REVIEW Oppa and I: Love Signs

oppa & i 3

Tanda-tanda jatuh cinta? Apa itu? (hlm. 98)

Jae Kwon dan Jae In di buku ketiga ini sudah kelas 12, atau go-sam (tiga SMA) di Korea. Sebagian besar murid SMA di Korea yang mengejar pencapaian akademik sudah tidak bisa lagi bersantai-santai, terutama bagi mereka yang bercita-cita untuk masuk SKY, tiga universitas terpopuler di Korea.

SMA Kangnam Sangdan juga tidak ada bedanya. Mayoritas siswa di sekolah itu bertekad untuk masuk universitas ternama, sehingga yang mereka lakukan hanyalah belajar dan belajar, siang dan malam. Setelah pulang sekolah, mereka masih punya bimbingan belajar yang bisa baru berakhir pukul 11 malam.

Beberapa bulan lalu, setelah mendeklarasikan diri akan menjadi aktor, Jae Kwon memang mengundurkan diri sebagai dubber di film animasi tersebut. Sementara itu, Jae In mulai magang di RGY Animation, rumah produksi milik Yoon Gi Joon, sutradara The Stars.

Semenjak hamil, Sandy, ibu mereka, memang jadi berubah seperti monster pemakan segala. Jae Bin, ayah mereka, sedang kembali mengurus proyek yang selama ini telantar di lisan dan nyaris tak pernah berada di rumah untuk mengurus istrinya. Jadilah Jae Kwon, satu-satunya orang yang tidak ada kerjaan di rumah itu, harus berjibaku memenuhi segala keinginan Sandy siang dan malam.

Jae In dirundung masalah yang cukup besar. Kepala Jae In serasa mau pecah kalau mengingat skandal yang menimpanya. Berapa kali pun Jae In mencari nama Seung Wong di portal berita, ia tak lagi menemukan artikel yang menyatakan cowok itu sebagai cowok manis bertitel Nation’s Little Brother. Yang ia temukan hanyalah foto-foto saat mereka di apartemen plus komentar pedas para nitizen. Apa yang harus dilakukan Jae In untuk meluruskan berita yang sudah terlanjur menyebar dengan cepat itu?

Jae Kwon, sebagai oppa-nya Jae In pun turun tangan. Dia percaya akan saudara kembarnya itu tidak macam-macam. Disinilah hubungan kakak beradik itu terasa persaudaraannya. Jae Kwon selalu menguatkan Jae In.

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Bukankah janji itu harus ditepati? (hlm. 66)
  2. Jatuh cinta itu seperti apa? (hlm. 109)
  3. Akhir yang bahagia, semua berhak mendapatkannya.(hlm. 176)
  4. Jujurlah tentang perasaanmu. Jujurlah. Dengarkan suara hatimu. (hlm. 180)

Beberapa selipan kalimat sindiran halus dalam buku ini:

  1. Anak-anak zaman sekarang perangainya buruk sekali. (hlm. 81)
  2. Anak gadis mana boleh bangun siang? (hlm. 123)
  3. Garis bibir yang selalu tertarik ke bawah, dahi yang berkerut  terus, kalau bukan bersedih apa namanya? (hlm. 125)
  4. Mengerikannya nitizen itu, mereka pintar sekali mencari informasi dan terkadang suka memutarbalikkan sesuatu. (hlm. 155)

Kisah Seung Won dan Jae In ini merepresentasikan kehidupan percintaan di Korea. Di mana salah satu pasangan adalah publik figur. Seung Won yang saat itu lagi naik daun, tidak bisa leluasa melakukan apa pun. Karena setiap jengkal dia bergerak, pasti ada yang mengamati dan mengomentarinya.

Secara keseluruhan, ketiga buku dari serial Oppa & I ini semuanya menyenangkan. Setiap karakternya kuat, baik tokoh utama maupun para tokoh pendukungnya. Lewat serial ini pesan moral yang dapat kita ambil adalah tentang keluarga dan persahabatan.

Keterangan Buku:

Judul                                     : Oppa & I: Love Signs

Penulis                                 : Orizuka & Lia Indra Andriana

Penyunting                         : NyiBlo

Proofreader                       : Dini Novita Sari

Desain cover & ilustrasi : Angelina Setiani

Penerbit                              : Penerbit Haru

Terbit                                    : Februari 2014 (Cetakan Kedua)

Tebal                                     : Februari 2014

ISBN                                      : 978-602-7742-27-7

51 thoughts on “REVIEW Oppa and I: Love Signs

  1. Pingback: GIVEAWAY Oppa and I | Luckty Si Pustakawin

  2. Membaca ketiga reviewnya, membuat penasaran./ Apalagi kutipan-kutipan fav dan kalimat sindirannya itu, semakin membuat penasaran🙂

    1. Bukankah janji itu harus ditepati? (hlm. 66)

    2. Jujurlah tentang perasaanmu. Jujurlah. Dengarkan suara hatimu. (hlm. 180)

  3. Sandy hamil ? Itu artinya Sandy dah beneran rujuk ma Jae bin dong.. Senang banget masalah keluarga happy ending.. ^_^))/

    Jae Kwon juga, bikin jatuh cinta ih.. Salut karena dia berhasil memainkan perannya sebagai anak pertama dan kakak yang harus selalu ada menjaga dan membantu keluarganya, terutama Jae In adiknya..

    Terus soal Jae In dan Seung Won, iya sih ceritanya sedikit mainstream karena banyak drama korea yang ceritanya seperti itu.. Tapi biasanya, skandal seperti itu terjadi karena ada pihak provokator semacam paparazzi suruhan gitu, tujuannya emang buat pihak tertentu jatuh ! Mungkin ada yang gak suka Seung Won sukses dan terkenal.. Ataukah, ada yang tidak menyukai Jae In dekat-dekat dengan Seung Won.. Tapi siapa ?

    Disitu kadang saya merasa penasaran..

    Jae Kwon dan Hye Rin kelanjutan hubungannya gimana ? Reviewnya gak lengkap nih >_<

  4. Kembar Park nunjukkin enaknya punya saudara. lucuuu. dari ketiga review yang kubaca aku bisa memahami jika kisah kehidupan mereka memang manis banget dan cara kak Orizuka and kak Lia menyampaikannya memang bener2 nyentuh hati para pembaca

  5. Reviewnya bikin penasaran. Apalagi kalimat sindiran dan kutipan favoritnya, nyata banget di kehidupan sehari-hari😀

  6. Cinta dan cita ibarat gula dan garam. saling memaniskan dan mengasinkan utk membuat kaldu sop yg penuh kehangatan.jd keduanya harus dikejat sekuat tenaga.tanpa salah satunya tetap terasa hambar.
    maka dr novel Oppa & I ini kita bakalan melihat perjuangan keduanya..semangat!! dan semoga aku dpt melihat perjuangan si kembar dgn mendpatkan giveaway ini

  7. Jadi endingnya si anak kembar ini makin kompak gitu ya? Aih so sweet. Meskipun jadi ketebak sih endingnya. Hihihi😛 But, kekeluargaannya itu lho yang membuat aku semakin pengen baca buku ini😀

  8. Nama: Ryan Ahmad Augi
    Twitter: @awwgie
    Domisili: Banjarbaru, Kal-Sel

    Sebelumnya saya belum pernah membaca buku dari penerbit Haru. Jadi belum tau seperti apa cerita2 di bukunya. Namun melihat dari review mba Luctky sepertinya ini buku bergenre romantis para abege. Jadi pengin punya ketiga buku Oppa&I ini. Semoga saja dgn adanya giveaway ini, saya beruntung mendapatkannya.

  9. wow mengerikan pulang bimbingan belajar sampai jam 11 malam ? persaingan xibidang akademik dikorea memang menarik,sepertinya Jae kwon mulai dewasa dan bersikap sebagaimana oppa semestinya dia ikut turun tangan sama skandal Jae in,sepertinya pada masalah seperti inilah dimana peran keluarga dibutuhkan untuk tetap memberi dukungan.

    twitter : @pshara27

  10. Buku ke tiga semakin membuat aku penasaran neh…masalah jae rin membuat jae kwon ikut turun tangan dan itu membuat persaudaraan mereka terasa kuat,tapi gimana ya kelanjutan kisah Jae Kwon dan Hye rin?
    Satu hal yg membikin aku salut sama anak2 korea, mereka berjuang keras demi pendidikan terbaik..bravo deh

  11. Wah, di novel ketiga unsur KPop makin menguat (Seung Won yang jadi public figure). Bagaimana ya rasanya kalau tidak ada privacy seperti Seung Won? Pasti rasanya kaku kayak amoeba di atas kaca mikroskop o.o Sinopsisnya lagi-lagi bikin penasaran. Aku juga suka banget kedua kalimat ini : “Bukankah janji itu harus ditepati?” dan “Jujurlah tentang perasaanmu. Jujurlah. Dengarkan suara hatimu.” kayaknya kalo masalah cinta, pasti banyak janji yang berlari … ke arah angin bertiup😛 Perasaan…cinta itu rumit, kalo semakin emosi, semakin benci, berarti semakin cinta =)

  12. setuju banget sama riviewnya kak luctygs. percintaan jae in dan seung won di novel ketiga ini memang merepresentasikan kisah percintaan remaja korea pada umumnya. novel ketiga ini sangat kutunggu-tunggu setelah membaca kedua seri sebelumnya. sayang, entah cuma perasaanku, tapi sebagai seorang pembaca, keseruan membaca novelnya tidak menyamai ekspektasi ku. meskipun begitu, aku sangat suka dengan novel duet ini. thanks buat kak orizuka dan lia indra andriana yang menulis novel ini, thanks juga buat kak lucktygs yang senantiasa mengadakan GA kece diaman akau selalu berpartisipasi meski belum pernah berjodoh sekalipun. Anyway, aku berharap bisa berjodoh kali ini. pengen melengkapi koleksinya soalnya :3

    sayonara :3

  13. Cerita tentang kepercayaan, cinta dan cita-cita semuanya sama, sama-sama berhubungan. Kepercayaan Jae Kwon pada Jae In diuji, saat sang adik tertimpa masalah yang rumit. Tapi, Jae Kwon dapat menyikapinya dengan matang dan lebih mempercayakan semuanya kepada saudara kembarnya itu. Pasti itu akan menjadi kekuatan untuk Jae In saat menghadapi masalahnya.

    Cita-cita yang matang dan pasti membuat keduanya dapat berusaha semaksimal mungkin untuk menggapainya.

    Wah Sandy sang ibu hamill??? Pasti bakalan ada adegan-adegan kocak didalamnya. Yang harus menghadapi semuanya bukanlah ayahnya, tapi Jae Kwon. Jae Kwon pasti pusing menghadapi ibunya ini, hahaha😀

    Secara keseluruhan, ketiga buku ini membuat saya ingin membacanya. Masalah-masalah yang diceritakan memang yang biasa terjadi, tapi dijelaskan secara rinci. Banyak pesan-pesan yang bisa diambil dari isinya, semuanya komplit.

    Berduet adalah suatu hal yang sangat sulit dilakukan, terlebih saat menyatukan ide. Tapi kedua penulis ini mampu menyajikan masalah dengan apik, sehingga membuat para pembaca jilid 1 ingin membaca kelanjutannya terus.

    Mbak aku tertarik buat bacanya setelah baca review mbak🙂😉

    Semoga kali ini beruntung, bismillah🙂🙂

  14. ah akhirnya kelas 12 juga jae in,jaekwon dan kawan2 :’D. Dinovel terakhir ini aku suka banget karena mbak lia dan mbak ori membagi dengan porsi cerita ttg keluarga,pertemanan bahkan percintaan dengan pas. disini aku kasian sama Jae In karena dibully sama netizen2 korea yang pedes2 itu gara-gara skandal sama Seung Won tapi tentunya ada Jae Kwon yang akan selalu menjaga Jae In. juga ketawa2 gara2 Sandy yg hamil ngidam duren dan senangnya karena sandy&Jaebin sudah rujuk betul-betul ada jg porsi cerita ttg persahabatan dan meraih impian yang menurutku manis sekali. alurnya mengalir dan seiring dengan series novel ini semua karakter menjadi solid dan berkembang. ini sepertinya 2 series sebelumnya dan dibuat lebih sempurna lagi.

    sebetulnya sedih novel ini selesai, salah satu novel dengan latar korea favorit dan jg ditulis penulis favorit. tapi aku senang karena endingnya sesuai dengan dibenakku. sedih berpisah dengan sikembar dan teman-temannya. 2 jempol untuk mbak ori dan mbak lia yg dpt menyatukan 2 kepala menjadi 1 ide dan jadilah love signs ini!😀 btw…welcome jae mi!😀

  15. bimbingan belajar sampai jam 11 malam ? baru sampe jam 5 sore aja udah ngeluh *abaikan* -_- Jae Kwon selalu menguatkan Jae In #ah😀 sering apapun kakak-adik ribut salah satu dari mereka yg ada masalah pasti menguatkan satu sama lain ;D itu guna nya saudara kandung ({}) sampai akhirnya mereka mersakan persaudaraan mereka. persaudaraan lebih kuat dari apapun😀 uh~ pengen baca buku ini😀😀

  16. Ho, akhirnya ada cerita tentang ini juga, toh.
    Tentang “publik figur” dan “orang biasa”.
    Terus, gimana tu kelakuan Sandy waktu hamil? Rempong nggak?
    >_<

  17. Asikkk, Jae In-Seung Won punya skandal😀 Aduhhh kepo… Aduhhh penasaran banget… Aduhhh, semoga aku menang giveaway-nya😉 *kerlingan maut*

  18. seru banget novelnya! aku udah baca, *buku perpus tapinya* hehe. .__.

    so sweet banget si seung won! pengen deh punya cowok kaya dia>< beruntung banget jae in punya kakak kaya jae kwon oppa.

    pokoknya di edisi ini, my favourite banget deh!

  19. Skandal orang biasa dengan artis…. Woaaa, terkadang suka ngayal gitu, sih. Nicholas Saputra digosipin pacaran sama gue, terus gue dikejar-kejar wartawan, terus guenya jadi terkenal [terus… Guenya ditimpuk massa pakek tomat busuk].

    Nah, sudah seharusnya yang namanya saudara itu saling menguatkan. Kayak Jae Kwon sama Jae In. Jangan kayak gue sama kakak-adik. Kerjaannya debat sama timpuk-timpukan mulu. Jadi berharap pengen punya saudara cewek aja deh gue…. Hue.. Huee…

  20. Wow… dari reviewnya kak Luckty, ternyata serial Oppa&I ini lengkap banget… lengkap dengan cerita tentang keluarga, sahabat, dan percintaan…
    jadi makin penasarannnnnn…😀

  21. Bagian tentang Sandy dan Jae Bin itu agak membingungkan deh, Kak. Sandy hamil oleh siapa ya? Istri Jae Bin sekarang siapa ya? Apakah itu artinya mereka ‘balikan’ setelah cerai? Atau sudah punya pasangan masing-masing lagi?

  22. Wah, seri terakhir nih, sepertinya semakin seru sekali^^
    membaca review di bagian para siswa kelas 3 yg sudah mati-matian belajar itu jadi ingat diri sendiri juga. gimana perjuangan untuk mendapatkan yang terbaik dan tentunya membanggakan orang tua, iya kan?
    Melihat Jae Kwon dan Jae In, kurasa tidak mudah bagi mereka. Jae Kwon yang sepertinya tidak memilih menjadi sarjana *iya kan* dan Jae In yang justru dirundung masalah. Huwa.. malah apakah itu hingga menyangkut si Seung Won? *semakin penasaran*
    Ngomong-ngomong, seung won sudah jadi aktor terkenal ya? setuju juga dengan pendapat kak luckty, kisah jae in dan seung won. yang laki-laki artis yang perempuan hanya gadis biasa. pas banget menggambarkan beberapa artis-arti korea yg ketahuan scandal pacaran. fansnya langsung menyerang pasangannya (apalagi kalau yang biasa itu yang perempuan). Kasihan juga mereka… *ingat sesuatu*
    Oiya, ini sandy-jae bin menikah lagi ya? cie.. park bersaudara mau punya adik cie… tidak bisa membayangkan bagaimana mereka mengurus ibunya yang tengah hamil begitu, haha, apalagi si jae kwon, nih. Ibu-Ibu hamil itu emang aneh-aneh sih, ya, pengalaman ketika ibuku tengah mengandung adikku. haha…
    Penasaran banget sama serial keluarga Park ini… ‘Oppa & I’ ^^

    nama : Athaya
    twitter : @nanarara8

  23. Wah skandal apa yang terjadi disini ya kok sepertinya bisa mencoreng nama baik, sepertinya lebih fokus ke masa depan setelah SMA si Jae Kwon dan Jae In. Wah, Sandy hamil, kira-kira adiknya Jae Kwon dan Jae In bakalan diceritain lahir ngga ya disini? HUUUUUUUUU makin penasaran, oh ya sepertinya penulis ini melakukan risetnya dengan baik ya tentang hal-hal yang berbau korea karena review kak Luckty sejauh ini bisa dibilang positif terhadap ketiga novel dalam seri ini.

    *level penasaran to the maxxxxxximummmm*

  24. Karena Oppa & I ini berlokasi di Korea Selatan sana, pastilah banyak kebudayaannya yang diangkat ke dalam novel. Pas baca review-an Kak Luckty, aku bergumam ‘Emang di Korea tuh netizen parah bener dah’ K-Idol aja ampe ada yang bunuh diri kan gegera komentar pedas netizen, huh… Aaaa, dan aku juga pengin baca gimana persaudaraan kedua Jae tersebut.. Habisnya selalu suka sih sama persaudaraan kakak laki-laki dan adik perempuan. Habis ‘yang nulis komentar’ engga punya kakak laki-laki kkan jadi pengin *curcol* udah ah, yang penting jadi tambah penasaran, huhuhu~~

  25. 2.Anak gadis mana boleh bangun siang? (hlm. 123)

    Berasa banget nyindirnya…. Hahahahaha
    Bangun pagi itu emang susah banget… Apalagi buat orang yg biasa bangun siang kayak aku… hehe
    Tp di negara Asia Timur kayak Jepang dan Korea gitu memang lebih terkenal dengan ujian masuk Universitasnya ya daripada ujian akhir SMA… Dan lagi kalo di Jepang -dari beberapa manga yg aku baca- para siswa yg mau ikut ujian masuk universitas selain ikut juku mereka juga pergi ke kuil untuk berdoa dan ngedapetin omamori… Kalo orang Islam mungkin sholat malam ya biar dipermudah dan diperlancar.. :3
    Ngomong”… kayaknya komenku agak oot ya… hehe gomen…
    Oh iya, di ‘keterangan buku’, tebalnya kok ‘february 2014’?

  26. mbak, aku penasaran sama tebal bukunya lhoo…
    uwooo kisah tentang Jae Kwon, sebagai oppa-nya Jae In yang percaya sepenuhnya kepada saudara kembarnya itu bikin merinding. saudara memang harus saling menopang dan menguatkan satu sama lain ya! apalagi saudara kembar yang punya ikatan batin lebih kuat lagi…😀 pengen tau kisahnya Jae Kwon yang menguatkan Jae In :”) terharu~

  27. Ini nih yang membuatku akhirnya terdampar di wpnya mba luckty hihi😀 jadi kemarin baru dr bookstore, beli novelnya kak Orizuka eh di samping novel yang aku beli ad ini nih! Oppa & I: Love Signs tapi berhubung uangku yang pas pasan gak beli deh😥 cuma bisa liat cover aja dan aku baru tau ini karya kolaborasi Kak Orizuka dan Kak Lia (karena aku penggemar baru dari Kak Orizuka jadi belum tau semua karya dia) dan aku langsung berpikiran “Ini tidak boleh dilewatkan, nabung!” harus bersabar untuk punya ini.

    Jadi di seri ke 3 ini saudara kembar Jaekwon-Jaein sudah kelas 12? (kita sama) dan tau tau Sandy -ibu mereka- hamil? Hah? Bakalan punya adik yang menggemaskan pastinya wkwk

    Jaein kenapa? Dia kena scandal sama Seungwon?

    Untungnya Jaekwon percaya kalau saudara kembarnya itu tidak macam-macam. Suka deh hubungan kakak-adik ini, terasa bgt persaudaraannya, saling menguatkan. Secara keseluruhan baca review dari seri 1-3 jadi tau kalau dalam serial ini akan banyak pesan moral dan persahabatan.

    Jujurlah tentang perasaanmu. Jujurlah. Dengarkan suara hatimu. (hlm. 180) suka ini, JUJUR itu penting!!

  28. @ayuni adesty

    Jadi impian Jae Kwon itu jadi artiiis …. Terjawab sudah pertanyaan saya saat membaca review seri sebelumnya.😀

    Suka sama covernya, summer!! Setelah cover pertamanya musim semi dengan bunga pink! Dan cover kedua bawa payung bersetting winter. Kalau ada seri empat berarti musim gugur ya? Atau musim hujan wk wk😀

    Agak bingung juga kenapa judulnya Love Sign. Maksudnya cinta antara Jae Kwon dan Jae In? Atau cintanya Jae In dan Di seri ini Hye Rin nggak main ya? Padahal pengen tahu kelanjutan kisah cita Jae Kwon. Kalau nggak jadi sama Hye Rin, Oppa biar sama aku aja deh! *plak

    Waduh! Jae In terlibat skandal? Itu Cuma untuk sensasi biar Seung Won makin naik daun nggak ya? Semoga saja tidak.
    Jae In dan Jae Kwon bakalan punya adik, kira-kira kembar lagi nggak ya? Ha ha
    Btw Ayah dan Ibu Jae Kwon dan Jae In itu nikah ulang? Eh, maksudnya, dulu mereka kan udah resmi cerai. Kalau mau rujuk harus nikah lagi kan?

    Jujurlah tentang perasaanmu. Jujurlah. Dengarkan suara hatimu.
    Jadi pengen nyanyi baca quote ini.

    Jujurlah padaku … bila kau tak lagi cinta …
    *dilempar bakiak

  29. Nama : Shiela Hartiningtyas

    Twitter : @ruth_shiela

    Kota : Bandung

    Sebagai buku penutup dari trilogi Oppa & I, pastinya buku ini wajib menjadi penutup yang manis dari semua konflik dan kisah yang ada di buku sebelumnya.
    Membaca review dari Mba Luckty, ada beberapa spoiler yang diberikan seperti Sandy yang sedang hamil serta hubungan Jae Kwon dan Jae In yang semakin akrab karena masalah yang dialami oleh Jae In.
    Dari spoiler tsb, tentunya banyak yang berharap kisah ini berakhir dengan happy ending yang membuat lega semua pembaca.

    Bersama dan merasakan suka duka tokoh-tokoh yang ada di dalam Oppa & I pastinya membuat pembaca tidak rela untuk meninggalkan kisah ini.
    Namun itulah kehidupan, ada perjumpaan dan pastinya akan ada juga perpisahan.
    Semoga di kesempatan lainnya, bisa membaca karya dari Orizuka & Lia Indra Andriana yang lain dan bisa direview kembali di blognya Mba Luckty.^^

  30. Reviewnya singkat, padat, jelas, namun bikin penasaran. Tapi, teteup gak ketinggalan kutipan-kutipan kerennya. Bikin yang baca ngebet pengen bukunya.

  31. Konflik orang tua Jae Kwon dan Jae In sudah berakhir? Senangnyaa ~
    Setidaknya, berada di lingkungan keluarga yang bermasalah tidak menambah beban pikiran Jae Kwon dan Jae In yang juga memiliki masalah pribadi.
    Sosok Jae Kwon, semakin menjadi favorit nih. Selalu menjadi kakak idamanku haha.. Semoga saja Jae In bisa menyelesaikan skandalnya di novel ini, biar nggak penasaran nunggu sekuelnya (lagi)

  32. Akhirnya saudara kembar itu akur juga. Kakak yang selalu menguatkan adiknya kalau lagi ada masalah. sangat sukaa… menjadi penyemangat satu sama lain🙂 Ibu yang berubah menjadi monster. yah wajar saja, ibu hamil memang seperti itu😀 Aku suka dengan kalimat ini “Jujurlah tentang perasaanmu. Jujurlah. Dengarkan suara hatimu”.🙂

  33. Mereka lama2 tambah akur ya?? Semua review Oppa & I nya sukses membuatku ingin membaca buku2 nya. Aku jadi penasaran seperti apa pesan moral yg dapat disampaikan dari ketiga novel ini. Thumbs up buat reviewnya mbak Luckty😉

  34. Euuhh, aku tahu gimana rasanya punya sodara kembar. Gimana rasanya punya kakak laki-laki, aku pun tahu. Di buku Oppa n I ini bener” bikin sebuah konflik keluarga yang bisa dibilang berbeda menjadi lebih di terima pembaca. Orizuka dan Lia mengemasnya dengan rapi, gak gampang kan nyatuin kepala di satu karya . Dan bbangg!! Hasilnya gak monoton.

  35. Nama : Annisa Novianti
    Twitter : @nisadnovi38

    Lohh??? Jae Kwon keluar dari dunia dubber?? Sandy hamil lagi?? trus nanti adeknya Jae Kwon-Jae In terpaut berapa tahun ama adeknya?? (kenapa tanyanya malah itu?? XD) well, aku belum baca buku kedua dan ketiga, jadi agak heboh kalo udah kena ‘badai spoiler’ tentang akhir cerita sebuah novel. tapi liat review kak luckty ini kayaknya novel ketiga ini bakal klimaks banget sebagai penutup serial Oppa & I. rasanya jadi pengin cepet baca lagi novel ini, tapi sekarang lagi UTS.. (kok jadi curcol sih? XD). tapi walaupun novel terakhir, cerita kehangatan persaudaraan anak kembar Jae Kwon & Jae In tetap membekas di hati para pembacanya… :’D

  36. @rahiey_Mah

    Di buku terakhir ini sepertinya ceritanya
    semakin lengkap dan konfliknya semakin
    terperinci lagi. Dari review yang ku baca
    diatas, permasalahnnya tidak lagi hanya
    masalah keluarga, tetapi juga kisah
    percintaan yang sudah lebih menonjol.

    Terlihat dari masalah-masalah yang dihadapi
    Jae In dengan Choi Seung Won.
    Seperti yang kak Luckty bilang, kalau
    masalah yang dihadapi Jae In dan Seung
    Won adalah masalahnya para pasangan
    yang ada di Korea. Jadi wajar saja kalau
    mereka dapat masalah seperti itu.

    Yang
    bikin penasaran itu, apakah Jae In yang
    pernah mengalami masalah keluarga bisa
    bertahan dengan masalahnya yang baru ini.
    Secara Seung won kan public figur yang
    punya pekerjaan super sibuk.

    Selain itu, ada juga Jae Kwon yang harus jadi
    baby sister sang mama yang sedang hamil.
    Sanggup nggak sih dia memenuhi setiap
    kebutuhan mamanya yang labil itu? Haha.
    Nggak kebayang gimana repotnya Jae
    kwon.

    Masalah profesi juga kayaknya dibahas
    disini. Jae Kwon yang mau jadi Actor serta
    Jae in yang mulai magang.

    Yang paling bikin aku penasaran lagi, disini
    katanya ikatan persaudaraan antara kedua
    kembaran akan lebih terlihat. Jujur saja, aku
    sangat suka kedua adik kakak yang tadinya
    ribut tapi kalo yang satu dapat masalah
    yang lain siapa berkorban hidup dan mati.
    Apalagi mereka itu kembaran, aku itu
    emang tergila-gila banget sama kisah anak
    kembar. Makanya aku langsung penasaran
    tingkat dewa saat tau ternyata novel Oppa
    and I itu berkisah tentang anak kembar.
    Sampai-sampai punya anak kembar sempat
    masuk di Wish-nya aku. Haha. *abaikan*

    Selipan kalimat-kalimat serta sindiran
    halusnya walau tak sebanyak di review
    buku-buku yang lain, tapi juga cukup
    menambah rasa penasaran pembacanya.

    Secara keseluruhan, reviewnya kak luckty
    emang selalu sukses bikin penasaran. Jujur
    saja, padahal reviewnya simpel banget tapi
    entah kenapa kayak ada sesuatu gitu yang
    menjadi pelengkap reviewnya. Btw,
    kayaknya kak Luckty punya jampi atau
    mantra-mantra khusus deh waktu nulis
    reviewnya. Kapan-kapan harus belajar nih.
    Haha

    Seperti aku bilang sebelumnya, setiap
    kelibebiha pasti ada kekurangan. Ini bukan
    review sih, cuma itu aja yang bagian
    keterangan buku. Di tebal buku masa ditulis
    lagi tahun terbitnya bukan jumlah halaman.
    Jadinya, nggak tau seberapa tebal buku ini.
    Itu aja sih lainnya udah pas.

    Thanks kak🙂 maaf ya kak kalo aku
    komentnya agak bawel. Hehe

  37. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
    daebak deh ini buku. aku kira ketika Jae Kwon dapetin Hye Rin, udah eh bubar..
    ternyata…malah tambah banyak konfliknya. Well, entah kenapa seneng deh di sini ada tokoh yang jadi artis dan aktor. fufufufufu.. entah kenapa rasanya seru aja (jadi keinget buku Summer in Seoul)
    kisah cinta Jae siblings ini jadi ruwet. dan…
    OEMMA MEREKA HAMIL?! astaga….
    dan Jae Kwon kembali buktiin dia jadi oppa sejati. mengurus adeknya yang bahkan belom lahir.Aihh..tambah seneng daku!..
    well, bener2 pengen baca buku ini.selain karena reviewnya nggak ada bocoran ending.. (yang mana bisa bikin aku gila).. AKU UDAH KEPINCUT BUKU INI!.

    well,btw.. aku bahkan udah dapet pesan moral yang disampaikan buku ini hanya dari reviewnya aja. hmm… pada akhirnya mereka akan jadi keluarga yang bahagia.. :))

  38. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  39. Dari baca ketiga review kakak tentang buku ini, aku jadi makin penasaran dan tertarik pengen baca. Di gramed pasti udh nggak ada ya?

  40. Makin seru ya cerita di tiap serinya. Yang pengen aku tanyain itu, gimana kedua penulis tetap konsisten menghasilkan cerita duet di tiap seri tersebut. Kadang membuat 1 cerita dengan 2 kepala juga sulit, ini bukan hanya satu buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s