REVIEW Garuda

garuda 1
 

Tantangan pertama ketika membuat komik Garuda Superhero adalah merancang versi gambar dari karakter ‘live’ Garuda.

Untuk menggambar sosok Garuda secara berulang-ulang, harus dibuat penyederhanaan bentuk tanpa menghilangkan esensi bentuk karakter aslinya. Justru harus memperkuat karakteristiknya.

Rancangan ini dibuat dengan memikirkan bahwa versi karakter ini harus mudah diadaptasi ke lintas media, berupa ilustrasi, animasi, model tiga dimensional, dan variasi aplikasi lainnya.

Karakter versi gambar ini harus memiliki siluet dan atribut yang mudah dikenali dan dibedakan dengan karakter sejenis lainnya, juga harus fleksibel dan dinamis untuk digambar dalam berbagai pose aksi.

garuda 2 garuda 3 garuda 4 garuda 5
Komik ini sayangnya tipis banget, jadi bacanya cuma dalam hitungan menit. Padahal Garuda versi komik ini keren loh, dan saya paling demen ama komik-komik lokal kayak gini, nggak kalah kece dibandingin ama komik luar negeri!😉

Keterangan Buku:

Judul: Garuda

Cerita dan gambar: Oyasujiwo

Desain dan layout: Tim Ajaib Studio

Penyunting: Nurhadiansyah

Penyelaras aksara: Lian Kagura

Penerbit: Noura Books

Tebal: 100 hlm.

Terbit: Desember 2014

Tebal: 978602098926-6

10 thoughts on “REVIEW Garuda

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Dari judulnya aja udah sangat kental dengan yg namanya melindungi, mengayomi, membela kebenaran. Garuda. Super Hero kita ! Komik indoneaia banget oiiy! jadi pengen punya juga…

  3. Mungkin aku akan lebih tertarik kalo buku ini dalam bentuk novel, bukan komik. Aku kurang tertarik sih sama komik. Komik ada gambar2nya, aku lebih suka novel yg cuma tulisan biar ngebuat imanjinasi kita bener2 bermain

  4. Menurut aku gambarnya kurang menarik sih kak. Btw ceritanya seru nggak tuh, hehe. Aku pribadi lebih tertarik ke isi cerita dibanding gambar.😄

  5. Wah! Aku baru tau loh klo ternyata Kak Luckty juga membaca (dan mereview novel grafis/komik) ^^.

    Btw, meskipun novel grafis/komik Garuda ini memang hanya sedikit halaman (tentu saja terhitung sedikit kata2nya karena gambar lebih berbicara, bukan?), kurasa akan lebih oke lagi jika Kak Luckty bisa mereviewnya lebih dalam lagi deh! Misalnya saja, bisa diberitahu ada berapa chapter (atau dalam komik Garuda ini disebut File), chapter apa yang paling menarik, penokohan dan karakter-karakter yang muncul dalam komik ini, dll.

    Jujur aja, aku juga termasuk salah seorang penikmat novel grafis/komik loh! Dan emang kadang agak kesulitan juga jika harus mereviewnya, khawatir bakalan spoiler. Hehehe.

    Kutunggu loh review komik/novel grafis lainnya! ^^

  6. Komik, sekarang makin sering bermunculan karya-karya anak negeri. Kalo komik yang saya inget malah kisah-kisah mahabrata dan kawan-kawan yang ayah saya punya. RA. Kosasih, siapa yang gak kenal ya, bahkan sekarang semua karya cetakan pertamanya mulai diburu oleh para kolektor dan dibuat cetakan barunya.

    Saya pernah menonton acara anak, animasi karya anak Indonesia. Ceritanya masih bersangkutan dengan cerita sejarah Indonesia tapi dengan unsur modern. Ga berlangsung lama, tiba-tiba berhenti, mungkin karena kurangnya apresiasi masyarakat.

    Sebenernya bagus ya, kita jadi punya pahlawan sendiri tanpa harus melirik negara-negara yang lebih dulu mengeluarkan tokoh pahlawan. Hanya saja, rumput tetangga masih lebih hijau, jadi spiderman, superman dan batman masih jadi tokoh pahlawan super yang sangat diminati😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s