REVIEW Spooky Stories: Tersesat

WP_20150419_045

Harus selalu tenang. Terbukti ketika tenang, bisa berpikir jernih dan mencari jalan keluar. Ketika panik, semua yang ada di pikiran jadi buyar berantakan. Akibatnya, tak bisa mengingat sesuatu yang diperlukan untuk mengatasi keadaan. Bahkan sesuatuyang sangat penting dan sangat kecil sekalipun akan luput jika panik. (hlm. 120)

“Lain kali omongan dijaga. Jangan asal nyerocos aja. (hlm. 158)

Hanin dan teman-teman sekelasnya berencana mengadakan perpisahan kelas. Rencana awal, mereka akan menginap di puncak selama tiga hari dua malam di sebuah vila. Namun, karena banyak alasan dan masalah, rencana itu pun gagal total. Mereka mengubah keseluruhan rencana, akhirnya diputuskan pergi ke Pelabuhan Ratu.

Pelabuhan Ratu adalah wisata pantai yang terletak di selatan Jawa Barat. Selain dikenal memiliki ombak yang sangat besar dan cukup berbahaya, pantai ini juga cukup curam dan memiliki tebing karang yang cukup terjal. Namun, keindahan pantai ini menjad daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Ada banyak cerita tentang pantai Pelabuhan Ratu yang beredar dari mulut ke mulut dan dari waktu ke waktu. Kebanyakan cerita yang beredar adalah tentang alam supranatural, tentang dunia gaib dan para penguasanya. Debur ombak yang begitu keras menerpa karang-karang terjal seolah tak pernah berhenti berkisah tentang sebuah dunia di balik gemuruhnya.

Masyarakat di kota Pelabuhan Ratu memiliki kepercayaan yang cukup tinggi tentang mitos penguasaa laut selatan, yaitu Ratu Kidul, ratu yang sangat cantik bak bidadari. Di laut selatan itulah bertakhta sebuah kerajaan mahluk halus yang besar dan indah.

Sehari sebelumnya, Hanin dan teman-teman sekelasnya mengadakan acara barbeque di rumah Nunu. Setelah itu, anak perempuan bermalam di rumah Mala. Sedangkan yang laki-laki bermalam di rumah Nunu. Keesokan harinya, mereka berencana berangkat pukul enam pagi menuju Pelabuhan Ratu. Kenyataannya, mereka tidak bisa berangkat tepat waktu.

Dari awal, perjalanan mereka tidak berjalan mulus. Setelah kira-kira satu jam perjalanan, mobil yang Hanin tumpangi terpisah dengan mobil yang sedari tadi berada di depan mobil Hanin. Nunu membelokkan mobil ke kanan, ke arah jalur alternatif menuju Pelabuhan Ratu, sedangkan mobil silver sepertinya lurus ke arah kota.

Tidak hanya itu, mereka mengalami serangkaian hal-hal yang menghambat perjalanan mereka yang awalnya untuk bersenang-senang. Pesan moral dari buku ini adalah jangan sembarangan berbicara dan jangan juga merendahkan orang lain, apa lagi orang yang tidak kenal.

Keterangan Buku:

Judul                      : Spooky Stories: Tersesat

Penulis                   : Hasya Nindita

Penyunting              : Aan Wulandari

Penyelarasa aksara  : Nuraini S.

Penata aksara         : Denny Prabowo

Perancang sampul   : Papersand Studio

Ilustrasi sampul       : Olvyanda Ariesta

Ilustrasi isi              : Aloysius Alfa

Penerbit                  : Noura Books

Terbit                     : Maret 2015

Tebal                     : 172 hlm.

ISBN                       : 978-602-0989-4-2

7 thoughts on “REVIEW Spooky Stories: Tersesat

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Cerita yg mengambil salah satu mitos terkenal di Indonesia. Kayaknya bakal nemuin petualangan yg menegangkan di buku ini.

  3. Emang harus dijaga omongan tuh, aku sendiri pernah ngalaminnya kak. Gara-gara penasaran akibat ucapan guru yang mengatakan kalo ada hantu perempaun cantik keturunan belanda di sekolah SMA, aku jadi penasaran. Aku malah ditunjukin yang engga-engga. Mulai dari yang nyerupain temen, merasa dikejar, suara-suara aneh dan masih banyak lagi. Selepas sekolah pun aku masih suka melihat hal tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s