REVIEW Hatiku Memilihmu

hatiku memilihmu

Bisakah disebut cinta, jika tak ada rasa percaya? Bisakah disebut yakin, tanpa ada keikhlasan? (hlm. 109)

BRAD SMITH sejak awal sadar, suatu saat akan tiba waktunya DARA kembali ke negaranya. Gadis itu bukan warga negara Amerika, hanya seorang mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Amerika. Dia juga tidak punya hak atas Dara. Dara punya hak untuk pulang ke Indonesia dan tidak kembali lagi ke New York.

Saat ini dia dan Dara tidak terikat hubungan apa pun. Brad ingat awal pertemuannya dengan Dara. Di lorong remang-remang di salah satu bagian New York, saat gadis itu ditodong Nick, adik kelasnya di senior high school.

Dia percaya pertemuannya dengan Dara adalah takdir yang tak bisa dihindari. Pertemuan itu bukan hanya sekali. Entah bagaimana Nick bisa-bisanya menodong Dara sampai dua kali. Dan Brad selalu kebetulan melewati lorong tempat Dara dicegat Nick.

“Kalau kamu nggak bisa kepastian, aku yang akan bikin keputusan. Kita akan bertemu lagi dengan waktu nggak terlalu lama. Dan pilihanmu cuma satu; harus menerima aku.” (hlm. 19)

Dara akan kembali ke Indonesia. Itu kabut yang didengar RICHARD WENNER. Sejak mengenalnya, Richard sadar setelah kuliah Dara akan kembali ke negaranya. Namun, Richard tidak mengira dia akan merasa kehilangan.

Dia harus melihat gadis yang diam-diam dicintainya itu untuk terakhir kali di kota ini. Rasa suka itu belum juga beranjak dari hati Richard. Padahal Dara sudah jelas menolak cintanya dan lebih memilih Brad. Richard sudah berusaha mengikhlaskan. Namun kini perasaan takut kehilangan Dara mulai menyergap lagi. Selama setahun ini diamasih bisa merasa tenang karena kapan pun mau, dia masih bisa bertemu Dara.

Allah maha membolak-balik hati. Siapa tahu suatu saat nanti Dara berubah pikiran. (hlm. 32)

Betapa beruntungnya seorang gadis bernama DARA PARAMITHA yang dicintai dua pria; Richard sang arsitek mapan dan Brad Smith personal band yang menawan. Sebenarnya nggak ada masalah yang berat bagi Dara dalam memilih dua pria yang sama-sama baik dari segi fisik maupun jiwa. Yang masalah sih kalo dua-duanya nggak layak. Siapakah yang akan dipilih Dara? Berhubung Dara harus milih salah satu antara Richard dan Brad, yang satu buat saya aja deh. Dan saya bakal milih Richard😀 #ngarep

Ketika hati sudah memilih, sejauh mana kau membiarkannya membawamu?

Ini adalah buku kedua dari Arumi E. yang saya baca. Dibandingkan dengan buku sebelumnya, ada beberapa kesamaan rumus; setting luar negeri, satu wanita dengan pilihan dua pria, gadis Indonesia bertemu dengan pria luar negeri dan masalah jarak. Alur di buku ini terasa datar, akan terasa greget jika ada peran antagonisnya. Sebenarnya ada Kathy si tokoh antagonis, tapi porsinya kurang banyak. Malah Lea yang seharusnya nggak perlu dibahas terlalu detail mendapat porsi yang lebih banyak dari Kathy. Lea yang hanya tokoh sampingan rasanya terlalu boros jika dijabarkan banyak halaman terutama di halaman 222-245.

Saat Richard menyusul Dara ke Indonesia harusnya bisa memercik rasa cemburu di hati Brad dan bisa menimbulkan konflik yang bikin panas. Berpotensial banget ini, hehehe…

Banyak kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Percayalah, kalau memang berjodoh, pasti ada jalan untuk bersatu. (hlm. 3)
  2. Kita nggak pernah tahu bagaimana rencana Allah untuk kita. (hlm. 24)
  3. Nggak ada yang mungkin di dunia ini. (hlm. 32)
  4. Kalau saling mencintai karena Allah, kita harus yakin dengan ketetapan Allah. (hlm. 54)
  5. Hidayah datang dari mana saja. (hlm. 146)
  6. Tidak ada yang bisa menebak hati manusia. (hlm. 162)
  7. Perbanyak mengingat Allah supaya bisa merasa lebih bersyukur. (hlm. 179)
  8. Manusia memang nggak bisa mengelak dari ketentuan yang sudah ditetapkan Allah. Kita cuma akan mendapatkan yang merupakan hak kita. Jangan mengharapkan yang bukan rezeki kita. (hlm. 248)

Banyak juga kalimat sindiran dalam buku ini:

  1. Betapa berat menahan diri untuk tidak bersentuhan dengan orang yang kita cintai dan inginkan. (hlm. 19)
  2. Dan setelah menikah, kamu harus ikhlas ke mana pun suamimu tinggal. (hlm. 38)
  3. Jangan berharap yang tidak-tidak. Mari kita fokus bekerja. (hlm. 91)
  4. Jangan meremehkan Indonesia. Banyak orang asing yang jatuh cinta pada Indonesia. (hlm. 100)
  5. Susahnya menjaga hati. (hlm. 122)
  6. Pemuda muslim dan gadis muslimah yang sudah cukup umur dan saling menyukai sebaiknya memang segera menikah. (hlm. 113)
  7. Apa salahnya bilang sayang? (hlm. 179)
  8. Memangnya cuma ustad yang taat beribadah? (hlm. 230)

Keterangan Buku:

Judul buku                          : Hatiku Memilihmu

Penulis                                 : Arumi E.

Perwajahan isi                   : Fajarianto

Perwajahan sampul        : eMTe

Penerbit                              : Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 298 hlm.

ISBN                                      : 978-602-03-0480-9

Indonesia Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

7 thoughts on “REVIEW Hatiku Memilihmu

  1. Mbak, aku liat quote-quotenya tentang agama gitu, ini novel tentang agama ya? Kayak beda keyakinan gitu gak mbak? Iyasih kadang kalau ada tokoh antagonis lebih gimana gitu tapi kadang kalo baca malah pengennya gak ada antagonis, serba salah kadang hehe.
    Covernya jujur aja mbak aku kurang suka latarnya putih gitu coba lebih berwarna lagi kata aku sih jadi lumayan hehe.

  2. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

  3. Pingback: REVIEW Eleanor + GIVEAWAY | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s