REVIEW Rahasia Hujan

  rahasia hujan

Jangan percaya ama cinta pada pandangan pertama. Rasa suka yang kamu rasakan bisa jadi karena kamu suka luarnya doang. Belum tentu kamu suka dalamnya juga. Percayalah ama cinta pada klik yang pertama. (hlm. 75)

ANGGI

Rambutnya ikal berwarna hitam agak kecokelatan. Wajahnya tirus. Ujung matanya melancip meski tidak sipit. Hidungnya mancung melandai, bibirnya tipis kemerahan, dan kulitnya putih bersih. Badannya ramping dengan tinggi yang tidak terlalu menjulang kendati rasanya dia lumayan cocok untuk jadi model.

Matanya redup tanpa binar semangat remaja. Bibirnya melengkung ke bawah seolah ada pemberat tak kasat mata menggantung di kedua ujungnya. Pundaknya turun dan punggungnya membungkuk sedikit.

Anggi tidak seperti murid baru kebanyakan. Biasanya, murid baru selalu terlihat gugup, salah tingkah, atau terlalu bersemangat sehingga menciptakan suasana canggung. Namun, Anggi tidak demikian. Dia malah seperti orang yang tidak ingin lagi hidup di dunia ini.

 

NADINE

Ada kecantikan klasik yang dipancarkan oleh Nadine. Parasnya ayu, kenes, mirip ratu ratu keraton. Rambutnya panjang seleher. Wajahnya oval. Kulitnya putih, merona, dan halus. Dan, tubuhnya tidak terlalu tinggi tapi tetap proposional.

Penampilan Nadine pun selalu enak dipandang. Memiliki wajah klasik bukan berarti Nadine terlihat jadul. Justru dia mampu memadukan gaya tradisional dan modern secara well balance. Lihat saja gaya rambutnya yang dipotong bob simetris, dengan ujung runcing mencuat ke depan. Sangat modern, membingkai sempurna parasnya yang klasik.

PANDU

Pandu sebenarnya adalah cowok yang biasa-biasa saja. Hanya saja, dia beruntung punya pacar seperti Nadine yang mengerti segalanya. Bahkan, sahabatnya, Mamet menyebut mereka sebagai pasangan yang serasi. Kisah Pandu dan Nadine berjalan lancar semulus jalan tol.

Pernah kenal seseorang yang psikopat? Saya pernah. Teman SD tepatnya. Tapi pas dulu sih belum kelihatan ‘bibit’ psikopatnya itu. Jadi, dia itu kalo melihat seseorang terutama lawan jenis, pandangan matanya itu agak mengerikan, tajam. Pendiam. Anak pindahan kayak Anggi. Jadi ya paket komplit nggak punya teman. Dulu saya pikir dia seperti itu karena pemalu. Ternyata pas SMA (beda sekolah), baru tahu kalau dia ini termasuk psikopat. Sifatnya makin menjadi. Melakukan hal-hal di luar batas kewajaran. Saya pun pernah mengalaminya. Jadi, dia pernah malam-malam main ke rumah. Untuk nggak langsung dibukain pintu. Pas ngintip dari jendela, ternyata dia. Langsung kabur ke dalam rumah, terus minta tolong bukain adik cowok buat bilang kalau saya nggak ada di rumah. Ternyata adik juga khawatir, sambil jaga-jaga pas buka pintu, dia naro pisau dapur deket meja tamu. Gyahahaha… adik pasti kebanyakan nonton film thriller nih! ~~~(/´▽`)/

Berikut ciri-ciri psikopat yang diambil dari http://cinta-februari.blogspot.com

1. Kurangnya Empati

Ketika hubungan sedang bermasalah, apakah dia tidak pernah menunjukkan emosinya? Apabila dia ternyata tidak punya rasa empati dan simpati terhadap kita, itu menandakan bahwa si dia adalah seorang psikopat.

2. Berbohong Terus Menerus

Ketika dia mulai sering berbohong kepada kita secara berulang kali, kita perlu waspada. Itu bisa juga menjadi salah satu tanda bahwa dia adalah seorang psikopat. Sebab psikopat cenderung suka berbohong dan menutupi diri mereka yang sebenarnya.

3. Tidak Mempunyai Hati Nurani

Seseorang yang tidak memiliki hati nurani merupakan orang yang sangat menakutkan. Terlebih lagi jika setelah ia melakukan kesalahan, ia tidak merasa bersalah sama sekali atas perbuatannya. Itu menunjukkan bahwa orang tersebut adalah seorang psikopat.

4. Selera Humor yang Sadis

Jika dia suka tertawa saat menonton film sadis, seperti Saw, atau tayangan yang menyakiti makhluk hidup lainnya, itu pertanda bahwa dia memang seorang psikopat.

Oya, ngomong-ngomong soal PSIKOPAT, mengingatkan saya akan masa-masa diklat pra jabatan. Pernah suatu kali seorang widyaiswara memberi pertanyaan yang berbentuk cerita. Semua peserta diklat pada bengong, nggak ada satu pun jawaban yang benar. Saya satu-satunya peserta diklat yang berhasil menjawab. Sialnya, yang bisa menjawab adalah ciri-ciri orang psikopat. Glek, hasyem! ~~~(/´▽`)/

Dari sekian buku terbitan Moka Media yang sudah dibaca, baru ini yang bergenre thriller. Awalnya sih jalan cerita seperti tema-tema romance ala remaja putih abu-abu dengan kehidupan pada umumnya. Tapi jika dilihat dari covernya kita pasti langsung bisa menebak jika ini memang tergolong novel thriller. Ini novel lokal kedua yang baca memiliki cover dengan munculnya teru-teru bozu. Sebelumnya ada di cover buku; Dan Hujan Pun Berhenti – Farida Susanty.

 

rahasia hujan 1

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Kadang nggak butuh alasan untuk suka ama sesuatu kan? (hlm. 127)
  2. Semua orang pasti pernah ngalamin nasib buruk. Hanya saja, kita mencari kebahagiaan dengan cara yang berbeda. (hlm. 128)
  3. Wajar kalau kita marah. Itu sangat manusiawi. Tetapi, berusalah agar tidak tenggelam dalam dendam dan kebencian. (hlm. 265)

Beberapa sindiran dalam novel ini:

  1. Emangnya kalo dari luar negeri yang nongol harus bule, ya? Bisa aja kan dia orang Indonesia yang sempet tinggal di luar negeri. (hlm. 2)
  2. Belakangan emang lagi ngetren kok cewek cantik pacaran ama cowok jelek. (hlm. 14)
  3. Jelek-jelek begini yang penting disayang pacar. (hlm. 15)
  4. Tamu harus dilayani bukan dibuat susah. (hlm. 22)
  5. Kadang, penampilan emang gak sesuai dugaan sih. (hlm. 23)

Jalan cerita sangat menegangkan ketika seperempat terakhir buku. Berasa kayak nonton film. Entah kenapa, jika dibandingkan buku-buku yang ada hantunya, malah lebih lebih menakutkan jika ada tokoh psikopatnya. Lebih bikin merinding. Jadi keinget jaman SD, lebih takut nonton SCREAM ketimbang nonton filmnya Suzanna ~~~(/´▽`)/

Tokoh-tokoh ini mengingatkan saya akan para pemeran di Film Ada Apa dengan Cinta. Nadine; ikut eskul mading sekolah kayak Cinta. Mamet yang kocak di buku ini buku mengingatkan tokoh yang namanya Mamet juga di film tersebut. Apakah yang namanya Mamet memang selalu ditakdirkan memiliki sifat konyol?😀

Ada beberapa hal yang agak ganjil di jalan ceritanya. Di halaman 43 disebutkan jika pelajaran olahraga adalah pelajaran terakhir. Pertanyaannya adalah sekolah manakah yang memasukkan pelajaran olahraga di jam terakhir? Yang ada siy, muridnya bisa pingsan semua kena matahari di atas jam dua. Kemudia kejadian menjelang tahun baru di halaman 208 malah disebutkan jika waktu itu tanggal 31 Januari. Mungkin maksudnya tanggal 31 Desember kah?!?😀

Terlepas dari itu, menyukai buku ini. Kalau bisa Moka Media lebih banyak lagi menyuguhkan novel-novel thriller lokal seperti ini. Menegangkan sekaligus bikin ketagihan!😀

Keterangan Buku:

Judul                                     : Rahasia Hujan

Penulis                                 : Adham T. Fusama

Penyunting                         : J. Fisca

Penyelaras akhir               : Dedik Priyanto

Penata letak                       : Indarto Widhi Putranto & J. Fisca

Pendesain sampul           : Fahmi Fauzi

Penerbit                              : Moka Media

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 272 hlm.

ISBN                                      : 979-795-857-4

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

52 thoughts on “REVIEW Rahasia Hujan

  1. Pingback: Luckty Si Pustakawin

  2. Agak serem sih tapi jadi penasaran, belum pernah baca buku tokoh psikopat soalnya.
    Soal beberapa hal yang ganjil itu, menurutku sekolah yang meletakkan pelajaran OR diakhir memang ada kok hehe nambahin aja nih soalnya SMA ku juga diakhir jam ORnya. Baru nyadar juga kalo itu ganjil ya o.o

  3. Iya, pas pertama kali liat kovernya pun aku langsung mikir ke Dan Hujan Pun Berhentinya-Farida Susanty :3

    Tema rahasia hujan cukup berani ya, mengangkat masalah psikologi yaitu psikopat. Pasti kudu riset yang lumayan mendalam. Soalnya biar lebih berasa. Tapi kenapa ya, baik Dan Hujan Pun Berhenti sama Rahasia Hujan sama-sama ngangkat hujan? apa karena hujan ampe segitu kelamnya ya? hmmm😐 *oke abaikan*

    Aku selalu suka caranya ka luckty ngereview. Nggak ngebeberin ceritanya utuh, terus biasanya review-in tokohnya, dan Apa ya, bikin penasaran tanpa spoiler gitu :p

    Aku pengen baca, aku pengen tau siapa yang psikopatnya. Apakah tebakanku benar? Entahlah, semoga iya, dan semoga aku bisa baca bukunya huehehehe :3

  4. Jujur, ini pertama kalinya saya mampir ke sini haha..

    Unik sih kataku, karena di sini gak dibeberkan alur ceritanya sama sekali. Cuma di kasih beberapa bocoran kayak fisik dan ciri tiga tokoh utama. Mungkin biar enggak kelihatan ngebocorin cerita kali ya? Mangkanya review nya di tutupin sama bahan lain kayak ciri-ciri psikopat dan pengalaman penulis mengenai psikopat.

    Meski bagus, aku sih mikirnya mungkin akan jauh lebih bagus ketika review nya lebig fokus ke ceritanya kalinya. Kritik atau mengutarakan pendapat mengenai isi buku. karena kadang ada orang yang beli buku berdasarkan hasil review (termasuk saya hahaha)

    Tapi bagus kok.. sebagai orang yang haus bacaan, saya suka baca reviewan nya🙂 mungkin saya mau keliling2 blog ini dulu sehabis ini. hehe

  5. Itu yang Psycho siapa? Si Anggi, mbak?
    Kasih ulasan ceritanya kayak gimana dong…😀
    aku udah penasaran sama ini novel gara-gara covernya Teru-teru Bozu. Terus kukira isinya ngambil setting Jepang ternyata enggak ya?
    Memang genre thriller itu malah lebih asyik ketimbang horor yang isinya cuma nakutin doang.

  6. Widih…cewek yang jadi tokoh utamanya punya sifat psikopatnya parah minta ampun sampai-sampai dia bertamu aja, si tuan rumah ketakutan sendiri. Dari segi fisik dia, lumayanlahh…tapi dalemya yang gak kuat…Tapi sayang kak luckty gak mbocorin dikit aja kisahnya..bikin penasaran nehh??

  7. Psikopat memang lebih serem dari hantu kayaknya, ya? Katanya kalau hantu masih bisa dirapal doa. Lha kalau psikopat? Hii, bayanginnya aja serem.😦
    Ceritanya sepertinya menarik. Review-nya bikin penasaran, deh. Jadi pengin baca.😀

  8. Wah keren nih… aku gak pernah membaca buku dg tema spt ini.
    Tema psikopat sering diangkat ke layar lebar, tapi sangat jarang diangkat ke buku.
    Salut ama penulisnya yg berani ngangkat tema yg ga biasa ini.
    Tentu saja tema ini berat ga spt tema2 percintaan yg tentunya lebih bisa diikuti dan dinikmati.

    Aih, jadi pengen baca buku ini. Pengen banget dapat gratisannya hehehe…🙂

  9. Reviewnya bkin org penasaran. Apalagi reviewnya ttg buku Rahasia Hujan, novel yg emg bener2 bikin orang kepo. Soalnya tokohnya ada yg psikopat. Kan jarang banget tuh yg critanya sperti itu..
    thanks ^^

  10. waktu tau novel Rahasia Hujan, saya kira ini novel romance ala jepang gitu. Tentang hujan hujan gitu kan suasananya galau2 gitu, jd saya kira novel romance. Tapi wktu liat review ini, saya dpt pencerahan *ciaelah* tentang tema novelnya. Cukup bkin saya pnasaran krna jrang ada buku ttg psikopat sprti novel ini. Apalagi review ini ga jelasin ttg alur critanya, bkin org2 jd mkin kepo. Thanks ^^

  11. Wow!! Hampir saja menipu😀
    Awalnya aku pikir novel Rahasia Hujan ini sama dengan novel romance kebanyakan. Tapi setelah tau dari membaca review ini, Kepoo aku yg berlebihan itu ternyata salah… hahahaa….. sepertinya ini cerita yg komplit. Cerita Cintanya Nadine dengan pandu, siapa itu Anggi.. dan bagaimana psikopat itupun juga bisa terlibat dalam novel ini. Sungguh ingin sekali membaca novel Rahasia Hujan ini…

  12. Wah, review yang bagus. Dari deskripsi tokohnya saja sudah terkesan seram tetapi juga membuatku penasaran pengin baca bukunya. Saranku, mungkin perlu juga ditambahi review tentang jalan cerita dan alur yang ada dalam bukunya agar lebih menarik.🙂

  13. Review nya keren. Mendetal jadi bisa membayangkan lebih awal tokoh-tokoh di dalam novel Rahasia Hujan ini. Kata-katanya juga mengalir apalagi judulnya out of box alias anti mainstream!!!!! Woah like it so much. Semoga bestseller kak.

  14. WOW.. keyeen!! Jarang-jarang nih novel romance yang ternyata ada unsur sadisme wkwk. Jadi penasaran, psikopat dalam novel ini udah tingkat brapa ya hmm.. Aduuh pgn bacaa bukuunya!!

  15. Ikutan lagi ya kak Luckty.. Sebenarnya sih saya nggak terlalu suka sama review nya kakak. Peace. Tapi dibolehin yak ikutan GA nya hehehe

    Well, thriller Indonesia ya? Bukan hal yang mudah loh menulis genre ini. Secara ini termasuk genre yang membutuhkan intelegensi dan pengalaman menulis yang tinggi. Disini semuanya harus serba mendetail. Kalau menurut penerawangan saya sih -uhuk- dan disesuaikan dengan review mbak luckty, thriller di novel ini lumayan laaah. Salut buat penulisnya yang berani ambil genre ini. Berat loh.
    Ada romance nya juga kah? Apakah porsinya seimbang dengan thrillernya atau njomplang? Well, saya berharap lebih banyak thrillernya di 3 per 5 dari isi buku.
    Terakhir kali saya baca novel mysterry, thriller Rencana Besar nya Tsugaeda cukup puas. Detilnya sudah cukup kuat. Hanya saja gaya berceritanya saja yang perlu diasah kembali.
    Untuk novel yang ini ada baiknya dibahas tentang detilnya (penokohan, alur, clu). Secara ini novelnya orang-orang yang punya intelejensi yang tinggi, bisa disebut begitu laah. Mereview Romance dan Thriller tidak bisa disamakan kan ya?

    Buat penulisnya, semoga menelurkan thriller yang lebih baik lagi. Dan semoga konsisten menjadi penulis thriller. Sukses selalu.

  16. Duh mbak, menurut saya ini bukan review novel tapi cuma pengenalan tokohnya saja, sama curcol sedikit hehe(?). Belum sampai ke cuplikan alur cerita. Jadi tidak akan tau bagaimana jalan ceritanya kalau tidak punya novelnya hihi^^ Bagaimana kisah Anggi, si murid baru yang ternyata psikopat😮 penasaran sama novelnya :3 novel ini judulnya “Rahasia Hujan” tapi aku bingung, hujan sama psikopat hubungannya apa ya?😀 duh, jadi penasarannnnnnnnn!!!

  17. Ikutan ya mbak Lucty :))

    Anggi, tokoh ini menarik perhatian saya. Jadi membayangkan dia mirip salah satu tokoh di K-Drama Monstar. Pendiam, misterius, rambut ikal dan lain-lain. Tapi saya yakin, tentu saja kisahnya berbeda. Penasaran dengan novel ini ^^ Rahasia Hujan^^ Ada apa sebenarnya di sebalik hujan yang mungkin berkaitan dengan Anggi? ^_^

  18. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s