REVIEW Big Brother Complex

WP_20150516_001

Kamu takkan pernah bahagia kalau kamu merasa dengan mendapatkan sesuatu kamu akan bahagia, parametermu akan terus naik. (hlm. 129)

Nikki dulu mengenal Rich karena mereka berebutan benda yang sama di sebuah departmenet store. Lagi ada diskon 50-70%, siapa yang nggak kalap dibuatnya? Ada rok hitam panjang yang sangat cantik menurut Nikki. Setelah didiskon harganya nggak sampai lima puluh ribu. Nikki menarik rok itu, dan ternyata ada juga seorang cowok yang menginginkan rok itu. Dia adalah Rich!

Masak iya cowok mau pake rok? Ternyata itu untuk kado ulang tahun sepupunya. Anehnya, setelah itu, obrolan mereka nyambung banget. Mulai dari selera buku, selera musik yang serupa, juga makanan kesukaan. Waktu itu Nikki masih kelas 9, dan Rich kelas 10 SMA. Nikki langsung memutuskan untuk masuk ke SMA-nya Rich. Karena Nikki merasa sudah menemukan figur abang yang dicarinya selama ini.

“Dari dulu aku memang cari seorang abang untukku.” (hlm. 43)

Seperti judulnya, Nikki bisa dikatakan hubungan dengan Rich lebih dari sekedar sahabat, sudah seperti saudaranya sendiri. Dia bisa ngambek dengan segala keisengan Rich. Yang paling fatal adalah saat Rich membocorkan rahasia terbesarnya, yaitu Nikki menyukai Nathan, cowok paling kece di sekolahnya. Jaman-jaman sekolah, jika kita menyukai seseorang di satu sekolah dan kecengan itu ternyata adalah orang tenar, bakal siap-siap dibully oleh pacarnya atau gerombolan fansnya. Begitulah yang dialami oleh Nikki yang penampilannya aneh bagi kebanyakan orang. Di saat remaja cewek berpenampilan girly dengan baju minim warna-warni, Nikki malah menyukai segala sesuatu yang berwarna hitam. Terkadang, ketika kita berbeda dengan orang lain, kita dianggap aneh karena tidak sama seperti kebanyakan orang pada umumnya. #PukPukPukNikki

Nuansa remajanya dapet banget. Dari jaman sekolah sampai kerja di sekolah, pasti menemukan remaja-remaja tipikal Nathan yang nyaris sempurna dengan segudang prestasi plus kegantengan ala-ala Ganteng Ganteng Serigala yang punya banyak fans dengan pacar yang super posesif, ada yang seperti Shandi yang mulutnya habis dikasih cabe lima kilo saking pedesnya kalo ngomong, remaja alal-ala barbie kayak Rosetta, dan juga sahabat yang setia nggak hanya di saat suka, tapi juga maupun duka seperti Savitri.

Dari semua tokoh yang adalah pilihan favorit justru jatuh pada si mamah yang jiwa isengnya mengingatkan akan almarhum mama. Mamahnya ini iseng banget bilang ke Nikki yang baru aja bangun tidur karena terkontaminasi pupuk yang sedang di sebar sang mamah dengan mengatakan bahwa pupuk yang dipegangnya itu adalah pupuk manusia yang dibongkarnya dari septic tank di halaman 12-13 dan di halaman 26-27 ada juga kejadian bikin nyengir kuda lagi pas di halaman 26-27 ketika mamah menghidangkan rawon dan mengatakan jika saat memasaknya belum cuci tangan pasca habis berkebun tadi. Udah tau mamanya tukang iseng, tapi Nikki tetap saja sewot. Mamahnya lucu gitu, tapi kok anaknya nggak bisa diajak bercanda yaa… x)

Ternyata Nikki bukanlah anak kandung mamah. Maddy, itu sebutan Nikki untuk ibu kandungnya yang hidup terpisah dengan mereka. Meski begitu, Nikki lebih suka dengan mamah, baginya maddy merupakan sumber petaka. Nikki kerap jadi bahan percobaannya. Maddy sering bereksperimen untuk menjadikan Nikki seperti impiannya, menjadi remaja yang imut-imut dan feminim. Bukan Nikki banget deh!

Dibandingkan permasalahan percintaan Rich-Niki-Nathan, saya justru malah lebih tertarik dengan kehidupan keluarga Nikki. Pesan moral dari buku ini adalah orangtua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, tapi terkadang caranya tidak tepat. Memaksakan kehendak dan bukan keinginan sang anak secara tidak langsung adalah salah satu penyiksaan secara psikologis.

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Obat patah hati yang cukup manjur adalah makan dan minum yang enak-enak. (hlm. 70)
  2. Kadang kamu harus menikmati proses mencapai cita-citamu. Dan percaya sajalah bahwa kamu sekarang bahagia, dan kebahagiaan itu tidak akan bertambah begitu saja dengan bertambahnya materi. Bahagia itu artinya, merasa cukup dengan yang kamu miliki saat ini. (hlm. 129)
  3. Nggak ada salahnya punya impian. (hlm. 213)
  4. Setiap pilihan pasti ada sisi baiknya. (hlm. 213)
  5. Kalo elo emang sayang ama seseorang, go ahead. Jangan lo biarin dia pergi, terus lo nyesel. (hlm. 230)
  6. Nggak baik mengenang orang yang sudah tiada karena dia nggak akan bisa kembali. (hlm. 268)

Beberapa selipan kalimat sindiran halus dalam buku ini:

  1. Jadi cewek kebo banget! (hlm. 16)
  2. Sejak kapan si miskin itu jadi fashion police? (hlm. 18)
  3. Apa salahnya sih suka warna hitam? (hlm. 31)
  4. Kamu kok judes banget sih? Memang apa salahku? (hlm. 47)
  5. What’s the big deal? Toh bukan hanya kamu yang suka dia, kan? Ribuan atau malah jutaan cewek-cewek lain juga suka. (hlm. 50)
  6. Perbedaan prinsipil yang membuat sepasang suami istri terpaksa berpisah walaupun sebenarnya perceraian adalah jalan yang sangat sulit untuk dihadapi. (hlm. 85)
  7. Orang nggak waras kok dilawan. (hlm. 91)
  8. Nggak ada salahnya tiap minggu ke salon untuk facial, kan? (hlm. 124)
  9. Dalam kehidupan, kita nggak boleh mau begitu saja nerima barang dari orang lain. (hlm. 127)
  10. Jangan asal terima barang dari orang lain. Apalagi kalau harganya mahal. (hlm. 129)
  11. Walaupun untuk jadi cantik harganya begitu mahal! (hlm. 149)
  12. Kamu yang harusnya lebih mengenal dirimu sendiri aja masih bisa salah. Apalagi orang lain yang cuma mendengar ceritamu sepotong-sepotong? (hlm. 243)
  13. Sekali-kali nggak minta bantuan orang lain, gimana? (hlm. 242)
  14. Prom kan bukan peristiwa yang terlalu penting. (hlm. 286)

Buku yang saya baca ini adalah cetakan keempat dengan cover baru yang lebih unyu dari cover sebelumnya. Cover yang baru ini merepresentasikan isi bukunya; tarot yang identik dengan Nikki dan dua remaja yang terdiri satu cewek dan satu cowok. Kayak manga gitu deh covernya, unyu😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : Big Brother Complex

Penulis                                 : Primadonna Angela

Cover                                    : Bena Ndr

Penerbit                              : PT. Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : April 2015 (Cetakan Keempat)

Tebal                                     : 320 hlm.

ISBN                                      : 978-602-03-1570-6

6 thoughts on “REVIEW Big Brother Complex

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Covernya serem gitu deh.
    Tapi kayanya alurnya si Nikki akhirnya sama Rich ya?
    Sering sih baca brothercomplex tapi kayanya ini ga seperti yg ku bayangin deh heheh

  3. Nikki akhirnya dibully dong kak gegara pada tau dia suka Nathan? Terus reaksi Nathannya gimana? Dan apa mereka pacaran akhirnya?

  4. Musuh gara-gara rebutan rok -> sahabatan -> saudara laki-laki -> cinta

    Tapi aku ras nikki jadinya ama rich. Mamanya nikki baik banget, merhatiin sampe ke penampilan segala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s