REVIEW Samsung Code

 samsung code

“Memperkirakan apa yang akan terjadi pada masa depan dan bergerak sedini mungkin itu lebih baik daripada hanya berdiam diri. Gagal lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali.” (hlm. 212)

Di Korea Selatan, hiduplah dewa yang usianya hampir seratus tahun. Tak ada yang dapat mengalahkannya, sekalipun presiden yang sangat berpengaruh di mata masyarakat, karena presiden hanya bisa berkuasa selama lima tahun. Korea Selatan adalah negara republik yang demokratis, tetapi tidak ada apa-apanya di hadapan sang dewa.

Siapakah dewa hebat itu? Jawabannya Samsung. Tidak ada lembaga pemerintahan atau kepolisian yang bisa mengusiknya. Samsung seolah bebas dari segala jeratan hukum, walaupun sering bertindak ilegal. Warga negara Korea Selatan pun dijuluki sebagai ‘Rakyat Dinasti Samsung’.

Ya, jaman sekarang siapa sih yang tak mengenal samsung dengan produk-produknya yang selalu berinovasi dan merajai pasar ini? Waktu pegang buku ini rasanya kayak pegang tab beneran. Mudah-mudahan suatu saat bisa punya tab beneran😀 #ngarep

Berikut 27 cara jitu Lee Kun Hee dalam memajukan samsung menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia:

  1. Carilah informasi sebanyak mungkin
  2. Kejar target
  3. Hadapi hidup dengan penuh keberanian
  4. Pemimpin butuh kreativitas, bukan kekuasaan
  5. Sekali lempar batu, dapat lima ekor burung
  6. Kreatif, kreatif dan kreatif
  7. Si satu persen yang menghidupi 99%
  8. Selalu buat target tinggi
  9. Orang inovatif adalah penguasa masa depan
  10. Taklukkan dengan beretiket
  11. Lampaui batasan 0,0001 detik
  12. Pemimpin adalah penentu menang dan kalah
  13. Jadilah pemimpin kharismatik
  14. Pahami konsep pekerjaan
  15. Jadilah pendengar yang baik dan rendah hati
  16. Perubahan dimulai dari diri sendiri
  17. Jadilah penggerak
  18. Berikan penghargaan, walaupun dia gagal
  19. Kemanusiaan dan etiket itu juga menjadi daya saing
  20. Beri banyak wortel jika bagus, sedikit wortel jika buruk
  21. Yang terpenting adalah manusia, manusia dan manusia
  22. Waspada saat terbang tinggi, serang saat genting
  23. Bisnis pada abad 21: bertarung melawan waktu
  24. Lihat tempat terjauh dari puncak
  25. Berpikir berbeda
  26. Kembangkan diri
  27. Siapkan masa depan yang lebih baik dengan banyak membaca.

Dari dua puluh tujuh prinsip yang dijabarkan dalam buku ini, paling suka dengan prinsip yang terakhir; membaca. Kita  bisa belajar secara mendalam, luas, dan fleksibel dengan membaca. Kita perlu membaca agar bisa meningkatkan level pemahaman kita tentang berbagai hal. Kita bisa menghadapi masalah melalui beragam pengalaman atau pengetahuan. Kita juga bisa menemukan solusi dari masalah itu.

Seseorang yang tidak senang membaca dan daya analisisnya rendah tentu tidak akan memiliki banyak pilihan ketika menghadapi masalah. Sebaliknya, orang yang senang membaca, pola pikirnya akan berkembang. Dia juga mudah menemukan berbagai alternatif solusi dari masalah yang dihadapinya. Semakin dia mampu menemukan hal itu, semakin dia bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

Lee Kun Hee mendapatkan pemikiran yang berbeda dan luar biasa hanya dari membaca. Bagi Lee Kun Hee, alkohol dan buku punya kesamaan. Sama-sama memabukkan. Seperti dijelaskan pada halaman 22, samsung membuat dua buku berjudul Manajemen Baru Samsung dan Terminologi Samsung: Mari Satukan Visi. Lee Kun Hee menyusun buku itu berdasarkan data dan informasi yang dia kumpulkan selama ini. Dia pun mendistribusikannya kepada seluruh bawahannya. Hampir setiap pagi semua karyawan diminta membaca buku keduanya. Wow!!

Selain kegemarannya dalam hal membaca, Lee Kun Hee juga hobi menonton film. Bagi sebagian orang, sering-sering menonton film itu sangat membosankan. Namun, tidak bagi Lee Kun Hee. Dia bahkan tidak bosan-bosannya menonton video tentang leyasu Tokugawa. Dia juga sudah menonton lebih dari 1300 film saat masih kecil. Uwow lagi. Jadi keinget, tahun 2010 saya sempat nonton 100 lebih judul film dan itu pun ternyata nggak ada seujung kuku jumlah film yang ditonton Lee Kun Hee.

Kebiasaannya itu tentu bukan sekadar mengisi waktu senggang dan menghilangkan rasa kesepiannya saja. Dia belajar banyak hal dari film hingga membuat ide kreatifnya muncul. Saat hendak menonton film, biasanya orang awam akan melihat siapa pemeran utama yang membintangi film itu lebih dulu. Berbeda Lee Kun Hee. Selain fokus dengan tokoh utamanya, dia pun mendalami setiap karakter tokoh di film itu. Dia juga akan melihat film tersebut dari sisi juru kamera dan sutradara.

Sekarang ini, orang genius adalah orang yang paling banyak dicari, terutama di perusahaan-perusahaan ternama:

  1. Si genius, penentunasib perusahaan pada abad ke-21. (hlm. 70)
  2. Satu orang genius bisa menghidupi puluhan ribu orang. (hlm. 84)
  3. Orang-orang genius yang memiliki kreativitas tinggi menjalani kehidupan dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang. Oleh karena itu, mereka biasanya tidak menjadi ‘pengikut’. Mereka akan menciptakan sesuatu yang baru. Mereka menjadi penggerak. (hlm.143)
  4. Orang yang disanjung banyak orang di dalam dunia bisnis modern seperti sekarang ini adalah orang-orang genius. Mereka bisa memberikan kekuatan dan membuat daya saing perusahaan menjadi lebih kuat daripada sebelumnya. (hlm. 177)

Nah, beruntunglah orang-orang yang genius ya!😉

Keterangan Buku:

Judul buku                          : Samsung Code

Penulis                                 : Kim Byung-wan

Penerjemah                       : Ria Febriyani

Penyunting                         : Adji Annisa Zakiandini

Penyelaras aksara            : Kania

Desain isi                             : Nurhasanah Ridwan

Desain sampul                   : Fahmi Ilmansyah

Penerbit                              : Noura Books

Terbit                                    : September 2014

Tebal                                     : 268 hlm.

ISBN                                      : 978-602-1306-34-5

 

7 thoughts on “REVIEW Samsung Code

  1. Hai, Mba Luckty. Salam kenal, ya. Saya Nisa. Lee Kun-hee memang tokoh yang sangat inspiratif. Dedikasinya untuk Korea semakin kelihatan ketika dia langsung turun tangan kirimkan alat berat untuk angkat kapal Sewol yang tenggelam beberapa waktu lalu dari dasar laut. Keren!

    Oya, Mba, boleh minta email dan nomor kontak Mba Luckty? Ada yang mau saya tanyakan:) Silakan kontak saya via email di vazabooks@gmail.com. Terima kasih sebelumnya, ya…

    Sukses terus buat Mba Luckty:)

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s