REVIEW Engkau Cahaya Hatiku + GIVEAWAY

engkau 2

“Kamu masih muda, masih akan mengalami banyak hal yang tidak mengenakkan dalam hidup. Yang penting cuma satu, kamu harus bisa mengambil pelajaran dari hal apa pun yang terjadi.” (hlm. 176)

Hari pertama yang sungguh memalukan. Bangun kesiangan, tragedi dikunciin di kamar, adegan adu mulut bersama Rahaman, juga dipermalukan di muka umum oleh Ustad Hidayat dan teman sekelas. Rasa-rasanya Ara ingin berteriak, merutuki bahwa dunia ini kejam. Dunia ini nggak sayang sama dirinya. Ara sebal karena harus dilahirkan dan dibenci orang-orang disekitarnya. Termasuk Cinta, kakaknya sendiri yang ikut memperlakukannya tidak adil.

Dunia seolah-olah tidak berpihak padanya. Tuhan rupanya tidak pernah sayang dengan Ara. Itu pikirnya saat ini. sebenarnya Ara bukan tipe gadis pemarah. Ia hanya butuh sosok orangtua dan teman-teman yang selalu bisa mengasihininya.

Apa ini balasannya? Balasan selama ini karena gue juga nggak pernah menghargai orang lain, termasuk sama kakak gue sendiri? (hlm. 45)

Apa seperti ini orang-orang yang diasingkan? (hlm. 45)

Kenapa semua orang ngejauhin gue? Termasuk kakak gue sendiri. Gue benci semua ini! (hlm. 47)

Tidak mudah bagi Ara untuk menjalani hukuman dari kakaknya untuk tinggal beberapa minggu di pesantren. Baginya satu hari bak satu abad. Baru satu malam saja, dia sudah kangen berat dengan pacarnya, Vasco.

Bukan tanpa alasan Cinta, Kakak Ara memberi hukuman untuk adik semata wayangnya itu. Gimana Cinta nggak geram melihat kelakuan Ara yang menghabiskan uang di ATM hingga dua puluh juta dalam sebulan. Belum lagi tingkahnya yang hampir kelewat batas, pacaran dan hura-hura. Khas kenakalan remaja ababil banget x))

Ara adalah representasi sosok remaja masa kini yang umumnya rata-rata haus kasih sayang, terutama dari keluarga. Cara mereka ingin diperhatikan adalah biasanya berbuat ulah yang akan memancing kepedulian anggota keluarga untuk memperhatikannya. Hal itu pula sebenarnya yang dilakukan Ara. Dia memang kesepian. Bagaimana tidak, ayah dan ibunya sudah lama meninggal. Otomatis yang dia miliki hanyalah Cinta, kakak satu-satunya itu yang justru sibuk tenggelam dunia kerja di perusahaan peninggalan warisan dari orangtua mereka. Ara hanya butuh belaian kasih sayang orang tua. Remaja yang berbuat sebenarnya bukanlah anak yang nakal, mereka hanyalah berontak dari keadaan, hanya ingin diperhatikan, hal inilah yang sering luput dari pengawasan orangtua yang bisanya cuma kerja dan cari uang sebanyak-banyaknya untuk anak. Padahal tidak semua anak bahagia dengan bergelimang harta, yang mereka lebih butuhkan adalah perhatian, terutama dari orangtua.

Beberapa sindiran halus dalam buku ini:

  1. Jangan kasar-kasar. Sopan dikit, ya. (hlm. 38)
  2. Kamu nggak pernah diajarin bagaimana cara mengucapkan terima kasih, ya, ke orang lain? (hlm. 39)
  3. Kenapa sih ngomel melulu? (hlm. 48)
  4. Daripada curhat di twitter, lebih baik kamu cari teman curhat. Nggak baik curhat di media sosial. (hlm. 48)
  5. Selama lo nggak cari masalah sama gue, gue pun nggak akan cari masalah sama lo! (hlm. 58)
  6. Nggak ada yang namanya santri itu berantem. (hlm. 59)
  7. Ternyata orang kayak kamu punya perasaan nggak enak juga toh? (hlm. 71)
  8. Pake kerudung aja kok ribet ya? (hlm. 126)
  9. Udahlah nggak usah galau-galau lagi. untuk apa sih, ngegalauin cowok yang suka selingkuh gitu? (hlm. 176)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Engkau Cahaya Hatiku

Penulis                                 : Nia Sutardi

Penyunting                         : Fatimah Azzahrah

Desain sampul                   : Gunawan

Tata letak                            : Cintia

Pemeriksa aksara             : Julian

Penerbit                              : Media Pressindo

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 192 hlm.

ISBN                                      : 979-911-535-3

Dapatkan buku ini di toko buku online Bukupedia

http://www.bukupedia.com/id/book/id-32-90256/novel-fiksi-cerpen/engkau-cahaya-hatiku.html

engkau 1

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @nia_ordinary. Jangan lupa share dengan hestek #GAEngkauCahayaHatiku dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika mempunyai uang dua puluh juta seperti Ara, akan kamu habiskan untuk apa?

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAEngkauCahayaHatiku yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAEngkauCahayaHatiku ini berlangsung lima hari saja: 29 Juni – 3 Juli 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 4 Juli 2015.

Akan ada satu pemenang yang akan mendapatkan buku ini . Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya… ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

35 thoughts on “REVIEW Engkau Cahaya Hatiku + GIVEAWAY

  1. Nama : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Kota tinggal : Situbondo

    Kalau aku punya uang 20 juta, akan aku gunakan untuk membantu orang tuaku untuk biaya sekolahku, dan 2 adikku.😀

  2. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang

    Kayaknya sih ada beberapa orang di sekitarku yang menilai kalau aku ini nggak ‘loyal’ lah, susah banget ngeluarin duit lah, bahkan mungkin dicap pelit juga. Mereka nggak ada yang ngomong langsung sih, tapi aku bisa ‘mencium’ itu dan ngerasa sadar diri aja, karena mereka sering ngomongin orang lain yang jauh lebih ‘loyal’ pengeluarannya daripada aku di depan aku. Nah, aku jadi mikir sendiri,

    “Aku nggak kayak mereka. Aku nggak kayak orang-orang yang mereka omongin itu juga. Aku nggak seloyal itu. Apa aku sepelit itu di mata mereka?”

    Padahal alasan kenapa aku jarang ‘loyal’ itu karena mau menghemat dan menabung. Terlebih aku ini nggak punya penghasilan tetap apalagi ‘wah’.

    Jadi, kalau aku punya uang 20jt, alangkah jauh lebih baik kalau aku bisa bikin acara syukuran. Mau bagi-bagi sedekah ke anak yatim dan membagikan makanan kepada orang miskin. Nggak perlulah orang lain–terutama mereka itu–tahu soal ini. Setidaknya ini bisa jadi ladang amalku lillahita’ala, sekaligus pembuktian pada diriku sendiri–bukannya mau sok kepada mereka–kalau aku tidak seperti yang mereka pikirkan.🙂

  3. Nama : Nisa’ Maulan Shofa
    Twitter : @Nisa_MS_
    Kota : Pemalang
    Jawaban : Seperti aku mengelola keuangan biasanya–entah itu uang jajan dari orang tua, honor pemuatan cerpen di majalah, dll–aku akan bagi uang 20jt itu menjadi 50 : 30 : 20.
    50 bagian untuk keperluan sehari-hari–karena keperluan sehari-hari udah ada, maka 50 bagian itu untuk memenuhi keperluan yang lebih mendesak, seperti menyervis handphone-ku yang kebetulan rusak, beliin adek yang udah mulai gedhe laptop untuk tugas-tugas sekolahnya, beli buku-buku yang udah lama diincer tapi harus dipendam karena belum ada uang, dan hal lain yang semi penting tapi belum bisa dipenuhi dengan keadaan ekonomi seperti biasa.
    Terus 20 bagian lainnya akan aku gunakan untuk bersenang-senang. Hangout bersama teman, misalnya. Karena kan hidup nggak melulu tentang “hal wajib”. Kita harus menyenangkan diri kita juga sekali-kali–asal tidak berlebihan dan gelap keadaan.
    Dan, 30 bagian sisanya akan ditabung. Bukan hanya demi keperluan masa depan. Tapi, juga sebagai penanda bahwa kita nggak gelap keadaan. Karena kita pasti ada “hal wajib lain” yang mendadak tidak diingat otak saat hal yang posisinya tidak begitu penting melambai-lambai minta dimiliki🙂

  4. Nama: Cyntia Caroline Manalu
    Twitter: @cyntiacaroline6
    Kota: Medan

    Pertanyaan: jika
    mempunyai uang dua puluh juta seperti
    Ara, akan kamu habiskan untuk apa?

    Kalau saya mendapatkan uang Rp 20.000.000
    saya tidak akan menghabiskan uang itu hari itu juga,saya harus menggunakan uang itu untuk jangka panjang.
    Hal pertama yang akan saya gunakan dari uang itu ialah untuk memperbaiki keadaan rumah yang masih belum sempurna.karena rumah adalah istana kita,percuma saja jika kita memiliki banyak perhiasan dan kendaraan,kalau kondisi rumah kita belum layak untuk dihuni.

    Jika uang tersebut masih sisa,maka uang tersebut akan saya pakai untuk program pendidikan ,karena biaya sekolah kini cukup menguras kantong orangtua.

    saya kira 2 hal tadi merupakan hal yang benar-benar menjadi asset dalam hidup.
    Tempat tinggal dan Pendidikan.

  5. nama : zulaikhah
    twitter : @kimzujonghee
    alamat : tuban jawa timur

    uang 20jt buat apa?
    untuk modal. Entah untuk modal usaha dagang, atau membeli sapi atau kambing.
    karena nanti sapi atau kambing beranak banyak, Kita bisa jual anak-anaknya untuk pergi haji.

  6. Nama : Annisa Nurjannah
    Twitter : @icajahe
    Kota tinggal : Cileungsi, Bogor

    kalau saya punya uang 20 juta, saya akan berikan pada suami saya untuk berbagai keperluan atau ditabung. saya bukan tipe orang yang suka pegang uang sendiri. bukannya boros, tp saya lebih suka dijajanin daripada jajan sendiri.^^’

  7. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :https://twitter.com/Dini_AP28
    Kota :Metro, Lampung Tengah

    Pertanyaan: jika mempunyai uang dua puluh juta seperti Ara, akan kamu habiskan untuk apa?

    Kalau aku punya uang 20 juta, aku akan membuat sebuah ruangan kecil yang didalamnya ada rak-rak buku. Dan pastinya aku akan membeli banyak novel untuk menghabiskan waktu luang bersama buku-buku. Ah, senangnya😀

  8. Nama: Bintang Permata Alam
    Twitter: @Bintang_Ach
    Kota: Ngawi, Jawa Timur

    Jawaban:
    Dari dulu aku sangat bermimpi untuk membangun sebuah perpustakaan. Jadi, jika aku punya uang 20 juta maka akan aku gunakan sebaik mungkin untuk modal membangun perpustakaan. Karena kecintaanku terhadap buku membantu meyakinkanku untuk menemukan apa yang menjadi impian aku. Semoga meski hanya dg modal tsb aku bisa membangun sebuah perpustakaan baca dan Insyaallah bermanfaat. Walau nantinya hanya dengan konsep yang sederhana, aku tdk masalah. Yang terpenting aku sebagai warga masyarakat sdh bs berpartisipasi memberi tempat sebagai wadah berkreasi mereka ataupun sebagai tempat yang bisa mengubah cara berpikir banyak orang terhadap buku. Dan satu tujuannya, adalah untuk membiasakan budaya membaca pada byk orang dan lebih mengenal apa itu buku. Semoga perpustakaanku bs mjd gerbang awal hubungan antara manusia dg buku yg baik.
    Thanks ^^

  9. Jika saya memiliki uang 20 juta akan saya gunakan untuk:
    a. 10% untuk buku-buku yang sudah ingin saya beli.
    b. 20% untuk saya sumbangkan kepada panti asuhan dalam bentuk peralatan alat tulis dan buku pelajaran.
    c. 30% untuk saya berikan kepada orang tua saya.
    d. 35% untuk saya masukkan ke dalam tabungan saya.
    e. 5% digunakan untuk keperluan sehari-hari atau digunakan dalam keadaan mendesak.

    Nama: Agnes Budianto
    Twitter: @agnesb0702
    Tempat tinggal: Jakarta Barat

  10. Nama: Hafifah Azzahra
    Twitter: @hafifah_azzahra
    Kota Tinggal: Bandar Lampung

    Uang dua puluh juta?
    Itu sepertinya banyak sekali. Tapi, ada uang memang untuk dihabiskan, tergantung pemakaiannya untuk hal positive atau bukan. Tapi saya akan menghabiskan uang dua puluh juta itu untuk keperluan keluarga. Kalau bisa, untuk membantu menyekolahkan ketiga adik saya juga. Orang tua sudah hampir tak mampu. Saya anak pertama, jadi harus berjuang untuk keluarga.
    Juga, uang segitu sepertinya bisa dipakai untuk keluarga saya berwisata. Secara, keluarga saya tak pernah berkunjung ke tempat wisata manapun.

  11. Nama: Dede Idar
    Alamat: Ciamis
    @idar_19

    Kalau aku punya uang 20 jt, aku akan memberikan uang tersebut 50% untuk mamah, biar mamah bisa melunasi hutang. hutang yang dibuat oleh mantan suaminya. selebihnya untukku, dan akan aku gunakan untuk membayar keuangan dan keperluan kuliah sebanyak 80% dan 20% akan kutabung.

  12. Nama : Agatha Caesa
    Akun Twitter : @caesachua
    Kota Tinggal : Tangerang

    Jika saya mempunyai uang dua puluh juta seperti Ara, akan saya pergunakan untuk membahagiakan orang tua dengan cara : membuka usaha yg orang tua saya impikan sejak lama, membantu keuangan dalam rumah tangga dan kebutuhan dapur, jika saya diajak teman ke panti asuhan atau yayasan anak-anak yg mengalami penyakit yg seharusnya tidak dialaminya, saya mau menyumbangkan kepada mereka agar kebutuhan mereka tercukupi dan bisa merasakan apa yg kita rasakan, apa yg kita punya, dsb. Dan membiayai pendidikanku sendiri. Amin..

  13. Nama: Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia1498
    Domisili: Bogor
    Link: https://twitter.com/Thia1498/status/615460388499423232

    jika mempunyai uang dua puluh juta seperti Ara, akan kamu habiskan untuk apa?

    Ah pertanyaan ini, sedari dulu aku selalu bermimpi bagaimana jika aku mempunyai uang yang banyak seperti Ara di atas. Saya ini masih sekolah, bersekolah di sekolah negeri yang membutuhkan banyak biaya. Sedangkan, aku mempunyai 2 adik yang juga masih sama-sama sekolah. Semua biaya sekolah ku ditanggung oleh Mama, dan kadang aku merasa kasihan dan memikirkan bagaimana caranya agar aku bisa membantu Mama.

    Jika memang aku mempunyai uang dua puluh juta, sedari dulu impian aku adalah, membayar semua biaya sekolah ki sendiri, jika memang bisa uang itu akan aku gunakan untuk membiayai kedua adikku yang lain, agar Mama ku tidak terlalu terbebani. Dua puluh juta itu uang yang banyak, mungkin bisa untuk membiayai 3 tahun ku di SMA dan 3 tahun SMP kedua adikku. Dan jika memang masih ada sisanya, aku akan menggunakannya untuk biaya sekolah ku ditingkat selanjutnya, kuliah.

    Kenapa aku memilih membiayai sekolahku? Karena aku ingin berjuang agar diriku bisa menjadi orang yang berguna minimal bagi keluargaku, dan dengan usaha yang keras juga, aku ingin berjuang agar aku bisa berguna bagi semua orang. Dengan modal awal 20juta untuk biaya sekolahku, aku akan berusaha agar bisa mengganti uang 20juta dengan dua kali lipat agar bisa dinikmati oleh orang banyak. Membangun lapangan kerja misalnya, atau membagikan nya kepada orang yang lebih membutuhkan.

  14. Nama : Tasya Permata Sanjaya
    Twitter : @tasyatasa_
    Kota : Klaten

    Jika aku punya uang 20 juta. Aku akan menggunakan dengan bijak. Aku akan membeli Peralatan Sholat + Al-Quran beserta terjemahannya. Nah aku akan membagikan barang tersebut untuk orang yang membutuhkan. Karena aku yakin jika dengan sholat+baca Al-Quran hati mereka jadi tenang untuk mencari rezeki. Dan mereka bisa mencari rezeki yang halal dengan mempelajari Al-Quran. Dan mereka pasti bakal lebih beriman dan tidak terpengaruh untuk mencari rezeki dengan jalan yang haram. Nah tujuan aku bagi-bagi peralatan sholat,supaya mereka bisa ngerasain punya mukena baru,sarung baru, peci baru. Jadi mereka bisa semangat ngejalanin ibadah🙂

  15. Nama : yanti
    Twitter : https://twitter.com/NelyRyanti
    Domisili : Cimanggis, Depok

    Jika saya mempunyai uang 20 juta, saya akan menggunakan untuk bersedekah sekaligus berinvestasi, yaitu membuat perpustakaan gratis bagi masyarakat pedesaan yang minim pengetahuan di kampung halamanku di jawa tengah, serta membangun sebuah sekolah TK /TPA kecil-kecilan sehingga dapat membantu baca tulis hitung serta baca al-qur.an

  16. Nama : Shofiullah
    Twitter : @esfiu
    Domisili : Jakarta

    Jika q punya uang 20 juta, akan q gunakan untuk membrangkatkan orang tua berangkat ke tanah suci (makkah), karena setiap kali aku melihat ka’bah pikiranku langsung tertju sama mereka (orang tua).

  17. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Kota : Balikpapan, Kal-Tim

    Kalau punya uang 20 juta maka uangnya akan aku depositokan biar berkembang. Jadi kalau uangnya udah lebih banyak bisa dipakai buat modal buka usaha. Karena kalau langsung dihabiskan maka uang 20 juta itu akan terasa sedikit.

  18. Nama: Mutmainnah
    Twitter: @mutmaAG
    Kota: Palembang

    Kalo saya punya uang 20 juta, akan saya jadikan mudal usaha untuk membuka percetakan, karena itu adalah salah satu bisnis yang saya impikan. Dengan dana 20 juta, insya allah bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik, dan jika ditekuni, maka akan membuahkan hasil yang maksimal, dan keuntungannya akan belipat.

  19. nama : Devi
    twitter : @deviens04
    alamat : Surabaya

    Andai saya punya uang 20 juta, yang 2 juta untuk beli tiket pp mudik ke riau, yang 1.5 jt untuk bayar spp yang 500 rb unutuk bayar kos yang 5 jt akan saya sumbangkan ke orang yang tidak mampu 6 jt untuk beli laptop sisa 5 juta untuk tabungan masa depan.

  20. nama: Ria
    akun twitter: @goodenoughoks
    kota tinggal: Surabaya
    Pertanyaannya adalah jika mempunyai uang dua puluh juta seperti Ara,
    akan kamu habiskan untuk apa?

    Pertama adalah untuk sedekah, lalu aku berikan beberapa untuk orang tua
    dan saudara, selanjutnya buat belanja buku yang aku idam-idamkan yeeaaay😀
    seneeengnyaaa…😀😀😀 dan untuk modal usaha – bayar iklan,
    beli laptop dan gadget – untuk menunjang usaha.
    Jadinya uang 20jt tidak sia-sia begitu saja, selain untuk belanja
    buku yang aku sukai, juga untuk usaha yang uangnya pasti akan kembali
    ke kita lagi😀
    Ouuuw… Seandainya ini benar terjadiii… *ngusap air mata plus keringet hahaha…😀

  21. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    Bogor

    Saya akan mengutamakan kewajiban sedekah 2,5% dulu. Walaupun yang wajib hanya 500.000, tapi InshaAllah saya akan memberi lebih. Misalkan 2.000.000 saya gunakan untuk mengundang anak yatim ke rumah. Tidak usah banyak-banyak, cukup 10 orang untuk pengajian dan diajak makan bersama, ditambah dengan memberi sajadah, sarung atau mukena.

    Sisa 18 juta akan saya gunakan untuk keperluan yang benar-benar penting. Salah satunya membetulkan rumah, keinginan itu sudah Ayah saya simpan sejak lama. Sebenarnya 3 bulan yang lalu sudah sebagian dibetulkan, tapi progress nya belum bisa dilanjut mbak duh kok jadi curhat hehe. Keperluan lainnya untuk sekolah saya dan kuliah kakak saya.

    Sisanya akan saya titipkan ke Ibu saya. Jadi Ibu saya tinggal pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Dan karena keluarga saya ingin membuat usaha sendiri, jadi saya akan mendiskusikannya bersama keluarga. Sebenarnya saya lebih menyerahkan kepada keluarga (biasanya Ibu saya) kalau masalah keuangan, karena saya ga pernah menggunakan uang berjumlah besar untuk diri sendiri, jadi ga ada niatan untuk memakainya sendiri. Kalau makan, beli buku, atau main sama teman sih cukup menggunakan uang saku saya sendiri mbak😀

  22. Jiah @jiahjava Jepara

    punya 20 jt?
    Bentar2, itu duit dr mn? Klo duit panas atau gak jelas, mending itu uang diserahin sama org yg ngerti, yg mau nyariin siapa yang punya. Gak mau saya ditanyain di akhirat itu duitnya.

    Tapi kalau duit itu milik sendiri, ya sebagian saya beliin buku utk perpustakaan saya. Sebagian utk orgtua dan jgn lupa sedekahnya. Bagaimana pun, sebagian duit itu ada hak org lain jg.

    Ah iya, saya jg pernah merasa dikucilkan kaya si tokoh semasa saya tinggal di pesantren. Rasanya pengen nangis. Tp sekarang, kalo inget itu jd pengen ketawa

  23. Dias Shinta Devi
    @DiasShinta
    Bogor

    Kalau punya uang 20juta, aku sih kasih ke Mama dulu semua-muanya. iya 100% dikasih ke Mama. Kan mama manajer keuangan di rumah😀 Mama pasti bijak untuk mengelola uang tersebut pengin dibuat apa aja. Yang pasti untuk biaya pendidikan kedua anaknya dan biaya hidup sehari-hari lewat bisnis (dikelola lagi).

  24. Anis Antika
    @AntikaAnis
    Surabaya

    Kalau punya uang dua puluh juta mau aku pakek liburan ke pedalaman Kalimantan. Pengen mengenal suku dayak asli itu seperti apa. Bagaimana kehidupan mereka, cara mereka hidup, menghasilkan makan untuk sehari-hari. Juga mau mengunjungi penangkaran orang hutan yang dikelola sama bule itu. Terus kalau uangnya masih sisa mau aku pakek ke Papua. Yeah… Menikmati alam laut di Raja Ampat.

  25. Nama: Wulida
    Twitter: @Jm_nim
    Kota: Bojonegoro (jatim)

    Kalau punya uang dua puluh juta mau aku pakek untuk modal membuat taman baca. Bagaimanapun juga memiliki taman baca adalah impian terbesarku. Aku selalu berharap dengan taman baca minat baca anak-anak akan meningkat. Taman baca yang ingin aku buat adalah khusus untuk anak-anak tapi jika sudah berjalan lama aku ingin menambah buku-buku romance untuk remaja.

  26. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Kota tinggal : Petukangan utara, Jakarta Selatan

    Jawaban :
    Jika saya mendapat uang 20 juta, saya ingin membangun sekolah kecil untuk mereka yang berada di daerah pelosok desa. Banyak diantara mereka yang notabennya buta huruf. saya ingin mereka bisa menulis dan membaca.
    Sebagaimana Allah Swt memerintahkan Nabi Muhammad Saw belajar menulis dan membaca didalam surat Al-alaq. Nabi saja yang mulia, sempurna, dan sudah disediakan surga untuknya, beliau mau menjalankan perintah menulis dan membaca. Mengapa kita tidak ?
    Dengan adanya pendidikan yang terjamin, manusia itu sendiri tidak akan lagi dianggap rendah. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan dan mementingkan rakyat-rakyat kecil yang tinggal di pelosok-pelosok desa. Bukan mementingkan urusan dikota saja. Kita tidak dapat menyangkal bahwa kenyataannya banyak kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin.
    Jika uang 20 juta yang saya dapat masih ada sisa, saya akan memperbaiki beberapa yang rusak di desa pelosok tersebut seperti jembatan, memberi penerangan bagi rumah mereka yang sehari-harinya tidak ada lampu, memperbaiki jika ada jalanan yang berlubang, memberi sembako bagi mereka yang membutuhkan, dll.
    Bagaimana pemerintah ingin mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran? Jika mereka sendiri tidak menyediakan fasilitas yang memadai, kurangnya pula lapangan pekerjaan. Jangan bisanya hanya korupsi dari uang rakyat.
    Jika uang tersebut masih tersisa, saya akan menyumbangkan untuk panti asuhan.

    Sebenarnya uang ini bukanlah hak saya, karena diluar sana masih banyak orang yang membutuhkan dan lebih berhak mendapatkan uang ini daripada saya. Ya memang itu milik saya, tapi hidup saya masih jauh lebih beruntung ketimbang kehidupan mereka yang menyedihkan. Untuk itu, saya lebih mementingkan mereka terlebih dahulu. Insyaallah. Karena pemerintah sendiri pun tidak dapat diandalkan dan diharapkan lagi.

  27. Nama: Khusnul
    Twitter: @imahreana
    Kota: Lumajang

    Just simple, jika aku punya uang 20 juta aku cuma mau serahkan uang itu buat orang tua saya, terserah mereka dipakek buat apa, yg jelas meskipun itu semua tidak bisa membalas jasa² mereka setidaknya aku sudah berusaha membuat mereka berbahagia.

  28. Nama: Auliyati
    Twitter: @nunaalia
    Kota : Serang

    Pertanyaannya adalah jika mempunyai uang dua puluh juta seperti Ara, akan kamu habiskan untuk apa?
    Jawaban:
    Kalo punya uang 20 juta keinginan cuma satu yaitu ke Tanah Suci bareng orang tua, pengennya sih menunaikan haji, tapi antriannya pasti lama, jadi umroh juga ga pa pa deh. Tapi 20 juta kynya kurang ya…? ada yg mo nambahin? hehe ^_^

  29. Nama : Vinda
    Twitter : @vindafilazara
    Kota : Malang, Jawa Timur

    Jawaban :
    Jika saya mendapatkan uang 20jt tentunya pertama 10%-nya akan saya berikan kepada orang yang berhak mendapatkannya🙂
    Setelah itu 40%nya akan saya gunakan untuk membangun taman belajar dan bermain di rumah, karena rumah saya di pedesaan sehingga bisa dibilang anak-anaknya kurang menggemari ‘minat baca’, buku-buku pun jarang dimiliki. Jadi taman ini akan saya manfaatkan untuk kemajuan dan perkembangan anak-anak desa saya🙂

    Dan 50%nya akan saya gunakan untuk membangun usaha. Dimulai dari usaha kecil, yg mana nantinya saya akan merangkul para pengangguran, saudara” terdekat khususnya, agar mereka memiliki pengalaman dan semangat kekreatifan menuju masa depan. Agar tak melulu nganggur, ngamen, atau ngrokok.

    Istajib du’aana. Aamiin.
    Terimakasih GA-nya😉 sukses selalu buat mbak Luckty ^^

  30. Nama : Wahyu Triyani
    Twitter : @witri_nduz
    Kota Tinggal : Boyolali
    Jawaban :
    Kalau punya 20 juta, aku pengen beliin Babe motor laki (20 juta kurang, meski kredit, hehehee). Kenapa motor laki? Karena aku tahu, selama ini Babe pengen banget punya motor laki, tapi karena kedua anaknya cewek, Babe beli motor matic. Makanya, suatu saat nanti pengen beliin Babe motor laki. #Aamiin.🙂

  31. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika mempunyai uang dua puluh juta seperti Ara, akan kamu habiskan untuk apa?

    Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun: @san_fairydevil
    Kota: Jember, Jawa Timur

    Jawaban: Kalo punya uang 20 juta akan aku habiskan untuk…
    Sebentar kalo dijawab berdasarkan keinginan spontan, maka akan aku jawaban untuk beli laptop biar bisa nulis dimanapun aku mau. Soalnya sekarang kalo nulis cuman di lembaran-lembaran kertas atau di computer dalam kamar. Terus sisanya bajal aku beliin figure-figure, poster, atau pernak-pernik tentang anime yang sangat aku pinginin. Harganya lumayan sih, jadi aku cuman bisa bilang.. yah kapan-kapan beli. Terus aku juga pingin beli novel-novel yang sekarang cuman bisa lihat di rak toko atau pinjem di tempat penyewaan buku.. Nah kalo ada sisanya baru aku tabung. Itu kalo pemikiran spontan. Pemikiran yang langsung muncul setelah denger ‘kalo kamu punya 20 juta’.

    Sedangkan kalo yang bener-bener dipikirin adalah untuk usaha. Atau bakal aku beliin emas atau yang lain, investasilah. Kan kalo dijual beberapa tahun kedepan bakal tetep laku. Harga emas selalu naik loh!

    Yah gitulah. Aku juga enggak ngerti. Soalnya punya uang 20 juta aja belum pernah jadi enggak kepikiran. Kalo lihat sih pernah, tapi uang pendapatan di tempat kerja bapak yang belum dibagi buat gaji dan keperluan lainnya. Haha..:D Jadi yang bisa aku bayangin mah cuman hal-hal sepele aja. Hihihi😀

  32. Neneng Lestari
    @ntarienovrizal
    Aceh

    kalau dapat 20 juta, aku mau bikin dulu perencanaan matang yang nantinya uang itu bisa berguna buat orang lain, dan buat diriku sendiri.

    Pertama, zakat. Otomatis wajib banget. Rezeki kecil aja harus zakat, gimana yang gede. Jadi biar berkah plus damai makenya. Hehe

    Kedua, kasih ke orang tua Setengah dari uang yang telah dipotong zakat tersebut.

    Ketiga, sedekah anak yatim seiklasnya.

    Nah karena kewajibanku sebagai umat muslim dan sebagai anak sudah terpenuhi, aku jadi bebas memakai sisa uang yang ada ditangan. Rencana awal membeli buku yang udah aq idam2kan. Kalau ada sisa uang, mau traktir teman-teman sebagai ungkapan syukur siberi rezeki.

    Intinya, mau di gunakan untuk apapun uang yang kita dapat, pastikan hak-hak orang lain sudah kita penuhi. Nah sisanya itulah hak kita. Terserah mau di apakan, yang penting bermanfaat dan tidak merugikan orang lain.

    Dah itu aja.

    Wish me luck

  33. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

