REVIEW Soulmatch

soulmatch

“Kau pernah menghirup uap panas dari secangkir teh ketika hujan turun? Seperti itulah yang kurasakan saat bermain bola. Aku merasa ketika bermain, segala hal kurang menyenangkan yang kurasakan seketika hilang.” (hlm. 14)

Apa artinya hidup tanpa kenangan? Ada kenangan manis, ada kenangan menyesakkan yang selalu membayangi masa kinimu dan mungkin masa depanmu, juga ada kenangan yang membuatmu ingin mengubah masa lalu. Kenangan bisa menghidupkan kenangan seseorang yang kamu sayangi di hatimu selamanya, walau dia telah jauh sekalipun. Kenangan layaknya kayu bakar, membuat api tetap menyala, menghadirkan sosok itu dalam pikiranmu.

Bagi Janitra, kenangan ibarat bola tersepak, lalu menggelinding ke gawang di detik-detik akhir pertandingan. Jika kenangan itu manis, sama halnya seperti bola masuk ke gawang lawang yang membuat Janitra bersorak gembira. Namun, jika kenangan menyiksanya, tak beda dengan bola menggelinding ke gawang sendiri.

JANITRA DEWANTRI. Ya, dia remaja perempuan yang menyukai bola tak seperti kebanyakan remaja perempuan di Indonesia yang hobi ke mall atau takut berpanas ria. Ketika dia menjalani pertukaran pelajar ke Brazil, dia akan menemukan gadis-gadis seusia dirinya yang memiliki hobi sama dengan dirinya dalam hal bermain bola. Yup, Brazil selalu identik dengan olahraga sepak bola. Banyak bintang lapangan yang lahir dari negara ini.

Jika kamu merindukan seseorang, tataplah matahari sore. Kirimkan pesan rindumu untuknya lewat senja. (hlm. 3)

Tidak mudah kehidupan Janitra di Brazil. Banyak hal yang menimpa dirinya, yang nantinya akan menempanya menjadi remaja yang tangguh dan kuat mental. Entah kenapa, chemistry antara Kaisar dan Janitra kurang dapet. Saya juga rada sliwer membedakan antara Beatriz dan Flavia yang sekilas tampak dijabarkan hampir setipe. Padahal tema yang diangkat (dunia bola remaja cewek) dan setting Brazil-nya juga lumayan dapet loh. Misalnya saja ketika membahas Pantai Ipanema, jadi penasaran ama panta ini sampai googling:

ipanema beach

Saya pun juga googling ada selipan makanan khas Brazil di novel ini; Brazil Tapioca yang sekilas mirip kayak crepes:

brazil tapioca

Meski begitu ada beberapa pesan moral yang disampaikan dalam buku ini. Lewat kisah Janitra maupun kisah Kaisar, kita bisa melihat bahwa setiap dibalik permasalahan selalu akan ada hikmah yang didapat. Setiap masalah akan menjadikan sebagai pribadi yang kuat dalam menghadapi segala hal.

“Jangan pedulikan sikap mereka. Yang terpenting adalah kau kembali latihan dulu. Dan, cobalah untuk tetap bermain yang terbaik.” (hlm. 107)

“Terkadang kita harus menerima apa yang terjadi.” (hlm. 168)

Oya, poin plusnya lagi dari setiap serial #Sclub adalah selalu ada selipan ilustrasinya unyu😉

WP_20150409_005[1] WP_20150409_006[1]

Keterangan Buku:

Judul                                     : Soulmatch

Penulis                                 : Alfian Daniear

Penyunting                         : Jason Abdul

Penyelaras aksara            : Novia Fajriani, Lian Kagura

Penata aksara                    : Nurhasanah, Nurul M Janna

Perancang sampul           : Fahmi Ilmansyah

Penggambar ilustrasi isi : Malia Hartati

Penerbit                              : Noura Books

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 218 hlm.

ISBN                                      : 978-602-1606-83-4

9 thoughts on “REVIEW Soulmatch

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  3. Aku merasa sama kayak Janitra, aku juga suka bola. Sampai-sampai aku pernah berkata, kenapa di Indonesia ga ada persatuan sepak bola perempuan Indonesia, sedangkan di luar sana banyak sekali. Jadi, begitu nonton acara bola yang pemainnya perempuan, aku seneng banget, berasa ikut tanding, seru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s