REVIEW Dikatakan atau Tidak Dikatakan, Itu Tetap Cinta

  dikatakan atau tidak dikatakan

Jika cinta adalah pilihan, maka dia persis soal pilihan ganda. Jika cinta adalah alasan, maka dia persis soal esai. Jika cinta adalah kesempatan, maka dia persis soal ‘benar’ atau ‘salah’. Jika cinta adalah kecocokan, maka dia persis soal mencocokkan daftar A atau daftar B. (hlm. 7)

Kalimat di atas merupakan puisi pertama yang disajikan dalam buku ini. Dan masih banyak puluhan puisi lainnya. Ini adalah buku kumpulan puisi Tere Liye yang saya baca. Biasanya membaca buku beliau bertema novel ataupun kumpulan cerpen.

Berikut penggalan favorit dalam buku ini:

1. Perasaan adalah perasaan. Tidak kita bagikan, dia tetap perasaan. Tidak kita sampaikan, ceritakan, dia tetap perasaan. Tidak berkurang satu helai pun nilainya. Tidak hilang satu daun pun dari tangkainya. (hlm. 9)

2. Sungguh, jangan habiskan waktu kita untuk seseorang yang tidak pernah tahu bahwa kita menghabiskan waktu demi dia. (hlm. 19)

3. Kenapa kita sakit hati? Agar orang-orang paham dia adalah manusia. Tiap saat kita melalui hidup, lebih sering tidak peduli. (hlm. 27)

4. Menyimpan perasaan itu indah. Karena penuh misteri dan menduga. Sekali dia tersampaikan, tidak ada lagi menyimpan. (hlm. 34)

5. Maka bersyukurlah yang memiliki keluarga. Memiliki teman-teman terbaik. Boleh jadi, kitalah bulan purnama dalam hidup ini. Kitalah gunung kokoh bagi mereka. Dikelilingi orang-orang yang menyayangi kita. (hlm. 43)

6. Maka, besok lusa hormatilah hati orang lain. Jangan sebaliknya, jadi sumber menyakiti hati orang lain. (hlm. 45)

7. Urusan perasaan kadang tak sesederhana kalkulator. (hlm. 51)

8. Bersabar dan diam lebih baik. Jika  memang jodoh akan terbuka sendiri jalan terbaiknya. Jika tidak, akan diganti dengan orang yang lebih baik. (hlm. 21)

9. Tapi sungguh, siapa pun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama dan menakjubkan seperti kupu-kupu. (hlm. 67)

10. Perasaan adalah perasaan. Cinta adalah cinta. Meski tidak kita bilang, tetap saja cinta. Bahkan kalaupun cinta itu ditolak, dihina, dibanting, dia sungguh tetap cinta. Paling disebut dengan cinta tak sampai, cinta terpendam. (hlm. 69)

Di tiap pergantian puisi, selalu ada selipan ilustrasi yang kece. Dan ini beberapa ilustrasi yang menampilkan pasangan baik anak-anak sampai dewasa:

dikatakan atau tidak dikatakan 1 

Dari sekian ilustrasi yang ditampilkan, paling suka yang ini. Bahwa hidup akan lengkap bukan hanya sekedar berdua, tapi bertiga bahkan berempat #eaaa😀

dikatakan atau tidak dikatakan 2

Ah, sayang bukunya tipis banget. Bacanya cuma sekejap! >.<

Keterangan Buku:

Judul: Dikatakan atau Tidak Dikatakan, Itu Tetap Cinta

Penulis: Tere Liye

Cover & Ilustrasi: eMTe

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit: Agustus 2014

Tebal: 69 hlm.

ISBN: 978-602-03-0718-3

Dapatkan buku ini di toko buku online Bukupedia

http://www.bukupedia.com/id/book/id-32-86541/novel-fiksi-cerpen/kumpulan-24-sajak-dikatakan-atau-tidak-dikatakan-itu-tetap-cinta.html

15 thoughts on “REVIEW Dikatakan atau Tidak Dikatakan, Itu Tetap Cinta

  1. assalamualaikum🙂 kamu penggermar tere liye jugaaa ? aah senangnya kalo kita bisa saling share tntang novel ato penulisan di wordpress .. please kindly following me back on wordpress, aku baru punya wordpress jadinya gini heheeee😀

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

  3. ga terlalu suka puisi tapi demi membaca karya tere liye dan membaca review mba dan para komentator nampaknya saya akan memasukn buku ini ke dalam wish list

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s