REVIEW Mantra Asmara

 mantra asmara

Puisi adalah satu-satunya kendaraan, yang mau mengantarkan kesedihan mencapai kenangan menuju jauh ke dalam dirimu, berpaling dari masa depan. (hlm. 46)

Konon, orang yang sedang jatuh cinta, bisa memicu seseorang untuk menulis kata-kata romantis maupun kata-kata menye sekalipun. Mau kata-kata yang bikin meluluhlantakkan hati atau malah bikin mules. Saya jadi teringat sekitar dua tahun lalu, seorang siswa yang kena lumayan stress akut gegara ditolak cintanya, tapi puisi yang dibuatnya bagus loh, isinya ya siapa lagi kalo bukan buat cewek yang ditaksirnya itu yang beda sekolah. Saya sampai bengong saat menemukan kertas puisi itu di kotak sampah perpustakaan😀 #CintaMemangBikinGila

Buku ini adalah kumpulan puisi yang bisa disebut mantra asmara yang ditulis oleh Usman Arrumy. Ada puluhan puisi. Dan beberapa diantaranya, ini yang favorit:

  1. BUKU

Dalam sebuah perjalanan kadang aku ingin menjadi buku

Sebagai guru yang mampu mengencerkan benda beku

Sesekali seluruh indra tak mengenali aku, sadarkah kamu? (hlm. 13)

  1. CENDERAMATA

Pundakmu adalah pelabuhan terakhir dari pelayaranku sebab seluruh yang kutemu bersumber dari mataairmu dan andai pada tiap kataku ini mampu kububuhkan ke dalam puisimu

Seumpamamu perahu berhulu; tanpa rentang ruang dan derap waktu (hlm. 15)

  1. FATWA CINTA

Ia memilihku menjadi sunyi yang berderet di celah hurufmu

Dititahkan aku sebagai doa yang melayang jauh membawa takdirmu

Ia memilihku menjadi hening yang teruntai di sela aksaramu

Ditugaskan aku sebagai mantra yang memanggul seluruh nasibmu

Ia memilihku menjadi sepi yang menjulur ke setiap inci abjadmu

Diperintahkan aku sebagai harapan yang memandu cita-citamu

Ia memilihku menjadi makna yang mendekam di balik katamu

Diamanatkan aku sebagai puisi untuk mengelus kegelisahanmu

Ia memilihku menjadi jarak yang membuka jalan rindumu

Dibebankan aku sebagai kenangan untuk memelihara dendammu

Ia memilihku menjadi rahasia yang mendengung dalam cintamu

Diutuskan aku sebagai duta demi menyampaikan suara batinmu

Ia memilihku menjadi jantung ruang tempat imanmu menggeliat

Diserahkan jiwamu kepadaku agar dapat kurawat sesuntuk hanyat

Ia berfatwa kalau kau adalah hadiah terbaik dalam hidupku

Disatukan kau dan aku setelah sekian ribu waktu saling tunggu (hlm. 29)

  1. HURUF CINTA

Huruf demi huruf bergelora dan bergerilya berdenyut diujung pena lalu leleh jadi kata airmata kita pelihara dari masa ke sangkala agar manakala sudah tiada, tak cuma kita tapi semuanya bisa merasakan kesunyian yang sejauh ini kita bina.

Aku sudah cinta sebelum huruf pertama dicipta ketika kau belum mengenai udara dan cahaya saat semua benda masih berwujud tanda tatkala kehidupan belum punya usia (hlm. 39)

  1. INSOMNIA

Kau tahu apa insomnia?

Semacam cinta yang berjaga di malam yang buta

Kau tahu apa itu insomnia? Semacam kangen yang tabah berdoa agar kelopak mata senantiasa terbuka

Kau tahu darimana datangnya insomnia?

Dari kantuk yang tak menemui nasibnya (hlm. 41)

  1. KATA CINTA

Bagaimana kau hendak menyampaikan arti dan maksud bila cinta yang kau pelihara tak bisa sepasrah biola

Jangan baca aku melalui kata-kata bila getarku sudah mewakili semuanya. (hlm. 42)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Mantra Asmara

Penulis                                 : Usman Arrumy

Penyunting                         : Dian Nafi

Desain sampul                   : Muhammad Hidayatullah

Produser                             : Adi Sutanto

Tata Letak                           : Ahmed Ghosen A.

Penerbit                              : Hasfa Publishing

Terbit                                    : April 2014

Tebal                                     : 138 hlm.

ISBN                                      : 978-602-7693-10-4

8 thoughts on “REVIEW Mantra Asmara

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Suka puisinyaaaa
    Aku suka puisi, cuma kadang ada puisi yg bener2 puitis sampe susah buat dipahami, nggak tau maknanya, aku kadang suka gimana gitu sama puisi yg kayak gitu

  3. Aku suka yang huruf cinta dan insomnia

    Kau tau dari mana datangnya insomnia?

    Dari kantuk yang tak menemui nasibnya.

    Nyata, tak perlu pengandaian dan kata-kata yang sulit dimengerti, hanya butuh kata-kata yang benar dan mengena hati🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s