REVIEW Guilty Pleasure

 guilty pleasure

“Kembali ke cinta lama tak ubahnya seperti berhadapan dengan pedang bermata dua. Tentu, ada kesempatan untuk bahagia. Tapi, di sisi lain, ada juga kemungkinan keputusan itu berubah jadi batu sandungan ketika mereka kembali dihadapkan pada prahara yang dulu membuat hubungan keduanya kandas di tengah jalan.” (hlm. 360)

DEVIKA KIRNANDITA. Sering wara-wiri di layar televisi sebagai tokoh antagonis licik dan manipulatif. Belasan sinetron maupun FTV telah mengantarkannya ke dunia entertainment. Sayangnya, kecemerlangan kariernya tak secemerlang kisah cintanya.

JULIEN ANG. Umurnya sekitar 35 ke atas. Meski dari umurnya kita akan mengira dia tampak seperti om-oms, salah besar. Perpaduan ciptaan Tuhan yang mahatampan  dan mahawangi. Belum lagi ditambah rambut berwarna garam dan merica yang berantakan karena diembus angin, juga makin menambah poin kekeceannya.

Hezekiel Rupawan. Serupawan namanya. Dari segi pergaulan, nggak banyak irisan lingkungan pertemanan Dev dengan cowok ini. Gosip terakhir yang didapat, cowok ini dikalahkan oleh model pendatang baru yang bernama Jeremiah Fransiskus di audisi campaign produk spray cologne.

Bisakah kamu memercayakan masa depan di tangan orang yang belum bisa berdamai masa lalu? (hlm. 324)

Kalimat tadi memang PLAKK bin JLEBB buat seseorang yang gagal move on. Orang yang gagal move on memang tidak bisa dinasehati. Cara ampuh untuk menghilangkan move on ya dari diri sendiri. Baik Dev maupun Julien juga Heze mengalami yang namanya gagal move on. Diantara mereka, siapakah yang akan berhasil?

Cerita tabrakan kesannya memang mainstream banget, bahkan penulisnya meminta maaf duluan sebelum kita menghakiminya. Meski begitu, tabrakan yang ada di novel ini nggak seperti yang ada di sinetron-sinetron, penulis mampu meracik cerita dengan gaya khasnya yang ceplas-ceplos dan juga selipan bumbu dewasa #uhuk  :D

“Kamu adalah kekuatan saat lemahku. Kamu adalah cahaya saat gelapku. Bagiku, cintamulah alasan jantungku berdetak sampai sekarang.” (hlm. 398)

“Kasih aku kesempatan untuk mendetoks dia keluar dari hidupmu. Dan untuk melakukan itu, aku nggak bisa terlalu jauh untukmu.” (hlm. 357)

“Aku yang sekarang mencintaimu dan hanya kamu seorang. Aku yakin bisa mencintaimu melebihi siapa pun di dunia ini. Kebahagiaanku paling sempurna ketika bersamamu saja. Selain kamu, nggak akan bisa.” (hlm. 391)

Waktu Bang Christian Simamora menelurkan buku baru, langsung masukin novel ini ke WW pas ulang tahun. Dan alhamdulillah, sebulan kemudian kesampaian. Begitulah, alam selalu berkonspirasi mendengarkan permintaan kita #TebarGaramKeberuntungan ƪ(˘⌣˘)┐ƪ(˘⌣˘)ʃ┌(˘⌣˘)ʃ

Banyak kalimat favorit berserakan:

  1. Pada akhirnya, kita harus pasrah pada seperti apa pun kekurangan pasangan kita. Karena memang begitulah prinsipnya cinta. (hlm. 32)
  2. Terkadang, selamat tinggal jadi sesuatu yang teramat sulit untuk diucapkan. (hlm. 74)
  3. Mantan: dulu sumber kebahagiaan, sekarang pencuri kebahagiaan. (hlm. 104)
  4. Bagaimana bisa kamu berhenti mencintai seseorang? (hlm. 108)
  5. Hanya karena kita dulu punya sejarah, bukan berarti kita nggak bisa berteman baik lagi. (hlm. 127)
  6. Lihat 80% yang kamu sia-siakan hanya demi 20% yang kamu kira benar-benar kamu butuhkan. (hlm. 130)
  7. Begitulah keajaiban fotografi, nggak hanya mengabadikan momen penting dalam hidup, tapi juga membekukan kenangan yang ingin diingat. (hlm. 132)
  8. Berhentilah mencari laki-laki untuk membuatmu bahagia. Mulailah menjadi perempuan bahagia yang dicari laki-laki. (hlm. 154)
  9. Kita berdua sama-sama penjahat. Kamu mencuri hatiku. Aku mencuri hatimu. (hlm. 170)
  10. Berbohong adalah hal terhina yang kamu lakukan untuk orang yang kamu cintai. (hlm. 209)
  11. Cinta itu menakjubkan. Cinta itu adalah alasan untuk bangun pagi dengan semangat dan mimpi indah di malam harinya. (hlm. 278)
  12. Kenangan: Jejak rekam masa lalu yang tak rela kamu lepas. (hlm. 302)
  13. Nggak semua orang beruntung punya kerjaan keren dengan waktu fleksibel. (hlm. 306)
  14. Masalah nggak akan selesaih kalo hanya menghindarinya. Mau nggak mau, nyaman nggak nyaman , harus berhadapan langsung dan menyelesaikannya. (hlm. 333)
  15. Mendiamkan masalah justru memunculkan masalah baru. (hlm. 334)
  16. Orang-orang yang jatuh cinta sering lupa, bahagia yang mereka alami sekarang sepadan dengan rasa sakit saat berpisah kelak. (hlm. 346)
  17. Hidup memang penuh warna. Setiap hari adalah petualangan yang baru. (hlm. 349)
  18. Terkadang kita harus berani berkorban besar demi mendapatkan hal terbaik yang kita inginkan dalam hidup. (hlm. 374)
  19. Memaafkan bukan berarti lantas mengubah masa lalu. Memaafkan artinya kamu punya kesempatan untuk memperbaiki masa depan. (hlm. 376)
  20. Relationship bukan sekadar ikatan dua orang yang jatuh cinta, melainkan juga alasan untuk menolak menyerah saat keduanya menghadapi masalah. (hlm. 388)

Banyak juga sindiran halus dalam novel ini:

  1. Perempuan akan berhenti menangis kalo ternyata memang nggak ada gunanya lagi. (hlm. 21)
  2. Buat apa terus menikah kalo bawaannya terus menderita? (hlm. 31)
  3. Semua orang tergila-gila entepreneurshit. Lo buka warteg juga dah bisa ngaku-ngaku jadi CEO. (hlm. 33)
  4. Orang jahat zaman sekarang bisa melakukan apa saja. (hlm. 48)
  5. Pantang cewek nelepon cowok duluan. Kalau dia memang tertarik, ya dia yang nelpon duluan, bukan sebaliknya. (hlm. 86)
  6. Males juga kale pacaran sama cewek yang jahatnya minta ampun. (hlm. 142)
  7. Ada alasanya kenapa seharusnya ada aturan khusus tentang pertemua kembali sama mantan. Kecil banget kemungkinan bakal baik-baik saja. (hlm. 298)
  8. Buat kamu yang mengira, menikah dengan laki-laki kaya akan menjanjikan kehidupan bahagia selamanya –think twice girls. Seriously! Kamu nggak mau kan menjadi menantu yang di luar tersenyum, tapi dalam hati merintih? (hlm. 365)

Ngakak baca judul-judul sinetron/ FTV yang dimainkan Dev😀

  1. Kasihnya Seperti Sungai (hlm. 4)
  2. Dendam Kesumat Kakak Ipar (hlm. 42)
  3. Cinta Datang Menghampiri, Istriku Malah Hidup Kembali (hlm. 48)
  4. Kudusnya Cintamu, Bu Guru (hlm. 101)
  5. Dirajam Rindu (hlm. 171)
  6. Cinta Pertama Si Kutu Buku (hlm. 196)
  7. Setiaku Dibalas dengan Anak Haram (hlm. 310)

Sebenernya pengen iseng juga sih ngitunging berapa kali kata ‘Ish’ dalam novel ini, tapi terlanjur nggak ditandain dari awal. Oya, nemu juga kata-kata ajaib khas penulisnya kayak ‘ibu-ibu bersasak parabola’ di halaman 27. Banyak juga selipan list lagu-lagu kece dalam novelini. Sebenarnya typo nggak nemu, tapi malah nemu beberapa kata yang digarisbawahi, itu sengaja atau nggak sengaja ya? Seperti pada kata ‘there is no friggin’ halaman 193, ‘perawan’ halaman 205, ‘hanya’ halaman 231, dan ‘nggak usah’ halaman 390.

Seperti halnya novel sebelumnya, All You Can Eat, novel ini juga memiliki ilustrasi yang kece dan yeah selalu cowok banget. Merepresentasikan tokoh serial #JBoyfriend kali ini.

Ini adalah novel kesebelas yang ditulis Christian Simamora. Yang ajaibnya lagi, novel setebal  410 halaman ini diselesaikan hanya dalam jangka waktu dua bulan. Maaakkk…skripsi saya aja BAB 1-nya butuh waktu lima bulan buat di acc ama dosen pembimbing… #MalahCurcol ~~~(/´▽`)/

Uniknya, selain ada paperdoll unyu, juga ada Guilty Pleasure suka-suka:

Ehem, novel ini khusus buat pembaca tujuh belas tahun ke atas, karena tulisan-tulisan Christian Simamora selalu mengandung ginko biloba, gyahahaha… ~~~(/´▽`)/

Keterangan Buku:

Judul                                     : Guilty Pleasure

Penulis                                 : Christian Simamora

Editor                                    : Alit Tisna Palupi

Proofreader                       : Jia Effendie

Penata letak                       Gita Ramayudha

Desain cover                      : Jeffri Fernando

Ilustrasi isi                           : Levina Lesmana

Ilustrasi paperdoll            : Levina Lesmana &Bening

Penerbit                              : GagasMedia

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 410 hlm.

ISBN                                      : 979-780-713-4

Ini dia paperdoll unyu itu:

Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

7 thoughts on “REVIEW Guilty Pleasure

  1. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s