Label Pustakawan 2014 (Part 2)

1

Kalo tahun-tahun sebelumnya saya hanya buat satu postingan tentang LABEL PUSTAKAWAN tiap tahun, tahun ini saya bagi dua postingan biar nggak kepanjangan kayak kereta api😀 #dikepruk

JULI

Kurikulum 2013 sebenarnya sudah dimulai dari tahun lalu, tapi buku pelajaran yang ada hanya tiga pelajaran. Nah, semester ini otomatis kelas X dan XI semua sudah harus memakai buku kurikulum baru. Ada delapan pelajaran yang sudah ada bukunya. Kebayang kan saya harus kerja rodi satu bulan ngentri buku sekitar 5.000 eksemplar ini dengan dua tangan, bulan puasa pula!😀

2 3

Nggak semua perpustakaan sekolah pakai sistem barcode dalam peminjaman buku, yang artinya cuma di cap ama dilabelin doank. Banyak juga yang bilang saya kerajinan, dan menyarankan biar cepet selesai nggak usah dibarcode aja. *Lha, gue yang pegang perpus aja seneng, situ yang ribet?!?😀

 

Ternyata ada pustakawan yang lebih niat dari saya, adalah pustakawan SMK N 3 yang pas saya ke sana tiap muridnya dikasih kresek yang udah ada delapan buku mata pelajaran, jadi semacam kayak kendurinan gitu, tiap murid dapet kresek satu-satu. Wuih…sungguh berdedikasi banget Mbak Norma, si pustakawan satu ini. Sayang waktu ke sana nggak bawa hape berkamera, jadi nggak ada dokumentasinya😦

 

Mengolah buku memang ibarat proses hidup manusia, makin sempurna makin banyak proses yang harus ditempuh. Saya mau banget meski ini labelnya ‘buku pelajaran’, kemasannya harus cantik; harus diinventaris, di cap (ada tiga macam), di entri, di barcode, di kasih slip bagian belakang plus di kasih call number.

 

Kalo kemasannya cantik, pasti murid unyu suka kan pegang bukunya, apalagi barcode-nya warna-warni😀

4 5

Nggak mungkin ya saya mengerjakan semuanya sendirian, kalo soal ngentri plus sekalian buat barcodenya memang saya seorang diri. Tapi kalo urusan nge-cap, nempel slip dan nempel call number plus nempel barcode dibantu murid-murid unyu kayak gini. Meski bulan puasa, mereka tetap semangat membantu. Kalo hari biasanya saya kasih gorengan, berhubung bulan puasa di foto aja mereka udah bahagia😀 *itung-itung beramal di bulan Ramadhan 6

Ini PEMUSTAKA TERBAIK Periode JULI: 7

AGUSTUS

Begitu buku-bukunya selesai, perpus udah kayak badai. Yang mau pinjem buku kayak mau antri beras. Padahal tiap murid pasti bakal dapet semua buku, tapi mereka khawatir nggak kebagian bukunya. Saya diserbu bak seleb!😀 #dikepruk

8 9

Kurikulum 2013 juga bakal ada pelajaran muatan lokal. Bukunya bagus-bagus kayak gini: 10 11

Di saat perpustakaan suasananya bak kapal pecah kena tsunami, pas banget ada Tim Lomba Perpustakaan Sekolah dari Perpustakaan Provinsi datang untuk menilai. Saya mah nggak ngarep apa-apa, lha wong perpusnya nggak nyiapin apa-apa, seadanya banget. Buku-buku baru masih banyak numpuk di meja, kardus-kardus pun masih berjejeran belum sempet diberesin. Potongan kertas-kertas call number dan barcode pun masih bergelimpangan. Pasrah saja…😀 12

Ini Pemustaka Terbaik Periode Agustus: 13

SEPTEMBER

Bulan ini adalah Bulan Hari Kunjung Perpustakaan. Rencananya sih spontan aja. Jadi malam-malam saya share info ini, nggak nyangka besok pagi pada antusias ke perpus buat ikutan lomba-lomba. Lha, saya malah belum siap. Akhirnya lomba dimulai hari ketiga September sampai akhir September😀

14 15

Lomba yang paling banyak diikuti adalah LOMBA MENGHITUNG BUKU😀 16 17 18

Lomba Membuat Poster pun nggak kalah kece: 19

Alhamdulillah, lomba tempo hari Juara 2 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi: 20

Ini Pemustaka Terbaik Periode September: 21

OKTOBER

Kesampaian juga punya rak khusus novel-novel😀

22

Buku pelajaran baru (lagi) 23

Kartu Perpustakaan Sekolah baru jadi: 24

Ini Para Pemenang Rangkaian Lomba Hari Kunjung Perpustakaan: 25 26 27

Ini Pemustaka Terbaik Periode Oktober: 28

NOVEMBER

Buku pelajaran baru (yang tiada habisnya)

29

Yay, banyak novel-novel baru😀 30 31 32 33 34

Mengantarkan murid yang rajin baca mejeng di majalah remaja:

35

Ini Pemustaka Terbaik Periode November:

36

DESEMBER

Mengantarkan sekolah mejeng dua halaman di majalah remaja:

37

(lagi) buku pelajaran baru: 38

Dapet sumbangan dari Diknas Kota: 39

Musim remedi, tandanya perpus udah rame dari sebelum bel masuk😀 40

Perpus juga bisa jadi tempat refreshing loh:

41

Alhamdulillah, di penghujung tahun, CPU buat program perpus sudah diganti yang baru, nggak lelet lagi, tampilannya pun lebih unyu😀

42

Cerita sebelumnya bisa dibaca di sini:

  1. Label Pustakawan 2011 https://luckty.wordpress.com/2012/01/14/label-pustakawan-dan-aroma-buku-di-2011/
  2. Label Pustakawan 2012 https://luckty.wordpress.com/2012/12/31/aroma-buku-di-2012/
  3. Label Pustakawan 2013 (Part 1) https://luckty.wordpress.com/2013/07/05/label-pustakawan/
  4. Label Pustakawan 2013 (Part 2) https://luckty.wordpress.com/2014/01/09/label-pustakawan-2013-part-2/
  5. Label Pustakawan 2014 (Part 1) https://luckty.wordpress.com/2014/07/05/label-pustakawan-2014-part-1/

 

 

22 thoughts on “Label Pustakawan 2014 (Part 2)

  1. Pingback: Label Pustakawan 2015 (Part 1) | Luckty Si Pustakawin

  2. Pingback: Giveaway Pustakawin | Luckty Si Pustakawin

  3. Makin sempurna makin banyak proses yang harus ditempuh :3
    udah lengkap sana sini ya, cuma yang jadi pertanyaan buku sebelum k13 pada dikemanain, diabaikan gitu aja…

  4. Wihhh sedep banget ya bisa ikutan lomba yang positif begitu.
    dulu pas SMP pernah jg terlibat dalam mading dan mading sering mengadakan lomba membuat poster dan cerita ataupun puisi. Dan aku waktu itu ikut lomba bikin puisi dan alhasil menang dan ditampilin didalam mading.

    hihihih jadi pengen jadi anak SMA kembali dengan bersekolah di tempat kakak jadi pustakawan.
    hahaahay semangat kak, membangun sekali artikelnya😀

  5. Kayanya masa mudaku kurang bahagia beneran. Perpus biasa biasa aja. Ga semenarik ini. Anda orang semarang mba jaga perpus sekolahku. Ga istirahatpun nongkrong aku diperpus.

  6. Jadi kepengen, perpus disekolahan sy dulu belajar seperti ini, pasti banyak yang minat baca. Masih minim bukunya dan gak sekeren ini sih😀 menarik banget.

  7. mba lucky creatif banget, hadiah buat Pemustaka Terbaik keren, pesen boleh ga? wkwkwkkk.
    Selamat yaaa buat juara Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi nya, usaha yg mengagumkan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s