REVIEW KluBelimbing

   klubelimbing

“Kita tahu dan belajar bahwa tragedi apa pun terjadi bukan karena kesalahan orang per orang. Apa yang terjadi di dunia ini sudah takdir. Setidaknya, ketika kita merasa salah, kita harus cepat-cepat memperbaiki kesalahan itu. Secepatnya sebelum semuanya terlambat. Sebesar apa pun kesalahan seseorang, kita harus memiliki kekuatan untuk memaafkan. Dendam itu tidak baik disimpan dalam hati. Bisa jadi racun yang membuat kita semua menderita.” (hlm. 100)

Lima cowok. Lima kepribadian. Lima hobi. Lima kelebihan. Lima kelemahan. Lima yang membentuk KluBelimbing:

  1. Cecep The Chef. Cecep, nama sebenarnya adalah Asep Jayabaya. Dari namanya saja, kita bisa mengetahui bahwa remaja ini merupakan urang asli sunda. Lahir dari keluarga yang sederhana. Kepergian ayahnya lima tahun yang lalu menjungkirbalikkan perekonomian keluarganya. Dia harus membantu ibu bekerja keras, demi masa depannya dan dua adik perempuannya; Hana dan Sinta.
  2. Adrian Syailendra. Berambut agak ikal, berkulit kecoklatan, berdada bidang dan betubuh tegap. Terkena kasus tawuran. Dia melakukan itu dengan dalih melakukan pembelaan diri.
  3. Tommy Dylan. Punya pesona meluluhkan hati para lawan jenisnya dan bikin klepek-klepek. Kelebihan yang dimiliki Tommy ini digunakan untuk merayu gadis-gadis, tidak hanya yang seumuran, tapi juga seorang mahasiswa pelatih taekwondo yang usianya di atas Tommy. Benar-benar nekat.
  4. Bayu Kartika. Terkenal sebagai remaja cepat tanggap dan siap sedia menolong sesama. Namun, ada satu peristiwa yang menyeretnya untuk tergabung dalam klub ini.
  5.  Bimo Martopo. Tubuhnya berkulit gelap. Walaupun tubuhnya tak terlalu tinggi, banyak yang merasa segan dan terintimidasi dengan matanya yang cukup tajam. Dia menunggak bayaran sekolah selama tiga bulan karena kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan.

Lima remaja cowok ini memiki kasus yang berbeda dan sekolah memberi ‘hukuman’ dengan menugaskan mereka mewakili sekolah pada puncak acara sumpah pemuda SMA sejabodetabek nanti. Tema kali ini festival buah nusantara. Konsepnya seperti bazar. Satu stan mewakili satu buah tertentu sekaligus tema yang dipilih. Dan kelima remaja ini memilih buah belimbing. Buah unik yang sebenarnya memiliki keistimewaan seperti mereka.

Beberapa kalimat favorit:

  1. Menjalin relasi itu penting. (hlm. 9)
  2. Kalahkan dengan cara elegan. Bukan dengan otot, tapi dengan otak. (hlm. 23)
  3. Ternyata jatuh cinta bisa bikin semangat. (hlm. 41)
  4. Nggak baik mutusin silaturahmi. (hlm. 84)
  5. Pohon-pohon yang dirawat dengan kasih sayang, dibelai, diajak bicara, dan dianggap teman akan menghasilkan buah dan bunga yang semakin banyak dan subur. (hlm. 92)
  6. Takdir bisa berubah jika saja manusia berupaya keras mengubahnya. Jika sesuatu akan terjadi, sebenarnya seluruh alam akan mendukung demi terjadinya takdir itu. (hlm. 94)

Beberapa sindiran halus dalam buku ini:

  1. Mau jadi apa kalian saat dewasa nanti jika merasa enteng-enteng saja setelah melakukan pelanggaran? (hlm. 12)
  2. ABG, peralihan dari masa kanak-kanak ke remaja. Jadi, wajar aja kalo masih antusias ama cowok. (hlm. 18)
  3. Dasar orang Indonesia, suka banget nyampah sembarangan! (hlm. 21)
  4. Model muka kaya lo bukan selera gue! (hlm. 27)
  5. Memang ada semacam ‘peraturan’ tak tertulis dalam masyarakat bahwa anak sulung dalam sebuah keluarga harus mendapatkan pendidikan terbaik. (hlm. 30)
  6. Ndak usah pedulikan hal-hal lain. Tugasmu belajar. Titik. (hlm. 31)
  7. Jarang lho, anak gadis jaman sekarang yang suka masak. (hlm. 49)
  8. Kamu tuh mau diapain lagi ototnya? Sudah segede itu masih kurang? (hlm. 50)
  9. Jangan bermain asmara sama adik sahabat lo sendiri. (hlm. 83)

Daftar tugas KluBelimbing Meraih Bintang:

  1. Hana, Bu Rara, klub rumah pohon: Jus, Sirop, Rujak
  2. Bunda, Adrian, Sinta: Pai
  3. Bunda Adrian: Dodol
  4. Mami Bayu: Cupacake Belimbing
  5. Cecep: Memasak nasi goreng belimbing on the spot
  6. Tommy: Memainkan musik
  7. Bayu: Menghias kendaraan dengan ornamen belimbing
  8. Bayu dan Bimo: Dekorasi stan, termasuk bibit pohon belimbing untuk dijual
  9. Adrian on the spot: presentasi penyelamatan penyu belimbing (konservasi dan pelestarian alam).

Dari daftar tugas para anggota KluBelimbing di atas sebenarnya berpotensi banget jika dikembangkan alurnya dengan menjabarkan setiap resep-resep dengan segala rupa belimbing itu. Pasti bakal lebih memikat dan menjadi nilai plus novel ini. Cuma menemukan satu resep yang dijabarkan, yaitu pai belimbing.

klubelimbing 1

Inilah rupa-rupa olahan makanan terbuat dari belimbing yang dijabarkan dari buku ini hasil googling:

klubelimbing 2 klubelimbing 3 klubelimbing 4 klubelimbing 5 klubelimbing 6 klubelimbing 7 

Selain makanan, ternyata ada juga penjabaran sekilas tentang penyu belimbing. Coba ini juga dijelaskan lebih detail pasti menarik karena tidak semua orang tahu tentang penyu belimbing.

Menurut WIKIPEDIA, Penyu Belimbing gergasi (Dermochelys coriacea) merupakan satu daripada tujuh spesies penyu di dunia, dan merupakan yang terbesar. Penyu Belimbing selalunya memilih kawasan pantai yang gelap, sunyi dan berpasir untuk bertelur dan Rantau Abang, Malaysia merupakan salah satu daripada destinasi untuk penyu Belimbing bertelur selain daripada 3 kawasan persisiran pantai Amerika Selatan, “Las Baulas”.

klubelimbing 8

Novel ini temanya unik dan endingnya tak terduga. Sayangnya tipis banget. Kemudian endingnya terkesan buru-buru, padahal banyak banget hal-hal yang bisa dijabarkan. Selain resep-resep makananan ala belimbing yang telah saya jabarkan tadi, alangkah kecenya jika saat pelaksanaan hari H bazar ditambah hal-hal yang menegangkan.

Terlepas dari itu, suka gaya penulisannya. Semoga lain kali ada kesempatan bisa membaca buku karya Mbak Nuri Dhea yang lainnya😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : KluBelimbing

Penulis                                 : Nuri Dhea S.

Desainer cover                  : Rendy ‘Radit’ Aditya

Penata isi                             : Novita Putri

Penerbit                              : Grasindo

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 108 hlm.

ISBN                                      : 978-602-251-591-3

Indonesia Romance Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

Young Adult Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/07/young-adult-reading-challenge-2014/

New Authors Reading Challenge 2014

https://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

24 thoughts on “REVIEW KluBelimbing

  1. Pingback: GIVEAWAY KluBelimbing | Luckty Si Pustakawin

  2. LUCKTY…. seneng kamu dapat banyak buku keren, Klubelimbing temanya lagi2 unik, tentang persagabatan 5cowok dan dihukum dengan cara yang unik, menghukum yang mendidik ini namanya. Kenapa mereka milih buah belimbing ya? Penasaran. Daftar tugasnya seru. Dan terima kasih info tentang peyu belimbing ternyata baru tau ada penyu cantik kayak gitu, dan…. kesal kenapa foto makanannya enak bikin ngiler? AYo tanggung jawab buat kirim makanannya ke Padang ^^,

  3. 5 cowok dengan segala hal yang dimiliki mereka berbeda-beda…eeeuumm kalau 108 halaman dibagi 5 cerita latar belakang dari masing-masing karakter pasti sedikit, betul kata mbak luckty..dengan ide yang kreatif ini, seharusnya ceritanya bisa dijabarkan dan diupgrade, tapi selebihnya bagus dan easy.

    • aaaaa ,novelnya unik kak ada resep nya lagi patut dicoba tuh buat bikin pai belimbing dirumah . Trus kalo ada lomba masak bisa lihat resepnya langsung dinovel ini😉

  4. Siapa yg berbuat dia harus bertanggung jawab… Bayang2 masa lalu mungkin dampak dari keterpurukan masa depan. The real life!!! YOU MUST CHOICE !!! BIRTH (CHOICE) DEATH!!! Harga mati utk LOSER!!

  5. Novel yang menceritakan tentang persahabatan 5 cowok yang berbeda karakter. Mereka memiliki tugas yang sama, mewakili sekolah dalam acara sumpah pemuda SMA. Kalau dari review yang udah saya baca, novel ini kayaknya menarik. Temanya unik. Aku jadi penasaran banget pengen baca karena baru pertama kali ini ketemu novel dengan tema seunik ini.

  6. Ide tentang tema dan tokoh2nya lain dari yg lain :))
    Review nya lagi2 bikin tertarik bin penasaran..
    Soal tipisnya novel sepertinya novel2 grasindo memang tipis2 ya.. Kayak kurang puas gitu pengen ada beberapa adegan tambahan.
    Mbak luckty jg niat nih nyari foto2 makanannya hehe~
    Trims reviewnya benar2 menarik🙂

  7. Assalamualaikum mba salam dari Tasikmalaya ^_^
    Yang menarik itu judulnya beruba buah, tapi tak di sangka menceritakan 5 sahabat yang menyatukan 5 karakter berbeda. Apalagi ada resep masakan, sangat menarik. Foto-foto makanan itu bikin ngiler mba heran juga benarkah semuanya dari bahan dasar belimbing.
    Setelah di review oleh mba luckty ternyata mengandung banyak unsur ilmu pengetahuan yang harus lebih banyak dikembangkan. Termasuk penyu belimbing, saya baru pertama kali ini melihatnya lho. Tentu kalau lebih digali lagi akan sangat bermanfaat dalam menambah wawasan.

  8. AAAAA… PENASARAN! #kepslepas

    Temanya unik (dan aku suka buku yang anti mainstream) serta mengangkat unsur friendship. Dan dari dskripsi kakak, aku kepo banget gimana kisahnya sampai nama klub mereka jadi belimbing😀

  9. Entah kenapa waktu baca kalo buku ini bercerita tentang 5 orang remaja cowok, jadi langsung inget sama ceritaku tentang 5 remaja cewek yang saling bersahabatan. beda-beda tapi itu yang menyatukan. jadi pingin cepet nyelesain. kurang nyeritain bagian kelas 3 SMA dan mimpinya.

  10. wow, makasih banyak lho Kak Luckty udah menyempatkan mencantumkan foto-foto makanannya dan sekilas info tentang penyu belimbing di review ini. jadi kebayang duluan deh gimana nikmatnya kalo kesampean bisa baca novelnya.😀 kind of book yang menunjukkan respect pada lingkungan ya. novel ini inceran dari kemaren2 nih tapi ga menang2 di beberapa giveaway-nya hiksss.😦

  11. Setelah baca reviewnya, aduhhhhh x_x rasa penasarannya keluar bukan main. Jadi pengen baca! Aku suka novel yang alurnya nggak bisa ditebak. Ini salah satunya

  12. waduh 108 halaman? tipis juga ya mbak..
    wah, sesuatu hal yg baru nih mbak melampirkan foto-foto sebagai pelengkap visualisasi novelnya.. keren juga mbak🙂 penggambaran ke-5 tokoh pun sudah cukup jelas dan jelas-jelas reviewnya bikin penasaran pengen baca hehe
    saya suka sudut pandang penulis yg dapat memposisikan diri di sudut pandang cowok, keren!

  13. cerita persahabatannya sama kayak persahabatanku sama sahabat²ku. Aku suka Tommy Dylan😀 (padahal belum baca) kayaknya dia yg paling ganteng dehh. Gak sabar nungguin pemenang giveawaynya biar bisa baca sampe habis.

  14. Again novel tentang persahabatan..seneng banget padahal cuma baca reviewnya..hihi
    Semoga berharap bisa menang sih..selain penasaran sm lika-liku perjalanan kisahnya jg kepo sama judulnya ^^

  15. Dah hampir tiga buah novel yang pernah aku baca, mengambil nama tokoh Dylan.. Biasanya si Dylan itu anaknya nakal😛 Gak tau deh, Dylan di novel ini gimana..

    Temanya persahabatan KluBelimbing.. Belimbing itu ada asemnya kan ?.. Jadi penasaran, perjalanan mereka berlima yang asem itu apa ?.. Dari review-nya kakak (selain hukuman yang datang dari sekolah), aku nemu satu konflik yang “keliatan”nya bakal asem banget.. Ada salah satu dari mereka yang suka dengan adik salah satu sahabat KluBelimbing tersebut.. Entah siapa, gak tau !

  16. nama: argalitha
    akun twitter: @argalitha
    kota tinggal: Pasuruan

    karakter Bimo yang berkulit gelap mengingatkan saya pada Bimo pada novel dan film Jomblo. Hihi. Apana nama Bimo memang identiknya begitu yaaa?

    Jadi penasaran, padahal semuanya cowok, kenapa milih nama belimbing? apa karena bentuknya yang seperti bintang? agar mereka bisa meraih nilai tertinggi alias bintang? ataukah agar bisa ‘bersinar’ layaknya bintang?

    Daftar tugasnya Bo’… ini kayak kelas tata boga ya? yah namanya juga festival buah nusantara, hihi. Jadi penasaran bagaimana kalau para cowok yang masak. Untung ada Cecep The Chef dan saya yakin klub ini bakal jadi jawaranya.

    enggg…foto2nya bikin ngiler…

    Novel “KluBelimbing” ini unik ya. Dari nama, tema, isi… saya baru nyadar kalau segala hal tentang belimbing bakal dikupas dalam novel terbitan Grasindo ini. Tapi… tipis ya? Bagaimana kalau dibikin part 2-nya? Toel2 sang penulis…Mbak Nuri Dhea, hihi.

  17. Pingback: Daftar Bacaan Tahun 2014 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s