REVIEW Meet the Sennas

  meet the sennas

Bahkan matematika pun nggak serumit cinta.

Di ulang tahunnya yang ke tujuh belas dia mendapat kado yang serba ajaib. Ayahnya memberikan rumah barbie. Bundanya memberikan piano Casio kecil. Kakek memberinya sebuah sempoa. Nenek memberinya ban renang. Om Sony, pamannya memberikan komik Doraemon jilid pertama. Dennis, kakaknya memberikan gamewatch tetris yang bisa ditekuk. Dan Zenith, adiknya memberikan halma. Sungguh ajaib bukan keluarganya ini?

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Tahu kan kekuatan cinta. Tak ada yang bisa menandinginya. (hlm. 200)
  2. Untuk apa suka kepada orang yang tak akan pernah membalas perasaanku? (hlm. 201)
  3. Semua orang pernah mempunyai cinta pertama, tetapi tidak semua berjalan mulus. (hlm. 231)
  4. Cinta itu enggak akan bisa dipaksakan, kan? (hlm. 242)
  5. Enggak perlu jadi peramal buat tahu lo suka sama dia apa enggak. Dia kan ganteng. (hlm. 249)

Beberapa sindiran halus dalam buku ini:

  1. Kalo cari cewek tuh yang kece. (hlm. 6)
  2. Cantik dan seksi itu enggak bertahan lama, yang ada malah bikin repot. (hlm. 253)
  3. Enggak perlu jadi siapa pun yang cantik untuk disukain cowok. (hlm. 317)
  4. Kenapa sih cewek suka sama cowok dari tampangnya doang? (hlm. 249)

Beberapa bagian favorit:

  1. Kenapa harus soal integral yang keluar?(hlm. 20) – sudah empat tahun bekerja di sekolah, materi integral menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi murid-murid saat duduk di kelas XI I:D
  2. Kalau kamu enggak lulus, kamu bener-bener Ayah kawinin sama sapi, terus tinggal sana di kampung eyang uti kamu. (hlm. 28) – jadi keinget jaman sekolah dulu, mau lulus SMA masih belum punya tujuan jurusan yang diinginkan, rasanya nggak pengen kuliah. Ehhh..almarhum mama ngancam kalo nggak kuliah disuruh jualan telur, kebetulan waktu itu memang lagi pelihara ayam dalam skala besar x)
  3. “Ntar kalo gue dibilang kegatelan, gimana? Kalo gue dibilang suka daun muda?” (hlm. 57) – Dan kenyataan bekerja di sekolah, banyak juga siswa cewek yang berpacaran dengan adik kelas #eaaa :p
  4. “Kasih kami kesempatan sampai kamu lulus SMA. Setelah itu, kamu bisa bebas menentukan pilihan.” (hlm. 193) – Kebanyakan bagi seseorang yang lulus SMA rasanya sudah bebas dari ‘jeratan penjara’ sekolah. Padahal, begitu lulus sekolah, petualangan hidup yang sesungguhnya baru dimulai😉

Selalu suka dengan gaya penulisan Orizuka; ringan dan mengambil tema sehari-hari terutama masalah remaja baik di sekolah maupun di rumah. Hal yang agak mengganjal sebenarnya cuma satu. Di halaman 335 disebutkan bahwa saat Daza merayakan kelulusan, Pak Mulyono mengatakan bahwa nilai dan ijazah sudah ditangannya. Setahu saya, ijazah biasanya keluar jauh lebih lama setelah pengumuman kelulusan, bisa tiga bulan lebih loh😀

Pelajaran moral dari buku ini adalah apa yang terlihat buruk terkadang baik untuk kita. Seperti Daza yang awalnya sangat membenci Matematika, berakhir menyukai pelajaran yang sulit itu. Matematika ibarat Logan. Yang awalnya benci jadi sulit dilupakan #eaaa😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : Meet the Sennas

Penulis                                 : Orizuka

Penyunting                         : Dellafirayama, @jason_isme

Penyelaras aksara            : Fakhri Fauzi, Lian Kagura

Penata aksara                    : Nurhasanah

Perancang sampul           : Fahmi Ilmansyah

Penggambar ilustrasi      : Maima Widya Adiputri

Penerbit                              : teen@noura

Terbit                                    : Januari 2014

Tebal                                     : 364 hlm.

ISBN                                      : 978-602-7816-66-4

meet the sennas 1

Orizuka’s Book Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/04/orizukas-book-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

Indonesian Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

3 thoughts on “REVIEW Meet the Sennas

  1. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s