REVIEW Longest Love Letter

longest love letter

Pura-pura jatuh cinta bagiku tidak sulit! (hlm. 93)

LEE JUN PYO. Seorang aktor yang tak pernah peduli pada para penggemarnya. Tak ada satu pun penggemar yang benar-benar diingat Lee Jun Pyo. Baginya, penggemar hanyalah sekelompok orang yang mengganggu privacy-nya, tidak lebih. Walaupun Park Hyun Joon berkali-kali mengingatkannya, bahwa namanya sebagai salah satu aktor Korea Selatan terpopuler, tak akan sebesar ini tanpa dukungan-dukungan penggemarnya. Lee Jun Pyo memang seorang lelaki yang menarik. Tubuhnya tinggi tegap hingga mencapai 184 cm. Wajahnya tampan. Alisnya tebal. Segala persyaratan menjadi artis idola dimilikinya. Karena itu penggemarnya banyak sekali. Di usianya yang kini telah 25 tahun, karir keartisannya semakin cemerlang. Sudah belasan film dan drama seri ia mainkan. Selain banyak penggemar yang mengaku jatuh cinta padanya, beberapa ada juga yang menyatakan benci, mengancam ingin membunuh atau menculik. Segala macam tindakan aneh penggemarnya sudah pernah dirasakan Lee Jun Pyo, termasuk pernah ada seorang penggemar yang mengaku sudah dihamili olehnya kemudian menuntut untuk dinikahi. Butuh proses panjang bagi Lee Jun Pyo untuk membuktikan bahwa tuduhan penggemarnya itu tidak benar. Karena itu, ia tidak pernah mau membaca surat-surat dari penggemarnya. Semua itu ia serahkan pada Park Hyun Joon manajer pribadinya. Setiap hari ratusan email dan surat dikirim untuknya. Entah bagaimana Park Hyun Joon sanggup membaca semuanya. Yang jelas, Lee Jun Pyo tak pernah sempat membacanya satu pun juga, apalagi membalasnya.

JO EUN HYE. Namanya sudah sangat dikenal, bukan hanya seantero Korea Selatan namun hingga ke negara asia lainnya seperi Taiwan, Hongkong, Singapura, Jepang, Indonesia, Thailand, dan lainnya. Hidupnya dipenuhi kebohongan. Ia bukan hanya artis di depan sorotan kamera atau di atas panggung, tetapi ia berakting sebagai Jo Eun Hye, padahal ini bukan identitas sesungguhnya. Satu kebohongan yang sudah dirancang harus diikuti dengan kebohongan-kebohongan selanjutnya. Agar sandiwaranya tidak terbongkar.

Mendapat kesempatan menjadi lawan main Lee Jun Pyo dalam sebuah film adalah mimpi hampir semua artis Korea Selatab. Begitu juga dengan mimpi Jo Eun Hye. Sebenci apa pun Jo Eun Hye pada Pulau Jeju, tetapi apablila peran ini memberi ia kesempatan untuk bisa berdekatan dengan Lee Jun Pyo, apa pun rela dilakukan.

Jika dilihat dari nama para tokoh utamanya, kita bisa menebak jika buku ini bersetting Korea. Apalagi ditambah tempat-tempat andalan di Korea, seperti deskripsi Pulang Jeju yang lumayan banyak bertebaran di novel. Kita juga mendapat pengetahuan seputar haenyeo yaitu sebutan untuk wanita yang menyelam memburu abalone. Sekarang ini, haenyeo menjadi ikon wisata Pulau Jeju. Kemudian ada juga selipan tentang Tebing Jusangjeolli yang terbentang di sepanjang pantai selatan Pulau Jeju. Bentuk batuannya sangat unik, heksagonal, segi delapan yang bertumpukmenyerupai pilar. Penduduk setempat menamakan batun ini ‘batu jisatgae’. Batu-batuan ini menjulang setinggi 20 meter dan membentang sejauh 2 km sepanjang Pantai Daepo. Tak ketinggalan ada juga tentang Museum Seni Trick Eye.

Keterangan Buku:

Judul                     : Longest Love Letter

Penulis                 : Arumi E.

Editor                    : Anin Patrajuangga

Desainer cover  : Maria Sylvia

Penata isi             : Phiy

Penerbit              : Grasindo

Terbit                    : 2013

Tebal                     : 279 hlm.

ISBN                      : 978-602-251-130-4

10 thoughts on “REVIEW Longest Love Letter

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Apa ujugnya2 si org yg berakting sbg Jo Eun Hye itu akhirnya bersama Lee Jun Pyo? Si Eun Hye pasti salah satu fansya Jun Pyo ya?

  3. Aku kira ini buku terjemahan, ternyata ka Arumi juga penulisnya. Pertama baca judulnya aku pikir ini sad ending, covernya sendu banget. Apa hubungan sama Jo Eun Hye

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s