REVIEW Mantan #CrazyLove

 #CrazyLove: Mantan

Cuma dua kemungkinan kalau kamu mengingat mantan. Sesal atau kesal. Keduanya sama-sama cuma bikin capek hati. Kalau kamu capek, kamu bisa melangkah ke depan. (hlm. 169)

Setiap hari kita bermimpi tentang hidup yang lebih baik. Memperbaiki kegagalan kemarin, menyelesaikan kesalahpahaman dan kesalahan hari yang lalu, bahkan terkadang kita ingin mengubah masa lalu, menghapus kenangan yang menyakitkan. Kita enggak pernah berhenti bermimpi untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik.

Akan tetapi, kadang-kadang keinginan itu membuat kita kehilangan sesuatu yang lebih penting. Mungkin kita harus mencoba apa adanya kita. Menerima segala kegagalan, kesalahan dan masa lalu. Bukankah masa lalu yang menghadirkan kita yang sekarang sedang menantang dan tersenyum menikmati hidup?

Enggak semua hal harus diperbaiki. Ada beberapa hal yang sudah sempurna apa adanya. Berdamai dengan masa lalu bukan berarti melupakan atau memaafkan mereka yang sudah menyakiti kita. Berdamai dengan masa lalu berarti mencoba hidup dengan masa lalu.

Itulah prinsip Illa, pemilik toko My Ex Boyfriend. Sesuai nama judul tokonya, toko ini memuat barang-barang siapapun yang ingin menjual barang dari mantannya. Kebayang ya kalo ada beneran toko kayak gini?!?😀

Toko ini akan menjadi benang merah kisah DANANG, LUKAS, DEVAN, JERICHO si para mantan di setiap cerpen yang ditulis oleh empat penulis yang kesemuanya perempuan. Setiap punya sisi pandang masing-masing mengulas para mantan #eaaa

Butuh berapa lama agar kisah masa lalu dapat memburai hilang? Satu tahun? Atau lebih lama daripada itu. Mungkin setiap orang punya jawabannya sendiri. (hlm. 97)

Setiap orang umumnya punya mantan. Ada yang menyenangkan, banyak juga yang berakhir tidak baik bahkan cenderung saling membenci. Ada, ada banget yang kayak gini.

Banyak kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Beberapa hal baik kemarin dan kita menyebutnya kenangan. (hlm. 9)
  2. Tidak semua kekesalan bisa diluapkan, perlu hati yang tulus untuk menampungnya. (hlm. 192)
  3. Hidup memang enggak pernah bisa ditebak,kan? (hlm. 8)
  4. Hidup selalu penuh kejutan, setiap hari kita mempelajari hari yang baru. (hlm. 17)
  5. Beberapa orang sangat pintar menyabotase kebahagiaan mereka sendiri. (hlm. 21)
  6. Yang kita lakukan kepada orang yang kita cintai adalah memaafkan kesalahannya. (hlm. 23)
  7. Waktu berlalu, seperti air mengalir. (hlm. 97)
  8. Perbuatan baik nggak boleh ditunda. (hlm. 112)
  9. Ingatan memburai seperti asap. (hlm. 124)
  10. Cinta kemudian memberikan sebuah kepedihan. (hlm. 137)
  11. Terkadang ada baiknya kita meninggalkan apa yang kita sukai. (hlm. 149)
  12. Jika kamu merasa mengulang sesuatu, mungkin kamu diberi kesempatan untuk memperbaiki sesuatu. (hlm. 183)
  13. Hubungan antara dua orang nggak bisa dipaksakan, kalau dipaksakan, hasilnya salah satu akan terluka. (hlm. 205)

Beberapa kalimat yang berhubungan dengan MANTAN:

  1. Namanya juga barang pemberian mantan. Ada kenangan yang membuat berat menyimpannya. (hlm. 5)
  2. Menjual barang mantan nggak dosa, kok. Kalo bisa mempercepat move on, kenapa nggak? (hlm. 43)
  3. Sekarang kamu bisa menyebutnya kekasihmu, sedetik lagi, bisa saja kamu menyebutnya mantan. Tidak ada yang tahu kapan orang akan pergi. (hlm. 157)
  4. Seperti setiap kita, barang-barang dari mantan akan bertemu dengan jodohnya dan menjalani takdirnya masing-masing. (hlm. 205)

Beberapa selipan kalimat sindiran dalam buku ini:

  1. Cowok enggak akan pernah mukulin orang yang dia sayang. (hlm. 29)
  2. Memang kalo nggak ditegur bikin sengsara ya? (hlm. 50)
  3. Capek ah, belajar melulu. (hlm. 77)
  4. Kalau sayang, kenapa dia melaukan ini? (hlm. 89)
  5. Ribet ya, jadi anak pertama. (hlm. 103)
  6. Kalo nggak minat nggak apa-apa, kok. Jangan dipaksain. (hlm. 109)
  7. Tapi sekecil apa pun impian tetap impian, kan? (hlm. 119)
  8. Detail terkecil dari seorang yang kita sukai akan menjadi sesuatu yang istimewa dan menarik. (hlm. 127)
  9. Stop bicarain hal yang nggak penting. (hlm. 140)
  10. Zaman sekarang lebih susah cari barang asli daripada barang palsu. (hlm. 181)
  11. Kalau ada benda jatuh, ya jatuh aja, mana sempat kita menghitung-hitung. (hlm. 186)
  12. Kata orang, kalau sekalinya seorang lelaki membuat kejuta tetapi gagal, maka dia tidak akan membuat kejutan lagi. (hlm. 188)
  13. Hal-hal yang paling diingat otak kita biasanya hal yang paling penting, paling menyebalkan atau paling menyenangkan. (hlm. 192)

Jika kumcer LDR #CrazyLove saya baca semesteran kemarin, kumcer ini pun saya baca kebetulan pas ngawas semester ini. Kebayang deh muridnya pada liat buku ini, alamat pada berebutan yang waiting list buat pngen baca buku ini secara ada kata MANTAN #eaaa

Keterangan Buku:

Judul                                     : Mantan #CrazyLove

Penulis                                 : Dy Lunaly, Christina Juzwar, Aiu Ahra, Ayuwidya

Penyunting                         : Dila Maretihaqsari

Perancang sampul           : Nocturvis

Ilustrasi isi                           : Ayu Hapsari

Penata aksara                    : Gabriel

Penerbit                              : Bentang Belia (PT Bentang Pustaka)

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 210 hlm.

ISBN                                      : 978-602-1383-07-0

Short Stories Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/18/short-stories-reading-challenge-2014/

9 thoughts on “REVIEW Mantan #CrazyLove

  1. Wah mbak baca ini pas lagi ngawas, pantess aja pada mau baca apalagi cerita tentang “mantan”, ya emang bener kadang kalo inget mantan bikin sakit hati bawaannya tapi adakalanya mengingat mantan juga membuat kita tersenyum sendiri mbak mengingat yg dulu eaa haha.
    mbak, ini jadi ceritanya tokoh dlm beberapa cerpen disini saling berhubungan ya mbak? Haha aku gak bisa ngebayangin kalo ada toko kayak ex bf itu haha namanya aja udh gitu “ex boyfriend” haha.
    Quotenya mbak ya ampun makasih bgt hihi oh iya quote yang berhubungan sama mantan nomer 3 itu loh nyes banget.
    mbak, punya rekomendasi novel romance? Thanks:)

    • ada empat tokoh, semuanya para mantan, benang merahnya ya toko Ex Boyfriend itu, gyahahaha..kebayang ya kalo ada beneran toko kayak gitu😀

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s