REVIEW Kangen Kamu

PicsArt_04_07_2015 10_30_27

“Jangan sepolos itu menilai kebaikan orang.” (hlm. 29)

Buku ini merupakan kumpulan cerpen yang terdiri dari belasan cerpen dengan mengambil benang yang sama; masa-masa sekolah. Berikut dikupas satu per satu cerpennya:

PENGGANTI IBU

Adalah Tio yang sudah duduk di bangku SMA, ibunya hamil lagi. Tio merasa malu, sudah besar baru punya adik lagi. Yup, dia dan adiknya akan berjarak 17 tahun. Saya dengan adik yang paling kecil berjarak sepuluh tahun. Sewaktu kita kecil, selalu ada rasa malu ketika punya adik yang terpaut jauh dari kita dengan anggapan, udah gede kok masih punya adik. Kemudian saya jadi keinget ada mahasiswa PPL di sekolah, orangnya lugu polos gitu. Di saat teman-temannya setiap pekan pulang, dia jarang sekali pulang. Suatu hari saya pernah nanya, kenapa dia jarang pulang dibandingkan dengan teman-temannya. Ternyata selain karena rumahnya yang lumayan jauh, juga karena sebenarnya dia malas di rumah, tiap tahun ibunya punya anak, adiknya aja lima. Padahal ya, kalau kita sudah besar nanti baru merasakan indahnya punya adik banyak, nggak kebayang kalau dulu nggak punya adik. Punya adik tiga saja kalau sudah besar-besar gini rumah terkadang sepi, apalagi kalau nggak punya saudara yaa… :’)

RIVAL CINTA

Biasalah, tipikal anak sekolah. Gebetan teman satu sekolah. Nah, yang disuka dari cerpen ini adalah settingnya ada beberapa bagian di perpustakaan. Gyahahaha…kayak murid-murid unyu di sekolah, selain minjam buku, perpustakaan juga bisa menjadi tempat buat melirik gebetan😀

GOSIP

Karin adalah tipikal remaja yang kesepian. Dengan kesepiannya itu ada seorang yang menawarkan kasih sayang untuknya. Namanya juga cinta, biasanya orang akan gelap mata. Mau semua orang mencibir pun, telinga pasti kebal. Biasanya yang seperti ini akan kena getahnya jika sudah mengalaminya langsung. Seperti itulah yang dialami Karin, meski hampir satu sekolah mempergunjingnya, dia malah sewot, padahal itu justru untuk kebaikannya.

PAHLAWAN GAGAL

Resnu ini kayak saya banget, nggak bisa naik motor, gyahahaha… Bedannya, Resnu ini cowok, jadi ya malulah kalo nggak bisa naik motor, apalagi dia cowok, malu dong kalo diboncengin cewek x)) Suatu hari dia bertekad minta izin mamanya agar diperbolehkan membawa motor ke sekolah. Berhasilkah dia mendapatkan gebetannya itu?!?

TAK SEPERTI IMPIAN NANA

Zaman sekarang, banyak sekali remaja yang ingin hidupnya serba berkecukupan. Punya handphone keluaran baru, punya laptop buat ngerjain tugas ataupun kudu punya motor buat ke sekolah. Beberapa kali saya mendengar ada siswa yang mogok sekolah hanya karena tidak dibelikan salah satu dari tiga barang yang saya sebutkan tadi. Oya, bahkan di sekolah lain, sekitar dua tahun lalu kejadian ada siswa bunuh diri hanya gegara tidak dibelikan motor orangtuanya karena memang tidak mampu. Begitu pula dengan Nania yang terkadang iri dengan sahabatnya, Gaby yang memiliki segalanya; handphone bagus, pacar ganteng, rumah mewah. Tapi ada satu yang tidak dimiliki Gaby justru Nania memilikinya tanpa disadari. Apakah itu?

MALAM MINGGU PETRA

Kalau pas saya sekolah, biasanya punya pacar masih malu-malu, apalagi kalo ketahuan orangtua. Zaman sekarang beda banget, jomblo alias nggak punya pacar seperti salah satu aib. Bahkan justru terkadang orangtua yang menyuruh anaknya untuk pacaran, khawatir dianggap nggak normal seperti kebanyakan remaja lainnya. Ada, ada banget tipikal orangtua kayak gini. Salah satunya adalah mamanya Petra yang sibuk banget nyuruh anaknya punya pacar, khawatir anaknya nanti dikira homo x))

TAWURAN

Remaja identik dengan tawuran. Dari zaman saya sekolah sampai sekarang bekerja di sekolah, selalu saja ada kejadian tawuran. Terkadang masalahnya hanya sepele banget. Kalo zaman sekarang yang paling sering adalah gegara kompetisi suatu pertandingan, entah itu futsal, basket atau sejenisnya. Kompetisi olahraga yang harusnya meningkatkan persaudaraan malah justru sering menimbulkan persaingan atas nama solidaritas. Hufff…

SI BENGAL

Adalah Mandala yang tipikal anak lugu. Sedangkan Levi kebalikannya. Sebenarnya berteman boleh dengan siapa saja, tapi untuk bersahabat kita harus selektif, karena akan berdampak besar dengan kehidupan dan lingkungan kita. Begitulah yang dialami Mandala, saking lugunya kerap diperdaya Levi. Endingnya bikin mual x))

MAAFKAN AKU

Cerpen kali mengambil tema narkoba. Dulu pas SMP gencar-gencarnya anti narkoba, dan siapa sangka sampai sekarang narkoba kian merajalela. Ada yang harus diberantas dalam narkoba, selain pemakai, kurir juga paling banyak memberikan kontribusi atas kehancuran generasi bangsa ini. banyak remaja yang mengambil jalan pintas atas dasar kebutuhan ekonomi dengan menjadi kurir narkoba. Seperti salah satu tokoh di buku ini.

KANGEN KAMU

Cerpen ini menjadi judul pilihan dalam kumpulan cerpen ini. Adalah Viona yang sering terganggu dengan suara bajaj yang lewat depan rumahnya di malam hari menjelang tidur. Siapa sangka pelanggan bajaj itu adalah kecengannya selama ini!

GARA-GARA CALON PACAR

Raka yang sudah yatim piatu, tinggal bersama kakaknya yang sudah berkeluarga. Seringkali Raka mendapat perintah dari kakaknya, Ratih untuk menjaga anaknya yang masih kecil, Bimo. Anak kakaknya ini sebenarnya lucu dan sangat menggemaskan, tapi sayangnya kerap membuat kesal Raka saat bertamu ke rumah Diandra, tetangga yang menjadi gebetan Raka. Hingga suatu hari Raka nekat meninggalkan Bimo sendirian di rumah…

KADO VALENTINE

Banyak remaja cewek yang seringkali mengagung-agungkan yang namanya hari spesial, apalagi kalo bukan hari valentine. Seperti halnya Ana yang cemberut dan banyak menuntut David saat pacaran untuk merayakannya. Sebenarnya seringkali Ana membuat David kesal karena saat pacaran terlalu banyak tuntutan, puncaknya saat Ana menuntutnya untuk merayakan valentine dengan biaya yang tidak murah. David memutuskannya karena merasa Ana terlalu menyita waktunya dan tidak ada waktu untuk bergaul dengan teman-temannya. Sementara Ana bertemu Rama yang menurutnya lebih baik dari David, ternyata…

OH, BOY!

Ini adalah salah satu cerpen favorit. Adalah Boy yang shock mendapati adiknya, Randu yang bertingkah seperti perempuan. Boy menemukan segala pernak-pernik cewek di lemari adik laki-lakinya itu; bedak, lipstik, rok mini, dan sebagainya. Untuk itu, Boy memaksa Randu untuk ikut karate agar berubah menjadi laki-laki yang perkasa x))

SWEET SEVENTEEN

Adalah Lala yang ingin sekali merayakan ulang tahunnya yang ketujuh belas dengan mewah, keinginannya adalah dirayaka di hotel milik Omnya Grace, sahabatnya. Konon, katanya tujuh belas tahun adalah angka yang paling dinanti bagi remaja. Bahkan ada yang rela memaksa orangtua untuk merayakannya secara besar-besaran. Salah satunya Lala ini.

SURPRISE

Cerpen penutup di kumpulan cerpen ini menjadi cerpen paling favorit. Benar-benar surprise seperti judulnya. Adalah Yudi yang berkenalan dengan Mawar yang selalu ditemuinya saat sama-samapulang sekolah. Pesan dari cerpen ini adalah jangan langsung percaya dengan orang yang baru kita kenal, tampang rupawan belum tentu hatinya juga baik.

Keterangan Buku:

Judul                                     : Keterangan Buku

Penulis                                 : Nando

Editor                                    : Ariata

Setting                                  : Elisabeth Pipit

Desain cover                      : Yisar

Korektor                              : Venan

Penerbit                              : Sheila imprint CV. Andi Offset

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 170 hlm.

ISBN                                      : 978-979-29-5051-9

9 thoughts on “REVIEW Kangen Kamu

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. “Jangan sepolos itu menilai kebaikan orang.” (hlm. 29)
    hati2 dalam menilai orang. banyak yang baik luarnya teryata dia jahattt

  3. membaca judulnya aku fikir novel remaja tentang cinta ternyata kumpulan cerpen tentang masa sekolah. sepertinya cocok nih buat para remaja. banyak pesan moral yang dapat diambil di masing-,masing cerpen

  4. Pengganti Ibu

    Kalo dari judulnya, aku merasa sedih. Sebenernya aku juga ingin punya adik lagi, hanya saja Allah sudah memberi mama seperti itu, ya harus bersyukur. Kalo ga jadi kakak, aku juga para kakak yang lain ga akan pernah berpikiran lebih panjang dan luas lagi.

    Kumpulan cerpen. Banyak cerita, banyak makna dan banyak pesan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s