung halaman saya yaitu Indonesia.Yang terpenting jika kita terdampar maupun tersesat adalah Tetap berdoa dan Berusaha,karena doa itu adalah peyambung lidah kita kepada Tuhan Sang Pencipta dan Usaha adalah sesuatu pengorbanan kita untuk mendaatkan atau meraih sesuatu.Sehingga jika kita terdapat Doa dan Usaha lah yang terpenting

    Semoga giveaway kali ini saya yang terpilih untuk mendapat hadiah buku ini karena uda berapa kali ikut nggak pernah menang😦,semoga kali ini beruntung.Amin

    Nama : Arya Sakramen barus
    Twitter : @TeenNews14
    Kota tinggal : Medan
    Comment : https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/#comment-10187
    Blog Share : http://articleencylopedia.blogspot.com/2014/06/info-giveaway-kedai-1002-mimpi.html
    Twitter Share :https://twitter.com/TeenNews14/status/482807191645085696

  11. jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    jawab:
    saya bikin 2 kondisi ya. pertama adalah kondisi saya masih betah tinggal di negara tsb tanpa pengen pulang dulu. saya akan melakukan tindak kriminal biar bisa dipenjara hahaha. soalnya saya pikir, di penjara manapun pasti dapet makan+tidur gratis. yaa saya pilih yang gak lama-lama dipenjaranya biar gak bosen. hahaha.
    kondisi kedua adalah saya gak betah di negara tsb. so, saya bertahan aja sampe saya dideportasi secara paksa. entah bunuh presiden, atau bikin bom di istana negara. hauahahaha. setidaknya dengan deportasi (apalagi secara paksa), saya ga perlu khawatir bakal ke negara tsb selama beberapa tahun. at least saya terbebas. hahahhaa.

    Nama: Rico Martha
    Twitter: @richoiko
    Kota: Blitar

  12. Nama : Emi Rahma
    Twitter : @emirahma_

    Jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    1. Lapor ke KBRI. Kalau nggak punya ongkos, cari pinjaman uang ke kenalan, atau ke TKI lain. Kalau tidak punya kenalan ya terpaksa harus cari kerja serabutan terlebih dahulu. Selain untuk ongkos ke KBRI, karena biasanya TKI diminta bayar tiket pulang sendiri, maka kerja serabutan itu pun salah satu upaya untuk mengumpulkan uang demi membeli tiket pulang.
    2. Sampai di KBRI, mintalah diusahakan untuk dipulangkan ke tanah air.
    3. Karena biasanya untuk mengurus kepulangan ke tanan air perlu waktu yang tidak sebentar, sembari menunggu waktunya tiba, carilah pekerjaan yang tetap. Misalnya saja di restoran atau di kedai kedai. Selain bisa menghemat biaya makan, gaji bekerja kita akan utuh. Selain itu kita harus bisa mengambil ilmu ketika bekerja. Siapa tau nanti sewaktu pulang ke tanah air, kita bisa menggunakan ilmu tersebut untuk membuka usaha sendiri di tanah air.

  13. Nama: Kristin wahyuni
    Twitter: @mingmeili
    Kota: Lumajang

    Jika aku menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan tidak bisa pulang, bakal ngelakuian apa yaa? hehehe.. panik pasti. Bingung harus bagaimana. Tapi setelah tenang kayaknya banyak yang bisa dilakuin.

    Sekarang jaman teknologi maju. Yang bakal aku lakuin pasti ke perpustakaan di luar negeri itu. Disana free wifi dimana-mana. Asal handphone bawa loh. Masak gk punya apa-apa disana?hehhe. Cari alamat kedubes RI tentunya. Tidurnya ala back packer aja atau cari tempat-tempat yang buka 24 jam atau walaupun tdk 24 jam paling tdk kita bisa pilih-pilih tempat sampai pagi datang haha..

    Setelah menemukan alamat Kedubes, sisa waktunya nikmatin aja menikmati pesona dan kehidupan di negara itu. Aku kira banyak pembelajaran yang di dapat dr cara hidup mereka. Setelah siap pulang datanglah ke KBRI. Minta petunjuk apa yang harus dilakukan. Lagipula kita juga bisa 24 jam telepon keluarga kita di Indonesia. Mereka kan panik juga kalau kita tidak pulang-pulang😀

    Nah.. kalau harus menetap disana.. kan lain ceritanya. Kalau harus menetap aku bakal cari “orang yang sama” dengan kita.😀 Sama-sama Indonesia maksudnya. Lihat dulu kira-kira orangnya baik gk. Misal : cari orang yang buka usaha makanan Indonesia di sana. Kita bisa bantu-bantu disana. Intinya pasti menyesuaikan diri dulu disana, baru bisa mengembangkan untuk buka usaha sendiri.

    Tapi…. mending pilih yang balik aja jangan menetap.😀 Indonesia masih perlu kita disini ^^

  14. Nama : Muhammad Nikmal Abdullah Mahfud Lubis
    Twitter : @_nikmal
    Kota tinggal : Medan

    Ngamen! Rasanya seru juga ngamen. Gak hanya nyanyi, mungkin bisa berpuisi atau berbagi atraksi. Pasti banyak yang merhatiin, banyak dapat uang, dan berpeluang bisa masuk TV.😀

  15. nama : Fransisca Susanti
    akun twitter @siscacook
    kota tinggal : Bogor
    Follow blog by email (santi.wiryawan@gmail.com)

    Kalau terdampar di suatu negara…
    Pertama, jangan panik, hubungi KBRI
    Kalau masih juga terpaksa terdampar,….ya, udah manfaatkan kesempatan itu =)
    Belajar bahasa asing,budayanya, masakannya.
    Adaptasi dan bersikap ramah.
    Cari teman baru di sana supaya ga sedih2 amat.
    Kembangkan karir (cari kerja),apalgi di sana banyak part time
    Jalan2…foto2..pokoknya dibikin senang saja =)
    Toh, langitnya masih sama,masih bisa melihat matahari,bintang,dan bulan yang sama walaupun dari posisi yang berbeda O.o
    Pulang-pulang jadi punya banyak kenangan =)
    Kalau kangen keluarga, tulis e-mail,skype-an.
    Yang paling penting, banyak berdoa biar selamat =)

  16. Nama: Aubrey Biancanitta
    Akun twitter: @biancanitta
    Kota tinggal: Serang

    Aku akan mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia minta keterangan. Hubungi keluarga dengan mengirim SMS. Banyak-banyak istigfar :v , dan berdo’a agar diberi keselamatan.

  17. Kalo aku jadi TKI dan terdampar di suatu negara, aku mau SKSD dulu sama org sana berbekal bahasa inggris yang acakadut. tapi SKSD nya cari masi muda yang kira-kira seumuran, ato bapak-bapak atau Ibu-ibu yang sekiranya punya anak cowok (niat banget). *terdampar tetep gatel* Trus ngikutin kemanapun dia pergi, sapa tau ntr jadi jodoh. *plakk* Dan kalo misal gak jadi jodoh, baru deh datang ke KBRI minta bantuan.😀😀

    Yeni Indah Kristanti
    Twitter : @Sipud3
    Jember, Jatim

  18. nama: wardah fauziyah
    twitter: @wardaaahh
    kota: bekasi

    kalau aku terdampar disuatu negara Dan ga bisa pulang..
    ya usaha, haha.. usaha yang pertama dgn lapor ke kbri. tapi ga boleh ngandelin itu doang ya, krn ya tau sndr kbri kadang ga bisa diarepin.
    usaha yg ke2 adalah SKSD (sok kenal sok deket). jalin pertemanan dan persahabatan baik sama turis2 asing dsana, tki lainnya, penduduk asal, org2 yg kerja di kbri, atau sama siapapun. karna semakin byk tmn, semakin byk kita bisa memperoleh informasi, sukur2 bisa dbayarin makan, dkasih kerjaan atau numpang tinggal drmhnya.😀
    pokoknya usahain punya kenalan sebanyak mungkin dgn bersikap baik, sopan Dan Ramah sama siapapun.. dgn bgitu, akan semakin besar pula peluang kita dapet kerjaan, jd bisa bertahan hidup dsana , soalnya klo kerja kan dapet duit tuh. uang nya bisa dipake buat balik ke negara asal, buat modal usaha di Indonesia atau malah bisa bikin usaha di negara itu, jika usahanya berkembang kan jadi bisa membahagiakan kluarga di Indonesia.
    semuanya bisa dilakukan, asal ada usaha, tekat Dan DOA..🙂

  19. Rifki
    @rifki_jampang
    Jakarta

    jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    Saya akan pasang status di FB atau berkicau twitter apakah ada teman atau sahabat yang tinggal di negara yang sama yang bisa membantu saya pulang dengan cara apapun. Saya pikir cara ini akan lebih cepat membantu kepulangan saya dibandingkan berhadapan dengan birokrasi yang berbelit-belit.

    link komentar :
    https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/#comment-10212

    link share di twitter :

  20. Nama :Muhsinatud Diyanah
    Twitter :@diyan402
    Kota : Jepara
    “jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?”
    pertama,menenangkan diri terlebih dahulu sebisa mungkin tidak panik. berpikir jernih pasti semuanya akan ada jalan keluar. setahu kalau ada TKI yg terdampar di suatu negara melapor ke KBRI. kalau kita tidak mau pulang dengan tangan hampa,jika ada modal aku akan bikin usaha kecil-kecilan sesuai dg hobiku seperti buka warung makan khas indonesia kali aja rekan sejawat dari indonesia kangen dengan masakan dari negaranya meski pun pasti rasanya tak seenak di indonesia. tahu sendiri lah rempah-rempahnya mungkin sulit di temukan😀
    tidak membuat keluarga yg ada di indonesia panik & cemas memikirkan keadaan kita. berusaha dan berdo’a tentunya

  21. “Jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?”

    Yang bakal aku lakukan, kerja apa ajalah disana buat dapetin duit. Terus kalo udah pegang duit nyari KEDUBES RI di negara itu. Minta bantuan di sana. Atau kalau susah nyari KEDUBES RI, nyari warnet buat update status di twitter. Bilang kalo aku lagi terdampar dan butuh pertolongan. Kasih tau posisiku dimana. Dari sedikit orang Indonesia yang ada di negara itu, salah satu pasti ada yang mau nolongin.

    Anis Antika
    Twitter: @AntikaAnis
    Kota: Surabaya

  22. hm…membangun hidup baru aja disana sambil tetap contact dengan my family
    rumah adalah dimana kita merasa betah kan bumi Allah juga hehe jadi enjoy my life..ntar dah sukses baru ajak my family bedol desa kemari hahaha..ngga bs pulang malah ngajak se RT terdampar😀

    Nama: Dedew
    Twitter: @dewirieka
    kota: Ungaran Jateng

  23. serem yaa pertanyaannya xD
    tidak pertluu panik. sebisa mungkin tenang.kita minta bantuan ke kedubes RI di negara tersebut. kalo tidak memungkinkan, karena kota di suatu negar itu banyak, kita mencoba berkenalan, berbaur dengan orang sekitar untuk mendapatkan untuk mendapat pekerjaan dan menghasilkan uang. setelah merasa cukup, alangkah baiknya kita ke kedubes RI. dan yang paling penting adalah berdoa pada tuhan. serahkan semuanya kepada yang maha kuasa.

    Nama : Farah Fahma
    twitter : @FarrMaSi

  24. Nama : Vera Astanti
    twitter : @vastanti
    kota : Bojonegoro

    jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    Pasti ada rasa takut, terutama bila di negara tersebut belum ada kbrinya. Heuuu…
    Tetapi jadi inget film home alone. Sebuah keterasingan bisa menjadi petualangan yang paling seru seumur hidup.
    Caranya bertahan hidup :
    1. tetap menyimpan semua dokumen asli
    2. mencoba mencari kerja, sebisanya. menjadi baby sitter, atau jaga toko, atau apapun yang bisa menghasilkan uang.
    3. menghubungi kbri, meminta saran dsb
    4. bila tidak ada kbri, mencoba menghubungi keluarga di Indonesia untuk meminta bantuan kepada pemerintah. (kayaknya mahal nih birokrasinya :D)
    5. Berbaur dengan masyarakat di negara tersebut. Bukan hanya sekedar bekerja atau menghasilkan uang, tetapi berhubungan dengan mereka. Mempelajari budayanya, mendalami bahasanya. Setelah itu berbagi tentang kehidupan di Indonesia. Bisa menjadi sebuah kisah yang bagus untuk dibukukan.
    6. Karena bisa dibilang ilegal, sebaiknya hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Selain untuk menghindari petugas yang serem juga untuk memperoleh pengalaman yang lebih luas dengan orang-orang, tempat dan budaya yang baru.

  25. Buku ini belum pernah baca.
    karena TKI ini mencari pertolongan agar bisa cari jalan keluar, sebenarnya sudah bekerja keras selama beberapa tahun dan bulan, sehingga kota negera ini menurut peraturan negera yang harus di taat, korespondesi TKI ini mencari uang untuk mencukupi kebutuhan, setelah mengambil gaji selama sebulan bekerja harus lebih baik jangan mengambil emosi,
    harus berdo’a kepada tuhan untuk mengampuni dosa kita, serahkan kepada tuhan yang maha esa.

    Nama : M Ivan Aulia Rokhman
    Twitter : @mivanaulia
    Kota Tinggal : SURABAYA

  26. Nama : Inung Nie
    Twitter : @Inungnie
    Kota : Semarang

    Jika menjadi TKI di suatu negara dan tidak bisa pulang.
    Yang harus pertama saya lakukan adalah mendatangi KBRI dan menceritakan hal yang saya alami. Pasti ada solusi yg kita dapat.
    Tetap bekerja di negara tersebut atau minta dikembalikan ke Indonesia.
    Mungkin saya tetap memilih untuk tetap bekerja di luar negeri dengan bantuan dari KBRI yang menghubungkan kita kepada komunitas buruh migran Indonesia. Dari jaringan komunitas tersebut kita bisa mendapatkan pekerjaan.

  27. pertanyaan :
    “jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?”

    jawab:
    pertanyaan yang sulit yaa… karna aku belum pernah jadi TKI dan semoga ini nggak terjadi. tapi jawaban-aku ini buat jaga-jaga, sebagai manusia kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi ke depannya.
    sederhana saja “saya akan berusaha untuk bertahan hidup.” dengan iman dan lindungan-Nya, bismillahirramannirrahim…. terus berusaha bekerja dan berdoa agar diberi jalan yang terbaik. Kalau Allah menghendaki kita untuk tetap tinggal, kita harus yakin bahwa ada rencana baik untuk kita dari-NYA.
    usaha lainnya :
    lapor ke KBRI dan mengajukan permohonan bantuan.

    nama : Li Andromeda
    twitter : @li_andromeda
    kota tinggal : Sragen
    preview comment : https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/#comment-10228
    share-nya : via twitter akan terus berlanjut.
    aku juga posting di blog : http://catatanandromeda.blogspot.com/2014/06/info-giveaway-kedai-1002-mimpi.html

    #Kedai1002Mimpi

  28. Nama: Rahmat Kiehl
    Twitter: @xrahmathekiehlx
    Kota: Sumedang

    Kalau aku menjadi TKI dan terdampar disebuah negara dan tidak bisa pulang, mungkin aku akan menghubungi orangtua supaya bisa membantu aku aku bisa pulang. Aku akan kabur dari majikan aku, dan aku akan mencari kerjaan lain sembari mencari orang yang bisa mencari cara supaya aku bisa pulang. Kalau aku udah dapet uang , aku nantinya bisa mencari orang untuk membantu aku pulang. Karena banyak kan, orang-orang indonesia yang jadi TKI di luar negeri. Jadi nanti aku bisa barengan pulangnya.
    -THE END-

  29. Jika saya menjadi TKI, terdampar di suatu negara dan tidak bisa pulang, hal pertama yg saya lakukan adalah MENANGIS.😀
    childish memang, tapi kan itu baru hal pertama.😀
    Selanjutnya saya akan melakukan yg saya bisa untuk bekerja dan menghasilkan uang agar saya bisa bertahan hidup di sana.
    Kemudian yg terakhir, nikmati saja keterdamparan itu. Toh pasti ada hikmah yg bisa kita petik. Dan tentunya nikmati saja keindahan” ciptaan Tuhan yg ada di sana.🙂
    simple kan. :v

  30. Nama : Melani Ika Savitri
    Twitter : @aii_vitri
    Kota : Situbondo
    Jika saya terdampar di suatu negara sebagai TKI dan tak ada harapan pulang, maka mau tak mau saya harus ikhlas menerima ketetapan Allah. berarti inilah jalan hidup saya dan Allah pasti akan mnolong dan membukakan jalan. Karena saya bisa menulis, maka selain tetap bekerja di rumah majikan ataupun instansi yang mempekerjakan saya, saya akan mengasah dan mengoptimalkan kemampuan menulis saya. Banyak kisah nyata yang saya tahu mengenai TKI yang berprestasi dan akhirnya justru mengharumkan nama Indonesia di luar negeri. salah satu prestasi itu adalah dengan menulis dan menerbitkannya dalam sebuah buku. Tema tulisan paling mengena adalah kehidupan di negeri asing, seluk beluknya, dan perjuangannya, yang pasti tak sama, meski ditulis oleh TKI lain. cari sudut pandang yang unik, misal tentang interaksi dengan TKI lain, dengan tuan rumah, dengan penganut agama lain, atau bahkan kisah persahabatan sesama Muslim. atau hal-hal simpel terkait tips membagi waktu antara beradaptasi, bekerja, dan menulis. semua pasti bermanfaat, nggak akan ada yang sia-sia. tentu sja, tetap tak boleh lupa berdoa agar suatu saat ada keajaiban sehingga bisa pulang dan bertemu kembali dengan keluarga.

  31. Seandainya TKI yang terdampar di suatu negara dan tak bisa bangkit lagi (eh pulang lagi XD) dengan catatan majikannya gak galak.

    Aku akan mencari komunitas-komunitas positif di sana terus ikutan gabung atau jadi volunteer.
    Tujuannya dapat banyak teman-teman baik dan pengalaman juga.
    Darisitu, aku bisa punya jaringan atau koneksi juga teman untuk mencari ide akan membuka wirausaha apa.

    Terus buka wirausaha, masih sambilan jadi TKI :v
    Eh, wirausaha lancar dan sukses besar. Yaudah berhenti jadi pahlawan devisa -,-
    Fokus jalanin wirausaha dan merekrut karyawan.
    Terus, masih aktif di berbagai komunitas dan rajin sowan ke mantan majikan untuk silaturrahim.
    Akhir cerita, aku hidup bahagia dan penuh berkah. Haha

    Kalo majikannya galak mungkin agak susah buat main keluar, jadi pas ada kesempatan misal ke pasar mampir dulu KBRI. Di sana haha hihi sambil curhat kegalauan: Pengen pulang karena dijahatin mulu , tapi gak mau pulang juga kalo gak bawa hasil (duit yang cukup, red).

    Kalo di sana agak lamban responnya, minta izin pinjam hp buat kirim sms atau update status di sosial media minta pertolongan dan update foto keadaan aku disana.

    Terus sambil hubungi teman-teman senasib seperjuangan, biar gak ngerasa asing dan sendiri.

    Nama : Suci Lestari
    Twitter : @ELTarri
    Kota : Tanah Grogot, KALTIM

  32. Nama: Ninda
    Twitter: @galaxyninda
    Kota: Purworejo

    Aku akan berusaha untuk cari jalan keluar dengan mencari uang agar bisa kembali ke tanah air. Atau menghubungi KBRI untuk dipulangkan ke Indonesia. Untuk menunggu kepastian ya cari pekerjaan agar pulang tidak dengan tangan kosong. Misalnya berwirausaha bareng temen-temen seperjuangan. Pokoknya tetep fighting!🙂

  33. kalau aku jadi tki dan terdampar di negara. Ya udah, jalanin aja plan berikutnya, mau mudik bakalan malu bingit………!!, bisa jadi omongan orang di kampung. Mending aku disana dulu deh, kerja serabutan juga boleh. Sambil cari cari peluang buat perpanjang visa, setelah dapat pekerjaan mapan aku mulai nyicil deh buat bikin usaha. Baru deh mikirin buat mudik

    nama : gea harovansi
    twitter : @harovansi
    kota tinggal : payakumbuh, sumatra barat

  34. Kalau aku, sih pertama-tama cari tempat yang aman dan cari kerja. Atau, nyari di google WNI yang tinggal di negara tersebut. Mungkin, sesama WNI mereka mau menolong kita, setidaknya mencarikan pekerjaan. Mereka, kan, lebih lama tinggal di sana dan lebih luas hubungannya dengan orang-orang di sana.
    Setelah dapat kerja dan dapat uang, tujuan berikutnya jelas lebih jelas. Mau tetap di sana sementara waktu untuk terus bekerja atau traveling oke juga. Tapi, kalau hati nurani bilang pengin pulang, berarti ya pulang.😀
    Nama : Dian. S
    Twitter : @DeeLaluna
    Kota : Ngawi, Jawa Timur

  35. Nama: Rizka Amalia
    Twitter : @entabulet
    Tempat tinggal: Tegal

    Jika terdampar di negeri orang dan tak bisa pulang, hal pertama yang saya lakukan adalah menerima keadaan. Yang kedua adalah mencari pekerjaan lalu menjalaninya sebaik mungkin agar mendapatkan uang untuk biaya hidup sehari-hari sembari menabung untuk biaya pulang ke kampung. Karena bagi saya, senyaman-nyamannya hidup adalah bersama keluarga dan sebaik-baik tanah adalah ibu pertiwi, Indonesia.

  36. Kalau uda ada kontrak kerja, lebih baik lakukan dulu kebajibannya, dgn bekerja sebaik-baiknya. Sampai kalau kontrak kerja sudah habis, datang ke KBRI buat melaporkan keluh kesah, bahwa ingin pulang ke tanah air.

  37. Kalau uda ada kontrak kerja, lebih baik lakukan dulu kebajibannya, dgn bekerja sebaik-baiknya. Sampai kalau kontrak kerja sudah habis, datang ke KBRI buat melaporkan keluh kesah, bahwa ingin pulang ke tanah air.
    Nama: Rianda Prayoga
    kota: Binjai, Sumut
    twitter: @rianda_prayoga

  38. jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    Pertama aku kan coba cari kantor kedutaan Indonesia dan coba minta bantuan disana. Kalau tetap tidak bisa nemu kedutaan atau tidak dapat bantuan, aku coba cari tempat kosong terpencil dinegara itu, diam selama minimal 20 tahun atau cari pasangan hidup negara itu agar bisa jadi warga negara disana.

  39. Nama : Darto Iwan Setiawan
    Twitter : @dartoiwan
    Kota : Semarang

    jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    Pertama aku kan coba cari kantor kedutaan Indonesia dan coba minta bantuan disana. Kalau tetap tidak bisa nemu kedutaan atau tidak dapat bantuan, aku coba cari tempat kosong terpencil dinegara itu, diam selama minimal 20 tahun atau cari pasangan hidup negara itu agar bisa jadi warga negara disana.

  40. 1. Peserta tinggal di Indonesia >>> yup

    2. Follow akun twitter @lucktygs dan @vabyo. Jangan lupa share dengan hestek #Kedai1002Mimpi dan mention via twitter >>> done

    3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.
    >>> done
    4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?
    >>> sebagai manusia, pastinya kita uda dianugerahi sistem mempertahankan diri yah. Jadi seandainya saya terdampar di negeri asing yang gak ngerti bahasanya, pertama cari masjid lah ya. insyaAllah orang-orang yang solat di masjid adalah orang baik. jadi cari kenalan disana dulu. terus belajar bahasanya dulu pastinya. terus mencari pekerjaan dulu disana sampai mendapatkan uang yang bisa dipakai pulang. Bagaimanapun menurut saya,mending di negeri sendiri lah daripada hidup di negeri orang ^_^

    5. Tuliskan komentar tentang REVIEW Kedai 1002 Mimpi >>> https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/#comment-10261

    6. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya >>> https://twitter.com/ailina85/status/483505709003198464

    Nama : ailina
    Twitter : @ailina85
    Kota Probolinggo
    ay_lyna@yahoo.com

  41. Jika aku terdampar di negeri orang dan tdk bs pulang krna apapun alasannya, misi yg terpikirkan olehku adalah mencari pasangan hidup. Setelah itu, bersiap untuk memulai kehidupan yg baru #eaaa.

    Rindang Yuliani @Ryu_keren di Banjarbaru

  42. Seandainya saya jadi TKI dan terdampar di negeri orang, saya akan terus lanjut berjalan-jalan, mengunjungi museum-museum dan perpusatkaan-perpustakaan, befoto selfie di monumen-monumen monumental, dan setelah uang saya habis, saya ngemis di KBRI terdekat wkwkwk. Ini mau TKI apa travelling sih ya. Yang jelas, seandainya jalan pulang sudah tertutup, saya akan mencari rumah di negeri orang. Sebagaimana kata mbak Windy, perjalanan adalah mencari rumah kedua di negeri orang. Karena pada dasarnya umat manusia adalah satu, dan dunia ini sejatinya satu rumah, maka kita bisa temukan rumah kedua di negeri orang, jika kita cukup berusaha. Konon, hidup cuma sekali. Jangan dihabiskan untuk menyesali hal-hal yang tdk bisa kita raih. Mengapa tidak dinikmati saja? Toh menjadi warga di negeri orang menawarkan kesempatan dan peluang baru. Tapi kalau kangen keluarga gimana? Nah ini yang susyeh wkwkwk. Cara mengatasinya, cari istri dan bikin keluarga baru di sana eaaeaaaa :p

    Twitter: @dion_yulianto
    Kota: Jogja

  43. Nama: Alfindy Agyputri
    Akun twitter: @alfindyagyputri
    Kota tinggal: Batam

    Jika aku menjadi TKI yang terdampar di suatu negara dan tidak bisa pulang, yang akan kulakukan ya… enjoy aja hidup baru di negara baru. What can I do? Lumayan juga kan ganti suasana…

    Hehehe. Sekian dan terima kasih😀

  44. Kalo aku menjadi TKI, terdampar di suatu negara dan tidak bisa pulang, aku nggak bakal menyiakan kesempatan itu. Aku akan anggap itu sebuah petualangan & tantangan yang harus diselesaikan. Aku akan berpetualang disana ! (Karena aku punya jiwa petualang disitu haha)
    eeiitss tapi ingat tujuan awal. Karena menjadi TKI itu pasti bertujuan mencari uang untuk menghidupi keluarga, maka jangan sampai lupa dengan keluarga dan hanya memikirkan diri sendiri. aku akan memberi kabar keluarga bahwa aku baik-baik saja dan mungkin beberapa lama tidak memberi kabar & sebisa mungkin tidak memberi kabar tentang keterdamparanku karena akan buat panik keluarga.
    Seorang TKI pasti minimal menguasai bahasa negara setempat meskipun hanya sedikit-sedikit. Aku akan belajar menguasai bahasa negara itu melalui orang-orang asli negara itu yang mau berbagi ilmu denganku agar aku lebih mahir berbahasa. Sambil belajar bahasa, aku akan memenuhi kebutuhan hidupku dengan bekerja serabutan sesuai kemampuanku, yang penting bisa makan, jalan-jalan, dan menabung.
    Aku akan merencanakan perjalananku berkeliling negara tersebut dengan bekerja sana-sini yang tentunya tidak mengikat. AKu mencari uang dengan memanfaatkan kompetensi yang kupunya. Contohnya aku bisa menari dan menyanyi jawa, maka dapat aku ajarkan ke orang-orang yang tertarik mempelajari budaya asing.
    Dalam perjalananku tersebut aku akan membawa sebuah misi yaitu selain mengetahui dan mengunjungi tempat-tempat di negara itu, aku belajar budaya-budaya disana serta mencari relasi yang dapat kujadikan teman bahkan kesempatanku untuk menjadi seorang yang sukses.
    KBRI adalah planningku yang terakhir jika aku menyerah dengan tantangan itu😀

    Yana Fajriyana
    @yannafa
    Kota Semarang

  45. kalau terdampar jadi TKI ya usaha dulu buat bisa pulang, misalnya konsul ke KBRI syukur” bisa langsung pulang kalaupun nggak aku mau mencoba buka usaha siapa tahu sukses kaya mas vabyo, atau cari kerja yang sesuai dengan keahlian sekalian jalan” aja nikmatin terdampar di negeri orang. Aku pengen pas pulang udah punya banyak uang.

  46. Jika aku menjadi TKI yang terdampar di suatu negara dan aku gak bisa pulang, aku akan memulai hidup baru disana, bukan sebagai TKI lagi. Mungkin aku akan mencari pekerjaan baru di restoran ataupun tempat lainnya sesuai dengan bakat, minat dan kemampuanku. Setelah, aku bisa memenuhi kebutuhan hidup dan hidup layak disana, aku akan menjadi wirausahawan dengan membangun sebuah usaha yang mayoritas karyawannya adalah orang Indonesia. Setelah itu berhasil, aku akan memulai menapaki mimpi-mimpiku. Aku akan berwisata keliling negara itu dengan uang hasil kerja kerasku, menimba ilmu pengetahuan disana, bertemu dan membawa seluruh kelurgaku untuk tinggal dan hidup bersamaku disana. Walaupun, mungkin untuk memulai itu tidaklah mudah, tapi aku akan tetap berusaha dengan melakukan semua yang terbaik yang bisa kuberikan dan selalu berdoa pada Allah SWT agar selalu diberi kemudahan.

  47. Sama seperti jawaban nyaris semua teman-teman yang sudah komen di atas: menikmatinya. Menyesalinya tidak akan ada gunanya, toh tidak akan membawa kita pulang juga, kan?
    Mengeluh, mengutuk, marah-marah hanya buang-buang waktu saja. Lagipula masa sih hanya karena masalah “terdampar dan tak bisa pulang” kita bisa lupa dengan waktu-waktu yang kita habiskan bekerja di negeri orang? Tentunya kita sudah punya pengalaman, minimal beberapa minggu, tentang seluk-beluk negeri orang tempat kita tinggal. Dan tentunya kita sudah memiliki beberapa orang kenalan yang bisa kita mintai bantuan.
    Terdampar dan tak bisa pulang bisa jadi masalah besar atau biasa atau bahkan sepele tergantung hati dan benak kita.
    Terdampar dan tak bisa pulang juga bisa jadi pertanda dariNya, bahwa mungkin belum saatnya bagi kita untuk pulang ke tanah air. Bahwa mungkin kita akan bertemu dengan jodoh kita di negeri orang.

    *ini kenapa terus menyangkut soal jodoh deh? xP*

    F.J. Ismarianto – @FJrean – Nganjuk

  48. ismi : Muhammad khoirudin F S
    twitter @khoirudinF
    madinaatun: karanganyar jawa tengah

    aku bakalan menyikapi dengan lapang dada, menyikapi dengan hati tenang jika sesuatu hal terjadi di negeri orang.

    aku akan menikmati waktu waktu di sana untuk belajar berdaqwah mencari sesuap nasi dan akhirnya merintis komunitas dakwah yang aku dirikan

    lain lagi aku di sana akan mencari kolega agar kedepannya tidak memperumit masalah yang saya alami di negeri orang itu

    lainnya saya akan belajar bahasa setempat jika bahasa yang saya dapatkan terlalu minim dengan baca baca buku ngomong ngomong dengan penduduk asli

    dan akhirnya pada tahun tahun berikutnya masalah masalah yang dulu dulu itu terasa menyiksa akhirnya sedikit demi sedikit mereda

    jadi inti dari hidup di negeri orang/pengasingan sikapi dengan tenang tanpa streess suatu saat nanti ada jalan jika kita mau berusaha dan berusaha. bukan malah pesimis yang tiada arti

  49. Jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    Ehm, kalo dilihat dari pertanyaannya, berarti aku bener-bener fix gak bisa pulang dong nih ya. Mau protes ke KBRI atau teriak guling-guling minta tolong di jalanan sama sekali gak bakal membantuku pulang kan? :3 Oke. Kalo begitu, YA UDAH. AKU RAPOPO.😀 That’s not the ending of the world,right?! Diterima saja. Dijalani saja. Enjoy aja. Kalo begitu, Itu artinya aku harus menetap dan bisa menyesuaikan diri disana. Nah, untuk itu, agar nasib dan tujuan hidupku jelas, tentu aku kudu buat visi misi skalian program-program yang jelas pula selama disana *halah,efek pemilu*. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti luntang-lantung disana dan justru jadi beban negeri orang, serta agar aku tidak dimanfaatkan &dibodohi oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan. Adapun program yang bakal kulakukan :

    1. Berbekal kemampuan berkomunikasi dg bahasa asing, hal utama yang perlu kulakukan tentu mencari pekerjaan. Kalo bisa sih, aku pengennya dua pekerjaan sekaligus, satu pekerjaan untuk shift pagi-sore, satunya lagi untuk shift malam, so aku gak perlu repot dulu memikirkan dimana aku akan tinggal, selain itu agar terhindar dari kebosanan dalam melakukan pekerjaan yang itu-itu aja. Sebaiknya sih, aku bakal cari pekerjaan2 yang ringan dan tak banyak membuang tenaga

    2. Setelah uang terkumpul, it’s time to hunting rest place, berupa rumah/kost/kontrakan yang murah dan nyaman. Susah sih. Tapi kalo mencarinya giat, pasti ketemu kok. Setelah itu, aku bisa deh memilih satu pekerjaan saja sbg pekerjaan tetapku.

    3. Mencari relasi sebanyak-banyaknya. Bisa dimulai dari teman kerja, teman bos, rekan TKI, tetangga, dll. Aku kudu getol bersosialisasi disana, karena siapa tahu suatu saat aku bakal membutuhkan bantuan mereka.🙂

    4. Buka usaha kecil-kecilan di rumah, misalnya, jualan kue-kue basah khas Indonesia , bermodal gaji dari pekerjaan sebelumnya. Bekerja kan paling asyik itu ya tanpa perintah siapa-siapa😀 . Walau begitu aku harus tetap berkomitmen agar gak setengah-setengah kerjanya, harus rapi,disiplin, dan cermat biar gak keteteran.

    5. Being Smart and Up to Date! Aku bakal mengorek-ngorek dan mempelajari tentang segala hal dan info-info baru di negeri baruku itu, budayanya, masyarakatnya, pemerintahannya, ilmuku pun jadi bertambah, memperdalam belajar bahasanya juga, gak bakal gampang dikelabuin deh nantinya.

    6. Mulai show off. Berbekal kemampuan masakku tadi, aku pengen ngembangin usahaku jadi restoran besar. Restoran masakan Indonesia, atau perpaduan masakan antara kedua negara itu juga sepertinya bakal keren. Dan berbekal kemampuan menariku, aku bakal buka sanggar Tari Remo buat bule-bule disana. Pokoknya, semua yang menyangkut Indonesia, harus bisa kutunjukkan disini. Aku kan tetep inget jati diri dan negeri sendiri!🙂 Ku harap, ketika udah sukses disini, kesuksesanku bakal terdengar sampai telinga sanak famili. Jika kami bisa berkumpul kembali, who knows ?

    7. Kalo sukses, aku bakal menikmati tiap momen hidupku semaksimal mungkin,yang bermanfaat bagi negeri itu juga,misal pengen jadi volunteer, pendidik dan menjelajah mengelilingi negeri itu agar ada cerita untuk anak cucu ketika aku mungkin bertemu mereka kelak ^.^ Selain itu jadi pustakawan di perpus lokal disana, kayaknya bakal bisa jadi pengalaman dan bekal istimewa bagiku.

    8. Bikin autobiografi. Ih keren, kan? It’s my final goal. Berbagi itu indah. Semua hal yang kujalani selama terdampar disana, mungkin akan jadi inspirasi bagi orang lain di luar sana. Bahwa terdampar, bukan akhir segalanya. Selama raga masih kuat bergerak, tak ada salahnya perlahan bejalan merangkak, hingga akhirnya bisa berdiri sendiri dengan kesuksesan kita sendiri kelak.

    Sekian. Maaf ya mbak luckty, niatnya sih biar apa-apa yang bakal kulakuin jadi terstruktur dan detail, eh malah kepanjangan😀 hehe

    Wish me luck.. ^^

    Nama : Firda Rahma
    Twitter id : @fieRahma_
    Kota : Pasuruan

    link comment : https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/#comment-10292
    link share : https://twitter.com/fieRahma_/status/484097242110767105

  50. “Jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?”

    Kalau jawaban aku sih simpel : Enjoy aja. Menurut aku, setiap kejadian yang terjadi di kehidupan kita pasti punya arti tersendiri. Apapun itu. Dan menurut aku, terdampar di suatu negara bukan hal yang harus di sesali atau di anggap sebagai suatu masalah, tapi justru di syukuri. Soalnya, petualangan besar itu berawal dari ketidak tahuan kita akan tujuan yang seharusnya kita capai. Mungkin kalau misalkan aku enggak terdampar di suatu negara, aku enggak akan tau bagaimana rasanya berada di negara tersebut dan di kelilingi oleh orang-orang asing yang sama sekali enggak aku kenal. Ketika terdampar, aku harus berusaha keras untuk sekedar bisa bertahan dengan segala kemampuan yang aku bisa lakukan. Dan dari moment terdampar itulah aku bisa mendapatkan pengalaman yang mungkin kebanyakan orang enggak bisa rasakan”

    Untuk komen tentang ‘review buku kedai 1002 mimpi’ udah aku tulis di sini : https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/#comment-10299

    Nama : Lia Rahma Pradhita
    Twitter : @RahmaPradhita
    Kota : Bekasi Selatan

  51. Nama: Ferry Saputra
    Twitter: @ferryjr
    Kota: Batam

    jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?
    Aku ingin membuka usaha yang cocok disana, misalnya tinggal di eropa, berarti cocok berjualan kebab misalnya hehe.. sekalian modal untuk bisa berjalan-jalan disana. Kebetulan aku pecinta sepak bola, jadi aku ingin menjelajahi stadion klub sepakbola yang megah, misalnya Old Trafford di Manchester, Inggris. Stadion Camp Nou di Barcelona, Juventus Arena di Italia.. kapan lagi bisa jalan”? hehe
    Aku juga ingin kursus bahasa yang ada disana, bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, jadi aku bisa menambah skill biar jadi TKI yang berkualitas.. sekian🙂

    link komentar aku https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/#comment-10301

  52. “Jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?”

    Berhubung saya traveler jadi saya akan keliling negara di mana saya terdampar dari ujung utara ke selatan, timur ke barat. Habis keliling nanti akan bikin jurnal dan dibukukan, terus dijual deh bukunya. Kemudian kasih bukunya ke mbak buat di review hehehe.

    Komen: https://luckty.wordpress.com/2014/06/26/review-kedai-1002-mimpi/#comment-10303

    Nama: Alid Abdul
    Twitter: @alidabdul
    Kota: Jombang

  53. Terdampar di suatu negara dan gak bisa pulang.. Hmm, pertama-tama yang aku lakukan adalah mendampar balik *eh? itu mah tampar ya? duh, hahaha sorry jayus*, yang jelas kalau aku terdampar di suatu negara jauh dari rumah dan keluarga, yang aku lakukan adalah mencari keluarga baru alias……menikah atau mencari pasangan hidup, jadi minimal biar ada yang membimbing dan melindungi kita di tempat baru *maklum masih single *uhuk**. Lagian juga sekalian menggenapi separuh agama juga. Gitu..

    Nama: Fenny Herawati
    Twitter: @fennyusuf
    Kota: Bekasi

  54. jika kamu menjadi TKI yang terdampar disuatu negara dan kamu tidak bisa pulang, apa yang akan kamu lakukan?

    Panik lah! Apalagi? Entah deh bakalan gimana nanti paniknya. Entah sampai dikira orang gila, atau malah kayak hantu. atau mungkin kayak orang sakit. Entah. Gausah dibahas lah yang itu.
    Kalo udah puas paniknya, kan tenang tuuh. Aku akan mencoba berpikir jernih. Aku akan SURVIVE disini dan menerapkan “BONEK”. Daaaann.. akan menemukan ide cerdas! Jalan-jalan sambil foto-foto! Yeeey! Jalan-jalan aja sampek puas. Batre lobet, cari orang baik dong disana. tentunya cari cewek yang masih muda gitu. Atau kalo nemunya mahasiswi, itu lebih bagus. Trus, kenalan bentar dan pinjem kameranya. Nanti minta dikirim lewat twitter hahaha😀 kalo tetep mau jadi temen ya alhamdulillah nambah kenalan🙂 Muka badak ya? Emang aku bisa banget ber-muka badak sama orang yang gak dikenal.
    Kalo kebetulan ketemu sama org Indo, hidupku tentunya sedikit lebih indah (maksudnya gak susah2 bgt).

    Nah, klo mulai laper cari makan lah. Caranya? Ngamen! Trus kalo ditangkep polisi ya gapapa deh. Pas ditanyain macem-macem bilang aja saya laper gapunya uang dan akhirnya ngamen buat makan. Nah, kalo beruntung malah dikasih makan kalo enggak mencoba berteman baiklah. Maksudnya biar gak dikasih hukuman gitu.

    Sebenernya aku mau ber-bacpacker aja. Cuma beberapa hari aja. Sekalian menggali mental, keberanian, dan kreatifku. Tapi klo gak ada modal emang agak susah buat orang kayak aku. Dan bagaimana pun hari-hariku disana, aku harus ke KBRI. Yaa niatnya numpang sebentar sambil nunggu kiriman uang dari keluarga di Indonesia. Bantu-bantu disana juga kepengen banget. Soalnya aku penasaran banget sih sama “semua hal yang ada di KBRI” Tapi kalo mereka nawarin tiket gratis buat pulang sih kayaknya itu gak mungkin yaa hahahahaa..

    Iin | @iindetya | Malang | iinnsiguejje@gmail.com

  55. Nama : Siti Fatimah
    Akun Twitter : @frausiti
    Kota asal : Banjarbaru

    Jika saya jadi TKI yang terdampar di suatu negara dan gak bisa pulang, maka yang saya lakukan adalah:
    1. Memastikan dulu keberadaan saya di negara ini legal atau illegal. Kalo illegal, saya akan “memaksakan diri” pulang ke negara asal entah dengan mendatangi KBRI terdekat, meminta tolong pada sesama WNI yang ada di negara tersebut, atau yaaa datengin kantor imigrasi negara tersebut, minta dideportasi. Jadi saya pulang ke Indonesianya gratis. Hoho. Jika semua usaha tersebut sia-sia, saya akan meminta bantuan pada teman-teman dunia maya untuk bikin hashtag #prayforfrausiti menjadi TTWW biar menarik perhatian aktivis dan pemerintah.
    2. Jika ternyata saya TKI legal yang punya izin kerja dan tinggal di negara tersebut, saya cari kerja sesuai keahlian saya, yaitu mengajar. Atau jadi guide bagi wisatawan Indonesia yang berkunjung ke negara itu. Kalo penduduk lokal gak ada yang mau nerima saya bekerja di sana, saya buka warung indomie di negara tersebut sambil membangun koneksi dengan penduduk lokal sekaligus promosi makanan Indonesia favorit saya,yaitu indomie. Nanti saya jual 10 dollar/porsi. Jadi pas mudik lebaran ke Indonesia, saya sudah jadi juragan indomie internasional. #okesip

  56. Nama: Amelia Aura
    Twitter: @meliarawr
    Kota asal: Jakarta Timur

    Keliling ke berbagai sudut negara yang belum kujangkau, kali aja nemu portal._. Kalau nihil, nginep ditempat yg kira2 ada hubungannya dengan Yunani Kuno buat cari peruntungan kali aja kapal Argo II milik demigods lewat dan aku bisa numpang dianterin pulang._.
    Kalau aku ga beruntung juga, aku panggil pegasus. Dan ternyata ga dikabulin sama Zeus…. terpaksa aku kudu praktekin aksi Day di novel Legend yaitu membajak helikopter! Dan kalau gak berhasil juga… aku nyusup ke pesawat dengan berpura2 menjadi pramugari.

    Link share: https://twitter.com/meliarawr/status/484679438198517760

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s