REVIEW Oppa and I

 oppa & i 1

Terkadang sebesar apa pun sebuah harapan, kenyataan berkata lain. (hlm. 41)

Pas mendengar judulnya, ekspetasi saya tentang si tokoh yang sebagai ‘oppa’ dan ‘I’ adalah dua insan manusia yang saling jatuh cinta. Karena setahu saya, Oppa yang biasanya saya tonton di film-film Korea, sebutan untuk kekasih tapi bisa juga untuk panggilan kakak. Nah, ternyata si ‘oppa’ dalam buku ini adalah kakak, bukanlah kekasih.

Adalah Park Jae Kwon dan Park Jae In yang bersaudara kembar. Meski kembar, bertahun-tahun mereka sempat hidup terpisah. Sang oppa, Park Jae Kwon tinggal bersama ayahnya di Korea dan hidup dengan bergelimang harta berkat hasil kerja keras ayahnya. Sedangkan si adik, Jae In tinggal di Indonesia bersama ibunya dengan kondisi ekonomi yang serba pas-pasan.

Lima tahun lalu, Sandy, ibu mereka begitu egois saat memutuskan untuk bercerai dengan Jae Bin. Begitu egois untuk memisahkan Jae In dengan pasangan sehidup sematinya. Begitu egois untuk membuang apa yang dinamakan keluarga.

Namun, Sandy masih yakin, setengah atau lebih dari segala kejadian ini adalah kesalahan Jae Bin. Mantan suaminya yang kaku dan workaholic itu memilih untuk menerima panggilan tugas di Seoul daripada tetap tinggal bersamanya di Jakarta.

Masih jelas di ingatan Sandy saat ia memberi Jae Bin pilihan; mengambil pekerjaan itu atau bercerai, dan Jae Bin memilih bercerai. Masih jelas pula rasa sakit di hati Sandy sehingga ia ikut menyanggupi keputusan suaminya itu. Mantan suaminya.

Sandy tadinya hanya ingin menguji Jae Bin. Tak sekali pun Sandy menduga bahwa Jae Bin akan lebih memilih pekerjaan daripada dirinya. Sandy pun tidak ingin kalah, ia harus memperlihatkan pada Jae Bin bahwa tanpanya, ia bisa hidup dengan baik di Jakarta.

Menikah di usia yang sangat muda, membuat psikologis Jae Bin dan Sandy masih begitu labil, hingga mereka akhirnya melakukan hal yang orangtua mana pun tak akan pernah lakukan; memisahkan dua anak mereka untuk tinggal di negara yang berbeda.

Bertahun-tahun berlalu, Jae Bin datang ke Jakarta dan mengajaknya ke Seoul untuk kembali bersama sebagai keluarga. Sandy tak pernah menyangka Jae Bin akan melakukannya. Seorang Jae Bin yang pendiam dan tak pernah mengekspresikan perasaan datang, untuk menjemput dan memintanya rujuk.

Dari sinilah cerita baru dimulai. Kehidupan mereka yang dulunya berpisah kini kembali utuh tapi tak semulus yang dikira. Belum lagi permasalahan Jae Kwon dan Jae In yang kakak beradik kembar ini seharusnya bisa akur, karena bertahun-tahun berpisah agak canggung untuk akrab. Bahkan Jae Kwon merasa Jae In tidak menyukainya sebagai kakak. Meski Jae In dimasukkan sekolah yang sama dengan JaeKwon, Jae In mengancam agar Jae Kwon tidak membocorkan rahasia bahwa mereka adalah saudara kembar.

Beberapa kalimat favorit:

  1. Bangku sekolah di mana pun memang sama saja kadar kelentingannya. (hlm. 29)
  2. Lima tahun memang waktu yang lama. Cukup lama untuk mengubah seseorang. (hlm. 36)
  3. Karena kau tidak pernah tahu, kapan orang baik akan menghianatimu. (hlm. 53)
  4.  Kau pindahan dari negara miskin itu, kan? Pantas saja kelakuanmu pun miskin. (hlm. 60)
  5. Kenapa pacarmu bisa tergoda? Oh, atau mungkin kau yang terlalu barbar hingga dia meninggalkanmu. (hlm. 61)
  6. Orang baik itu menakutkan. (hlm. 64)

Ada sebuah rahasia yang selama ini dipendam oleh Jae Kwon seorang diri. Nah, kini Jae In mengetahuinya dan menjadi senjata rahasianya untuk mengancam Jae Kwon. Ngakak di bagian halaman 39 & 46, di situlah salah satu rahasia Jae Kwon akan terkuak x)

Suka ama serial pertama dari ‘Oppa & I’yang awalnya ditulis di website http://KoreanUpdates.com ini. Dari dulu pengen baca buku ini, alhamdulillah sekarang kesampaian baca dan dapet langsung dari penulisnya. Plus tanda tangan pula!😉

Keterangan Buku:

Judul                     : Oppa & I

Penulis                 : Orizuka & Lia Indra Andriana

Penyunting         : NyiBlo

Desain cover      : Angelina Setiani

Penerbit              : Penerbit Haru

Terbit                    : 2012 (Cetakan Keempat)

Tebal                     : 156 hlm.

ISBN                      : 978-602-98325-3-2

59 thoughts on “REVIEW Oppa and I

  1. Pingback: GIVEAWAY Oppa and I | Luckty Si Pustakawin

  2. Review ini memberikan pemikiran bagi saya, hidup adalah sebuah pilihan. Oke, materi memang penting,
    tapi hidup tak cukup dengan materi saja. Kebersamaan itu mahal harganya.

    Dan ini adalah kalimat favorit saya :

    1. Karena kau tidak pernah tahu, kapan orang baik akan menghianatimu

    2. Kenapa pacarmu bisa tergoda? Oh, atau mungkin kau yang terlalu barbar hingga dia meninggalkanmu.

  3. Nama : Annisa Ayunda
    Twitter : annisayunda_
    kota : Depok

    Nama : Annisa Ayunda
    Twitter : annisayunda_
    kota : depok

    Aku juga suka novel ini! dulu baca di web koreanupdate dan pas tau bakal dibuat buku novel senang banget! ceritanya gak terlalu gimanasih tapi aku suka banget hubungan antara Jae In dan Jae Kwon, agak canggung pas Jae In yang jutek ketemu saudara kembarnya yang begitu heboh kayak Jae Kwon yg pgn dipanggil oppa sama Jae In. awalnya sebel sama Sandy tapi ngerti juga sih namanya juga nikah muda dan sandy sama jae bin ini msh suka slg jual mahal =)) jae kwon jg mirip bngt sama sandy hihihi..
    Disekolah juga aku suka antara Jae In dan teman-teman barunya, belum terlalu keliatan sih kedekatannya di awal , kayak sama Sa Ra dan Ha Neul..dan ada Choi Seung Won! aaaah! sayangnya dibuku pertama belum terlalu dikasih tahu antara si Seung Won ini dengan Jae In. dan sama! halaman 39 & 46 bikin ketawa kenceng Hahaha. pokoknya suka banget sama novel ini ! (Y)

    aku juga ada kutipan favorit dari novel ini :
    -> Peduli itu merepotkan, terutama peduli yang tidak pernah bersambut. sudah merepotkan, bikin keki saja.

  4. Kok Jae In gak mau ditau kalo kembaran ma Jae Kwon ? Emang iya sih, kembar gak identik itu ada, tapi yang namanya saudara pasti ada dong mirip2nya sedikit (kyak aku dan dua saudaraku). So, biar disembunyiin harusnya sih ketahuan juga..

    Cukup penasaran dengan bagian yang buat kak luckty ngakak.. Karena setahuku kalo kak luckty ngoment lucu yaa pasti lucu, kalo ngoment isinya rada-rada hot pasti isinya hot.. ^_^))v

    Untuk konflik, yaa udah ketahuan bukan cuma Jae In dan Jae Kwon saja, tapi Jae Bin dan Sandy pun menyumbang konflik dalam cerita ini.. Tapi aku liat dari kalimat fav. number 5 pasti ada tokoh lain yang membuat cerita antara saudara kembar ini semakin greget.. Entah, itu (mantan) pacarnya Jae In ato Jae Kwon yang dimaksud..

  5. Saya jatuh cinta sama tulisan Orizuka sejak baca buku Infinitely Yours. Tema-tema Korea yang kebetulan memang sedang naik daun, berbarengan juga dengan demam kdrama yang melanda saya, membuat saya langsung menjadikan karya duet pertama kak ori dan kak lia menjadi buku wajib yang harus aku punya. tapi karena kantong anak SMA suka nggak tentu dan pasti kurang sampai sekarang buku ini belum kebeli. Dulu sempat membaca, pinjam punya teman tapi rasa ingin memiliki buku ini tetap ada.

    cerita yang diangkat cukup unik. Budaya korea yang lagi booming disajikan dengan baik.

    kalimat fav-ku di novel ini ” Kau pindahan dari negara miskin itu, kan? Pantas saja kelakuanmu pun miskin. (hlm. 60)” ini benar-benar menohok

  6. Latarnya ada di dua tempat: Korea & Indonesia. Jadi gak sepenuhnya di Korea. Meskipun alurnya agak-agak sinetron gitu, tetep menarik buat dibaca. Penasaran, apa sih rahasia Jae Kwon yg mau dibongkar Jae In? Gregettt :3 dan bisakah mereka akur sebagai ‘Kembar’? Seri pertama aja udah bikin penasaran kak ><

  7. Nama: Alika Cynthia Clarissa
    Twitter: @alikacynthia
    Dom: Cirebon

    Wah, penasaran nih. Aku ga pernah lihat bukunya di toko buku. Konfliknya bikin gregett >.< Apalagi latarnya terjadi di dua tempat, pasti top deh.

  8. kalo sekilas dibaca reviewnya memang datar mirip sinetron striping gt.tp namanya novel pasti ada sisi keunggulannya, entah dr setting,kuatnya penokohan,percakapan yg dibiarkan simpel dan mengalir, ataupun konflik tambahan yg bikin greget..nah, krn mbak luckty (beneran nama aslinya bukan?) dah bikin penasaran,giveaway nya buat aku ya..xixi

  9. Well, awalnya aku menyangka novel ini sama seperti novel Haru lainnya yang ditulis oleh orang Korea. Eh pas baca Intertwine baru tahu kalau yang nulis ini Orizuka. Di gadis yang sudah nggak diragukan lagi nulisnya. Dan menyangka si Oppa ini adalah kekasih, ternyata salah juga. Makasih ya Mbak sudah ngasih tahu di bagian awal😀 Satu pertanyaan sih? Ini kategorinya romance bukan? Kalo iya, ah aku suka banget sama novel romance berbau keluarga😀

  10. Reviewnya bagus,pasti mereka harus beradaptasi karena sudah lama terpisah,dan pastinya dgn kehidupan dari segi ekonomi yg berbeda dan budaya yg berbeda pasti akan menarik utk disatukan,aku suka kalimat “karena kau tidak pernah tahu,kapan orang baik akan menghianatimu.

    twitter : @pshara27

  11. udah baca novel ini sebelumnya. novelnya memang keren, apalagi kak orizuka adalah novelis favorite aku. riviewnya kak luctygs keren, dan buat aku pengen nyari buku itu di tumpukan-buku-buku yang ada. aku ngasih saran sedikit kak. kesalahpahaman antara jae in dan jae kwon tentang semua surel-surel mereka , juga hadiah ulang tahun jae bin buat jae in putrinya itu, kayaknya bagus dimasukkan di riviewnya kak luctygs. pasti yang belum baca tambah tertarik buat baca.
    semangat kak! BTW aku suka blog nya kak luctygs. sukses terus :3

  12. Belum pernah neh baca novel kembar beda…rata2 kan kembar laki2 semua atau cewek semua..
    Dari kak lucky sebutin tadi penasaran apa yang buat lucu coba…

  13. Ga nyangka juga Oppa&I tentang kembar, tadinya aku juga nyangka tentang pacar😛 Sinopsisnya bikin pengen baca. Suka banget karangan Orizuka dan Lia Indra Andriana.Jadi penasaran gimana hasilnya kalo Orizuka yang senang mengarang tema remaja dan keluarga, berduet dengan Lia yang mengarang tema remaja dan hal supernatural … pastinya seru =)

  14. Nama : Humaira
    Twitter : @RaaChoco
    Kota : Purwakarta

    Pertama kali yg terlintas saat baca judul buku Oppa & I ya tentang orang yg berpacaran, tapi setelah baca review-nya baru tau ternyata bukan.😀

    Cerita yang diangkat mungkin memang banyak terjadi diluar sana, saat pekerjaan lebih penting dari keluarga. Tapi yang membuat menarik disini, kisah Jae Kwon dan Jae In yang sering dialami oleh kakak-beradik. Ribut, bertengkar dan musuh-musuhan bagi kakak-adik itu hal yang lumrah, apalagi ini kembar meski bukan kembar identik, tapi hal itulah yang membuat mereka dekat nantinya. Pasti awalnya canggung, karena 5 tahun adalah waktu yang lama. Berpisah saat masih anak-anak dan bertemu setelah remaja, mereka melewati perkembangan-perkembangan yang seharusnya dilewati bersama, disaat seharusnya mulai memahami diri masing-masing. Ditambah, settingnya ada di 2 negara, membuat saya sangat tertarik ingin membacanya. Dan review dari mbak luckty bikin saya makin penasaran😀😀

    Aku suka kalimat favorit ini : Karena kau tidak pernah tahu, kapan orang baik akan menghianatimu. (hlm. 53)
    Rasanya seperti musuh dalam selimut, dan itu sering terjadi.
    Cukup 1 kata buat Oppa & I : PENASARAN

  15. penasaran sama novel ini >_< apalagi sama konfliknya, pengen baca ^o^/
    suka bgt sama kata ini "Terkadang sebesar apa pun sebuah
    harapan, kenyataan berkata lain. (hlm.
    41)" dan ini juga " Karena kau tidak
    pernah tahu, kapan orang baik akan menghianatimu. (hlm. 53)"
    aaa~

  16. Tadinya nggak mau komentar, tapi liat kutipan di bawah ini, jadi ikut komentar.

    Kau pindahan dari negara miskin itu, kan? Pantas saja kelakuanmu pun miskin. (hlm. 60)

    Si Jae Kwon kayaknya nyebelin, yak.
    Terus jadi penasaran gimana Jae In menyesuaikan diri di Korea.

    Hm… *elus2 dagu ala detektif cantik (˘⌣˘)

  17. Wahh, kalimat favorit kita sama mbak😉 “Karena kau tidak pernah tahu, kapan orang baik akan menghianatimu” dan “Kau pindahan dari negara miskin itu, kan? Pantas saja kelakuanmu pun miskin”. Apalagi kalimat negara miskin itu, aduhaiiii menohok sekali dan langsung membayangkan kalo aku dikatain begituan kalo misalnya nanti tinggal di luar negeri *Aamiin* ._.

  18. Yang lebih menarik hatiku mala cerita antara orang tua si kembar, ya. Kayaknya gimana canggungnya mereka untuk hidup bersama lagi setelah bertahun-tahun berpisah. Hmmm… Kisah cinta orang dewasa menurutku jauh lebih menarik.

  19. Karya-karya dari Orizuka maupun duet dengan penulis lain memang selalu bisa membuat bibir saya membentuk senyuman hanya dengan membaca sekilas ide-ide briliannya dari sinopsis novelnya.😀
    Dari dulu saya juga pengin banget baca serial ini karena teman-teman pada bilang kalau ini bagus banget, tapi belum kesampaian sampai sekarang.😦
    Review Kak Luckty memang tidak terlalu detil supaya nggak spoiler tapi cukup menggambarkan inti dari plot ceritanya, tapi masih kurang banyak kak hehe. Di bagian tertentu disuguhi rahasia yang bikin pembaca review jadi penasaran beneran pengin baca langsung novelnya.🙂

  20. membaca review ini jadi semakin tertarik dengan kisah si ‘kakak-adik’ kembar ini.
    kebayang sih gimana rasanya kalau aku jadi mereka, Jae In ataupun Jae Kwon. Jadi Jae In tentu ada rasa ketidak adilan dihatinya, ketika kakak kembarnya hidup mewah di korea sedangkan ia dan ibunya? tetapi bukan berarti Jae Kwon tdk merasa bersalah menurutku. ia tentu juga punya rasa menyesal, terlebih krn masalah ortunya dulu.
    eh, kurasa ortunya pasti juga ada penyesalan sih, dan semoga aja di serial ini Ayah-Ibu mereka akur lagi, hehe.
    Kalimat favorit saya :
    Lima tahun memang waktu yang lama. Cukup lama untuk mengubah seseorang. (hlm. 36) -> jelas bukan, bagaimanapun seseorang itu, waktu ttp bisa mengubah dirinya.
    Karena kau tidak pernah tahu, kapan orang baik akan menghianatimu. (hlm. 53) -> bahkan yg tadinya baik berkhianat seiring berjalannya waktu.
    HUWA..HUWA… pokoknya penasaran, apalagi akukan penggemar cerita, drama, serial KOREA🙂
    Curhat dikit ya Kak, waktu itu pernah pinjem novel temen yang seri pertama ini, tapi baru aja baca setengah udah dipinjem yang lain…. HUWA… penasaran bgt apa yg terjadi sama mereka selanjutnya….

    nama : Athaya
    Twitter : @nanarara8

  21. Nama : Christella Imanuellta
    Twitter : @ward_kns
    Kota : Denpasar, Bali
    Terkadang sebesar apapun harapan, kenyataan berkata lain…
    Yaa benar… Dalam kehidupan sehari2, ini tidak bisa dihindari… Kehidupan memang pahit, tetapi hidup bisa tambah pahit apabila kita tidak selalu bersyukur…
    Saat nemuin buku ini di Gramedia, aku langsung penasaran, ceritanya seperti apa ya?
    Dua saudara kembar yang sudah lama kepisah jauh…
    Biasanya saudara kembar bisa punya kontak batin dan bisa merasakan perasaan saudara kembrnya… Tapi kalo liat reviewnya , gak ketauan yaa??
    Aku jadi penasaran sama novelnya….
    Maniac novel harus berjuang untuk dunia yang ingin dia lihat…😉
    Wish me luck guys! (y)

  22. great review! baru tau kalo ceritanya ini libel ke family issues ya! sepertinya akan seru until dibaca. Emang oppa lebih sering dikenal sebagai sebutan sayang ya haha. Makin penasaran dengan bukunya! semoga bisa menang giveaway-nya!

  23. Dulu sebenarnya sudah baca novel ini sampai habis, tapi ‘minjem’. Dan yaa walaupun ceritanya biasa tapi tetep menarik, dududu~~ Nah bagi pecinta novel kan ga afdol ya untuk ga punya novelnya jadi pengin baca ulang lagi deh. Apalagi reviewnya mengingatkan ku kalau …….. aku lupa konfliknya, haha…

  24. Okay, penulisnya kak Orizuka, one of best novel author i knew❤
    tapi belum pernah baca Oppa & I, makanya, doain biar bisa kepilih ya.
    hadeh, emang pertama dengar judulnya saya kirain ceritanya kayak drama2 Korea gitu deh, ternyata tentang keluarga.
    Sounds nice. Soalnya saya juga kembar sih (kembar identik tapi) makanya penasaraaaan banget pengen baca ^_^ XOXO

  25. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela
    Kota : Bandung

    Dari review yang ditulis oleh Mba Luckty, saya coba memberi tanggapan ya.
    Dari cover bukunya, benar-benar menipu lho. Saya kira buku ini memang menceritakan kisah cinta antara dua orang remaja.
    Di Korea memang rata-rata oppa ditujukan untuk menyebut seorang pacar (meskipun ada juga yang dimaksudkan untuk kakak).
    Selain itu warna pink yg dipakai juga seolah berusaha menegaskan kesan romantisnya.
    Tapi nyatanya dugaan itu salah.
    Well gpp, nyatanya meski tidak membahas tentang cinta, namun buku ini tetap menarik.
    Rasanya lewat buku ini kita dapat mengetahui suka duka pasangan yang memutuskan untuk bercerai, apalagi mereka telah memiliki anak.
    Sungguh keputusan yang tidak mudah.
    Namun nyatanya mereka mengambil keputusan tsb.
    Dari sini ada beberapa nilai positif yang bisa saya ambil, diantaranya adalah tidak mengambil keputusan di saat sedang emosi.
    Ya, emosi memang tidak pernah membuat pikiran kita menjadi jernih. Sehingga keputusan yg diambil pada saat sedang emosi bisa jadi malah akan kita sesali di kemudian hari.
    Begitu pulalah yang terjadi pada Jae Bin dan Sandy.
    Selain itu kita juga dapat menangkap bahwa perceraian sampai kapanpun bukanlah jalan keluar yang terbaik.
    Ujung-ujungnya, anaklah yang menderita.
    Ini membuat Jae Kwon dan Jae In menjadi terpisah lama dan tidak mengenal satu sama lain.
    Meskipun akhirnya bisa bertemu kembali, nyatanya hubungan mereka tetap tidak bisa dekat.
    Acungan jempol buat penulisnya, Orizuka & Lia Indra Andriana, yang bisa memberikan nilai positif bagi pembaca sambil bercerita tanpa ada kesan menggurui.

  26. Nama: Ryan Ahmad Augi
    Twitter: awwgie
    Domisili: Banjarbaru, Kal-Sel

    Novel dengan latar di Indonesia dan Korea ini sukses bikin saya penasaran. Dari reviewnya mereka harus beradaptasi lagi karena sudah lama terpisah. Ttg saudara kembar. Isinya pasti penuh dengan drama tapi gak menye-menye kayak di sinetron stripping, hehe.
    Selalu suka sama sisipan kutipan di review2nya mbak Luctky.

  27. Aku pertama kali baca cerita ini di web Korean Updates.. Kebetulan aku masuk grup pembaca Orizuka, dan disana Mbak Orizuka posting linknya.. Walaupun ketinggalan beberapa chapter -karena hapeku waktu itu masih jadul- tapi akhirnya aku bisa baca ceritanya sampe akhir…
    Jae In dan Jae Kwon si kembar yang berbeda baik dari segi fisik, sifat, maupun sikap… Jae Kwon yang periang, berisik, dan ceria sedangkan Jae In pendiam, dingin, dan penyendiri… Tapi justru itulah yang membuat mereka menyatu.. Melihat interaksi mereka berdua membuat perasaanku hangat…
    Novel ini juga banyak banget adegan lucunya… Salah satunya saat Jae Kwon cemburu sama Seung Won teman sekelas mereka.. Atau saat Seung Won ngagetin Jae In pake torso setengah badan di balkon tempat Jae In biasa menyepi… ^^
    Bener-bener gak nyesel baca bukunya… ^^

  28. Pertama mau ngucapin terimakasih mba luckty atas reviewnya ^^ sukses buat aku tambah penasaran, hehe😀 jujur, aku emang tidak tahu menahu tentang novel ini karena ya akupun belum pernah membaca cerita ini yang ternyata ada di KoreanUpdates (hanya aku yang kudet -_-) karena rasa keingintahuanku yang amat besar dan berhubung aku gatau cerita ini sama sekali, akupun mencari tahu dgn mulai membaca sinopsis dan review yang berhubungan sama novel ini (termasuk sekarang ini) alhasil akupun jadi tahu, kalau si Oppa itu adalah KAKAK bukan KEKASIH dan ini membuat aku tambah tertarik untuk punya novel ini, apalagi dikatakan mereka saudara kembar yang sukses buat aku iri :3 tapi mereka udah lama pisah ya, aku semakin penasaran gimana kehidupan mereka selanjutnya, pasti canggung banget ya, apalagi sekian lama mereka udah gak ketemu.. Mengenai rahasia itu apa? Kepo tuh kan.. HHH~ yang pasti aku suka cerita tentang kakak-adik kayak begini, dan lagi penulisnya kak Orizuka dan Kak Lia, tentu ceritanya pasti akan sangat bagus dan menarik🙂

  29. penasaran baca buku ini, “orang baik itu menakutkan”? hahah jadi pengen tau cerita selengkapnya mbak… quotes-able banget kayaknya…
    baru baca first line dari review ini udah langsung ‘DEG!’ pas baca “Terkadang sebesar apa pun sebuah harapan, kenyataan berkata lain. (hlm. 41)”
    ya ya yaa… kayaknya must read ini nih!

  30. Jadi Sandy itu asli orang Indonesia ya? Jae kwon dan Jae In nggak bisa cepet akrab mungkin karaena kendala bahasa juga kali ya? Kan Jae In lama tinggal di Indonesia, kali aja udah lupa. Hi .. hi …

    “Kau pindahan dari negara miskin itu, kan? Pantas saja kelakuanmu pun miskin.”
    Aduh, si Jae Kwon ini kebanyakan makan sambel kali ya? Makannya mulutnya pedas banget.😀

    “Bahkan Jae Kwon merasa Jae In tidak menyukainya sebagai kakak. Meski Jae In dimasukkan sekolah yang sama dengan JaeKwon, Jae In mengancam agar Jae Kwon tidak membocorkan rahasia bahwa mereka adalah saudara kembar.”
    Agak bingung pas baca part ini. Kok malah Jae In yang ngancem sih? Apa nggak kebalik tuh? Atau mbak Luckty mungkin salah menuliskan nama? Tapi menurutku rahasia itu sebenarnya lambat laun bakalan kebongkar juga sih. Bukannya mereka kembar? Muka mirip dong, meski cewek cowok? Jadi menurutku agak lebay sih kalau pakai ngancem-ngancem segala. Lambat laun pasti bakal ketahuan juga mereka kembar.

    Ada sebuah rahasia yang selama ini dipendam oleh Jae Kwon seorang diri. Nah, kini Jae In mengetahuinya dan menjadi senjata rahasianya untuk mengancam Jae Kwon. Ngakak di bagian halaman 39 & 46, di situlah salah satu rahasia Jae Kwon akan terkuak x)

    Penasaran sama rahasianya Jae Kwon. kayaknya harus baca sendiri nih novelnya. Mbak pilih akuuuuu!! 😀

    @ayuniadesty

  31. Baca reviewnya bikin penasaran. Udah lama liat novel ini sih, cuma gak bisa beli. Di tempatku enggak ada gramedianya. Dan, satu yang kusuka direview ini, yaitu menyelipkan quotes yang kece badai. Eheheh

  32. Review ini memberikan pemahaman lebih untuk pembaca, yang tadinya belum tahu jadi mengetahui mengenai apa isi dari novel ini
    Novel ini memberikan pelajaran berharga dalam hidup, diperlukannya kebersamaan dan tes atau ujian agar kita dapat mengetahui bagaimana sosok orang lain yang sebenarnya…
    Kebersamaan dapat dibangun dengan keyakinan dan kepercayaan antara kedua belah pihak,

    Kutipan favorit dari buku
    “Lima tahun memang waktu yang lama. Cukup lama untuk mengubah seseorang” (hlm. 36)

    Kutipan dari aku
    “Ingin memperbaiki hubungan, karena inilah akhirnya kami kembali. Dengan kepercayaan dan keyakinan kami membangunnya lagi, memperbaiki pondasi yang sempat retak.”

  33. Cerita anak kembar selalu membuat ketertarikan sendiri bagi pembaca, terutama mereka yang tidak memiliki ‘saudara special’ itu. Sekilas, konflik perpisahan Jae In dan Jae Kwon sama seperti konflik yang dialami Kai dan Rey di buku God Speed karya Amanda Ghina. Mereka hidup terpisah karena keretakan hubungan kedua orang tuanya. Untungnya di novel itu, Kai dan Rey cukup mudah untuk menemukan chemistry mereka kembali setelah mereka berpisah. Ku harap, Jae Kwon dan Jae In juga begitu🙂

  34. Haiii, menurutku cerita ini mungkin sama cerita kebanyakan, tentang seorang suami yang sangat gila kerja aka work holic, seorang istri yang merasa suaminya hanya mementingkan pekerjaannya itu, apakah betul? Kalau salah maafkan✌ hehe, tapi aku yakin cerita ini mempunyai ciri khas yang sangat berbeda dengan cerita lain. Apalagi disini ada anak kembar yang mampu menarik perhatianku hahaha memang anak kembar itu mempunyai daya tarik tersendiri🙂 dan setting tempat Korea & Indonesia😀

    Oh ya, aku sangat setuju dengan kutipan yg ada di novel ini “orang baik itu menakutkan”

    Mungkin segitu saja, mohon maaf kalau ada kesalahan hwhehehehehe

  35. Wah wah jadi makin penasaran ama buku ini. Kenapa ya Jae In mau nyembunyiin fakta kalo dia itu kembar ama Jae Kwon? Penasaran juga hubungan dua kembar itu. Hmm dari 5 kalimat favorit diatas cuma bikin makin naksir😆

  36. Ibu yang mempunyai pemikiran yang labil dan ayah yang lebih memilih pekerjaan daripada keluarga. benar-benar egois.Dan saudara kembar yang tak akur karena perpisahan mereka. Terlihat juga seperti ada perbedaan kasta disini “Kau pindahan dari negara miskin itu, kan? Pantas saja kelakuanmu pun miskin” dan aku suka kalimat ini “Karena kau tidak pernah tahu, kapan orang baik akan menghianatimu” kita tak pernah tau.

  37. Kehidupan baru dimulai! Jae Kwon dan Jae In adalah sepasang kembar. Itu takdir, sebuah takdir yang memisahkan mereka. Namun, di sini Oppa n I membuat mereka bersatu diantara peristiwa” yang terjadi. Jae In yang sangat penasaran kepada Jae Kwon, sang Kakak. Dan kehidupan keluarga yang sedikit rumit. Entah apa yang di pikirkan penulis, sehingga sosok ke dua sodara kembar ini sangat menakjubkan. Pengen banget baca aslinya , jadi gak penasaran #ngiler. Hahaha

  38. Awalnya gak terlalu suka novel tentang korea meskipun aku suka banget nonton drama korea. Tapi setelah membaca review tadi q jadi penasaran sama kisah si kembar. Pasti seru, mereka bisa bertemu setelah sekian lama. Dan pengen tau kisah kedua orang tua mereka juga. Bakal masuk wishlist buku tahun ini.

  39. aku malah mikirnya kakak-adik, tapi ada unsur romance-nya. misalnya, si kakak protektif banget waktu ada yang deketin adiknya. ternyata temanya family, ya.
    kalau jadi Sandy, pasti sedih banget. karier lebih dipilih daripada dia. :”)

  40. Nama : Annisa Novianti
    Twitter : @nisadnovi38

    Ceritanya bagus banget… beda dari yang lain. aku kira novel ini ceritanya tentang cowok-cewek saling jatuh cinta dengan latar belakang Korea, tpi ternyata enggak! Ini ceritanya tentang sodara kembar yang sukses bikin hatiku tersentuh ama hangatnya keluarga yg udah lama ga ketemu dan indahnya punya sodara yang penyayang (rasanya jadi pengin punya sodara kembar.. hihihi.. XD). Well, aku nggak terlalu suka korea, tapi novel ini sukses bikin aku jadi mulai suka dengan negara boyband-girlband ini.
    pokoknya novel ini bagus banget, beda dari yang lain…😀 sukses terus deh buat penulisnya.. teruslah membuat novel yang ceritanya ‘nusuk banget ke hati’ kayak oppa & i the series ini.. :’D

  41. @rahiey_Mah

    Dari review diatas sepertinya kisah dibuku
    ini emang patut dikatakan menarik untuk
    dibaca. Reviewnya singkat namun penuh isi
    bukan hanya padat saja. Kak Luckty emang
    selalu pintar meracik kata-kata untuk bikin
    orang yang membaca reviewnya sukses
    penasaran pada buku tersebut.
    Konfliknya tersaji dengan jelas, tentang
    permasalahan kedua orangtua si kembar
    Jae Kwon dan Jae In. Pertemuan kedua
    kembar yang terpisah lima tahun itu juga
    ikut menghadirkan konflik. Biasa sih konflik
    kakak-adik apalagi yang sudah lama
    berpisah.
    Tapi, setiap ada kelebihan pasti juga hadir
    kekurangan, kan? Nah, di review ini aku
    nemu juga walau cuma sedikit. Ini kan kisah
    remaja, aku tahu karena yg nulis buku ini
    adalah pecinta kisah remaja. Nah, setiap
    cerita remaja kan pasti ada tuh berkisah
    tentang masalah hati. Tapinya, kok disini
    nggak ada ya yang mengungkit masalah
    hati, baik Jae Kwon maupun Jae In. Atau
    memang ngga ada, cuma masalah orang tua
    saja, ya?
    Tapi, terlepas dari itu. Review ini secara
    keseluruhan sudah terperinci. Sudah sukses
    bikin penasaran yang baca. Selipan kalimat-
    kalimat dari buku ini walau sedikit juga
    sudah mampu jadi pendukung untuk
    melengkapi reviewnya. Banyak kode-kode
    yang diberikan kepada pembaca review
    yang hanya dpat dipecah jikalau membaca
    buku ini.
    Dan satu lagi, penasaran binggo sama
    rahasianya Jae Kwon yang diketahui Jae ini
    itu apa, sih? Kok bisa rahasia terbongkar
    bikin ngakak pembaca. Biasanya kan setiap
    ada rahasia-rahasia gitu kan suasananya
    menegangkan. Ini kok rada-rada lain, sih?
    Thanks kak Luckty.

  42. Howaaa!!!
    akhirnya ada giveawaynya.
    sama mbak! aku juga ngiranya gitu awalnya. aku kira ini menceritakan sepasang kekasih.
    waktu aku tahu sinopsisnya aku langsung kepincut. rata-rata penullis yang membuat cerita dg background Korea pasti ya..ngga jauh2 amat sama dramanya. romantis, komedy, dan tokoh utamanya adalah sepasang kekasih.
    tapi, yah namanya juga kak Orizuka. sebiasa-biasa apapun ceritanya, asti beda sama yang lain.
    menceritakan tentang kakak-beradik. yang entah kenapa justru malah jadi sweet banget… huhu…
    well, justru buku ini lebih mirip drama korea dibanding yang lain.:)

  43. @rahiey_Mah

    Dari review diatas sepertinya kisah dibuku
    ini emang patut dikatakan menarik untuk
    dibaca. Reviewnya singkat namun penuh isi
    bukan hanya padat saja. Kak Luckty emang
    selalu pintar meracik kata-kata untuk bikin
    orang yang membaca reviewnya sukses
    penasaran pada buku tersebut.
    Konfliknya tersaji dengan jelas, tentang
    permasalahan kedua orangtua si kembar
    Jae Kwon dan Jae In. Pertemuan kedua
    kembar yang terpisah lima tahun itu juga
    ikut menghadirkan konflik. Biasa sih konflik
    kakak-adik apalagi yang sudah lama
    berpisah.
    Tapi, setiap ada kelebihan pasti juga hadir
    kekurangan, kan? Nah, di review ini aku
    nemu juga walau cuma sedikit. Ini kan kisah
    remaja, aku tahu karena yg nulis buku ini
    adalah pecinta kisah remaja. Nah, setiap
    cerita remaja kan pasti ada tuh berkisah
    tentang masalah hati. Tapinya, kok disini
    nggak ada ya yang mengungkit masalah
    hati, baik Jae Kwon maupun Jae In. Atau
    memang ngga ada, cuma masalah orang tua
    saja, ya?
    Tapi, terlepas dari itu. Review ini secara
    keseluruhan sudah terperinci. Sudah sukses
    bikin penasaran yang baca. Selipan kalimat-
    kalimat dari buku ini walau sedikit juga
    sudah mampu jadi pendukung untuk
    melengkapi reviewnya. Banyak kode-kode
    yang diberikan kepada pembaca review
    yang hanya dpat dipecah jikalau membaca
    buku ini.
    Dan satu lagi, penasaran binggo sama
    rahasianya Jae Kwon yang diketahui Jae ini
    itu apa, sih? Kok bisa rahasia terbongkar
    bikin ngakak pembaca. Biasanya kan setiap
    ada rahasia-rahasia gitu kan suasananya
    menegangkan. Ini kok rada-rada lain, sih?
    Thanks kak Luckty.

  44. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  45. Jae In emang greget nih awalnya aku kesel sama mama mereka yg ikut campur wkwk.
    Btw keseluruhan ceritanya seru :3

  46. Ngebayangin anak kembar yg hidupnya terpisah, anak kembar kan biasnya saking memahami, mengerti, yg dirasain sama salah satu dari mereka, pasti yg lainnya juga ngerasain, karena mereka bagaikan 1 jiwa. Misahin anak kembar dengan kembarannya itu kayak ngambik sebagian diri dari anak itu.

  47. Aku punya buku ini! Sudah baca sampai buku ketiganya juga. Tapi buku pertamanya terlalu tipis😦 dan entah kenapa kurang membekas di ingatanku, jadi harus re-read dulu sebelum baca buku keduanya.

  48. Cerita ini representasi dari kegagalan rumah tangga yang dibentuk saat usia masih labil, meski ga semua yang nikah muda berakhir perceraian. Karena pekerjaan, seorang suami lebih memilih menceraikan istri dan memisahkan sepasang kakak beradik.

    Pasti canggung banget ya Jae Kwon sama Jae In pas pertama ketemu lagi.

  49. Sayakira ini kisah seorang gadis dengan kakeknya. Sang gadis yang beranjak dewasa yang sudah sedikit risih dengan kakeknya, padahal ia diasuh dan dibesarkan oleh sang kakek. Eh pas udah remaja ia malu dengan kakeknya. Komentar saya makin ngawur *jital pala sendiri.

  50. Aku nggak pernah suka sebenernya sama hal-hal yang berbau korea idk why. Tapi gatau kenapa juga dari dulu sebenernya pengen baca buku ini. Mungkin bikos penulisnya orizuka… Tapi sampe sekarang juga blm kesampean heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s