REVIEW Come On Over

 

Semakin berarti orang itu, semakin mudah dia menyakiti hatimu lagi. (hlm. 254)

Kalau kamu tahu caranya jatuh cinta, seharusnya kamu juga tahu caranya berhenti jatuh cinta. Seharusnya. (hlm. 404)

Enam bulan lalu, Tata mengambil keputusan besar; berhenti dari pekerjaannya. Alasan pribadi. Cewek itu pun berhenti ngekos dan kembali tinggal dengan kakaknya, Adagio seperti masa kuliah dulu.

Sebulan-dua bulan, kakaknya masih belum komentar apa-apa. Paling banter cuma mata melotot dikit ketika melihat Tata sedang malas-malasan di depan televisi atau sesorean baca majalah Mascara lama sambil dengerin lagu yang diputer kenceng-kenceng di laptopnya.

Tapi di bulan ketiga, Ada langsung mengambil tindakan. Dia nggak sanggup lagi melihat kelakuan adiknya yang malas-malasan itu. Hingga tibalah titak jika Tata harus bekerja di tokon kakaknya itu.

Yup, kakaknya memiliki toko bernama Crystal Clear yang seperti surga. Adanya chandelier besar bergaya modern, tergantung anggun di tengah-tengah ruangan. Interior toko didominasi warna putih, serasi sekali dengan display dan rak built-in di dinding, semuanya terbuat dari manik-manik bening sengaja diatur mengelilingi display khusus yang memajang aksesori bermerk Swarovski. Toko itu memperhatikan betul kenyamanan calon pembelinya; di sana-sini dia bisa melihat sofa-sofa tanpa sandaran, dengan manik-manik di pinggirannya.

Tempat surga itu seperti neraka bagi Tata. Kenapa? Karena dia bekerja di sana TANPA DIGAJI. Kakaknya berdalih meski tidak menggajinya, anggap saja uang jajannya selama ini sebagai imbalannya. Hingga suatu hari ada seorang cowok yang langsung bikin meleleh sejak pandangan pertama ketika cowok tersebut datang ke toko tersebut untuk memesan kotak musik. Malang bagi Tata, ternyata cowok untuk membeli kotak musik untuk persiapan melamar pacarnya dengan menyelipkan cincin berlian di dalamnya. Hati Tata yang berbunga-bunga langsung remuk bagai digodam palu #eaaa😀

Banyak kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Kalau ini adalah novel romantis, kamu dan aku ditakdirkan bertemu di BAB satu. (hlm. 1)
  2. Kenapa ya, cowok sempurna itu seringnya udah ada yang punya? (hlm. 10)
  3. adalah makanan paling penting dalam satu hari. (hlm. 43)
  4. Di beberapa situasi tertentu, terkadang kata maaf tidak diperlukan untuk mengakhiri pertengkaran. (hm. 45)
  5. Hanya karena kamu sakit hati, bukan berarti jadi punya hak untuk kasar. (hlm. 62)
  6. Hidup membosankan dijalani dengan satu cara saja. (hlm. 86)
  7. Pernikahan adalah pilihan. Pilihan untuk menyerah atas pilihan-pilihan lain. (hlm. 89)
  8. Cewek dan cowok masih bisa kok berteman tanpa harus berubah jadi cinta di akhirnya. (hlm. 123)
  9. Semua orang bisa membuatmu tersenyum, tapi berapa banyak yang membuatmu bahagia? (hlm. 266)
  10. Cinta agape adalah jenis cinta yang bisa mencintai pasangannya, cinta yang dipertanggungjawabkan langsung ke Tuhan. (hlm. 322)
  11. Mana yang paling banyak merasakan sakit; yang meninggalkan atau ditinggalkan? (hlm. 394)
  12. Tak ada yang lebih menakutkan ketimbang terlambat melakukan sesuatu yang (mungkin) akan membuat kita bahagia. (hlm. 416)
  13. Suatu hari akan ada seseorang yang teramat mencintaimu hingga mau melakukan apa saja untukmu. (hlm. 427)

Banyak juga selipan kalimat sindiran halusya:

  1. Nyari kerja itu susah tauk. (hlm. 4)
  2. Orang kaya punya kecenderungan satu selera sama burung gagak; menyukai barang-barang yang berkilauan. (hlm. 5)
  3. Orang yang punya waktu menjodoh-jodohkan orang lain biasanya terlalu takut mengurusi kehidupan percintaannya sendiri. (hlm. 22)
  4. Nggak semuanya yang kamu denger itu bener. (hlm. 31)
  5. Diem bukan berarti masalah otomatis selesai. (hlm. 38)
  6. Kata-kata kasar seperti pasta gigi; begitu keluar dipencet dari tempatnya, akan sangat sulit untuk memasukannya kembali. (hlm. 39)
  7. Pembeli setia harus dilayani sebaik mungkin. Nggak boleh sampai merasa kecewa. (hlm. 77)
  8. Meski tetap harus bijaksana dengan pengeluaran, bukan berarti kita lantas alergi dengan barang-barang mahal. (hlm. 156)
  9. Jangan bikin situasi simpel jadi ribet. (hlm. 167)
  10. Memangnya sulit dipercaya ya, cewek dan cowok itu bisa berteman? (hlm. 247)
  11. Percuma terus-terusan bohong. (hlm. 285)
  12. Nggak cewek, nggak cowok, jawaban ‘nothing’ itu selalu berarti ‘something’. (hlm. 389)

Dari sekian tokoh cewek dalam novel-novel yang ditulis Christian Simamora, Tata dalam buku ini adalah cewek paling madesu dibandingkan dengan tokoh-tokoh cewek lainnya. Jobless, numpang makan dan tinggal menumpang dengan kakaknya pula. Dan seperti biasa, tokoh cowok dalam serial J bikin meleleh, tak terkecuali Jermaine dalam buku ini #eaaa😀

Keterangan Buku:

Judul                     : Come On Over

Penulis                 : Christian Simamora

Editor                    : Alit Tisna Palupi

Proofreader       : Tharien

Penata letak       : Wahyu Suwarni

Desainer cover  : Dwi Anissa Anindhika

Ilustrasi paperdoll: Amel Santoso

Penerbit              : Twigora

Terbit                    : 2014 (Cetakan Kedua)

Tebal                     : 436 hlm.

ISBN                      : 978-602-70362-0-8

Dapatkan buku ini di toko buku online Bukupedia

http://www.bukupedia.com/id/book/id-32-85354/novel-fiksi-cerpen/come-on-over.html

 

9 thoughts on “REVIEW Come On Over

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Jujur aku kurang suka sama ceritanya, menurut aku terlalu dewasa buat aku, karena waktu itu aku baca pas kls 3 smp kalau nggak salah. Tapi lucu sih di dalem bukunya ada… apa ya namanya? Baju2an dari kertas gitu

  3. Tertarik buat baca buku ini. Apa buku ini tentang orang ketiga juga?

    Semakin berarti orang itu, semakin mudah dia menyakiti hatimu lagi. (hlm. 254)

    Kata-kata itu bener banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s