REVIEW Misteri Patung Garam + GIVEAWAY

WP_20150329_006

Semua orang dilahirkan bukan untuk menjadi monster. Saat manusia lahir, dia murni. Orang-orang terdekatnya yang membentuknya menjadi malaikat atau monster. (hlm. 172)

KIRI LAMARI. Dia seorang polisi yang terobsesi dengan pekerjaannya. Obsesi membuatnya berlabuh ke sebuah kota yang bahkan tak pernah diimpikannya. Ada dua kesan dalam matanya yang tajam berbulu mata lentik itu. Dua hal yang saling berlawanan berseliweran di sana: ambisi dan cinta. Kariernya sebagai polisi cukup diperhitungkan sehingga dari sebuah kota kecil dia pindah ke kota besar. Bojonegoro ke Surabaya. Tentu saja, dia sudah menginginkan posisi ini.

KENES ALIDA adalah seorang travel-fotografer. Pekerjaan menuntut gadis itu terus bepergian, naik gunung, menyusuri lautan, dan merambah hutan. Dia seorang gadis jiwa petualang yang selalu tampil dengan topi gunung, jungle boots, celana khaki, atau rambut yang acak-acakan. Namun, semuanya tidak selalu benar. Memang, saat dia bepergian, Kenes bisa begitu mudah menyesuaikan diri dengan alam. Namun, saat dia lepas dari pekerjaan dan berada di kota, dia pasti akan segera berburu high heels atau stiletto untuk menambah koleksinya. Setiap mampir ke rumahnya, Kiri selalu memicingkan mata melihat satu rak besar berisi sepatu. Pacarnya memang berlawanan dengan dalam beberapa sisi.

Semua orang selalu mengira Kenes berwatak keras, mengingat tuntutan profesi yang dijalaninya. Salah besar. Menurut Kiri, Kenes adalah gadis paling manja sedunia. Namun, kemanjaannya tidak melemahkan ketangguhannya. Yup, Kiri dan Kenes adalah sepasang manusia yang sudah bersama sedari kecil yang tidak pernah akur hingga ke jenjang pacaran. Sebagai perempuan, Kenes butuh kepastian akan status mereka. Gemas sama Kiri, tipe-tipe cowok kulkas gitu deh. Tapi justru cowok macam ini yang banyak bikin cewek klepek-klepek, gyahahaha…😀

Suka banget sosok Kiri. Nggak cuma cowok banget, dia juga memiliki gaya hidup sehat, makan sayur-sayuran atau jus buah adalah pilihan makanan yang sering dia santap; segelas apel untuk sarapan di halaman 47, minum segelas jus pepaya di halaman 54, dan masak tumis brokoli di halaman 61. Kiri tidak makan nasi jika lauknya daging dia akan memesan sayur-sayuran sebagai pengganti nasi. Soal makanan, Kiri memang sangat ketat. Oya, Kiri juga lihai dalam memasak ayam Coca-cola dan juga ayam kampung asap yang dimasak dengan santan, cabai hijau dan daun kedondong. Uwow…mau dong jadi pacar Kiri!! #DisepakKenes

Kiri memang sosok pekerja keras, bisa dikatakan profesional. Bahkan dia terkadang melupakan urusan pribadinya, termasuk hubungannya dengan Kenes. Pacarnya ini meski tak jarang kesal dengan sikap Kiri, tapi dia bisa memahami kondisi Kiri. Kenes tahu persis kehidupan dan masa lalu Kiri. Ada hal-hal yang dirahasiakan dalam hidup karena bisa menyimpan luka yang teramat perih jika menguaknya. Kiri pun punya masa lalu. Kita bisa membacanya di halaman 29, 39, 63.

Kadang mangsa merelakan dirinya untuk terperangkap. Seperti manusia yang rela tercebur dalam dosa sebab dosa itu memang nikmat. (hlm 127)

Tak selamanya mangsa itu lemah. Tapi, pada akhirnya mati juga. Apa bedanya? (hlm. 127)

Bukan. ini bukan novel romance menye-menye. Ini novel thriller. Dari halaman pertama saja sudah membuat jantung kita berdegup lebih cepat. Kiri yang merupakan seorang polisi harus menangani kasus yang tidak biasa. Akan ada tiga mayat yang ditemukan dalam waktu berdekatan dengan memiliki kesamaan jejak. Sang mayat dilapisi garam disekujur tubuhnya dengan posisi sesuai profesi masing-masing; Wina sang pianis yang ditemukan dalam keadaan bermain piano di rumahnya yang ditemukan oleh sahabatnya yang hendak berkunjung. Kemudian ada Leyla Deena, pelukis berumur 25 tahun yang ditemukan oleh Nono tukang kebunnya setelah beberapa disadarinya jika majikannya itu dalam kondisi melukis tidak berubah posisi yang ternyata sudah menjadi mayat. Dan ada Diana si juru masak, berbeda dengan korban lainnya, Diana ditemukan dalam posisi tidak senonoh, bukan posisi sebagai profesinya sebagai chef andal. Diana adalah perempuan dengan dua sisi yang berbeda dan dia menyadarinya sudah remaja. Semua orang punya rahasia. Begitu juga dengan Diana. Dia begitu rapat menutupinya dengan karier gemilang. Seperti terang dan bayangan, Diana memiliki keduanya.

Bukan tugas mudah untuk Kiri dalam menangani kasus ini. Apalagi sang pelaku memiliki kelihaian yang tidak terduga; garam. Membaca buku ini kita akan mendapat pengetahuan tentang garam;

  1. Garam jika dibiarkan di ruangan terbuka apalagi bersentuhan langsung dengan lantai akan meleleh. Lantai adalah tempat terbaik untuk menyimpan suhu dan kelembapan. (hlm. 33)
  2. Garam adalah jiwa. Dia ada dalam darahmu. Jika kamu menumpuk garam dalam tubuhmu: stroke. Hipertensi. Mereka seperti hantu yang mencekik diam-diam. Atau, bahkanketika kamu begitu pelit memakan garam, tubuhmu bisa terkena hyponatremia fatal. (hlm. 89)
  3. Bangsawan Cina memakai garam untuk bunuh diri. Jika berat tubuhnya 50 kilo maka mengkonsumsi garam 50 kilo cukup untuk membunuhnya. Garam juga bisa mengawetkan. Mumifikasi, sampai pembuatan ikan asin, tentunya tak lepas dari garam. (hlm. 89-90)
  4. Garam adalah sesuatu yang mistis bagi masyarakat Jepang sebab dipercaya mampu mengusir roh jahat. (hlm. 105)
  5. Garam adalah darahmu. Dan, dalam darah mengalir dosa-dosa manusia. Itulah kenapa penyakit selalu menyerang darah. Maut selalu menguntit dosa. (hlm. 125)

Oya, di halaman 127 kita akan mendapatkan pengetahuan seputar Danau Natron di Tanzania yang mengandung garam tingkat tinggi. Danau itu adalah perangkap luas untuk burung-burung, kelelawar atau flamingo yang tinggal di sana. Air dalam danau itu ph-nya cukup tinggi yaitu 10,5. Kandungan natrium kalium dekahidrat di dalamnya juga sangat tinggi, ditambah suhu air yang lumayan panas, sekitar 60 derajat Celcius. Jika seekor burung tercebur ke dalam danau itu, dia akan jadi patung garam seperti ini:

natron lake

Oya, jika di buku sebelumnya yang pernah saya baca dari penulisnya ini menyelipkan seputar pengetahuan tentang semak conyza dan pepinillo del diablo dalam novel Kaliluna, di buku ini penulisnya menyelipkan seputar bunga glory morning yang akan menjadi salah satu kunci dalam cerita. Ini penampakan bunganya:

PicsArt_06_04_2015_20_23_53[1]

Ada seputaran dunia garam, sejumput kisah bunga morning glory plus seseorang yang mengalami skizofrenia dengan gangguan OCD akut. Rangkaian ini akan menghasilkan sebuah cerita yang niscaya jika kita membacanya akan penasaran sejak halaman pertama bahkan halaman terakhir pasti kita akan menebak-nebak dan ternyata endingnya yang tak tertebak. Uwuww…kayaknya keren kalo diangkat ke film!!

Suka ama tokoh Kiri maupun Kenes. Ada banyak tokoh yang muncul. Selain dua tokoh utama tersebut paling suka Ireng yang bakal menjadi benang merah hubungan antara Kiri dan Kenes. Ireng ini tipikal anak kecil yang ngeselin, gemesin plus kasihan juga yang bercampur jadi satu jika membaca jalan kisah hidupnya. Ada juga Bude Marsi yang merupakan kakak perempuan bapak Kiri. Meski porsinya sedikit, tapi sedikit banyak memberikan pengaruh dalam kehidupan Kiri, terutama masa lalunya. Oya, selain itu tokoh favorit lainnya adalah Inspektur Saut yang merupakan rekan kerja Kiri dalam menangani kasus pembunuhan dengan bahan garam sebagai medianya ini.

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Kadang yang tak terduga adalah jawabannya. (hlm. 30)
  2. Jangan kamu simpan semuanya dalam hati. Itu hanya akan mencekikmu perlahan dalam kepahitan. (hlm. 177)
  3. Marah itu ada dua; membangun dan menghancurkan. (hlm. 177)
  4. Kadang, apa yang kamu kenakan menunjukkan siapa dirimu. (hlm. 211)
  5. Jika kamu memutuskan menikahi seseorang, kamu tak hanya menikahi dia saja, tapi juga keluarganya. (hlm. 218)
  6. Jika kamu memutuskan untuk menjadi sempurna, jauhilah dosa dan jangan tengok ke belakang. (hlm. 255)

Banyak selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Waktu adalah penipu besar. (hlm. 1)
  2. Mematuhi peraturan itu penting! (hlm. 1)
  3. Mau jadi apa kamu, kecil-kecil sudah jadi copet? (hlm. 17)
  4. Dunia ini tidak akan kiamat meski aku tidak bisa baca. (hlm. 21)
  5. Pembunuh sadis suka menyisipkan ejekan pada penontonnya. Kitalah penontonnya. (hlm. 34)
  6. Untuk apa membesarkan sesuatu yang sudah besar? (hlm. 37)
  7. Bukankah film kartun itu tak selalu identik dengan anak kecil? (hlm. 48)
  8. Apakah benar jika penampilan tak selalu sama dengan watak sejatinya? (hlm. 48)
  9. Laki-laki tak bisa tidur karena dua hal; karier dan perempuan. (hlm. 65)
  10. Alam sebenarnya saling menjaga, tetapi manusia sering merusak keseimbangan yang sempurna itu. (hlm. 68)
  11. Memangnya enak disuruh menunggu lama? (hlm. 72)
  12. Ketika mereka makin kaya, maka mereka akan susah dimengerti. (hlm. 85)
  13. Kata orang, karya anak kecil dan karya seniman terkenal  kadang tak bisa dibedakan. Hanya saja, seorang seniman punya konsep, sementara anak kecil punya kebahagiaan. (hlm. 88)
  14. Takkan habis cinta selama ada perempuan di dunia ini. Takkan habis juga perkara karenanya. (hlm. 112)
  15. Bukankah sebenarnya setiap manusia memiliki kadar kegilaan dalam dirinya? Entah kecil atau besar.

Keterangan Buku:

Judul                                     : Misteri Patung Garam

Penulis                                 : Ruwi Meita

Editor                                    : Sulung S. Hanum & Jia Effendie

Penyelaras aksara            : Yuke Ratna P. & Idha Umamah

Penata letak                       : Wahyu Suwarni

Penyelaras tata akhir      : Fajar Utami

Desain sampul                   : Amanta Nathania

Penerbit                              : GagasMedia

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 278 hlm.

ISBN                                      : 979-780-786-X

jadwal blog tour misteri patung garam

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs , @GagasMedia dan @RuwiMeita25. Jangan lupa share dengan hestek #MisteriPatungGaram dan mention via twitter.

3. Like FB Laman Kiri. Dan share dengan hestek #MisteriPatungGaram.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, kota tinggal dan jawaban. Pertanyaannya adalah apa yang terlintas saat mendengar kata garam?

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #MisteriPatungGaram yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#MisteriPatungGaram ini berlangsung enam hari saja: 13 – 18 April 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 19 April 2015.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini plus gantungan kunci. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

GA Misteri Patung GaramPicsArt_12_04_2015_17_55_13[1]

 

83 thoughts on “REVIEW Misteri Patung Garam + GIVEAWAY

  1. Saat saya mendengar kata garam yang terlintas dalam pikiran saya pertama adalah penting. Garam biasa digunakan sebagai pemberi rasa pada makanan. Tanpa garam makanan akan terasa hambar. Garam juga bisa digunakan sebagai bahan pengawet alami makanan. Bisa dibilang garam adalah hidup kita. Sudah bukan barang asing lagi ketika bicara tentang garam. Garam juga salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat pesisir. Jadi bukankah garam itu penting?

  2. Rima Ria Lestari
    @rima_ria

    Garam itu… ASIN.
    Soal garam jadi pengusir roh jahat, saya juga menemukannya di negeri kita lo!🙂

  3. Nama: Ai Enur Solihah
    Twitter: @hikarunomori
    Kota Tasikmalaya

    Saat aku mendengar kata garam, aku jadi ingat salah satu kasus di manga Detektif Conan. Dalam kasus itu si pelaku juga memakai garam untuk mengeraskan boneka salju dan jadi unsur penting dalam melakukan trik pembunuhan.

    Ternyata garam banyak banget manfaatnya, ya..
    Bahkan bisa “membantu” pembunuhan juga..

  4. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang

    Jawaban:
    Yang langsung nalar di pikiranku ketika baca/dengar kata garam yaitu laut dan pengusir setan ._.
    Garam kan merupakan produk hasil dari air laut yang dievaporasi sehingga hanya menyisakan kristal-kristal asin yang disebut garam.
    Sedangkan sebagai pengusir setan karena denger-denger kabarnya kalau rumah ditaburin garam (yang sudah didoain juga) maka makhluk halus nggak berani ganggu. Ditambah habis lihat cover buku ini juga yang misterius gimana gitu ._.

  5. Nama: Isna Farhatina
    ID Twitter: @isnastarr
    Kota: Pekalongan

    Garam? Pikiranku langsung tertuju sama senyawa kimia, “Garam dapur” (NaCl) karena dulu pernah remidi kimia dan ada kesan tersendiri sama jenis senyawa ini. Terkenang pokoknya.
    Juga, garam sebagai pengawet makanan. *Resiko doyan makan* barangkali ada kaitannya antara garam yg buat masak dengan pengawetan patung di kover novel tersebut(?)

    Terimakasih kak atas GAnya^^

  6. Nama : Muhammad Zaini
    Twitter : @mzaini30
    Kota : Samarinda

    Jujur ya, saat pertama kali mendengar kata garam itu yang terlintas pastilah rasa asin. Ya iyalah, soalnya aku sering tuh diam-diam nyicipin garam di dapur:mrgreen:

    Terus, pas ngelihat cover buku itu tiba-tiba aja aku langsung menangkap aura mistis–walaupun aura mistis itu nggak penuh–. Dan, akupun langsung ingat sama dukun-dukun berpakaian Ustadz membuat pagar gaib pake garam yang dibaca-bacain. Entah apakah dengan begitu setannya pergi atau malah tambah senang. Aku nggak tau.

    Tapi memang, garam itu selalu membuat pertanyaan; Kenapa garam tu asin? Kenapa air laut itu asin? Apakah asinnya itu dari ikan-ikan yang berkeringat? Terus, tentang garam yang dijadikan pagar gaib itu, apakah setan itu takut kepada garam? Kalau iya, rasanya nggak mungkin lah. Sebegitu lemahnya kah setan itu? Oh, kehidupan ini selalu menyimpan misteri😉

  7. Dias Shinta Devi
    @diasshinta
    Bogor

    saat mendengar kata garam yang terlintas di pikiranku itu sama seperti manusia normal yang lain… asin. hmm alhasil jadi ingetnya pantai dan laut, hamparan air yang terbentang luas penuh keindahan tapi tersirat mistik yang sulit diterjemahkan dengan ilmiah.
    atau kadang kalau denger kata garam ya keingetan pas camping pelantikan, ditaburin garam di sekeliling tenda buat ngusir binatang jahat kayak ular gitu >_<

    thanks GAnya mbak :))

  8. Dian Maya
    @dianbookshelf
    Makassar

    Hal pertama yang terlintas saat mendengar kata garam ya sudah pasti ASIN. Oh iya, satu lagi, garam dianggap mampu mengusir hantu/setan/iblis.

  9. andi febrianti pratiwi
    @fbriantipratiwi
    makassar

    yang terlintas pertama kali pas dengar garam: asin. nggak ada yang lain.
    tapi kalo dipikir lagi, aku jadi teringat penyedap. di makanan apapun, kalo nggak ada garam pasti nggak sedap. sampe ada lagu dangdutnya segala, kan?
    “bagai sayur tanpa garam, kurang enak kurang sedaaap….”
    eh, malah nyanyi.
    ngomong-ngomong, pembunuhnya kok kepikiran naruh garam gitu, ya? padahal kan garam bumbu penyedap. kan jadinya nggak enak kalo ngebayangin😦
    tuh, kan. jadi penasaran sendiri, deh.

  10. Nurul Islamiyah
    @Iiind_
    Kota Bima-NTB

    Garam? Yang pertama kali terlintas di pikiranku saat dengar kata garam ya “penasaran”. Penasaran aja gitu sama benda kecil, padat, putih gitu ternyata punya manfaat dan rahasia😀 Manfaatnya mulai dari menambah rasa masakan, menjaga rumah dari hantu -konon katanya. Sedangkan rahasianya? Garam bisa bantu pembunuhan! Apa yang ada pada garam sampe bisa membantu orang bunuh-bunuhan? Aku aja yang gede ini ga becus bantuin orang bunuh-bunuh ko dia bisa sih? Kenapa garam? Kenapa? *edisibaper*
    *masihpenasaran*
    *sekian*

  11. Nikmal Abdul
    @NikmalAbdul
    Medan

    Saat mendengar kata ‘garam’, yang pertama kali terlintas di kepalaku itu adalah penambah selera makan. Entah kenapa, aku suka banget sama yang asin-asin, karena yang asin-asin itu kurasa gurih.😀

  12. Nama: Phelina Felim
    Akun twitter: @phelinafelim
    Kota tinggal: Bekasi
    Jawaban: Saat mendengar kata garam yang pertama kali terlintas adalah laut, tempat favoritku🙂

  13. nama : Alvina ayuningtyas
    akun twitter : @alvina13
    kota tinggal : solo
    jawaban : Saat mendengar kata garam? yang terbayang adalah asam dan basa.
    Dulu saat semester awal, dosen saya pernah bertanya, kenapa garam itu asin? apa ada hubungannya dengan pencampuran asam (yang rasanya asam) dan basa (yang rasanya pahit)?
    waktu itu di mata kuliah anorganik, sayangnya saat itu sekelas ngga ada yang bisa njawab pertanyaan beliau. padahal diiming imingi nilai A untuk mata kuliah tersebut. Sampe sekarang saya masih ngga tau kenapa garam itu asin.

  14. Jiah @jiahjava Jepara

    garam itu ngingetin saya sama si Mbakku nmr 2. Mbak saya dukun? Nyebar garam buat ngusir setan? Bukan sih. Mbak kadang bawain garam 1 karung ke jepara soalnya mertuanya buat garam, gratis. Lumayannn buat masak😀

  15. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2Chi
    Alamat : Jepara

    Jawab : Yang terlintas pertama kali mendengar kata garam tentu garam itu rasanya asin. Bumbu masakan yang sangat dibutuhkan ketika masak. Kan kalau nggak ada garam masakan bisa hambar. Tidak enak sama sekali.

    Ditambah tentang fonomena mistis tentang garam sendiri. Yup, ternyata garam selain sebagai bumbu dapur juga ada kegunaan lain. Satu jika melempar garam bisa buat mengusir ular. Lalu sering juga dibuat untuk nyiwer–mitos jawa ketika mau punya hajat (gawe) digunakan untuk melindungi rumah gawe dari ganguan setan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

  16. Nama: meinggi
    Akun twitter: @meingss
    Kota asal: bekasi
    Jawaban: garam? Asin. Sumbernya dilaut. Penyedap makanan, pengusir setan, pengusir ular-_-, bisa buat pengobatan, bisa buat mandi(?), bisa buat makan(?). Oiya kalo denger garam juga aku inget ‘laut mati’. Karna danau natron termasuk kedalam ‘laut mati’.

  17. :::Indriani
    :::@ryanie31
    :::Medan

    Yang terlintas saat mendengar kata ‘Garam’ adalah KURANGI.
    Mengapa kurangi? karena beberapa minggu lalu, ketika menemani Bapak ke rumah sakit, pesan dokter adalah kurangi garam dan sesuatu yang bersifat asin. Bapak menderita hipertensi. Dan jika tekanan darahnya tidak juga turun, maka operasi yang dijadwalkan harus ditunda.

  18. Laura Lidya Monica Putri
    @LauraLmcP
    Batam

    “GARAM”.
    Hampir sama dengan pendapat teman2 yg lain, yaitu sebagai bahan tambahan makanan yg rasanya asin, pengusir roh jahat/hewan buas selama mendirikan tenda (Camping) dan sgb alat dalam melacak pembunuhan.

    Namun, tahukah kalian bahwa garam juga memiliki keunikan?
    Sebelumnya saya juga pernah mengetahuinya saat menonton channel TV yg menayangkan beberapa keunikan bumbu dapur, terutama garam. Ya. Ternyata garam tidak hanya berwarna putih, namun juga berwarna hitam yg ada di India dan terdapat sebuah tempat yaitu, Gua terpanjang di dunia. Ya, itu adalah Gua garam terpanjang yg ada di Iran.

    Saya jadi penasaran ingin mengunjungi tempat tersebut, konon, katanya (eh..) gua tersebut aman dikunjungi saat tidak musim hujan atau banjir, karena sebagian gua akan hancur.

    Terima kasih atas GA-nya kak.

    Wish me luck ^_^

  19. Nama : Mita Andriana
    Twitter : @mita_andriana
    Kota : Surabaya
    .
    .
    .
    NaCl, NH4Cl, CaCl2, CH3COONa.
    .Bukan tulisan alay yang besar-kecil atau apa. Tapi rumus molekulnya. Iya, Jujur kalau mendengar kata “Garam”, pasti langsung teringat rumus molekulnya. Dan uraian lain tentang garam, seperti :
    .Unsur lain penyusun garam (selain unsur kimia) juga langsung berkelebat, seperti: Kation, Anion, Asam kuat/lemah, Basa kuat/lemah.
    .pH garam 7, netral. Jadi ingat garam ingat kedamaian yang tidak membebani gyahaha :”D udah itu aja, maafkanlah saya bila anda tidak tahu hal apa yang saya tulis huhuhu ;_;” maklum saya anak IPA yang hari ini menjalani UN kimia, doakan ya. #ehmalahcurcol

  20. Nama: Dinda Faiza P
    Twitter: @dindafza
    Kota: Gresik, JawaTimur

    Ngomong-ngomong soal garam, saya jadi keinget pengalaman pembunuhan massal saya yang pertama.
    Iya, jangankan cerita fiksi di novel ini, bahkan saya pun pernah membunuh banyak nyawa sebelumnya.

    Waktu saya kecil, Ibu selalu kasih wejangan, “Dind, kalau mereka makin banyak, tabur garam aja. Ntar mereka pasti mati meleleh.”
    Saya agak takjub sama kata-kata Ibu waktu itu. Nggak nyangka aja garam punya semacam kekuatan ghaib buat bikin bekicot meleleh (untungnya bukan meleleh karena gombal).

    Di depan rumah saya banyak banget bekicot. Dan buat ngatasin perkembangbiakannya yang membeludak tiap musim hujan, Ibu nyuruh saya buat nabur garam di badan mereka.

    Bekicot-bekicot itu leleh jadi cairan berbusa dan ngeluarin bunyi-bunyian aneh kalau saya tabur garam.
    Saya nggak tau kenapa bisa gitu, dan saya juga belum pernah (sempat) kepikiran buat nyari tau. *meringis*

    Berkat garam, puluhan nyawa mati di tangan saya. Dan hmmm, agak nggak tega sebenernya. Tapi kalau nggak gitu, bekicot-bekicot itu pasti bakal tambah banyak, dan bikin depan rumah saya rungsep sama kotoran mereka yang dibuang seenak jidat di dinding-dinding depan rumah saya.
    Jadinya, tiap denger kata garam, yang terlintas di benak saya ya soal tips ampuh ngebunuh bekicot. :’D

    *maafkeun kalau kepanjangan, saya khilaf*

  21. Nama:Lailaturrahmi
    Twitter: @aminocte
    Kota: Bukittinggi

    Yang terlintas di benakku saat mendengar kata garam adalah gundukan kristal berwarna putih yang selalu punya singgasananya sendiri di dalam lemari dapur. Bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan jernih berasa asin dan ber-pH netral, meskipun garam dapur dapat dihasilkan dari reaksi asam dan basa kuat. Larutan NaCl steril dengan kadar 0,9% bisa diberikan kepada manusia untuk berbagai tujuan, tetapi di luar itu, larutan garam bisa digunakan untuk membunuh rumput liar di sela-sela pavement block.

  22. Yang terlintas di benakku saat melihat kata Garam adalah “kehidupan”
    kenapa kehidupan? Karena garam salah satu bahan “rasa” penyeimbang dalam kehidupan. Tanpa adanya garam, kita mana tau sih bagaimana rasanya asin? Dan bagaimana sebuah makanan itu bisa terasa enak saat lidah kita mengecap rasa itu, coba bayangkan jika tidak ada garam semua rasa pasti kurang berasa pasti rasanya hambar. Sama aja kayak kehidupan. Karena kehidupan juga butuh penyeimbang rasa.
    Terus, garam juga bisa banyak manfaatnya salah satunya menjadi bahan pengawet makanan. Bikin makanan lebih tahan lama. Jadi garam sesungguhnya memperpanjang ‘kehidupan’ makanan juga.

    Mita Oktavia
    @Oktaviamithaa
    Bogor

  23. Garam memang kehidupankan?

    Maksudku seperti yang disebut sebelumnya, garam ada dalam darah sebagai jiwa. Bisa mencekik dalam diam atau memperpanjang hidup.

    Dan garam pun juga ada dalam keringat. Kita diajak untuk bekerja keras oleh garam. Tak ada usaha, maka tak ada keringat. Tak ada keringat, maka tak ada garam. Tak ada kehidupan.

    Lalu bagaimana dengan air mata? Bukankah itu juga garam?
    Setelah jiwa dan usaha ada, kita juga harus ingat garam ada dalam air mata.
    Hei, menangis bukan sesuatu yang buruk. Kamu menangis saat mengalami penyesalan, jadi kamu adalah pribadi yang mengakui kesalahan. Kamu menangis saat mendapat cobaan, jadi kamu adalah seorang yang tabah. Kamu menangis saat bahagia. Kamu menangis saat berharap. Kamu menangis saat berdoa.

    Sebenarnya garam telah menjadi teman kehidupan kita selama ini. ^_^

    Suri Ranggagasan
    @srangga2
    Solo

  24. Nadia Safira
    @eshaple
    Kota medan

    Apa yg terlintas saat mendengar kata garam? Ya asin dong, tapi kalau sekarang tiap denger garam pasti bakal teringat sama diet mayo yang pantangannya garam🙂

  25. Afifah
    @fifnoor
    Bogor

    Bumbu masakan yang rasanya asin. Membayangkan masakan hanya menggunakan garam, tanpa gula atau merica bisa bikin berjengit. Pasti rasanya hanya asin. Kalau dipadukan dengan gula atau merica, bisa lebih baik. Tapi, tanpa.garam, jelas rasa masakan menjadi hambar. btw, ibuku kalau bikin kue pakai sedikit garam. garam dan gula memang pasangan serasi.
    Garam juga bisa menjadi penyembuh luka, tapi perih banget, mending pake gula aja karena manfaatnya sama, bisa membunuh bakteri. jadi, si garam selain bisa bikin enak, bisa menusuk juga.

  26. Wardah
    @bungaoktober_
    Jogja

    Yang terpikirkan pertama kali adalah … MAKANAN!

    Ga bisa dipungkiri nyaris semua makanan itu (bahkan cake atau puding) pasti pakai garam meski cuma seupil. Garam itu semacam bumbu umum yang semua orang tahu tapi menjadi bumbu rahasia dalam sebuah masakan ketika yang memasak itu ber-skill tinggi. Maksudnya saya pernah masak hal yang sama persi dengan di buku resep tapi rasanya (dan penampakannya) tidak sesama dengan di buku itu. Begitulah, bumbu-bumbu standar, termasuk garam, itu akan menjadi ramuan ajaib tergantung tangan yang memegangnya–termasuk tangan pembunuh dalam novel ini.

    Garam juga termasuk teknologi yang memajukan kehidupan kuliner manusia lho. Setelah mengenal garamlah makanan bisa diawetkan pertama kali (ikan asin, anyone?) setelah sebelumnya begitu busuk yang cuma bisa dibuang. :3

    Nah, sekarang selain tetap masih penasaran setengah hidup sama novel ini, saya jadi lapaaaaaar…. *nyari makanan*

  27. Nama saya : Septy Anggita
    acc twitter : @Sseptyanggita

    Apa yg terlintas dengan kata garam? hemm *mikir
    Garam itu rasa asin yang biasa digunakan para koki atau seseorg yg sedang masak untuk menambahkan cita rasa masakan yang dimasak. Garam juga kristalisasi dari air laut yang diolah para petani garam. Garam juga sesuatu yang dianggap mistik. orang orang pada zaman dahulu mempercayai bahwa garam yg ditebar disekitar rumah dapat mengusir ular, ada juga jika ditebarkan di atas loteng saat hendak hujan maka tidak akan hujan. saya menjadinpenasaran akan hal tsb. setelah saya selidiki semua itu bohong adanya! so, percaya pada Tuhan saja jangan dengan mistik2 seperti itu. bahkan ada perkataan bahwa masakan yg dimasak seseorg keasinan itu tandanya org tsb ingin menikah. huhu.. aneh kabarnya.
    Garam itu sesuatu yg berguna jika digunakan seperlunya. jika kelebihan? tak ada gunanya dan membuat masalah seperti penyakit. trimss^^

  28. Nama saya : Septy Anggita
    acc twitter : @Sseptyanggita
    Sumatera Utara 21257

    Apa yg terlintas dengan kata garam? hemm *mikir 👸
    Garam itu rasa asin yang biasa digunakan para koki atau seseorg yg sedang masak untuk menambahkan cita rasa masakan yang dimasak. Garam juga kristalisasi dari air laut yang diolah para petani garam.
    Garam juga sesuatu yang dianggap mistik. orang orang pada zaman dahulu mempercayai bahwa garam yg ditebar disekitar rumah dapat mengusir ular, ada juga jika ditebarkan di atas loteng saat hendak hujan maka tidak akan hujan. saya menjadinpenasaran akan hal tsb. setelah saya selidiki semua itu bohong adanya! so, percaya pada Tuhan saja jangan dengan mistik2 seperti itu. bahkan ada perkataan bahwa masakan yg dimasak seseorg keasinan itu tandanya org tsb ingin menikah. huhu.. aneh kabarnya.
    Garam itu sesuatu yg berguna jika digunakan seperlunya. jika kelebihan? tak ada gunanya dan membuat masalah seperti penyakit. trimss^^ 😸

  29. Larasestu Hadisumarinda
    @ecocriticismeve
    Jakarta

    Asin.
    Salah satu rasa yang dicecap lidah manusia dan disukainya ketika dibubuhkan dalam kadar yang “pas” dan “tepat” tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

  30. Wahyu Triyani
    @witri_nduz
    Boyolali

    GARAM. Hubungannya sama Ular dan Setan. Di tempatku tinggal, kalau ada ular, maka ditaburi garam, kalau hujan angin, depan rumah ditaburi garam dan kalau ada bayi menangis, pasti membuat api unggun yang diberi garam.
    Menurut saya, GARAM ada hubungannya dengan sesuatu yang mistis.🙂

  31. Nama: Alfiani Z Fitri
    Twitter: @falfanyfitri
    Kota: Pamekasan-Madura

    Yang terlintas pertama kali adalah pulauku, MADURA. Kata itu sudah menguasai mindsetku. Aku ada dari tanahnya pun hidup karena lautnya. Gak salah dong kalo yang terlintas pertama kali adalah tempatku tinggal? Dan mungkin karena Madura dan garam ibarat mata uang. Tidak bisa terlepas atau bahkan dipisahkan. Faktanya tidak lain, aku sering melihat tumpukan garam di tepi pesisir pulauku. Pun terakui bahwa ‘pulau garam’-ku termasuk penghasil + pengekspor utama nasional, loh!😀 Kenal madura, pasti kenal garamnya😉

  32. Fita
    @fitania09
    Malang

    Yang paling aku ingat itu Laut , Asin dan Pulau Maduraaa😀
    Kenapa? Karena garam dihasilkan dari penguapan air laut oleh matahari yang kemudian meninggalkan jejak-jejak kristal.
    Asin, rasa dari garam itu sendiri sbg bahan pemberi cita rasa.
    Pulau Madura, pulau eksotis dan salah satu penghasil garam terbesar di Indonesia.

  33. Fita
    @fitania09
    Malang

    Yang paling aku ingat itu Laut , Asin dan Pulau Maduraaa😀
    Kenapa? Karena garam dihasilkan dari penguapan air laut oleh matahari yang kemudian meninggalkan jejak-jejak kristal putih.
    Asin, rasa dari garam itu sendiri sebagai penambah citarasa masakan.
    Pulau Madura, pulau eksotis yang merupakan salah satu penghasil garam terbesar di Indonesia.

  34. Ila Rizky
    @ila_rizky
    Tegal

    Garam mengingatkan pada kasus pembunuhan. Garam yang dicampur air bisa digunakan sebagai penghantar ion sehingga jika ada aliran listrik bisa membahayakan nyawa orang.

  35. Mareyni Day
    @MareyNi_Day9
    Blitar

    Garam. Garam dapur lebih tepatnya, terbentuk dari unsur natrium dan klorin. Yang keduanya merupakan unsur berbahaya. Namun, ketika keduanya menyatu maka akan menjadi senyawa yang sangat bermanfaat dan tentu saja aman. Subhanallah….

    Yang perlu digaris bawahi adalah, Allah selalu menciptakan makhluknya pasti ada manfaat. Jadi, tidak mungkin ada garam jika tidak ada manfaatnya.

  36. Nur Ramadhani Anwar
    @DhaniRamadhani
    Jeneponto

    Yang terlintas pertama kali saat mendengar kata garam adalah PANAS. Kenapa panas? karena garam bisa ada karena panas. Kerjaan saya sekarang adalah pendamping para petambak garam, bisa dibayangkan dong yah ke tambak panas-panan untuk liat proses terjadinya garam, apalagi garam bisa jadi kalau musim kemarau. bayangkan, betapa panasnya, hehehe.

  37. Nama: Nur Oktaviani
    Twitter: @nungi1
    Kota: Purwokerto

    Pertama kali mendengar kata garam yang terlintas adalah dapur. Selain garam adalah bumbu dapur, garam juga selalu berada di dapur. Hehe

  38. Nur Mumtahana
    @HannaChan54
    Tegal

    Yang terlintas dalam pikiran ketika mendengar kata ‘garam’ adalah sama seperti saat mendengar kata ‘air’ dan ‘api’. Ia bermanfaat ketika berada di tempat yang tepat (misal : sayur, sambal, lauk-pauk). Dan akan bersifat menganggu ketika berada di tempat yang tidak tepat (misal : jus). Jumlahnya yang pas akan membuatnya sangat bermanfaat, namun ketika jumlahnya berlebihan akan menghilangkan manfaat tersebut (misal : sambal keasinan, sayur keasinan, lauk-pauk keasinan). Ya, begitulah kira-kira.

  39. Nama : Annisa Novianti
    Twitter : @nisadnovi38
    Kota : Ungaran, Jateng

    apa yang terlintas saat mendengar kata garam?
    yang langsung kelintas ya… ASIN! trus kalo udah inget asin, pasti langsung inget LAUT. dan yang langsung kelintas lagi adalah laut paling asing, yaitu laut mati (bener kan?). joh iya, kalau kita berenang di laut mati, kita katanya ga bakal tenggelam, soalnya kandungan garam yang tinggi lebih tinggi dari manusia. dan karena kandungan garam di laut mati ini membuat hewan laut nggak bisa hidup disini.. kasian ya?

    garam juga dipake sebagai bumbu dapur (dan kalo keinget dapur, saya jadi inget fakta bahwa saya nggak bisa masak.. hiks T.T ). bisa juga jadi pengusir hewan-hewan kecil seperti ular dan bekicot (bekicot bahkan bisa mati kalo kena garam!). ada juga yang bilang garam bisa mengusir roh jahat (ini 100% saya nggak percaya. emang roh jahat takut ama garam? saya nggak percaya sama sekali).

    yup! itulah pendapat saya tentang garam. walau saya enggak pernah kepikiran garam bisa untuk membunuh manusia (kalau kebanyakan mungkin iya sih..). tapi saya masih penasaran dengan garam yang digunakan sebagai media untuk membunuh seseorang (yang membuat saya penasaran dengan novel ini.. hihihi XD). semoga jawaban saya bisa menjadi yang terbaik🙂

  40. Ariena Diwa Andarisa
    @arienarisa
    Asal Gresik

    Garam. Yang terlintas di kepala saya adalah perih. Entah kenapa yang terbayang adalah sebuah luka goresan berdarah dan terkena GARAM, rasanya pasti perih sekali. Aku bisa membayangkan cipratan GARAM itu asin namun sangat perih saat menyentuh luka goresan itu. Agak ngeri sih bayanganku hahaha, terimakasih🙂

  41. Nama: Ana Nurul M.
    Akun twitter : @anaanum19
    Kota tinggal : Jember

    Begitu mendengar kata GARAM yang terlintas di pikiran saya tentu saja LAUT, tempat garam berasal, bagaimana garam dibuat hingga akhirnya tiba di tangan kita dengan wujud “Garam” yang siap untuk kita jadikan unsur penting dalam hampir setiap makanan kita ^^

  42. Nama: Akhfhin
    Akun twitter: @afingleek
    Kota tinggal: Jakarta Selatan

    Kalo denger kata garam langsung keinget cerita bapak & ibu. Waktu abis baru aja nikah, pas masak pertama kali buat bapak ibu pernah cerita kalo pernah masakin sop sayur sama ayam karena belom pernah masak sebelumnya pas dicobain sama bapak mukanya langsung merem melek gitu ternyata keasinan gara-gara kebanyakan garam. Ibuku sama bapakku langsung ketawa aja trus ibuku bilang “gara-gara grogi sih masak pertama kali buat bapak”

    menurutku itu cerita yang oh so sweet banget, dan semi situ gara-gara garam wkwkwk

  43. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    Bogor.

    Garam? Sesuatu yang terbuat dari air laut? mengkristal karena panas? rasanya asin? digunakan sebagai bumbu masakan? berhubungan dengan hal hal mistis? dapat dipakai untuk mengusir binatang yang membahayakan? banyak manfaatnya namun bisa menimbulkan efek negatif juga? Kegunaannya banyak sekali, tidak akan menimbulkan efek negatif jika kita menggunakannya dengan benar. Ciptaan Allah yang sangat menakjubkan. Maka yang terlintas dalam kepalaku saat mendengar kata ‘garam’ itu ucapan ‘Subhanallah’🙂

  44. Eni Lestari
    @dust_pain
    Malang

    yang terlintas di benakku ketika mendengar kata garam adalah MADURA. kenapa Madura? karena sebutan untuk pulau itu adalah pulau garam. bahkan sejak zaman Belanda, Madura telah menjadi penghasil dan pengekspor utama garam. dengan sebutan itu, bisa dikatakan pada masa silam Madura pernah mencicipi masa kejayaan dan kemakmuran karena produksi garam. sayangnya, saat ini petani garam di Madura harus mendapati kenyataan garam tanah leluhurnya bersaing dengan garam impor😦

  45. Nama : Mila Rhmatunnisa
    Twiiter : @KshopAddict
    Kota : jakarta timur

    Jawaban : “GARAM” kata pertama saat mendengarnya Adalah ” RASANYA ASIN” kenapa Asin? dan kenapa Asin? aku juga gak tau karena memang sejak dahulu orang-orang yang pernah makan garam pasti akan berpendapat bahwa garam itu memang Asin.

    yang terlintas di benakku saat mendengar kata Garam adalah “GARAM MEMILIKI BANYAK MANFAAT “. dibalik kata Asin tersebut. Rasa yang mungkin banyak orang yang tidak menyukainya, aku yakin ada banyak manfaat didalamnya dan manfaat itu sudah kita temukan di kehidupan sehari-hari,ya Garam dapur untuk penyedap rasa. Bayangkan kalau kita memakan makanan yang tanpa rasa asin.Tentu, mulut kita akan terasa hambar bukan? manfaat yang kedua. Ternyata garam bisa di gunakan pengawet makan. Dan baru tadi pagi aku melihat di kamar mandi sudah banyak garam. Mamahku menggunakan garam sebagai pengusir ular yang masuk kekamar mandi lewat closet. Bermanfaat bukan?.

    dan ternyata pengetahuan baru lagi yang aku dapat saat membaca Review novel kak lucky >< dan aku bener-bener baru tahu kalo ada sungai yang memiliki PH garam 10,5 dan burung yang masuk sungai itu akan menjadi patung.:0 gimana manusia ya? akan menjadi apa,kalau masuk sungai itu?

    well garam juga bisa menjadi taktik pembunuhan?. Aku ingin lihat digunakan sebagai apa saja ya garam di novel ini dalam pembunuhan?.

    Semua yang diciptakan Allah memang banyak manfaatnya termasuk garam. dibalik rasa ASIN dia. Ternyata, banyak manfaat yang bisa kita ambil🙂

    #MisteriPatungGaram

  46. Nama : Mila Rhmatunnisa
    Twiiter : milehyaa
    Kota : jakarta timur

    Jawaban : “GARAM” kata pertama saat mendengarnya Adalah ” RASANYA ASIN” kenapa Asin? dan kenapa Asin? aku juga gak tau karena memang sejak dahulu orang-orang yang pernah makan garam pasti akan berpendapat bahwa garam itu memang Asin.

    yang terlintas di benakku saat mendengar kata Garam adalah “GARAM MEMILIKI BANYAK MANFAAT “. dibalik kata Asin tersebut. Rasa yang mungkin banyak orang yang tidak menyukainya, aku yakin ada banyak manfaat didalamnya dan manfaat itu sudah kita temukan di kehidupan sehari-hari,ya Garam dapur untuk penyedap rasa. Bayangkan kalau kita memakan makanan yang tanpa rasa asin.Tentu, mulut kita akan terasa hambar bukan? manfaat yang kedua. Ternyata garam bisa di gunakan pengawet makan. Dan baru tadi pagi aku melihat di kamar mandi sudah banyak garam. Mamahku menggunakan garam sebagai pengusir ular yang masuk kekamar mandi lewat closet. Bermanfaat bukan?.

    dan ternyata pengetahuan baru lagi yang aku dapat saat membaca Review novel kak lucky >< dan aku bener-bener baru tahu kalo ada sungai yang memiliki PH garam 10,5 dan burung yang masuk sungai itu akan menjadi patung.:0 gimana manusia ya? akan menjadi apa,kalau masuk sungai itu?

    well garam juga bisa menjadi taktik pembunuhan?. Aku ingin lihat digunakan sebagai apa saja ya garam di novel ini dalam pembunuhan?.

    Semua yang diciptakan Allah memang banyak manfaatnya termasuk garam. dibalik rasa ASIN dia. Ternyata, banyak manfaat yang bisa kita ambil🙂

    #MisteriPatungGaram

  47. Nama : Ashfi Rasidah Anbariah
    Twitter : @AnbariahR
    Kota : bandung

    yang terlintas ketika mendengar kata Garam adalah penyempurna rasa,dengan garam kita bisa merasakan nikmatnya suatu santapan tanpanya akan terasa hampa dan tak berwarna.
    Garam adalah kehidupan.
    Semua orang membutuhkannya untuk bertahan hidup baik fisik maupun material dan sulit untuk memisahkannya.
    Garam itu misterius dia bisa mematikan namun juga bisa sebagai penyembuh, banyak kisah tentang garam yang mistis, namun dibalik semua itu garam tetaplah garam yaitu sebagai penyempurna hidup manusia.

  48. Dellavita Y
    @dellavitaa_
    Delanggu

    Saat membaca kata Garam kata yang terlintas yaitu tentang rasanya yang “ASIN” dan biasanya di pakai buat bumbu dapur oleh ibu rumah tangga🙂 untuk lebih memperkuat rasa^^ dan bisa digunakan untuk obat sakit gigi dengan cara dicampur dengan air hangat lalu buwat kumur😀 *katanyaGOOGLE

    Wish me luck😍😘🙏

  49. Dellavita Y
    @dellavitaa_
    Delanggu

    Saat membaca kata garam satu kata yang terlintas di fikiran adalah rasanya yang “ASIN”

    Banyak banget manfaat garam salah satu contoh nyaa🙂

    1. Di bidang masak memasak garam bisa digunakan sebagai pelengkap rasa atau memperkuat rasa nya biar gurih^^

    2. Di bidang pengobatan garam bisa digunakan sebagai obat sakit gigi☺ dengan cara mencampur garam dengan air hangat lalu , kita pakek kumur 😆

    3. Di pesisir pantai garam juga di gunakan oleh para nelayan untuk mengawetkan ikan^^ agar enggak gampang busuk.

    4. Konon garam juga bisa digunakan untuk mengusir ular dan angin besar🙂 dengan cara menabur garam di halaman rumah

    5. Garam juga bisa di gunakan untuk mengusir makhluk halus dengan cara. Sebelum di tabur di bacakan ayat ayat al-quran .

    Ternyata garam mempunyai banyak manfaat di kehidupan kita^^

    Wish me luck^^

  50. Dellavita Y
    @dellavitaa_
    Delanggu

    Saat membaca kata garam satu kata yang terlintas di fikiran adalah rasanya yang “ASIN”

    Banyak banget manfaat garam salah satu contoh nyaa🙂

    1. Di bidang masak memasak garam bisa digunakan sebagai pelengkap rasa atau memperkuat rasa nya biar gurih^^

    2. Di bidang pengobatan garam bisa digunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara mencampur garam dengan air hangat lalu , kita pakek kumur

    3. Di pesisir pantai garam juga di gunakan oleh para nelayan untuk mengawetkan ikan^^ agar enggak gampang busuk.

    4. Konon garam juga bisa digunakan untuk mengusir ular dan angin besar🙂 dengan cara menabur garam di halaman rumah

    5. Garam juga bisa di gunakan untuk mengusir makhluk halus dengan cara. Sebelum di tabur di bacakan ayat ayat al-quran .

    Ternyata garam mempunyai banyak manfaat di kehidupan kita^^

    Wish me luck^^

  51. Dellavita Y
    @dellavitaa_
    Delanggu

    Saat membaca kata garam satu kata yang terlintas di fikiran adalah rasanya yang “ASIN”

    Banyak banget manfaat garam contoh nyaa🙂

    1. Di bidang masak memasak garam bisa digunakan sebagai pelengkap rasa atau memperkuat rasa nya biar gurih^^

    2. Di bidang pengobatan garam bisa digunakan sebagai obat sakit gigi☺ dengan cara mencampur garam dengan air hangat lalu , kita pakek kumur 😆

    3. Di pesisir pantai garam juga di gunakan oleh para nelayan untuk mengawetkan ikan^^ agar enggak gampang busuk.

    4. Konon garam juga bisa digunakan untuk mengusir ular dan angin besar🙂 dengan cara menabur garam di halaman rumah

    5. Garam juga bisa di gunakan untuk mengusir makhluk halus dengan cara. Sebelum di tabur di bacakan ayat ayat al-quran .

    Ternyata garam mempunyai banyak manfaat di kehidupan kita^^

    Wish me luck^^

  52. Dellavita Y
    @dellavitaa_
    Delanggu

    Saat membaca kata garam satu kata yang terlintas di fikiran adalah rasanya yang “ASIN”

    Banyak banget manfaat garam contoh nyaa🙂

    1. Di bidang masak memasak garam bisa digunakan sebagai pelengkap rasa atau memperkuat rasa nya biar gurih^^

    2. Di bidang pengobatan garam bisa digunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara mencampur garam dengan air hangat lalu , kita pakek kumur

    3. Di pesisir pantai garam juga di gunakan oleh para nelayan untuk mengawetkan ikan^^ agar enggak gampang busuk.

    4. Konon garam juga bisa digunakan untuk mengusir ular dan angin besar🙂 dengan cara menabur garam di halaman rumah

    5. Garam juga bisa di gunakan untuk mengusir makhluk halus dengan cara. Sebelum di tabur di bacakan ayat ayat al-quran .

    6. Jaman dulu garam juga di gunakan untuk nenek nenek buwat “KINANG” yang bikin gigi oren . garam di gunakan sebagai tambahan rasa🙂

    Ternyata garam mempunyai banyak manfaat di kehidupan kita^^

    Wish me luck^^

  53. Dellavita Y
    @dellavitaa_
    Delanggu

    Saat membaca kata garam satu kata yang terlintas di fikiran adalah rasanya yang “ASIN”

    Banyak banget manfaat garam salah satu contoh nyaa🙂

    1. Di bidang masak memasak garam bisa digunakan sebagai pelengkap rasa atau memperkuat rasa nya biar gurih^^

    2. Di bidang pengobatan garam bisa digunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara mencampur garam dengan air hangat lalu , kita pakek kumur

    3. Di pesisir pantai garam juga di gunakan oleh para nelayan untuk mengawetkan ikan^^ agar enggak gampang busuk.

    4. Konon garam juga bisa digunakan untuk mengusir ular dan angin besar🙂 dengan cara menabur garam di halaman rumah

    5. Garam juga bisa di gunakan untuk mengusir makhluk halus dengan cara. Sebelum di tabur di bacakan ayat ayat al-quran .

    Ternyata garam mempunyai banyak manfaat di kehidupan kita^^

    Wish me luck^^

  54. nama; Arfina T. Dewi
    akun twitter : @ipinkaramel
    kota tinggal : Serang

    Tang terlintas itu dapur, asin dan mamake -_-, abisnya mama sayanya suka nyuruh beli garam di warung belakang, jadinya keinget terus.

  55. Nama : Rany Dwi Tanti
    Twitter : @Rany_Dwi004
    Kota : Tulungagung

    Apa yang terlintas saat mendengar kata garam ?

    Yang terlintas di pikiran saya ketika mendengar kata garam, selain kata “asin” dan “laut” adalah kebiasaan orang Jepang tentang garam. Untuk mengembalikan kadar garam dan kadar air dalam tubuh, orang Jepang sering menggunakan garam untuk dicolek dengan semangka, atau bahkan menaburkan garam itu di atas semangka. Dan kebiasaan mencolek semangka dengan garam sudah diajarkan sejak mereka kecil. Bahkan, mereka menganggap semangka yang dicolek garam itu lebih manis. Coba aja kalau nggak percaya. Tapi jangan terlalu banyak garam juga ya! hehe

    Bahkan, Pepsi di Jepang merilis satu produk khusus untuk musim panas dengan rasa “Salty Watermelon”. Kirin juga mengeluarkan produk khusus dengan rasa “Salty Lyche” yang kabarnya menggunakan garam kelas atas Okinawa.

  56. Nama : Annisa Salvia
    Twitter : @NiisNisaa_
    Kota tinggal : Medan

    Apa yang terlintas saat mendengar kata garam?
    Yang pertama kali terlintas yaa rasa Asin. Kan, tanpa garam makanan pasti nggak ada rasanya. Terus juga keinget sama salah satu materi pelajaran Kimia, tentang Asam, Basa & Garam😀 Jujur, setelah melihat review ini, aku baru nyadar kalau garam itu punya banyak manfaat. Jadi, nggak sekedar pemberi rasa pada makanan aja.

  57. Bintang P A
    @Bintang_Ach
    Ngawi

    Garam.. saat prtma kali mndgr kata garam, yg trlintas di pikiran sy adalah dr rasanya. Iya, asin.
    Dlm khidupan kita tahu bhwa hidup scr brlebihan sgt tdk baik. Mmg bnar, sm halny dg garam. Dlm memasak apabila kita mmbumbui msakan kita dg 5 sdm garam, pdhl yg kita masak adlah 1 mangkuk sayur bening. Bayangin coba? Gmn rasanya?. Mgkn jk anda brni menghabiskanny, paling-paling bsokny lambung anda akan pecah! Hahah.. #justkidding. Tp di lain sisi, ad pepatah yg mngatakan bhw “Bagai sayur kurang garam”. Itu brrti, peran garam sgt dibutuhkn saat memasak, nmun tdk dlm porsi yg brlebihan. Secukupny aj, yg pting PAS!
    Selain itu, apakah kalian tau? 70% komponen bumi kita ini trdri atas garam. Anda prnh ke pantai? Saat tk sngja air laut msuk ke mlut anda, apa yg anda rasakan? Asin, kan? Itu dikarnakan air laut byk mengandung byk Iodium / garam. Ok, jd pd intiny “Rawatlah garam sebagaimana anda merawat pacar anda” Hehe, sekian_

  58. Nama : Yanti
    Twitter : @CallMe_yanti
    Kota Tinggal : Martapura, Kal-Sel

    Saat mendengar kata ‘garam’, yang pertama terlintas adalah rasanya yang asin. Garam mengingatkan saya pada laut, karena garam berasal dari air laut yang di endapkan, mendengar kata ‘garam’ juga mengingatkan saya pada Madura, kota penghasil garam. Garam adalah penyedap makanan, tanpa garam makanan tidak akan sedap. Di tempat saya tinggal garam biasanya digunakan untuk mengawetkan kulit cimpedak atau mengawetkan ikan. Kulit cimpedak yang diawetkan dengan garam rasanya akan sangat enak dan disebut dengan ‘Mandai’, sedangkan ikan yang sudah diawetkan dengan garam disebut dengan ‘ikan samu’, hal tersebut bisa diartikan bahwa garam bisa menghambat bakteri untuk masuk ke dalam makanan/ ikan sehingga lebih awet disimpan. Garam juga mengandung unsur mistis, misalnya ibu saya bilang bahwa garam bisa dipakai untuk mengusir semut hitam besar yang bernama ‘semut salimbada’ dan juga ibu saya mengatakan kalau Ular takut melintasi tempat yang ditaburi garam dan di Jepang garam dipercaya bisa mengusir roh jahat. Tidak tahu itu benar atau tidak, itu adalah kepercayaan orang jaman dulu. Garam juga mengingatkan saya pada kandungannya yang sangat penting yaitu Yodium. Garam memang memiliki harga yang murah, tapi memiliki banyak kegunaan.

  59. Nama: Wulida Nadhila
    Twitter: @Jm_nim
    Kota Bojonegoro

    Saat mendengar kata garam yang terlintas adalah kata asin. Garam menghadirkan rasa asin disetiap masakan yang masuk kedalam mulut. menghadirkan dan menyempurnakan gabungan rasa masakan. Tanpa garam semua hambar

  60. Nama: Evenna Christina
    Twitter: @evenna_cs
    Kota Yogyakarta

    Kata pertama yang terlintas saat mendengar kata garam adalah putih. Kita tahu bahwa garam berasal dari laut, dan laut biasanya selalu digambarkan dengan warna biru laut (ocean blue) yang menggambarkan kedalaman air tersebut. Tapi di kedalaman laut itu ternyata juga terdapat garam yang berwarna putih.
    Jika seandainya laut itu adalah tubuh maka garam adalah darah yang mengalir di dalamnya, ia tak terlihat tapi ia ada di seluruh bagian dari tubuh laut itu sendiri.
    Warna putih yang berbeda dengan warna laut menggambarkan kemurnian dari garam yang ada di dalamnya. Tentu semua tahu bahwa untuk mendapatkan garam maka air laut harus jemur sampai menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam yang putih (bening) ini. Proses itu tentu seperti proses pemurnian dari jiwa yang tadinya penuh dengan berbagai masalah, perasaan iri dan dengki, tetapi jika kita bisa memurnikannya maka kita bisa melihat bahwa sesungguhnya di dalam jiwa kita masih terdapat kebaikan yang bening.
    Namun dibalik semua manfaat yang bisa kita dapatkan dari garam tadi ternyata senyawa unik ini bisa digunakan untuk membunuh. Ya coba saja taburkan garam ke atas tanah dalam jumlah yang banyak maka perlahan-lahan tanaman yang ada disana akan mati. Hama yang lain pun tidak ada yang berani mendekati tanah garam itu. Jika seandainya tanah itu adalah pikiran kita yang ditumbuhi oleh berbagai dosa dan hama-hama buruknya maka garam sebagai kebaikan akan dapat membunuh dosa tersebut dan memurnikannya kembali menjadi putih.

  61. Nama :Lu’lu’ Rofi’atu Laila
    Twitter :@lulu_diamond
    Kota Tinggal :Bogor

    Hmm, kalo ngomongin tentang “GARAM” termasuk apa yang saya fikirkan pertama kali pasti bakalan panjang x lebar nih mbak. Tapi satu kata ini mungkin menggambarkan apa yang saya fikirkan pertama kali tentang garam “FILOSOFI dan INSPIRASI” (ups, itu dua kata yah hee..)

    Kenapa saya menyebutkan dua kata itu? karna (1) garam seperti yang kita kenal mungkin kebanyakan hanya berfikir memiliki manfaat dalam kehidupan sebagai perasa, kesehatan, pengusir binatang (atau roh halus bagi yang percaya). tapi sesungguhnya garam lebih dari itu. garam juga memiliki manfaat tidak fisik (yang tidak dirasakan secara langsung), seperti filosofi. Iya, filosofi. betapa banyak kata pepatah dan motivasi yang diambil dari sifat garam seperti sudah banyak makan garam; asam digunung dan garam dilaut bersatu juga dibelanga; jangan seperti garam yang jatuh ke air; dll. Filosofi garam yang perlu kita tiru bahwa kehadirannya bisa memberi rasa disemua jenis makanan, baik dicampur maupun sendiri. garam juga mengajarkan untuk tidak berlebihan maupun kekurangan dalam segala sesuatu agar bermanfaat.

    kata ke (2) saat mendengar kata garam adalah inspirasi. Dari filosofi yang sudah panjang lebar saya jelaskan, pastinya banyak inspirasi kehidupan yang kita dapatkan (eaaa, sok profesional). diantara inspirasi yang saya rasakan adalah (1) berbuat untuk oranglain, memberi dan selalu ada untuk memberikan rasa bagi orang lain (sedaaap). dan juga (2) berlaku seimbang, tidak melebihi batas maupun kekurangan. Sekian. Let’s keep inspire ^^

  62. Nico Pardamean
    @PardaNiks93
    Bandung

    Garam itu cerita manis.🙂
    Beberapa tahun lalu saya tak sengaja menemukan sebuah fiksi romantis dari sebuah laman. Mengisahkan wanita paling cantik sekota iseng mengencani lelaki biasa-biasa saja di sebuah kafe. Si lelaki memesan kopi dengan tambahan garam. Kata si lelaki, keluarganya tak lepas dari laut, garam membuatnya terhubung dengan keluarganya. Si lelaki mejelaskan dengan cara yang manis. Akibat itu wanita dan lelaki itu mulai menjalin hubungan dan menikah.
    Padahal sebenarnya waktu itu si lelaki memesan kopi karena grogi.
    Setelah membaca kisah ini saya ketika melihat atau mendengar garam pasti ingat cerita ini.
    Sepertuinya ga nyambung dengan novel Misteri Patung garam ya.hehehhe

  63. Nico Pardamean
    @PardaNiks93
    Bandung

    Garam itu cerita manis.🙂
    Beberapa tahun lalu saya tak sengaja menemukan sebuah fiksi romantis dari sebuah laman. Mengisahkan wanita paling cantik sekota iseng mengencani lelaki biasa-biasa saja di sebuah kafe. Si lelaki memesan kopi dengan tambahan garam. Kata si lelaki, keluarganya tak lepas dari laut, garam membuatnya terhubung dengan keluarganya. Si lelaki mejelaskan dengan cara yang manis. Akibat itu wanita dan lelaki itu mulai menjalin hubungan dan menikah.
    Padahal sebenarnya waktu itu si lelaki memesan kopi dengan garam karena grogi.
    Setelah membaca kisah ini saya ketika melihat atau mendengar garam pasti ingat cerita ini.
    Sepertuinya ga nyambung dengan novel Misteri Patung garam ya.hehehhe

  64. Nama : rani evadewi
    Twitter : @evevitto
    Jakarta

    Pertama kali Denger garam ya tentang IKAN dan ULAR !Hahaha karena saya suka ikan dan ikan itu nggak enak tanpa garam 😄 terus kalau ular itu karena setiap camping selalu bawa garam buat ditabur sekitar perkemahan untuk ngusir ular ular cantik itu 😉

  65. Nama : Fitra Aulianty
    Akun twitter : @fira_yoopies
    Kota tinggal : Pekanbaru

    Saat mendengar kata garam, entah kenapa yang terpikirkan ikan asin hihi
    Mungkin karena ikan asin itu rasanya asin, asin itu garam. Garam itu sendiri dari laut. Dan di laut sepertinya lebih banyak teka-teki proses garam itu sendiri dan biasanya semua yang asin akan disangkutkan dengan garam.

  66. Nama: Ayu Windyaningrum
    Twitter: @Ayundyawibowo
    Kota: Bogor

    Jawaban:
    Karena saya anti mainstream, jawaban untuk pertanyaan GA ini dari saya adalah ‘garam’ itu sendiri. Bukan si bumbu dapur, asin, laut, atau Madura. Tapi echo (gaung) dari obyek pertanyaannya, yaitu ‘garam’.

    Penjelasan ilmiahnya, kalau seseorang menanyakan sesuatu padamu, pikiranmu pasti langsung menyortir keyword dari pertanyaan tsb dan menginstruksikan otak untuk mengulanginya untukmu. Echo (gaung) yang muncul pertama kali ini mengalahkan pikiran2 lain yang muncul setelahnya dalam hal adu kecepatan.

  67. Ita Sholihatin
    @terhujan
    Jogja

    Saya langsung teringat lirik lagunya Inul Daratista jaman dulu.
    “Ada yang bilang dangdut tak goyang, bagai sayur tanpa garam, kurang sedap, kurang enak. Karena itu inul goyang, agar semuanya senang…”

  68. Nama: Rizqa Nurul Hidayanti
    Twitter: @nurul_rizqa
    Kota: Yogyakarta

    Garam itu diperoleh dari hasil reaksi kimia antara asam dan basa. Contohnya ketika kita mereaksikan Asam klorida (HCl) dengan Natrium Hidroksida (NaOH) akan didapatkan garam NaCl dan air. Salah satu sifat paling mencolok dari garam adalah hidroskopis/higroskopis yaitu mudah menyerap air, jangan heran kalo garam gampang meleleh. *Maklum anak kimia hehehe

  69. Nama: neneng Lestari
    Akun twitter: @ntarienovrizal
    Kota tinggal: Meulaboh, ACEH
    Jawaban:
    Apa yang terlintas saat mendengar kata garam?

    Kalau orang biasa/teman/keluarga yang nanya ke saya, pasti tanpa ragu saya menjawab ASIN.

    Tapi ketika saya melihat cover, judul serta review dari host saya langsung membayangkan PERIH

    Kenapa? Karena sebelum membaca review (masih fokus sama covernya) saya kira bakal ada penyiksaan memakai garam. Ada kan istilah menabur garam di atas luka, saya pikir begitu juga. Mungkin versi lebih sadisnya menabur/menggunakan garam untuk mengawetkan mayat (karena judulnya misteri patung garam. Saya langsung kebayang sama film House Wax yang manusianya di jadikan patung lilin). Belum lagi penjabaran host tentang garam pada akhir review, membuat saya membayangkan garam JAUH dari kata ASIN.

    Hehe jawabannya gak logis ya. Tapi ini pikiran saya tentang garam setelah baca review Misteri Patung Garam

  70. Merry
    @mewmerry
    Yogyakarta

    Garam bikin keinget sama laut mati yg terletak di perbatasan Yordania dan Palestina. Karena kadar garamnya yg sangat tinggi membuat kita akan mengapung saat nyebur, meskipun enggak bisa berenang. Penasaran banget gimana rasanya mengapung di sana.
    Terus kalo misalnya bikin kolam renang yang dikasih garam hingga konsentrasi sama dengan laut mati, apakah kita juga bisa ngapung seperti di laut mati? Hehehe

  71. Pingback: Obsessive Compulsive Disorder + Pengumuman GA #MisteriPatungGaram | Luckty Si Pustakawin

  72. Pingback: [BLOGTOUR] REVIEW Tiga Sandera Terakhir + GIVEAWAY | Luckty Si Pustakawin

  73. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  74. Pingback: [BACA BARENG] REVIEW Alias + GIVEAWAY | Luckty Si Pustakawin

  75. Waw garam garamnya bikin penasaran deh. Ini kaya cerita detektif gitu ya? Penasaran juga gimana endingnya Kiri dan Kenes ini u.u

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s